cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Fakultas Ekonomi
ISSN : 25276026     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
Arjuna Subject : -
Articles 502 Documents
ANALISIS PROFITABILITAS PADA JASA RENTAL MOTOR DI TLOGOMAS Marysa Kase, Dece Dewanti
JURNAL AGREGAT Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.076 KB)

Abstract

Jasa rental motor merupakan usaha yang bergerak dibidang sewa guna aset (barang). Usaha rental terus berkembang pesat di Kota Malang, khususnya Kelurahan Tlogomas. Bertambahnya jasa rental motor sangat berkorelasi dengan pertumbuhan ekonomi suatu daerah dan kebutuhan pengguna jasa rental. Persaingan yang ketat akan mendorong peningkatan kualitas. Peningkatan kualitas akan memperluas pangsa pasar. Kualitas yang diberikan baik maka akan menciptakan ikatan yang kuat antara pelaku usaha jasa rental motor dengan pelanggan. Maka tidak tertutup kemungkinan akan terwujudnya kesetiaan dan loyalitas pelanggan. Konsekuensi logis dari keadaan tersebut adalah memperoleh laba (keuntungan) sehingga terjaga kelangsungan hidupnya.Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk menganalisis total aset yang dimiliki terhadap laba / keuntungan serta menganalisis tingkat pemakaian modal terhadap keuntungan yang diperoleh pada jasa rental motor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitaif dengan pendekatan ekonomi dengan menggunakan rasio profitabilitas (NPM, ROA, dan ROE). Hasil analisis yang diperoleh dari pendekatan ekonomi yaitu: Rasio profitabilitas jasa rental yang diukur dengan NPM, ROA, dan ROE menunjukan posisi yang aman bagi para pelaku usaha.
STRATEGI PELAYANAN PEMBIAYAAN ANGGOTA PADA KOPERASI UNIT DESA SUMBER MAKMUR NGANTANG KABUPATEN MALANG Suryani, Margareta
JURNAL AGREGAT Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi Pelayan Pembiayaan Aanggota yang di gunakan oleh Koperasi Unit Desa Sumber Makmur Ngantang dalam Pelayanan Pembiayaan yaitu dengan sistem pemupukan modal. Modal yang telah dimiliki oleh Koperasi Unit Desa Sumber Makmur kemudian diberikan kepada Anggota yang membutuhkan untuk modal mengembangkan usaha Anggota. Calon anggota diamati kurang lebih, paling lama 1 tahun dan paling cepat 6 bulan, di lihat layak atau tidak menjadi anggota Koperasi Unit Desa Sumber Makmur, hal ini di ambil karena sebelumnya banyak anggota yang kurang atau tidak aktif dalam keanggotan Koperasi Unit Desa Sumber Makmur. Anggota harus memiliki perternakan sapi, karena Koperasi Unit Desa Sumber Makmur lebih terkhususkan pada peternakan sapi perah yang merupakan produk utama Koperasi Unit Desa Sumber Makmur. Manfaat besar yang dirasakan oleh Anggota, sangat terbantu dengan adanya Pembiayaan yang telah diberikan oleh Koperasi Unit Desa Sumber Makmur. Modal yang telah diberikan Koperasi Unit Desa Sumber Makmur dipergunakan untuk penambahan modal usaha Anggot.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG Nona, Marselina Florida
JURNAL AGREGAT Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai elemen yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan dan salah satu bagian penting dalam perusahaan. Cara meningkatkan kinerja karyawan yaitu memberikan lingkungan kerja nyaman untuk menghindari stres kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan dan stres kerja terhadap kinerja karyawan pada A.K.A Coffee secara parsial dan simultan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode total sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 31 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner dan wawancara. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial lingkungan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung (5,132) dan stres kerja berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung (5,629). Sedangkan secara simultan (bersama-sama) lingkungan dan stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada A.K.A Coffee sebesar Fhitung (4,680) atau 79,9%. Adapun yang perlu di perhatikan perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan yaitu menciptakan lingkungan kerja tenang dan memberikan perhatian kepada karyawan untuk menghindari stres kerja.
ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA ABRIK TRIPLE 8 (STUDI KASUS PADA PABRIK TRIPLE 8 SENGKALING KABUPATEN MALANG) Vinsensius, Bernulfus
JURNAL AGREGAT Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persediaan bahan baku pada Outlet Mie Setan. Penelitian ini dilaksanakan bulan Januari 2019. Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pihak perusahaan, sedangkan data sekunder di peroleh dari data yang telah tersusun dalam bentuk dokumen dari perusahaan, data dari BPS, hasil penelitian terdahulu maupun dari internet. Data yang diolah menggunakan metode EOQ (Economic Order Quantity). Hasil penelitian diketahui bahwa kebijakan pengendalian persediaan bahan baku yang di lakukan Pabrik Triple 8 belum efisien, Hal ini ditunjukkan dengan biaya persediaan perusahaan lebih besar dibanding hasil analisis menggunakan metode EOQ adalah 3,097 Kg dengan biaya total persediaan ekonomis Rp. 31,208,686.,-..
PENGARUH KOMPENSASI, MOTIVASI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PADA MPS NGANTAN Wahyuni, Ofani
JURNAL AGREGAT Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompensasi, motivasi, dan komitmen organisasi terhadap produktivitas karyawan pada MPS Ngantang.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantatif dan alat analisis yang digunakan SPSS v.25, populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan di MPS Ngantang yang berjumlah 994 karyawan. Dengan teknik pengambilan simple random, sampling dan sampel yang didapat yaitu 91 karyawan. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan kuesioner dengan menggunakan metode skala likert yang diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, ujiasumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t dan uji f. Berdasarkan analisis data, bahwa kompensasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap produktivitas karyawan pada MPS Ngantang, motivasi berpengaruh dan signifikan terhadap produktivitas karyawan pada MPS Ngantang, komitmen organisasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap produktivitas karyawan pada MPS Ngantang.
PENERIMAAN PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN MALANG Susanti, Susi
JURNAL AGREGAT Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pajak daerah dan Retribusi daerah merupakan sumber penerimaan Pendapatan Asli Daerah, karena semakin besar penerimaan Pajak daerah dan retribusi daerah maka semakin besar pula Pendapatan Asli Daerah yang di peroleh daerah tersebut. Oleh karena itu jika hasil pendapatan daerah semakin meningkat dan besarnya pendapatan daerah maka hasil akan menunjukkan bahwa daerah tersebut mampu melaksanakan desentralisasi fiskal dan akan mengurangi tingkat ketergantungan terhadap pemerintah pusat. Sedangkan dengan dilakukannya penelitian ini hanya semata-mata ingin mengetahui tingkat efektif atau tidaknya penerimaan yang dilalukan petugas pajak daerah dan retribusi daerah terhadap PAD di Kabupaten Malang. Analisis dilakukan dengan menghitung tingkat efektivitas untuk mengetahui realisasi dan target yang sudah ditetapkan oleh petugas pemungutan pajak dan retribusi daerah selama tiga tahun terakhir di Kabupaten Malang. Menghitung jumlah tingkat efektifitas penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah selama tahun 2016-2018,dan menghitung tingkat target dan realisasi masing-masing tahun anggaran.Sektor pajak daerah dan retribusi daerah di Kabupaten Malang pada tahun 2016,2017,2018 selalu mengalami penngkatan dan tetap kontinu selalu memenuhi target bahkan melebihi target dalam kurun waktu tiga tahun proporsi tingkat efektifitas penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah masing-masing tahun mengalami peningkatan. Hal ini di mungkinkan peranan dari Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Malang didalam mengelola penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah yang semakin bagus, sehingga target yang telah ditetapkan dari tahun ke tahun.
