cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Fakultas Ekonomi
ISSN : 25276026     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
Arjuna Subject : -
Articles 75 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2018)" : 75 Documents clear
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PIA AE JAYA Letek Demon, Veronika
JURNAL AGREGAT Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.075 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui cara kinerja keuangan pada Perusahaan yang akan dinilai melalui analisis laporan keuangan pada Perusahaan Pia Ae Jaya dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Data yang akan diteliti berupa laporan keuangan pada Perusahaan Pia Ae Jaya dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Perusahaan Pia Ae Jaya harus memiliki laporan keuangan yang berupa cara kinerja laporan keuangan yang sehat untuk memperoleh laba dan untuk meningkatkan prestasi yang telah diraih oleh Perusahaan Pia Ae Jaya. Metode penelitian yang akan digunakan untuk menilai kinerja keuangan pada Perusahaan Pia Ae Jaya adalah dengan analisis rasio yang berupa Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas.
ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA (STUDI KASUS PADA KOPERASI UNIT DESA KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG) Jhoni, Antonius
JURNAL AGREGAT Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.338 KB)

Abstract

Sumber daya manusia yang berkualitas dan kuantitas adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu Perusahaan. Sehingga peran dari Motivasi, disiplin kerja dan kompensasi sangat penting. Adanya motivasi, disiplin kerja dan kompensasi dapat membantu karyawan agar lebih produktif dalam mencapai tujuan yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja karyawan KUD Karangploso kabupaten Malang. Teknik Pengumpulan Data yaitu melalui penyebaran Angket yang dilakukan pada 36 karyawan Koperasi Unit Desa Karangploso kabupaten Malang. Dari 36 kuisioner yang tersebarkan, 33 kuisioner yang kembali dan dijadikan sebagai sampel penelitian ini. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian secara persial menunjukan bahwa Motivasi berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja, Disiplin Kerja berpengaruh positif terhadap Produktivitas Kerja, dan kompensasi berpengaruh positif terhadap Produktivitas Kerja, dan secara simultan menunjukan bahwa antara variabel motivasi, disiplin kerja dan Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produktivitas Kerja.
ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN DENGAN PENDEKATAN JUST IN TIME (STUDI KASUS PADA UMKM USAHA KERAJINAN KERAMIK SOEHARTO DINOYO) Kaneki, Yulius Jeiwu
JURNAL AGREGAT Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.857 KB)

Abstract

Usaha Kerajinan Keramik Soeharto belum memiliki sistem untuk menganalisis persediaan yang terkomputerisasi untuk mempermudah penilaian analisis manajemen persediaan data perusahaan. Dalam proses menganalisis manajemen persediaan dilakukan menggunakan formulir penilaian berupa kertas. Untuk mengetahui analisis manajemen persediaan perusahaan, UMKM Keramik Soeharto harus merekapitulasi hasil penilaian tiap periode menggunakan cara manual. Maka peneliti bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem analisis manajemen persediaan dengan menerapkan sistem penilaian kinerja berbasis laporan keuangan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang disengaja berdasarkan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara dan observasi Metode analisa data yang digunakan adalah mengumpulkan, mendeskripsikan, mengevaluasi dan memberi kesimpulan data. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada UMKM kerajinan keramik ?Soeharto? didapatkan hasil bahwa dengan penerapan sistem Just in Time dalam pemenuhan kebutuhan produksi dan efisiensi biaya produksi usaha Kerajinan Keramik ?Soeharto? terbukti efektif dalam mengurangi jumlah biaya pemesanan, biaya pembelian, biaya penyimpanan, serta biaya persediaan bahan baku dibandingkan dengan metode yang telah ditetapkan oleh usaha Kerajinan Keramik Sebelumnya yaitu metode tradisional.
EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PUNGUTAN PAJAK HOTEL ATAS RUMAH KOS DITINJAU DARI ASAS-ASAS PUNGUTAN PAJAK DAERAH (STUDI DINAS PENDAPATAN KOTA MALANG) Luciana Tpoy, Melisa De
JURNAL AGREGAT Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.692 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan yaitu pada tanggal 1 juli 2018 sampai pada tanggal 1 agustus 2018. Penelitian yang berlatarbelakang beberapa kampus dibangun di dekat perumahan warga hal ini mengakibatkan perumahan yang hanya dijadikan tempat tinggal biasa diubah menjadi rumah yang dapat menghasilkan uang yaitu tempat usaha kos-kosan, namun usaha kos-kosan yang lebih dari 10 kamar dikenakan pajak sebesar 5%,peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul Efektivitas Kebijakan Pungutan Pajak Hotel Atas Rumah Kos Ditinjau Dari Asas-Asas Pungutan Pajak Daerah. Penelitian dengan jenis penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif jumlah sampel 89 sampel menghasilkan bahwa kebijakan pungutan pajak hotel atas rumah kos ditinjau dari asas-asas pungutan pajak daerah efektif meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak untuk membayar Pajak Hotel atas Rumah Kos sehingga mampu meningkatkan penerimaan pajak Kota Malang. Hal tersebut dibuktikan dari Wajib Pajak mendukung kebijakan pungutan Pajak Hotel atas Rumah Kos ditinjau dari asas keamanan dan keadilan sebanyak 79%, asas kepastian hukum sebanyak 83%, asas tepat waktu sebanyak 90% dan asas ekonomi sebanyak 81%.
ANALISIS OPTIMALISASI RETRIBUSI SAMPAH DAN KEBERSIHAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA MALANG Ezar, Siona
JURNAL AGREGAT Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.433 KB)

