cover
Contact Name
Damsir D
Contact Email
damsir_fkip@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
damsir_fkip@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Gema Pendidikan
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 08549044     EISSN : 2684866X     DOI : -
Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education.
Arjuna Subject : -
Articles 129 Documents
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 2 KENDARI Fahruddin Hanafi -
Gema Pendidikan Vol 21, No 2 (2014): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 21 NO 2 TAHUN 2014
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/gapend.v21i2.2796

Abstract

Keterampilan menulis karangan deskripsi memerlukan sikap kritis dalam memahami setiap konsep-konsep terhadap materi bahan ajar dalam proses pembelajaran. Kemampuan menulis karangan Siswa Kelas XA SMA Negeri 2 Kendari masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) guna meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas XA SMA Negeri 2 Kendari. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas XA SMA Negeri 2 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XA SMA Negeri 2 Kendari, yang terjadi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XA SMA Negeri 2 Kendari tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat berpengaruh pada peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas XA SMA Negeri 2 Kendari dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 58,60 dengan persentase ketuntasan sebesar 40 %, atau 10 orang siswa. Siklus II, sebesar 75, 80 dengan persentase ketuntasan sebesar 88,17 % atau 22 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas dari 25 orang siswa. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia, khususnya menulis karangan deskripsi pada siswa kelas XA SMA Negeri 2 Kendari.Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Karangan Deskripsi, pada Siswa
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kausal Pada Guru SMAN Di Kota Baubau) Nanik Hindaryatiningsih -
Gema Pendidikan Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.028 KB) | DOI: 10.1234/gapend.v24i1.2804

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan, motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan November 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner lalu dianalisis menggunakan analisis jalur. Sampel penelitian diambil dari enam sekolah negeri sebanyak 85 orang guru yang dipilih secara simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) budaya organisasi berpengaruh langsung terhadap kinerja guru, (2) kepemimpinan berpengaruh langsung terhadap kinerja guru, (3) motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru (4) budaya organisasi berpengaruh langsung terhadap motivasi kerja, (5) kepemimpinan berpengaruh langsung terhadap motivasi kerja, (6) budaya organisasi berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja, (7) kepemimpinan berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Temuan ini meyakinkan bahwa perubahan atau variasi kinerja guru dipengaruhi oleh budaya organisasi, kepemimpinan, dan motivasi kerja. Kata Kunci: Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja
PEMETAAN PERMASALAHAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN KONAWE UTARA (SUATU ANALISIS KEKUATAN, KESENJANGAN, PELUANG DAN TANTANGAN) La Ode Safiun Arihi
Gema Pendidikan Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.756 KB) | DOI: 10.1234/gapend.v24i1.2818

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kondisi riil Sekolah, Guru, Siswa sarana dan prasarana, 2) Permasalahan pokok yang dihadapi dalam pengelolaan pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Konawe Utara, dan 3) Kebutuhan mendasar dalam pengelolaan pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Konawe Utara? Permasalahan pokok yang dihadapi oleh pemerintah daerah Kabupaten Konawe Utara dalam pengelolaan pendidikan dasar dan menengah adalah (1) jumlah dan rasio pendidik dan tenaga kependidikan yang belum mencapai angka ideal, (2) kualitas guru yang rendah, (3) Pembayaran tunjangan profesi guru yang sering terlambat (5) banyak sarana dan prasarana yang tidak memadai. Kebutuhan mendasar penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah adalah (1) penambahan jumlah guru, (2) terdistribusinya jumlah guru yang memenuhi angka rasio ideal di setiap wilayah, (3) kegiatan yang mampu meningkatkan kompetensi guru, (4) pembayaran tunjangan profesi guru tepat waktu dan (5) pembenahan keadaan sarana dan prasarana.Kata Kunci: Permasalahan pendidikan
PEMANFAATAN KALENG BEKAS SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SATUAN DEBIT DI KELAS VI SD NEGERI 13 KATOBU TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Wa Ode Zariati
Gema Pendidikan Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.95 KB) | DOI: 10.1234/gapend.v24i1.2825

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, keaktifan, minat belajar, dan kreatifitas siswa sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Penggunaan kaleng bekas, dapat membantu siswa mengaplikasikan secara langsung cara menghitung suatu debit dari berbagai ukuran kaleng bekas yang ditemuinya. Melalui penggunaan kaleng bekas sebagai media belajar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi satuan debit. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13 Katobu pada siswa kelas VI tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 22 siswa yang terdiri atas 11 siswa laki – laki dan 11 siswa perempuan. Teknik dan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan kaleng bekas sebagai alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 72,73% dengan nilai rata-rata 69,09 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,91% dengan nilai rata-rata 79,09Kata kunci: Hasil belajar, Kaleng bekas, Satuan debit
PENGARUH LATIHAN SIT UP DAN HALF SQUAT TERHADAP KEMAMPUAN HEADING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA PUTERA KELAS XI SMA NEGERI 2 KENDARI” Muh - Rusli
Gema Pendidikan Vol 24, No 2 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO.2 JULI 2017
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.237 KB) | DOI: 10.1234/gapend.v24i2.4172

