cover
Contact Name
Hanny Hafiar
Contact Email
hannyhafiar@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp3.fikomunpad@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Kajian Komunikasi
ISSN : 23032006     EISSN : 24775606     DOI : -
Jurnal Kajian Komunikasi, ISSN 2303-2006 (printed) ISSN 2477-5606 (Online), published by LP3 Fikom Unpad, incorporate with the Indonesian Communication Scholars Association: Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). Jurnal Kajian Komunikasi publish twice a year (June and December). In each edition, it received article that will be reviewed by internal and external editors. After that, article reviewed by at least two reviewers, who had related expertise. Article will be reviewed with double-blind peer review. Jurnal Kajian Komunikasi will publish selected paper under a Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International License.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kajian Komunikasi (JKK) Vol.1, No.2, Desember 2013" : 10 Documents clear
Pemetaan Kebutuhan Kualifikasi Jurnalis Pemula pada Industri Media Massa di Indonesia Agustin, Herlina
Jurnal Kajian Komunikasi Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kajian Komunikasi (JKK) Vol.1, No.2, Desember 2013
Publisher : Jurnal Kajian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.262 KB)

Abstract

Ini adalah artikel ilmiah yang membahas kualitas dan sistem seleksi jurnalis pemula di media massa Indonesiasaat ini. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian yang dilatarbelakangi kenyataan bahwa banyakjurnalis muda yang melakukan pelanggaran etika maupun teknis ketika sedang meliput. Penelitian yangmendasari artikel ini dilakukan terhadap beberapa media massa cetak, elektronik, dan online di Indonesia.Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang melibatkan observasi serta wawancara mendalam.Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pendidikan ilmu jurnalistik secara umum tidak menjadi pritoritasutama dalam perekrutan jurnalis di media massa yang menjadi objek penelitian kali ini. Hal ini disebabkanmedia massa tidak merasa bahwa pendidikan jurnalistik dapat menjamin kualitas jurnalis. Hampirdi semua media massa, skill jurnalistik yang sesuai dengan karakter media masing-masing dirasakan dapatdilatih secara internal. Kualifikasi yang paling utama adalah adanya passion, loyalty, dan determination daripara kandidiat untuk menjadi jurnalis. Hal-hal itu dinilai dapat diperoleh dari latar belakang pendidikanapapun. Namun demikian semua media sepakat, pendidikan jurnalistik harus menjadi standar bagi kompetensijurnalis. Maka berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pendidikan jurnalistik mengembangkankurikulumnya sehingga mampu untuk memenuhi kebutuhan media massa akan jurnalis yang berkualitas,terutama dalam hal praktis.Kata-kata kunci: Jurnalistik, kualifikasi jurnalis, standar kompetensi wartawan
Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Setiaman, Agus
Jurnal Kajian Komunikasi Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kajian Komunikasi (JKK) Vol.1, No.2, Desember 2013
Publisher : Jurnal Kajian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.262 KB)

Abstract

Tingkat kebutuhan informasi akan meningkat jika informasi memberikan sesuatu yang bermanfaat pada sipencarinya,seperti menyelesaikan masalah atau memecahkan persoalan, memberikan ide-ide baru untuk sebuahprogram baru, kebutuhan pada pengetahuan, atau melakukan pengawasan pada sesuatu yang sedang berjalan.Kemampuan penyeleggara pemerintahan menyiapkan sediaan informasi dengan berbagai infrastruktur dan kontenyang memadai, disertai dengan sikap keterbukaan dan mekanisme serta prosedur yang memadai, akan memudahkanmasyarakat memberikan konstribusi atau partisipasi secara positif. Masyarakat tidak akan mudah terpancingisu atau informasi yang simpang siur seandainya mereka mudah mandapatkan iformasi yang memadai. Hasil penelitianmenunjukkan bhawa sebagian besar masyarakat Kota Bandung kurang atau belkum memahmai keterbukaaninformasi publik, bahkan sebagian besar warga Kota belum atau kurang mehami bentuk informasi yang digunakanoleh Pemkot sebagai upaya implementasi keterbukaan informasi publik. Sebagian warga Kota tahu bahwa setiapada pekerjaaan pembangunan sarana publik tersedia pengumuman tentang batas waktu pengerjaaan, biaya, dansebagainya tapi mereka tidak tahu bhawa hal itu sebagai bagian dari kebijakan keterbukaan informasi publik daripemegang kenbijakan publik kepada warganya. Masih kurangnya sosialiasasi tentang keterbukaan informasi publikyang dilakukan Pemerintah Kota Bandung merupakan salah satu dampak dari kurangnya pemahaman wargaKota terhadap berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kota dalam implementasi keterbukaan publik.Kata-kata kunci: Keterbukaan informasi, pemanfaatan informasi, pemerintah, kebijakan
Pengaruh Lima Dimensi Berita pada Media Online Khusus Game terhadap Brand Awareness Produk Nintendo 3DS Lubis, Imansyah
Jurnal Kajian Komunikasi Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kajian Komunikasi (JKK) Vol.1, No.2, Desember 2013
Publisher : Jurnal Kajian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.262 KB)

