cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Fakultas Ekonomi
ISSN : 25276026     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2016)" : 24 Documents clear
PEMBERDAYAAN MANTAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) OLEH PEMERINTAH KABUPATEN LEMBATA (Studi Kasus Pada Kecamatan Ile Ape, Kab.Lembata) Aryanto, Isman
Fakultas Ekonomi Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.709 KB)

Abstract

Dalam perkembangan yang diketahui bahwa belum sepenuhnya seluruh masyarakat merasakan kesejahteraan hidup secara merata, baik dalam hal kesejahteraan sandang, pangan maupun papan, dan masih banyak juga masyarakat yang hidupnya masih bergantung pada tangan majikan, yang notabenenya adalah waraga Negara lain. Mereka menggantungkan hidupnya dengan merantau ke Negeri orang demi mencukupi kebutuhan finansialnya dengan menjadi TKI., salah satu faktor penyebab yang paling dominan adalah minimnya peluang kerja, Terdesak kebutuhan ekonomi keluarga dan perekrutan tenaga kerja di daerah. Atas dasar pemikiran tersebut maka tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah 1) untuk mengetahui kepuasan para TKI dari hasil selama bekerja sebagai TKI 2) Untuk mengetahui program-program yang telah dilakukan pemerintah terhadap mantan TKI, dikarenakan TKI yang prosedural adalah salah satu pahlawan devisa 3) Untuk mengetahui sejauhmana dampak terealisasinya salah satu program dari pemerintah (PKBM) yang di rasakan masyarakat hingga sekarang. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat mantan TKI yang telah kembali ke daerah asal, Kecamata Ile Ape, Kabupaten Lembata. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, analiasis korelasi linear berganda, uji F dan uji t. Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat setuju pendidikan dan keterampilan, pelatihan kewirausahaan, sosialisasi pengelolaan pendapatan, akses modal, sangat menetukan keberdayaan dari masyarakat mantan TKI di kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata untuk mencapai tujuan kesejahteraan hidup di kemudian hari, dan hasil dari analisis regresi linear berganda membuktikan bahwa terdapat model regresi yang positif antara antara variabel pendidikan dan ketrampilan (X1), pelatihan kewirausahaan (X2), sosialisasi pengelolaan pendapatan (X3) dan akses modal (X4) dengan Keberdayaan Mantan TKI (Y), artinya semakin tinggi program tersebut maka semakin berdampak positif terhadap Keberdayaan Mantan TKI.
ANALISIS PROFITABILITAS USAHA KERIPIK NANGKA PADA UKM DELICIOUS, NACIA & SAS DI KOTA BATU Katrin, Theresia
Fakultas Ekonomi Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.709 KB)

Abstract

Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan (Laba). Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengetahui perhitungan tingkat profitabilitas pada Delicious NaCia & SAS . Penelitian ini dilakukan di UKM Delicious, NaCia & SAS yang beralamat di Dusun. Segundu RT.5/RW.1.No.26 Desa Sumbergondo-Kecamatan Bumiaji –Batu, Malang, Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam meneliti adalah metode penelitian deskriftif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk memecahkan masalah yang diteliti berdasarkan fakta yang benar terjadi atau sesuai dengan kondisi yang terjadi. Berdasarkan hasil analisa menunjukan bahwa jumlah keuntungan yang diperoleh usaha Keripik Nangka pada Usaha Kecil Menengah Delicious, NaCia & SAS untuk Margin Laba Kotor ( Gross Profit Margin) dan Pengembalian Investasi. Adapun untuk nilai rata-rata EAT sebesar Rp. 9.000.466 dibandingkan dengan nilai investasi sebesar Rp 365.312.000 dikalikan 100 dalam satuan (%). Berdasarkan perhitungan maka dapat diketahui bahwa nilai rata-rata profitabilitas sebesar 2,44%. Artinya nilai profitabilitas menunjukan bahwa setiap penambahan Rp 1 penjualan menghasilkan laba bersih cukup baik secara signifikan. Hasil penelitian dari analisis profitabilitas diduga bahwa Margin laba kotor, pengembalian investasi berpengaruh pada Profitabilitas baik secara parsial maupun simultan. Karena usaha kecil menengah Delicious,NaCia & SAS merupakan perusahaan yang memiliki produk lebih dari satu jenis produk dengan menggunakan analisis profitabilitas, yang didasarkan hasil perhitungan maka dapat diketahui keuntungan (Laba) yang dihasilkan sebesar 2,44%.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA M.V.M Adang, Bernarduz
Fakultas Ekonomi Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.709 KB)

