cover
Contact Name
Embun Suryani, Ph.D
Contact Email
jurnal.seh@unram.ac.id
Phone
+6287865668789
Journal Mail Official
jurnal.seh@unram.ac.id
Editorial Address
Jln. Pendidikan No. 37 Mataram-NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JSEH (Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora)
Published by Universitas Mataram
ISSN : 24610666     EISSN : 24610720     DOI : https://doi.org/10.29303/jseh
Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora (JSEH) adalah jurnal akademik direview dengan sistem peer review yang terbit setiap enam bulan sekali, pertama kali terbit pada tahun 2015 di Lembaga Penelitian Universitas Mataram. Jurnal ini diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta memberikan ruang untuk presentasi, analisis dan kritik yang sesuai pada kondisi sosial, ekonomi dan humaniora Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya. Setiap enam bulan sekali jurnal ini akan mengusulkan tema yang berbeda-beda untuk artikel yang diterbitkan. Penentuan tema tersebut berdasarkan kesepakatan dewan editor dan mengamati trend dan perkembangan di masyarakat sebagai bidang amatan ilmu-ilmu sosial, ekonomi dan humaniora. Editor dari JSEH menerima artikel dan penelitian yang menggunakan pendekatan interdisiplin, tetapi sesuai dengan penelitian di bidang sosial ekonomi dan humaniora serta berlaku umum untuk di dunia akademik di bidang sosial, ekonomi dan humaniora Indonesia. Kontribusi dan Bidang yang dikaji dalam jurnal ini sangat luas termasuk di dalamnya bidang-bidang yang bersinggungan dengan bidang ekonomi, manajemen, akuntansi, hukum, bahasa dan sastra, budaya, sosiologi, antropologi, politik, dan bidang yang sangat makro seperti pariwisata, ilmu keguruan dan ilmu pendidikan sosial serta kewirausahaan. Dengan demikian jurnal ini di masa kini dan masa depan memiliki kontribusi yang menentukan di ketiga bidang utamanya yaitu sosial, ekonomi dan humaniora.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA" : 8 Documents clear
ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP BRAND CLOTHING LOKAL LOMBOK (Study Pada Konsumen Di Wilayah Kota Mataram) Kusudyadmoko, Masyhur; Permadi, Lalu Adi; Rinuastuti, Baiq Handayani
JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jseh.v5i1.31

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh untuk untuk mengetahui dan menganalisa sikap konsumen terhadap brand clothing lokal Lombok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif.. Populasi pada penelitian ini adalah Konsumen brand clothing lokal Lombok di wlayah Kota Mataram. Jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis yang dugunakan adalah Fishbein Attitude Model . Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1. Tanggapan atau sikap konsumen di Kota Mataram terhadap atribut desain, merek, kualitas, dan model brand clothing lokal Lombok sangat baik atau positif.2. Setelah dilakukan uji analisa sikap konsumen terhadap brand clothing lokal Lombok, responden menganggap  hal  yang  paling  dipertimbangkan pertama kali dalam melakukan pembelian produk brand clothing lokal Lombok adalah Desain, kemudian penilaian selanjutnya adalah Merek, Kualita, dan yang paling terakhir adalah Model dari produk itu sendiri.3. Pada saat konsumen melakukan evaluasi setelah melakukan pembelian, atribut Merek, Kualitas, dan Model mengalami kenaikan positif. Akan tetapi pada atribut Desain mengalami sedikit penurunan setelah konsumen melakukan evaluasi, hal ini menunjukkan walaupun atribut Desain memiliki nilai paling tinggi diantara atribut yang lain namun masih mengalami sedikit penurunan setelah konsumen evaluasi pembelian produk
ANALISIS PEMASARAN SYARIAH TERHADAP PENJUALAN ALAT KONTRASEPSI DI MINIMARKET KECAMATAN BANDUNG WETAN KOTA BANDUNG Yulia, Lia; Srisusilawati, Popon; Wahyudi, Ivan
JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jseh.v5i1.32