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KANTOR DESA LANDUNGSARI KOTA MALANG Tapun, Hermina Guneng
JURNAL AGREGAT Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Laporan keuangan baik secara sederhana maupun yang sudah akuntabel merupakan penerapan yang baik untuk mengetahui produktivitas keuangan yang telah terjadi dalam suatu lembaga pemerintah desa. Analisis laporan keuangan berguna sebagai tolak ukur untuk mengetahui perkembangan dan kinerja keuangan desa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis laporan keuangan berdasarkan rasio kemandirian desa, rasio efektivitas dan rasio efesiensi, serta untuk mengetahui kondisi kinerja keuangan pada Kantor Desa Landungsari periode 2015-2018. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan yaitu dokumentasi menggunakan laporan keuangan Kantor Desa Landungsari periode 2015-2018. Metode analisa data yang di gunakan yaitu deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa rasio kemandirian Desa Landungsari Kota Malang tahun 2015 sebanyak 7,14%, tahun 2016 sebanyak 13,07%, tahun 2017 sebanyak 35,21% dan tahun 2018 sebanyak 67,64%; rasio efektivitas desa tahun 2015 sebanyak 101,09%, tahun 2016 sebanyak 92,95%, tahun 2017 sebanyak 95,72% dan tahun 2018 sebanyak 293,41%; rasio efisiensi Desa Landungsari Kota Malang tahun 2015 sebanyak 79,31%, tahun 2016 sebanyak 104,28%, tahun 2017 sebanyak 102,43% dan tahun 2018 sebanyak 25,67%. Sedangkan realisasi Pendapatan Asli Desa (PADes) Desa Landungsari Kota Malang tahun 2015 sebanyak Rp 1.881.214.520, tahun 2016 sebanyak Rp 1.288.682.184, tahun 2017 sebanyak Rp 1.828.326.800 dan tahun 2018 sebanyak Rp.2.048.613.200, dimana dapat dipahami bahwa kinerja keuangan Kantor Desa Landungsari Kota Malang dalam keadaan baik dan meningkat. Adapun yang perlu dilakukan Kantor Desa Landungsari yaitu mengelola keuangan desa dengan efisien mungkin.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI KOTA MALANG Setiawati, Nina
JURNAL AGREGAT Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerj karyawan pada Home Industry Kripik Tempe Rohani Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan teknik Jenuh atau sensus. Populasi adalah 30 karyawan, Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi linear Berganda. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) Lingkungan Kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, (3) motivasi kerja dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
PENGARUH MANAJEMAN KEUANGAN TERHADAP PROFITABILITAS USAHA (STUDI KASUS PADA KUD, KECAMATAN KARANGPLOSO, KABUPATEN MALANG) Erwin, Erwin
JURNAL AGREGAT Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan Manajemen Keuangan Yang Diterapkan oleh KUD Karangploso guna meningkatkan Profitalitas usaha. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, dalam penelitian ini adalah suatu penelitian atau meneliti pada suatu objek untuk mencari sebuah permasalahan dan mencari penyelesain dan solusi atau pemecahannya untuk terus berkembang dan kemudian disusun laporannya secara sistematis dan teruji. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif Regresi linear sederhana.Dari hasil penelitian dapat diuraikan bahwa manajeman keuangan berpengaruh terhadap profitabilitas usaha tetapi tidak berpengaruh signifikan secara persial dibuktikan dengan nilai profitabilitas usaha lebih kecil. Secara uji persial, hipotesis dalam penelitian ini tidak adanya pengaruh (HO diterima) dikarenakan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sangat kecil.
PENGARUH KUALITAS DAN CITRA MAYBANK INDONESIA TERHADAP HARGA SAHAM PERBANKAN Seru, Marselina
JURNAL AGREGAT Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan investasi di era globalisasi yang semakin maju dan variatif menyebabkan begitu banyak alternatif bagi masyarakat Indonesia untuk menginvestasikan dananya. Saham (stock) adalah salah satu instrumen investasi yang paling banyak ditawarkan oleh perusahaan dan paling banyak diminati oleh para investor. Harga saham (stock price) adalah nilai sekarang (present value) dari penghasilan-penghasilan yang akan diterima oleh pemodal dimasa yang akan datang (Husnan, 2007). Metode penelitian menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini merupakan Citra Bank Maybank Indonesia Penelitian sampel ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel merupakan bagian dari populasi yang dijadikan obyek dalam penelitian yang dianggap mampu mewakili keberadaan populasi. Data data diperoleh dari data primer dan sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Parsial (Uji T). Berdasarkan hasil pengolahan data pada bab sebelumnya, didapat kesimpulan bahwa secara parsial pada bank Maybank Indonesia yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham hanya return on asset (ROA) sedangkan earning per share (EPS) dan return on equity (ROE) tidak pengaruh terhadap harga saham. Pada Maybank Indonesia yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham hanya earning per share (EPS) dan return on asset (ROA) sedangkan return on equity (ROE) tidak berpengaruh terhadap harga saham.

Page 1 of 51 | Total Record : 502