cover
Contact Name
Rizki Wahyudi
Contact Email
rizki.key@gmail.com
Phone
+6281329125484
Journal Mail Official
telematika@amikompurwokerto.ac.id
Editorial Address
The Telematika, with registered number ISSN 2442-4528 (online) ISSN 1979-925X (print) is a scientific journal published by Universitas Amikom Purwokerto. The journal registered in the CrossRef system with Digital Object Identifier (DOI) prefix 10.35671/telematika. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of Information Technology and Computer Science. Every article that goes to the editorial staff will be selected through Initial Review processes by the Editorial Board. Then, the articles will be sent to the Mitra Bebestari/ peer reviewer and will go to the next selection by Double-Blind Preview Process. After that, the articles will be returned to the authors to revise. These processes take a month for a minimum time. In each manuscript, Mitra Bebestari/ peer reviewer will be rated from the substantial and technical aspects. The final decision of articles acceptance will be made by Editors according to Reviewers comments. Mitra Bebestari/ peer reviewer that collaboration with The Telematika is the experts in the Information Technology and Computer Science area and issues around it.
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Telematika
ISSN : 1979925X     EISSN : 24424528     DOI : 10.35671/telematika
Core Subject : Education,
Jl. Letjend Pol. Soemarto No.126, Watumas, Purwanegara, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53127
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1: Februari (2015)" : 8 Documents clear
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA AKADEMI PERTANIAN HKTI BANYUMAS Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan; Andi Dwi Riyanto
Telematika Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : Universitas Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.081 KB) | DOI: 10.35671/telematika.v8i1.262

Abstract

Dalam era teknologi saat ini, informasi harus bisa dengan cepat didapatkan dengan cara yang efisien. Jika pencarian informasi yang dibutuhkan, seperti daftar nilai mahasiswa dan sebagainya di sebuah Perguruan Tinggi dilakukan dengan cara klasik melalui kertas, maka cara ini tidak akan cukup efisien. Seiring dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) dan untuk menjamin tercapainya mutu Perguruan Tinggi yang baik, saat ini Sistem Informasi Akademik merupakan sarana yang mendasar bagi sebuah Perguruan Tinggi. Sistem Informasi Akademik secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan sebuah Perguruan Tinggi, seperti halnya Sistem Informasi Akademik berbasis Web pada Akademi Pertanian HKTI Banyumas. Pada sistem ini, segala informasi yang berkaitan dengan proses akademik seperti daftar nilai, jadwal kuliah, dan sebagainya, dapat di akses dengan mudah dan cepat sehingga mampu mengefektifkan waktu dan mengefisienkan biaya. Sistem Informasi Akademik adalah sebuah perangkat lunak berbasis web yang digunakan untuk membantu proses akademik. Dengan adanya sistem ini, diharapkan proses akademik perguruan tinggi menjadi jauh lebih efektif dan efisien karena dipercepat oleh suatu sistem terkomputerisasi dan diharapkan dapat menunjang program perguruan tinggi dalam upaya mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas
INTRUSION DETECTION PREVENTION SYSTEM (IDPS) PADA LOCAL AREA NETWORK (LAN) Didit Suhartono; Andi Dwi Riyanto; Yogi Widy Astomo
Telematika Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : Universitas Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.723 KB) | DOI: 10.35671/telematika.v8i1.261

Abstract

Penelitian ini berjudul “Intrusion Detection Prevention System Local Area Network (LAN)” yang bertujuan untuk memproteksi jaringan dari usaha- usaha penyusupan yang dilakukan oleh seorang intruder. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode kerangka pikir sebagai acuan dari tahap- tahap penelitian yang penulis lakukan. IDS difungsikan sebagai pendeteksi adanya serangan sesuai rule yang ada kemudian pesan peringatan disimpan dalam database dan dikirim via sms kepada seorang network administrator, sedangkan Firewall digunakan sebagai packet filtering dengan cara menentukan security policy yang dinilai penting. Hasilnya adalah ketika IDS memberikanpesan peringatan ketika ada serangan, seorang network administrator dapat memblok adanya serangan tersebut dengan cara manual dengan firewall, ataupun firewall akan memblok sendiri serangan tersebut sesuai dengan security policy yang diterapkan oleh network adminisrator sebelumnya
SISTEM INFORMASI KESEHATAN KELURAHAN BLATER Ramadhan, Yogi
Telematika Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : STMIK Amiko Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.179 KB)