Abstract

Media online sebagai sarana kebutuhan masyarakat sekarang ini sudah menjadi salah satu faktor dalammeningkatkan kesadaran akan suatu brand khususnya pada video game. Nintendo sebagai salah satu perusahaangame dunia memiliki produk Nintendo 3DS yang dirilis pada tahun 2011. Dari produk tersebut,banyak media online khusus game yang memberitakan perkembangan produk baik fitur maupun softwareyang mendukung. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tanggapan/ respon audiencemedia berita online khusus game tentang produk Nintendo 3DS pada media online khusus game, seberapabesar awareness audience pada produk Nintendo 3DS dan seberapa besar pengaruh media onlinekhusus game terhadap Brand Awareness Nintendo 3DS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponendari berita online yaitu variabel Timeliness, Proximity, Prominence, Consequence, dan Human Interestberpengaruh secara bersama-sama terhadap Brand Awareness sebesar 52,7% dan sisanya sebesar 47,3%dipengaruhi oleh variabel-variabel bebas lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.Kata-kata kunci: Berita online, kesadaran merek
Perencanaan Strategi Humas Pemprov Banten Pasca Ditetapkannya KEK Pariwisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten Mukhroman, Iman
Jurnal Kajian Komunikasi Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kajian Komunikasi (JKK) Vol.1, No.2, Desember 2013
Publisher : Jurnal Kajian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.262 KB)

Abstract

Keputusan pemerintah dalam PP.No.26/2012 yang menetapkan wilayah Tanjung Lesung Pandeglang Banten sebagaiKawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata harus menjadi prioritas bersama. Dalam konteks ini kepentinganNasional tentunya membawa perubahan dan signifikansi kepada daerah baik dalam bidang ekonomi dan budaya.Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana sesungguhnya perencanaan strategi Humas Pemprov Bantenpasca ditetapkannya PP tersebut dengan fokus pada model perencanaan strategi Public Relations dari Ronald D.Smith yang terdiri atas empat fase yang dimulai dengan fase Formative Research, Strategy, Tactics dan EvaluativeResearch. Pada setiap fase tersebut terdapat tahapan-tahapan perencanaan PR yang mana pada setiap tahapantersebut dilakukan analisis dengan menggunakan observasi, studi dokumentasi dan wawancara mendalam sebagaitehnik pengambilan data. Hasil pengolahan data memberikan jawaban bagaimana sesungguhnya peran dari HumasPemprov Banten sangat kecil dan tidak banyak memiliki kontribusi dalam pelaksanaan KEK ini. Hal ini terjadikarena definisi dan perspektif Humas itu sendiri tidak sama dengan fungsi Humas yang telah kita kenal dalamdunia kerja. Peran Humas Pemprov Banten hanya sebagai pencatat seremonial dan penghubung media tanpa adasuatu kewenangan yang besar dalam menysusun dan mengembangkan pesan. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa Humas Pemprov Banten dalam menyelenggarakan dan mengaplikasikan PP tersebut kurang maksimal.Oleh karenanya harus ada terobosan dan perubahan paradigma tentang fungsi dan peran Humas itu sendiri dilingkungan Pemprov BantenKata-kata kunci: Perencanaan, Strategi, Humas Pemprov Banten, Kawasan Ekonomi Khusus, Pariwisata, TanjungLesung.
Radio Siaran Publik sebagai Media Komunikasi Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Widjanarko, Wisnu
Jurnal Kajian Komunikasi Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kajian Komunikasi (JKK) Vol.1, No.2, Desember 2013
Publisher : Jurnal Kajian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.262 KB)