Abstract

Islam forbids selling goods that are misused. Contraception is an item that is sold freely to unmarried people, so there is a lot of abuse of contraception. Based on the background of the problem, the formulation of the problem is as follows: How is sharia marketing ethics regarding contraception, How is the practice of buying and selling contraception in Indomaret, Bandung Wetan Subdistrict, How is the syariah marketing ethics analysis of contraceptive sales in Indomaret, Bandung Wetan District. This study aims to determine how Islamic marketing ethics regarding contraception, the practice of buying and selling contraception in Indomaret, Bandung Wetan Subdistrict, and sharia marketing ethics analysis on the sale of contraceptives in Indomaret, Bandung Wetan District. The research method used is a descriptive analytical method qualitatively. The data source used primary data is data obtained directly from the Indomaret cashier through interviews. Based on the results of the study, conclusions were obtained that it turned out that Indomaret sold contraceptives not in accordance with Islamic marketing ethics and was not in accordance with the purpose of contraceptive procurement, because from the interviews with Indomaret cashiers that they strongly safeguarded consumers' privacy and did not want to know about consumer condoms use or for whom the condom was purchased
PENGARUH LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Rahmasari, Dewi Rahmasari; Suryani, Embun; Oktaryani, Sri
JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jseh.v5i1.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening”. Sampel penelitian diambil dari perusahaan sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2017 dengan metode purposive sampling. Diperoleh 10 perusahaan sebagai sampel, yang diobservasi selama 6 tahun dengan total observasi sebanyak 60. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, analisis outer model, analisis inner model dan uji hipotesis dengan bantuan SmartPLS 3.2.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Leverage dan Kebijakan Dividen tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Leverage tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen dan Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Pengaruh tidak langsung menunjukkan variabel Leverage dan Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaann melalui Kebijakan Dividen
EFEKTIVITAS EKONOMI PRODUKTIF BAGI MANTAN KORBAN NAPZA (Studi Kasus di Yayasan Grapiks Bandung) Srisusilawati, Popon; Akbar S, Torik
JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jseh.v5i1.29

Abstract

Bagi sebagian besar masyarakat, seseorang yang telah menjadi pecandu NAPZA meskipun telah berhenti tetap saja di pandang negatif. Permasalahan tersebut menjadi hambatan besar bagi mantan pengguna NAPZA untuk mengembangkan dirinya. Ekonomi produktif adalah penciptaan kesempatan bagi masyarakat untuk masuk dalam arus ekonomi yang bertumpu pada jaringan kemitraan antara Yayasan Grapiks Bandung dengan mantan korban NAPZA. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan jenis penelitian termasuk penelitian dekriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah ekonomi produktif yang dilaksanakan di Yayasan Grapiks Bandung merupakan salah satu bentuk pelatihan dalam upaya melatih keterampilan sesuai kemampuan  masing-masing mantan korban NAPZA. Efektivitas ekonomi produktif yang dilakukan Yayasan Grapiks Bandung dinilai sudah efektif yaitu sebesar 69,25%.
IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK DAN PROFIL KEMISKINAN DI PULAU LOMBOK: BASIS PERUMUSAN INTERVENSI KEBIJAKAN Suryani, Embun; Permadi, Lalu Adi; Serif, Sarifudin
JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jseh.v5i1.28