Abstract

Dalam memahami keputusan pembelian konsumen tentu tidak mudah karena konsumen memiliki sifat yang berbeda-beda sebagaimana dari kebutuhan manusia yang tidak terbatas disamping dipengaruhi oleh kondisi eksternal dan internal lainnya yang berakibat langsung terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor seperti harga, selera, kualitas, harga jual kembali dan promosi yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada mahasiswa dan mahasiswi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang dan untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif adapun data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah Rgresi Linear Berganda dengan menggunakan program SPSS. Pengujian hipotesis dengan uji t membuktikan bahwa variabel harga, selera, kualitas, harga jual kembali dan promosi berpengaruh secara nyata terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha dan variabel harga merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor yamaha. Tujuan dari keputusan pembelian adalah untuk menetukan apakah barang atau produk yang ditawarkan dapat dibeli atau tidak
HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LAYANAN DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG PADA PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG Aisyah, Siti
Fakultas Ekonomi Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.709 KB)

Abstract

Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai sarana penunjang pendidikan dalam pelaksanan tri dharma perguruan tinggi, melakukan kegiatan untuk menyimpan dokumen/ hasil karya atau pengetahuan berupa buku, skripsi, tesis, disertasi, makalah seminar, laporan PKL, serta koleksi lain seperti: 1) buku bacaan wajib, 2) buku teks, 3) buku referensi, 4) karya akhir, 5) tabloid dan majalah yang mencakup bidang subjek tertentu. Selanjutnya dokumen-dokumen tersebut bisa dibaca atau dipinjam oleh pengunjung yang memerlukan pengayaan pengetahuan dengan syarat mengikuti tata cara peminjaman yang dilayani oleh petugas perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui, apakah ada korelasi antara kualitas layanan dengan kepuasan pengunjung pada Perpustakan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Hal ini bisa diketahui setelah dilakukan uji hipotesis dari perhitungan data angket para pengunjung dengan menggunakan Program SPSS Versi 17.0, yaitu perhitungan korelasi Pearson (Pearson Correlation). Analisis yang diperoleh, bahwa setelah dilakukan perhitungan berdasarkan instrument dari 95 angket pengunjung tentang kualitas layanan dengan pengunjung perpustakaan, didapatkan nilai korelasi sebesar 0,608 (Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed)), sehingga informasi ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dengan kepuasan pengunjung Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dapat disajikan. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa ada korelasi antara kualitas layanan dengan kepuasan pengunjung perpustakaan pada Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Dengan nilai korelasi sebesar 0,608 maka arah hubungan menunjukkan arah positif, artinya semakin positif/ baik kualitas layanan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan pengunjung pada Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
ANALISA PENERAPAN SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING TERHADAP STRATEGI PEMASARAN Iskandar, Joni
Fakultas Ekonomi Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.709 KB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan zaman yang semakin maju, terkadang Perusahaan selalu dihadapkan dengan berbagai masalah yang terjadi di pasar, tidak jarang Perusahaan melakukan tutup usaha atau gulung tikar terhadap usaha yang telah ditekuninya. Hal ini bisa disebabkan dengan terbatasnya modal dan tidak bisanya Perusahaan beradaptasi serta salah dalam menerapkan strategi yang digunakannya. Suatu perusahaan selalu di tuntut bagaimana usaha yang dijalankannya mendapatkan hasil yang baik, dan produk yang ditawarkan dapat di terima di pasar, sehingga hal ini perlu adanya segmenting, targeting dan positioning yang perlu diterapkan oleh perusahaan. Karena strategi ini berada pada level yang sangat strategis dan menentukan bagaimana suatu perusahaan dalam menggarap suatu pasar yang akan dituju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan segmenting, targeting, dan positioning terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh Perusahaan Roti Fadhilah, serta dampak yang akan diperoleh perusahaan dalam menerapkan segmenting, targeting, dan positioning terhadap strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, yang menggambarkan dan menjelaskan secara detail tentang penerapan strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) terhadap strategi pemasaran Perusahaan. Berdasarkan hasil Penelitian tentang Analisa Penerapan Segmenting, Targeting, dan Positioning Terhadap Strategi Pemasaran pada Perusahaan Roti Fadhilah, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Perusahaan Roti Fadhilah mencoba untuk melayani pasar yang luas dan membagi target konsumen kedalam beberapa variabel, yaitu variabel Geografi, Demografi, dan Psikografi. Sedangkan untuk Penentuan Strategi Pemasaran dan Penerapannya yaitu dengan cara melakukan pengembangan produk, promosi, dan melakukan kerja sama dengan Perusahaan lain.
STRATEGI BAURAN PEMASARAN GUNA PENINGKATAN PENJUALAN PADA SENTRA INDUSTRI SANDAL DI DESA TOYOMARTO KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG Agus Mulyadi, Bambang
Fakultas Ekonomi Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.709 KB)