Abstract

Eksistensi perguruan tinggi adalah sejauh dirinya tidak membatasi diri sebagai wahana pengembangan ilmupengetahuan belaka, melainkan mampu menghasilkan sebesar-besarnya kemaslahatan bagi masyarakat Salahsatunya adalah melalui diseminasi teknologi tepat guna bagi masyarakat perdesaan yang merupakan representasiyang tidak dapat dibantah lagi dalam demografi Indonesia. Proses diseminasi tersebut diharapkan mampumengukuhkan keberadaan institusi perguruan tinggi sebagai pusat pendidikan, penelitian dan pengabdianmasyarakat. Menggunakan metode reception analysis, penelitian ini menggunakan siaran Mimbar IPTEKSkerjasama LPPM UNSOED dan RRI Purwokerto sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan,bahwa siaran Mimbar IPTEKS telah menjadi media transformasi informasi berbasis transmisi, interaksi dantransaksi. Namun demikian, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perlunya meningkatkan kemampuannarasumber dalam menggunakan diksi yang disesuaikan dengan frame of reference dan field of experiencemasyarakat perdesaan sehingga efektivitas pemahaman dapat lebih terakselerasiKata-kata kunci: Radio penyiaran, perguruan tinggi, pemberdayaan masyarakat perdesaan
Dinamika Komunikasi Politik dalam Pemilihan Umum Susanto, Eko Harry
Jurnal Kajian Komunikasi Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kajian Komunikasi (JKK) Vol.1, No.2, Desember 2013
Publisher : Jurnal Kajian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.262 KB)

Abstract

Kebebasan dalam berkomunikasi yang mewarnai kehidupan politik, berdampak terhadap tuntutan demokratisasibernegara yang faktual melalui pemilihan umum yang berkeadilan dan menghasilkan anggota legislatifyang berpihak kepada rakyat. Penelitian tentang dinamika komunikasi politik dan Pemilihan Umum bertujuanuntuk memberi gambaran tentang dinamika komunikasi politik dalam rangka menghadapi pemilihanumum. Temuan penelitian mencakup, keberadaan para komunikator politik yang terdiri dari elite parpol dancalon anggota legislatif, partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara, dan kualitas anggota legislatifhasil pemilihan umum. Ketiga temuan tersebut merupakan faktor mendasar pendukung keberhasilanpelaksanaan pemilihan umum yang menghasilkan anggota legislatif berkualitas. Penelitian ini menggunakanmetodologi kualitatif yang dititikberatkan pada penelusuran data yang berkaitan dengan pemilu legislatif.Kata-kata kunci: Komunikasi politik, partisipasi masyarakat, kualitas anggota legislatif
Profil Penyandang Filariasis di Kabupaten Bandung Hadisiwi, Purwanti
Jurnal Kajian Komunikasi Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kajian Komunikasi (JKK) Vol.1, No.2, Desember 2013
Publisher : Jurnal Kajian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.262 KB)

Abstract

Filariasis (kaki gajah) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filaria yang ditularkan olehberbagai jenis nyamuk. Filariasis dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan danpayudara serta alat kelamin, baik pada laki-laki maupun pada perempuan. Cacat menetap pada penyandangfilariasis menyebabkan hambatan sosiologis dan fisiologis. Penelitian dengan pendekatan fenomenologis iniberupaya mengungkap profil penyandang filariasis yang meliputi usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan,pekerjaan, status perkawinan dan status penyakitnya. Dengan melibatkan 10 orang penyandang filariasisdi wilayah Kabupaten Bandung dan melalui wawancara mendalam yang telah dilakukan terungkap bahwasemua penyandang filariasis mengalami cacat bengkak yang menetap, yang berimplikasi pada kesempatanannyamemperoleh pendidikan dan pekerjaan. Dalam interaksinya dengan orang lain, ada yang menampilkandiri apa adanya, namun ada juga yang berdramaturgi dan ada yang menolak disebut sakit filariasis.Sedangkan penyandang filariasis perempuan sulit mendapatkan pasangan hidup atau mengalami perceraian.Kata Kunci: karakteristik sosial, status sosial, filariasis, cacat
Pola Komunikasi Kesehatan dalam Pelayanan dan Pemberian Informasi mengenai Penyakit TBC pada Puskesmas di Kabupaten Bogor Komariah, Kokom
Jurnal Kajian Komunikasi Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kajian Komunikasi (JKK) Vol.1, No.2, Desember 2013
Publisher : Jurnal Kajian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.262 KB)

