cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Setrum
ISSN : 23014652     EISSN : 2503068X     DOI : -
Core Subject : Education,
SETRUM : Sistem Kendali Tenaga Elektronika Telekomunikasi Komputer merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) sejak 2012 menggunakan sistem Open Journal System (OJS).
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2013)" : 3 Documents clear
Prototype Automatic Tank Gauging (ATG) Sebagai Alat Ukur Volume, Suhu, dan Massa Jenis Pada Tangki Timbun BBM Alimuddin, Alimuddin
Jurnal Ilmiah Setrum Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik Elektro - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.57 KB)

Abstract

ATG (Automatic Tank Gauging) adalah instrument ukur penting yang digunakan oleh banyak industri untuk mengukur level fluida, suhu, dan massa jenis cairan pada sebuah tangki. ATG memiliki bangunan utama berupa coupling magnet dengan konfigurasi magnet khusus dan bandul. Pembuatan Prototipe ATG (Automatic Tank Gauging) sebagai alat ukur volume, suhu dan density pada tangki timbun BBM (Bahan Bakar Minyak) berbasis mikrokontroler ATMEGA 8535 dengan menggunakan sensor ultrasonik PING sebagai pengukur level fluida cair pada tangki, sensor LM35 sebagai pengukur suhu pada cairan bahan bakar minyak, dan sensor load cell sebagai pengukur massa jenis dari cairan bahan bakar minyak, dan alat penampil berupa LCD. Software yang mendukung untuk proses pemrograman dari sistem ini adalah CodeVision AVR 1.25.9. Software ini sangat mudah digunakan dengan bahasa pemrograman bahasa C. Hasil percobaan pengukuran volum cairan didapat persentase error sebesar 1,1% dari total pengukuran yang diuji hingga 4000 ml. Pengukuran suhu menggunakan sensor LM35 didapat bahwa nilai error akurasi pengukuran suhu mencapai 2,26%. Pada pengukuran massa jenis didapat bahwa nilai error akurasi pengukuran massa jenis adalah 0%. Perbedaan yang diperoleh tidak terlalu jauh sehingga alat ini dapat sebagai alternatif pengganti ataupun sebagai pembelajaran dari ATG.
Estimasi Kecepatan Kendaraan Menggunakan Kalman Filter Palega, Okta
Jurnal Ilmiah Setrum Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik Elektro - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.57 KB)

Abstract

Metode estimasi kecepatan kendaraan banyak diterapkan beberapa tahun terakhir. Salah satu metode yang dapat dipergunakan adalah Kalman filter. Kalman filter merupakan estimator yang sangat efektif dalam mengestimasi state dinamika sistem yang melibatkan white noise. Pada penelitian ini Kalman filter akan dipergunakan untuk mengestimasi variasi kecepatan kendaraan. Kalman filter dirancang mendapatkan input berupa runtun citra dari hasil rekaman video kendaraan. Hasil dari pengujian menunjukan bahwa kecepatan minimal yang dapat terestimasi adalah 20 km/jam dengan error 4,25%. Sedangkan kecepatan maksimal yang terestimasi adalah 60 km/jam dengan error 0,22%.
Identifikasi Jenis Gangguan Transformator Menggunakan Transformasi Wavelet Herwanto, Rudi
Jurnal Ilmiah Setrum Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik Elektro - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.57 KB)

Abstract

Gangguan hubung singkat yang terjadi pada sebuah transformator dapat mengakibatkan kerusakan pada isolasi transformator sehingga berpotensi terjadinya kerusakan pada transformator. Hal ini disebabkan karena arus yang mengalir pada transformator saat terjadi gangguan  hubung singkat sangat besar, untuk itu perlu diketahui perbedaan antara keadaan transformator dalam keadaan normal dan keadaaan transformator saat terhubung singkat. Transformasi wavelet merupakan suatu sarana yang dapat digunakan untuk menganalisis sinyal-sinyal non-stationer, dan dapat digunakan untuk menunjukkan kelakuan sementara pada suatu sinyal misal gangguan yang terjadi pada transformator seperti gangguan 1fasa-netral, gangguan 2fasa, gangguan 2fasa-netral,dan gangguan 3fasa. Pada penelitian ini membuat prototipe transformator untuk membuat gangguan-gangguan tersebut dan menganalisisnya menggunakan transformasi wavelet. Hasil dari penelitian  ini pada gangguan satu fasa-netral terjadi penurunan tegangan sebesar 0,63pu dan berdurasi 0,13791s, Gangguan dua fasa terjadi penurunan tegangan sebesar 0,63pu dan berdurasi  0,12490s, Dua fasa-netral terjadi penurunan tegangan sebesar 0,68pu dan berdurasi 0,18582s, dan Gangguan tiga fasa terjadi penurunan tegangan  sebesar 0,59pu dan  berdurasi 0,20738s. Berdasarkan IEC 61000-4-30  semua ganguan itu termasuk dalam klasifikasi jenis gangguan voltage sag. 

Page 1 of 1 | Total Record : 3