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini menuntut pengusaha untuk dapat terus mempertahankan dan mengembangkan usaha miliknya, tidak terkecuali pengusaha sentra industri sandal yang berada di desa Toyomarto. Hal tersebut mengharuskan pengusaha sandal untuk menentukan strategi yang tepat dalam menghadapi para pesaing agar produknya tidak kalah bersaing di pasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha sandal yang berada di desa Toyomarto selama menjalankan usahanya, menganalisis lingkungan internal dan eksternal, serta merumuskan strategi pemasran yang tepat untuk pengusaha sandal di Desa Toyomarto. Obyek penelitian ini adalah sentra industri sandal berlokasi di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah purposive sampling, Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan cara, wawancara dengan pemilik, teknik penelusuran sejarah, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka, literatur terkait, data dan informasi dari perusahaan. Penelitian ini memfokuskan pada permasalahan : Bagaimana strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha sandal yang berada di Desa Toyomarto dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk peningkatan penjualan penjualan dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weaknes, Oppurtunities, Threats). Berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan strategi bauran pemasaran yang dilakukan pengusaha sentra industri sandal di Desa Toyomarto sebagai berikut : Strategi produk yang dilakukan sentra industri sandal di Desa Toyomarto yaitu dengan keunggulan produk yang dimilikinya, karena produk yang dihasilkan pengusaha sandal di Desa Toyomarto terkenal dengan kualitasnya yang baik. Strategi harga yang dilakukan sentra industri sandal di Desa Toyomarto yaitu dengan melihat besarnya biaya produksi, harga yang diberikan bervariasi tergantung pada jenis produknya antara Rp.120.000-Rp.600.000 per kodi. Strategi distribusi yang dilakukan sentra industri sandal di Desa Toyomarto yaitu dengan mengantarkan langsung barang hasil produksinya ke grosir-grosir langganannya melalui sales yang ada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Strategi promosi yang dilakukan sentra industri sandal di Desa Toyomarto yaitu dengan menawarkan langsung hasil produknya ke grosir-grosir yang ada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.
PENGARUH KEMASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI SABUN MANDI LUX CAIR (Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNITRI Angkatan 2012) Ulum, F. Harisul
Fakultas Ekonomi Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.709 KB)

Abstract

Dalam beberapa tahun ini peranan kemasan sangat berpengaruh dalam kegiatan pemasaran yang semakin meningkat dan diakui sebagai kekuatan utama dalam persaingan pasar, diantaranya adalah bahan kemasan, daya tarik visual, daya tarik praktis dan etika kemasan merupakan suatu kunci yang menentukan keputusan pembelian, jika kemasan dikemas dengan sedemikian rupa maka akan menimbulkan hal yang positif terhadap konsumen. Oleh sebab itu, pengusaha perlu mengetahui bagaimana persepsi para konsumennya terhadap suatu model kemasan yang menarik sehingga para pengusaha mampu memproduksi produk dengan kemasan yang menarik dan mampu membuat para konsumen tertarik untuk mengggunakan produk yang dihasilkan. tampilan kemasan dapat dibuat sedemikian rupa supaya konsumen dapat memberikan reaksi spontan, baik secara sadar ataupun tidak sadar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh variabel kemasan produk (bahan kemasan, daya tarik visual, daya tarik praktis dan etika kemasan) terhadap keputusan konsumen, baik itu secara simultan dan parsial, serta mengetahui dan menganalisis variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen. Dari hasil penelitian yang diambil dari Mahasiswa fakultas ekonomi angkatan 2012 berjumlah 50 sampel yang menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Kontribusi yang diberikan oleh variable bebas (X) dalam model regresi berganda adalah sebesar 59,3%, sedangkan sisanya sebesar 40,7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
PENGARUH IKLAN TERHADAP DAYA TARIK KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK PADA IKLAN SHAMPOO PANTENE (Studi Pada Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang) Hendro, Marselus
Fakultas Ekonomi Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.709 KB)