Abstract

Sistem Informasi semakin banyak digunakan dalam berbagai instansi untuk mempermudah dalam suatu pekerjaan. Sistem informasi berbasis komputer dapat mengurangi masalah dan memberikan keamanan dalam hal pengarsipan dokumen. Teknologi perangkat lunak komputer semakin berkembang dan memberikan banyak alternatif dalam pembangunan sebuah sistem informasi. Penelitian ini dilaksanakan untuk membangun sebuah sistem informasi kesehatan yang user-friendly dan mudah digunakan. Sistem informasi kesehatan ini mengusung sebuah sistem pengarsipan digital dengan interface yang sederhana dan dapat diakses melalui peramban web. Sistem informasi ini menggunakan sebuah teknologi basis data MySql yang dipadukan dengan aplikasi Apache dan PHP.
VIRTUAL MOUSE MENGGUNAKAN ALGORITMA HAARCASCADE DAN HOUGH TRANSFORM SEBAGAI MEDIA INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER BAGI PENYANDANG DISABILITAS Suryawan, Muji
Telematika Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : STMIK Amiko Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.262 KB)

Abstract

Komputer adalah salah satu media untuk pencarian informasi. Dalam mengoperasikan komputer seseorang harus dapat menggerakkan pointer pada layar komputer dengan mouse. Hal ini menjadi sulit untuk dilakukan bagi penderita disabilitas gerak tangan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membuat aplikasi virtual mouse yang dapat digunakan sebagai media interaksi antara penyandang disabilitas dengan komputer. Proses penjejakan wajah untuk mengendalikan pointer menggunakan algoritma Haarcascade Classifier, sedangkan untuk operasi click event mouse menggunakan deteksi kedipan mata dengan algoritma Hough Transform. Penelitian dilakukan dalam beberapa tahap yaitu melakukan analisis kebutuhan fungsional, membuat desain aplikasi, implementasi, dan pengujian aplikasi. Pengujian dilakukan terhadap kecepatan aplikasi dalam mendeteksi wajah berdasarkan sudut kemiringan wajah tertentu.Selain itu, pengujian dilakukan pula terhadap kecepatan aplikasi dalam mendeteksi iris mata berdasarkan nilai threshold tertentu. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi dapat disimpulkan bahwa nilai pergeseran memiliki toleransi 10ohingga 25ountuk pendeteksian wajah, sedangkan nilai threshold yang baik untuk pendeteksian iris mata berkisar antara 90 sampai dengan 100.
INOVASI PROMOSI OBYEK WISATA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) MELALUI LAYAR BERBASIS ANDROID Imam Tahyudin; Nur Atikah Fitriyanti; Nur Dewiyanti; Muhammad Syaiful Amin; Muhammad Yanuar Firdaus; Fahmy Putra Nahri Utama
Telematika Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : Universitas Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (781.68 KB) | DOI: 10.35671/telematika.v8i1.259

Abstract

Peningkatan inovasi dan kreativitas pada sebuah produk adalah suatu kewajiban. Salah satunya adalah inovasi media promosi brosur obyek wisata.Inovasi terbaru yang diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat adalah penerapan Teknologi Augmented Reality (AR) pada brosur obyek wisata melalui layar. Teknologi AR atau dapat disebut juga sebagai Realitas Tertambah merupakan integrasi elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada. Aplikasi ini dapat diterapkan padaperangkat mobile berbasis android. Dengan demikian, pada layar ponsel akan menghadirkan keterangan tentang objek wisata tersebut bahkan menampilkan suara dan video. Media promosi melalui brosur obyek wisata berbasis AR sebagai solusi pintar, mudah, cepat untuk mengetahui objek wisata di Kabupaten Banyumas secara menarik. Melalui sebuah brosur AR, setiap orang dapat mengetahui objek wisata di Kabupaten Banyumas secara nyata
PENGGUNAAN VISUAL PROGRAMMING LANGUAGE PADA GAME ENGINE UNTUK MEMBANGUN GAME 3 DIMENSI Dhanar Intan Surya Saputra; Sitaresmi Wahyu Handani
Telematika Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : Universitas Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.785 KB) | DOI: 10.35671/telematika.v8i1.260