Abstract

Penyakit Tuberkulosis (TBC) sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat karena merupakansalah satu penyakit infeksi pembunuh utama yang menyerang golongan usia produktif (15-50 tahun)dan anak-anak serta golongan sosial ekonomi lemah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelitian deskriptif survei. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) proses pelayanan kesehatanPuskesmas dalam pengendalian penyakit TBC di wilayah Kabupaten Bogor; 2) Model pemberianinformasi yang dilakukan oleh Puskesmas dalam pengendalian penyakit TBC di wilayah Kabupaten Bogor;3) pelayanan pemberian informasi kaitannya dengan tingkat pengetahuan penderita dalam menanggulangipenyakit TBC di wilayah Kabupaten Bogor. Hasil menunjukkan bahwa proses pelayanan kesehatan yangdilakukan Puskesmas Citeureup dalam pengendalian penyakit TBC mengikuti standar pelayanan puskesmasyang sudah baku. Dengan mengusung motto Pelayanan Prima, Responsif, Efektif, Strategis, Tangguh, Asih,Senyum, Sapa, Salam dan Inovatif). Model pelayanan dalm pemberian informasi dilakukan secara anterpersonayang dialogis, transaksional, sesuai model sirkuler Schramm. Pelayanan pemberian informasi secaralinier dapat meningkatkan tingkat pengetahuan penderita dalam menanggulangi penyakit TBC di wilayahKabupaten Bogor.Kata-kata kunci: Pola komunikasi, pelayanan kesehatan, pemberian informasi dan komunikasi kesehatan
Budaya Jurnalistik di Metro TV Kurniadi, Oji
Jurnal Kajian Komunikasi Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kajian Komunikasi (JKK) Vol.1, No.2, Desember 2013
Publisher : Jurnal Kajian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.262 KB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang budaya jurnalistik yang terjadi di televisi berita Metro TV. Budaya jurnalistikyang dimaksud adalah suatu proses yang memusatkan perhatian pada masa lalu dan representasikesinambungan sejarah maupun inovasi dalam nilai, praktik dan kebijakan jurnalistik yang dimunculkanmelalui sisi ideologis dan pola pemberitaan sejak proses pencarian, pengumpulan, pengolahan sampai penyajianberita. Beberapa temuan penting dari penelitian ini adalah (1) Metro TV telah menjadi Top of Mindsebagai sumber informasi utama bagi pencari berita, (2) masih kuatnya kepentingan pemilik dalam mewarnaiisi berita berkaitan dengan suksesi menuju RI-1 tahun 2014, (3) Berita kekerasan masih mendominasi pemberitaandalam televisi karena merupakan kondisi nyata yang ada dalam masyarakat Indonesia saat ini, (4)Metro TV berkomitmen untuk mengurangi tayangan-tayangan tersebut dan akan lebih memberikan solusidan penjelasan duduk perkara suatu peristiwa, (5) Banyaknya pelanggaran etika dalam pemberitaan di MetroTV menunjukkan pengawasan internal belum dilakukan secara maksimal, (6) Cameraperson merupakanfilter pertama dalam menyeleksi gambar yang patut atau layak ditayangkan.Kata kunci: Budaya Jurnalistik, Televisi Berita, Program Berita, Berita Kekerasan, Pelanggaran Etika
Implementasi CSR melalui Program "Kampoeng BNI" oleh PT. BNI (Persero) TBK Riyantie, Mayang
Jurnal Kajian Komunikasi Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Kajian Komunikasi (JKK) Vol.1, No.2, Desember 2013
Publisher : Jurnal Kajian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.262 KB)

Abstract

Penelitian ini menunjukan bahwa latar belakang dilaksanakannya Program “Kampoeng BNI” karena perwujudanmisi, kewajiban perusahaan kepada Undang-Undang, sebagai tanggung jawab sosial perusahaan(CSR), dan membantu ekonomi masyarakat Indonesia. Implementasi Program “Kampoeng BNI” dilakukanmelalui dua tahap, tahap pertama SKC Melawai dan tahap kedua Divisi CCR melaksanakannya dengan tahappenyaluran dana, Pembentukan Program, dan Peresmian. Faktor penentu kemenangan BNI untuk kategoriCSR yaitu, kerangka CSR, ikuti panduan dan standar internasional tentang CSR, komunikasikan komitmenCSR, implementasi dan pengukuran program CSR.Kata-kata kunci: Implementasi CSR, BNI, ASEAN BAC

Page 1 of 1 | Total Record : 10