Abstract

Masalah kemiskinan merupakan fenomena sosial kemasyarakatan yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Pulau Lombok. Di lain sisi program penanggulangan kemiskinan diduga tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap indikator-indikator kemiskinan. Tulisan ini mencoba menggambarkan dan mendeskripsikan karakteristik kemiskinan dilihat dari gambaran umum kemiskinan, karakteristik wiliyah dan akses infrastruktur. Fokus utama dari penelitian ini adalah karakteristik dan profil rumah tangga dan penduduk miskin di desa termiskin di Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Timur. Berdasarkan hasil analisis data dapat dirumuskan dua aspek bagi penanggulangan kemiskinan di wilayah penelitian. Pertama, dilakukan melalui pemantapan pada tahap transisi dari pendidikan dasar ke pendidikan lanjutan melalui perbaikan akses, ketersediaan infrastruktur pendidikan khususnya bagi wilayah miskin, dan peningkatan akses kesehatan dan perbaikan kualitas pelayanan di tingkat puskesman. Kedua dilihat dari akses sumber daya dan infrastruktur wilayah miskin perlu dipertimbangkan beberapa pendekatan program penanggulangan kemiskinan, yaitu: 1) perbaikan lingkungan, karena seringkali penduduk miskin merupakan korban sekaligus agen kerusakan lingkungan; 2) meningkatkan akses air bersih serta perbaikan sanitasi bagi penduduk miskin; 3) memperluas akses lahan bagi penduduk miskin; 4) reformasi pertanian dan ekonomi yang berpihak bagi penduduk miskin.
PROSEDUR PERHITUNGAN PENDAPATAN JASA LAYANAN BONGKAR/MUAT PETI KEMAS PADA PT PELINDO III (PERSERO) CABANG LEMBAR Nadia, Ahsanatun
JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jseh.v5i1.30

Abstract

PT Pelindo III (Persero), adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa kepelabuhanan.Tugas, wewenang dan tanggung jawab perusahaan ini adalah mengelola Pelabuhan Umum pada tujuh wilayah provinsi Indonesia, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Tujuan dari praktik kerja lapangan (PKL) adalah untuk mengamati dan mengetahui bagaimana prosedur perhitungan pendapatan jasa layanan Bongkar/Muat Petikemas Pada  PT Pelindo III (Persero) Cabang Lembar. Apakah sudah tepat dan benar, dan untuk membandingkan teori Akuntansi yang ada dengan praktik akuntansi yang ditemukan dilapangan khususnya Prosedur Perhitungan Pendapatan Jasa Layanan Bongkar/Muat Petikemas Pada  PT Pelindo III (Persero) Cabang Lembar
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEPUNAHAN BAHASA DAERAH DI TANAH RANTAU Azis, Atri Dewi; Mahyuni, Mahyuni; Syahdan, Syahdan; Yusra, Kamaluddin
JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jseh.v5i1.27

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi dan berinteraksi antar sesama Dalam interaksi sosial ini sudah menjadi keniscayaan adanya saling memengaruhi di antara bahasa-bahasa yang digunakan. Bahasa yang mayoritas digunakan akan bertahan dan mempersempit ruang gerak bahasa-bahasa lain yang jarang digunakan oleh penuturnya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor penyebab kepunahan bahasa daerah dan memberikan gambaran tentang kondisi penggunaan bahasa daerah di tanah rantau dengan pembatasan pada Bahasa Bugis (BB) di pulau Lombok. Penelitian telah dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Agustus 2017 di Labuhan Haji Lombok Timur. Pertimbangan pemilihan lokasi penelitian didasarkan oleh letak geografis yang termasuk salah satu daerah yang banyak dihuni oleh perantau asal Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahasa Bugis sebagai bahasa interaksi intrasuku Bugis di Lombok masih sering digunakan oleh penutur suku Bugis. Hal ini berarti bahwa Bahasa Bugis sangat sulit ditemukan di pulau Lombok. Bahasa daerah dapat terus hidup dan berkembang dengan menjadikannya berprestise dengan cara mendorong seluruh anggota keluarga untuk tetap berusaha berbahasa daerah sebagai bahasa komunikasi pertama di dalam keluarga. Penelitian ini merekomen-dasikan perluasan sampel penelitian untuk dikembangkan supaya gambaran detail tentang kondisi bahasa Bugis di Lombok dapat terpetakan lebih memadai.
PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2017 Suryawati, Baiq Nurul; Puspitasari, Desi
JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA
Publisher : LPPM Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jseh.v5i1.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai variabel moderasi, variabel dependen dalam penelitian ini yaitu nilai perusahaan, variabel independenya yaitu profitabilitas dan variabel moderasinya adalah Good Corporate Governance. Populasi dalam penelitian ini, yaitu  perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Teknik pemilihan sampel dengan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu, berdasarkan kriteria tersebut didapatkan 8 perusahaan makanan dan minuman yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan Good Corporate Governance tidak memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman

Page 1 of 1 | Total Record : 8