Abstract

Perkembangan game semakin pesat, begitu pula dalam pembuatannya. Para pengembang dan programmer tidak dipusingkan lagi akan rumitnya bahasa pemrograman yang dihadapi. Hal ini dikarenakan adanya kemudahan dalam membuat sebuah game menggunakan game engine. Terlebih lagi jika game engine yang digunakan telah menyediakan fasilitas visual programming language (VPL). Dalam penelitian ini mencoba menggunakan VPL pada game engine Kodu Game Lab untuk membangun game 3 dimensi (3D) dengan genre game fun atau casual game. Game yang dihasilkan dapat dijalankan pada komputer ataupun laptop. Metode pengembangan dalam pembuatan game yang dilakukan adalah menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC)
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DESA TERPADU BERBASIS WEB APLIKASI PADA DESA SIDAKANGEN, KAB. PURBALINGGA Yogi Ramadhani; M. Syaiful Alim; Eko M.A; Ari Fadli; Retno Supriyanti
Telematika Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : Universitas Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.608 KB) | DOI: 10.35671/telematika.v8i1.385

Abstract

Kemudahan akses profil desa (yang lengkap dan akurat), akan turut mendukung perencanaan pembangunan desa serta mempermudah perangkat maupun masyarakat dalam mendapatkan informasi tentang desa. Salah satu yang membutuhkan sistem informasi ini adalah Desa Sidakangen, yang masih satu kecamatan dengan Fakultas Sains dan Teknik UNSOED, yaitu di Kecamatan Kalimanah, Kab. Purbalingga.Desa ini cukup antusias dalam penggunaan teknologi, namun kurang ditunjang oleh sarana maupun sumber daya manusia yang ada. Hal ini merupakan kendala tersendiri bagi perangkat untuk mengidentifikasi dan mengolah data statistik di desa Sidakangen. Komputer yang ada pun hanya digunakan untuk proses surat menyurat, dan pencatatan profil desa pun masih manual, belum tercatat dengan baik di komputer. Padahal penggunaan komputer untuk pencatatan data merupakan syarat mutlak dalam implementasi Sistem Informasi.Untuk mengatasi hal tersebut, kami melakukan penerapan riset teknologi berupa implementasi sistem informasi desa Sidakangen. Kegiatan ini tidak hanya membuat sebuah sistem informasi, namun juga meningkatkan pemahaman dan ketrampilan para perangkat desa Sidakangen akan Teknologi Informasi dan penggunaan aplikasi komputer guna menunjang layanan adminsitrasi desa.Kata Kunci : sistem informasi, web aplikasi, teknologi informasi, database
VIRTUAL MOUSE MENGGUNAKAN ALGORITMA HAARCASCADE DAN HOUGH TRANSFORM SEBAGAI MEDIA INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER BAGI PENYANDANG DISABILITAS Fandy Setyo Utomo; Moch Hari Purwidiantoro
Telematika Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : Universitas Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.727 KB) | DOI: 10.35671/telematika.v8i1.358

Abstract

Komputer adalah salah satu media untuk pencarian informasi. Dalam mengoperasikan komputer seseorang harus dapat menggerakkan pointer pada layar komputer dengan mouse. Hal ini menjadi sulit untuk dilakukan bagi penderita disabilitas gerak tangan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membuat aplikasi virtual mouse yang dapat digunakan sebagai media interaksi antara penyandang disabilitas dengan komputer. Proses penjejakan wajah untuk mengendalikan pointer menggunakan algoritma Haarcascade Classifier, sedangkan untuk operasi click event mouse menggunakan deteksi kedipan mata dengan algoritma Hough Transform. Penelitian dilakukan dalam beberapa tahap yaitu melakukan analisis kebutuhan fungsional, membuat desain aplikasi, implementasi, dan pengujian aplikasi. Pengujian dilakukan terhadap kecepatan aplikasi dalam mendeteksi wajah berdasarkan sudut kemiringan wajah tertentu. Selain itu, pengujian dilakukan pula terhadap kecepatan aplikasi dalam mendeteksi iris mata berdasarkan nilai threshold tertentu. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi dapat disimpulkan bahwa nilai pergeseran memiliki toleransi 10o hingga 25o untuk pendeteksian wajah, sedangkan nilai threshold yang baik untuk pendeteksian iris mata berkisar antara 90 sampai dengan 100.

Page 1 of 1 | Total Record : 8