Abstract

Agar terjamin diselengarakannya otonomi daerah yang semakin maju maka diperlukan adanya usaha-usaha untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi Pendapatan Asli Daerah secara optimal. Peningkatan Pendapatan Asli Daerah bisa dilakukan dengan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah yang sudah ada maupun dengan penggalian sumber Pendapatan Asli Daerah yang baru sesuai dengan ketentuan yang ada serta memperhatikan kondisi dan potensi suatu daerah. Pendapatan asli daerah merupakan sumber penerimaan dari daerah perlu ditingkkatkan agar dapat membantu dan memikul sebagian beban biaya yang diperlukan untuk penyelenggaraan pemerintahan dan kegiatan pembangunan daerah. Pendapatan asli daerah terdiri pajak, retribusi, hasil perusahaan milik daerah, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah seperti laba, deviden dan penjualan saham milik daerah serta pinjaman lain-lain. Retribusipun dari tahun-ke tahun menyumbang kontribusi yang cukup lumayan besar pada pendapatan asli daerah kota Malang. Dari sekian banyak Retribusi yang dipungut, Retribusi Sampah dan Kebersihan adalah salah satunya. Tingkat Optimalisasi Retribusi sampah dari Tahun 2011 sampai tahun 2016 mengalami penurunan, tetapi dari angka realisasinya tetap stabil naik,ini membuktikan bahwa Retribusi sampah dan kebersihan tetap menyumbang kontribusi pada pendapatan asli daerah. Penurunan kontribusi Retribusi Sampah dan Kebersihan ini disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah semakin bertambahnya pemasukan daerah dari berbagai pajak dan retrbusi daerah.
ANALISIS METODE LAPORAN KEUANGAN UMKM SATE TELUR GULUNG BERDASARKAN SAK – ETAP Subaidi, Moh.
JURNAL AGREGAT Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.064 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan pada AZKA Fotokopi & Print Out jalan Joyo Utomo No 235 Merjosari Malang. Judul penelitian ini adalah ?Evaluasi Pengakuan Aktiva Tetap Berwujud pada AZKA Fotokopi & Print Out Kota Malang?. Penelitian ini dilakukan karena pencatatan aktiva tetap AZKA Fotokopi & Print Out tidak sesuai dengan PSAK No.16. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktiva tetap berwujud yang sesungguhnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, yang hasilnya memberikan gambaran 1. Harga perolehan aktiva tetap berwujud, 2. Penyusutan aktiva tetap berwujud, 3. Nilai akhir aktiva tetap berwujud.
PENGARUH MOTIVASI PIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV.FAHILAH ADI MARDHA RAYA MALANG Pitasari, Desi
JURNAL AGREGAT Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.791 KB)

Abstract

CV.Fashilah Adi Mardha Raya adalah salah satu cv yang bergerak dalam bidang industri pakaian busana muslim gamis abaya yang dibangun oleh bapak hadi pada tahun 1996 . Menurut bapak Hadi yang sangat dibutuhkan seorang karyawan adalah motivasi teruma motivasi dari seorang pemimpin. Variabel yang diteliti adalah variabel (X) yaitu Motivasi Pimpinan dan variabel (Y) yaitu Kinerja Karyawan (Y). Untuk memenuhi tujuan penelitian, hipotesis diuji dengan analisis regresi linier sederhana yang meliputi uji T. Dari hasil analisis regresi linier sederhana secara parsial motivasi pimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan CV. Fashilah Adi Mardha Malang. Kemudian Motivasi pimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada CV. Fashilah Adi Mardha Raya Malang.
PENGARUH MOTIVASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KINERJA KARYAWAN PADA UD TOHU SRIJAYA KOTA BATU Ramdan, Safari
JURNAL AGREGAT Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.707 KB)