Abstract

Iklan merupakan teknik komunikasi yang digunakan pemasar untuk menjangkau konsumennya dan menyampaikan pesannya. Tujuan dari periklanan yaitu untuk menginformasi dan mengkomunikasikan barang atau jasa kepada pasar sasaran untuk mencapai target terutama dalam memilih produk shampoo pantene untuk kebutuhan pribadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahu pengaruh pesan iklan, endorser iklan dan media iklan terhadap daya Tarik konsumen dalam memilih produk pada iklan shampoo pantene pada mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah metode Accidental Sampling yaitu pengambilan sampel secara yang tidak terduga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan Studi Pustaka. Metode analisa data yang di gunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan mengunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa pesan iklan berpengaruh terhadap daya tarik konsumen dengan nilai pesan iklan sebesar 2,740, sedangkan endorser iklan berpengaruh terhadap daya tarik konsumen dengan nilai endorser iklan sebesar 3,177, dan media iklan berpengaruh terhadap daya tarik konsumen dalam memilih produk pada iklan shampoo pantene dengan nilai media iklan sebesar 0,752. Dengan demikian untuk menarik minat beli konsumen dalam memilih produk pada iklan shampoo pantene maka perlu diperhatikan dalam melakukan promosi dengan cara menetukan strategi pada pesan iklan yang disampaikan dan perlu melakukan promosi sesuai dengan etika dan memperhatikan suasana konsumen.
ANALISIS RASIO KEUANGAN GUNAMENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT. BANK BUKOPIN Tbk. Lero, Erni Kurniawati
Fakultas Ekonomi Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.709 KB)

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan PT. Bank Bukopin Tbk dapat dinilai melalui kinerja selama 1 periode tertentu.Kinerja yang baik diukur dari rasio keuangan yang sehatsebagai pedoman dalam pengambilan keputusan.Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio aktivitas dan rasio Solvabilitas terhadap kinerja PT. Bank Bukopin Tbk. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) Cabang Universitas Brawijaya Malang yaitu laporan keuangan PT. Bank Bukopin Tbk periode 2011-2013. Penelitian menghitung rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio aktivitas dan rasio solvabilitas. Kemudian dari hasil perhitungan rasio-rasio tersebut, dapat diketahui kinerja keuangan PT.Bank Bukopin Tbk sebagai hasil penelitian ini. Dari kinerja keuangan tersebut disesuaikan dengan rasio standar keuangan. Hasil penelitian membuktikan tingkat kinerja keuangan pada PT. Bank Bukopin Tbk dari tahun 2011–2013 berdasarkanrasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio aktivitas dan rasio solvabilitas dinyatakan dalam keadaan baik dan sehat. Adapun yang perlu diperhatikan untuk menjaga perusahaan agar dalam kondisi keuangan yang baik dan sehat maka perlu menerapkan rasio keuangan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan padaPT. Bank Bukopin Tbk.
ANALISIS PERSEPSI REMAJA TERHADAP PENCANTUMAN LABEL BAHAYA MEROKOK (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI, MALANG) Anindya Utami, Ridha
Fakultas Ekonomi Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.709 KB)

Abstract

Usia remaja merupakan rentang usia yang senang mencoba-coba hal yang baru, dimana mereka tidak lagi di katakan anak-anak, namun juga belum dapat di katakan dewasa dengan kepribadian sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dan salah satu contohnya adalah dengan merokok. Namun pemerintah memiliki kewajiban untuk melindungi generasi muda ini dengan menerapkan peraturan yang mewajibkan pencantuman label bahaya merokok pada kemasan rokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen remaja terhadap pencantuman label bahaya merokok yang tertera pada kemasan rokok itu sendiri. Lokasi penelitian dilakukan di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, dengan responden sebanyak 80 orang mahasiswa laki-laki perokok aktif. Data-data dalam penelitian ini telah memenuhi persyaratan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji T, uji F dan R square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara Simultan semua variabel independen yakni variabel timbulnya proses (x1), adanya sensasi (x2), dan keinginan mencoba-coba (x3), berpengaruh signifikan terhadap komponen variabel dependen. Berdasarkan penelitian ini dapat di simpulkan bahwa variabel timbulnya proses merupakan variabel yang berpengaruh dominan.

Page 1 of 3 | Total Record : 24