Abstract

Salah satu UMKM yang mengolah berbagai macam souvenir bahkan sampai kebutuhan peralatan rumah tangga yang ada di Kota Batu, Jawa Timur. UD Tohu Srijaya merupakan UMKM yang cukup dikenal dikalangan pengusaha yang mempunyai usaha sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendalami apakah pengaruh motivasi serta pengalaman kerja dapat meningkatkan produksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, dengan menggunakan beberapa uji, uji validitas dan uji reliabilitas, yang menggunakan uji parsial dan simultan. Hasilnya karyawan mempunyai motivasi yang kurang tinggi akan tetapi memiliki pengaruh yang sangat tinggi sehingga dibutuhkan motivasi daripada karyawan yang mempunyai pengalaman kerja.
ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK HIBURAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (STUDI PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA MALANG) Wediyanti, Ina Devi
JURNAL AGREGAT Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.931 KB)

Abstract

Penelitian ini tentang peningkatan Pendapatan Asli Daerah yang dikontribusikan oleh Pajak Hiburan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat laju pertumbuhan Pajak Hiburan, dan bagaimana kontribusi Pajak Hiburan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Malang. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode Kualitatif dengan populasi datanya berupa laporan Pendapatan Asli Daerah di tingkat kabupaten/kota dengan sampel penelitian berupa data laporan anggaran Pajak Hiburan dan laporan anggaran Pendapatan Asli Daerah dari tahun 2012 sampai tahun 2016. Untuk mengetahui besarnya kontribusi pajak hiburan terhadap pendapatan asli daerah dan besarnya efektifitas pajak hiburan Kota Malang.Penelitian ini mengambil objek pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang, jenis penelitian menggunakan metode kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif, sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Data analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengidentifikasi data target dan realisai pajak hiburan, mengidentifikasi data target dan realisasi pendapatan asli daerah, menghitung kontribusi pajak hiburan terhadap pendapatan asli daerah.Berdasarkan hasil penelitian kontribusi pajak hi buran terhadap pendapatan asli daerah untuk tahun 2012 sebesar 1,56%, pada tahun 2013 sebesar 1,37%, pada tahun 2014 sebesar 1,48%, pada tahun 2015 sebesar 1,66%, dan untuk tahun 2016 sebesar 1,71%. Kontribusi pajak hiburan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah sehingga memberi sumbangan besar dari tahun 2012 sampai tahun 2016.
PENGARUH PROFESIONALISME DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP AUDIT JUDGMENT Wiedyasmara, Lorieta
JURNAL AGREGAT Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.403 KB)

Abstract

Profesi auditor dalam mengemban tugasnya dibutuhkan sebuah audit judgement dimana pada proses ini auditor mengumpulkan bukti-bukti terkait yang akan dikomunikasikan dalam bentuk laporan audit. Audit Judgment (pertimbangan audit) merupakan suatu pertimbangana auditor atau cara pandang auditor dalam menanggapi informasi yang mempengaruhi bukti-bukti terkait serta pembuatan keputusan pendapat auditor atas laporan keuangan sebuah perusahaan. Tingginya sikap profesionalisme seorang auditor merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembuatan auditor. Auditor akan selalu dituntut untuk bersikap secara profesional dalam melaksanakan setiap pekerjaan profesinya. Pengalaman seorang auditor juga dapat mempengaruhi dalam mempertimbangkan tingkat materialitas pengauditan laporan keuangan. Auditor yang tidak memiliki pengalaman akan melakukan atribusi kesalahan lebih besar dibandingkan dengan auditor yang berpengalaman. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah profesionalisme dan pengalaman berpengaruh baik secara simultan maupun parsial pada auditor Kantor Akuntan Publik di Malang. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif yang berupa angka-angka. Sumber data adalah data primer. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik kota Malang. Sampel penelitian ini menggunakan acak sederhana (Simple Random Sampling) adalah proses memilih satuan sampling sedemikian rupa sehingga setiap satuan sampling dalam populasi mempunyai peluang yang sama untuk terpilih ke dalam sampel. Variabel profesionalisme mempunyai t hitung sebesar 4,276 dengan probabilitas signifikansi 0,000 sehingga Ho ditolak karena 4,276 > 2,021. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara parsial variabel profesionalisme berpengaruh secara parsial terhadap audit judgment. Variabel pengalaman mempunyai t hitung sebesar 3,534 dengan probabilitas signifikansi 0,000 sehingga Ho ditolak karena 3,534 > 2,021. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara parsial variabel pengalaman berpengaruh secara parsial terhadap audit judgment.