Abstract

Abstrak Telah dilakukan penelitian pengaruh latihan sit up dan half squat terhadap kemampuan heading bola pada permainan sepak bola siswa putera kelas XI SMA Negeri 2 Kendari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan sit up dan half squat terhadap kemampuan heading bola pada permainan sepak bola siswa putera kelas XI SMA Negeri 2 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putera kelas XI SMA Negeri 2 Kendari yang berjumlah 106 orang, sedangkan sampel sebanyak 96 orang yang diambil berdasarkan variabel kendali. Sampel yang digunakan berjumlah 30 orang yang diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana (simplerandom sampling). Setelah dilakukan pre-test, sampel dibagi dalam dua kelompok yakni 15 orang sebagai kelompok eksperimen dan 15 orang sebagai kelompok kontrol. Pembagian ini dilakukan dengan tekhnik ordinal pairing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan heading bola. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tekhnik statistik uji t dengan taraf signifikan α 0,05. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan sit up dan half squat terhadap kemampuan heading bola dalam permainan sepak bola. Dimana hasil perhitungan diperoleh thitung =-4,829 > ttabel(1:29)= 2,045. Kata Kunci: Latihan sit up, half squat, heading bola.
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI MATERI ANALISIS REAL MELALUI MODEL JIGSAW Latief Sahidin Latif
Gema Pendidikan Vol 20, No 2 (2013): JURNAL GEMA PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/gapend.v20i2.2788

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami materi Analisis Real melalui model Jigsaw berbasis lesson study. Prosedur penelitian terdiri dari 3 siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan Refleksi (see). Subjek dalam penelitian adalah 54mahasiswa yang memprogram matakuliah Analisis Real 2015.2 Jurusan Pendidikan Matematika UHO. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa dari siklus I, II dan III. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan memberikan argument logis sebesar 22.22%, kemampuan mengajukan pertanyaan, gagasan/ide sebesar 18.51%, keaktifan dalam diskusi materi 44.44%, dan rata-rata hasil belajar mahasiswa sebesar 70.13% di akhir siklus III.
IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) di SULAWESI TENGGARA La Ode Turi
Gema Pendidikan Vol 22, No 1 (2015): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 22 NO 1 TAHUN 2015
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.127 KB) | DOI: 10.1234/gapend.v22i1.2799

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggali informasi yang berkaitan dengan permasalahan-permasalahan mendasar berkaitan dengan (a) perencanaan  pembelajaran akuntansi; (b) pelaksanaan  pembelajaran akuntansi; dan (c) evaluasi  pembelajaran akuntansi. Penelitian dilaksanakan di Sulawesi Tenggara, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnopedagogi, dimana dalam praktek pendidikan memandang bahwa pengetahuan atau kearifan lokal sebagai sumber inovasi dan keterampilan yang dapat diberdayakan untuk kesejahteraan masyarakat, dan tidak hanya mempelajari tentang masyarakat, akan tetapi juga belajar dari masyarakat itu sendiri. Subjek dalam penelitian ini dipilih dari para guru akuntansi dan para siswa serta dokumen perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) permasalahan mendasar yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran akuntansi terdiri atas (a) permasalahan tentang penyusunan perangkat pembelajaran, meliputi: KTSP, program tahunan dan semesteran, penyusunan silabus, penyusunan RPP, penyiapan buku nilai, penyiapan buku daftar hadir tatap muka siswa, penyiapan hasil analisis ulangan harian, dan penyiapan catatan tugas perbaikan serta pengayaan; (b) permasalahan dalam pengembangan materi pembelajaran, (c) mengembangkan model dan metode pembelajaran, (d) mengembangkan media dan alat bantu pembelajaran, (e) penentuan alat evaluasi pembelajaran; (2) permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi (a) kegiatan pendahuluan, dimana para guru akuntansi dapat menyampaikan apresepsi, motivasi dan penyampaian tujuan pembelajaran yang jelas sesuai kompetensi yang diharapkan, (b) kegiatan inti, dimana guru melaksanakan pembelajaran selalu berpedoman pada RPP, menerapkan materi sesuai tujuan, menggunakan model dan metode pembelajaran yang sudah didesain, menggunakan alat peraga/media yang telah didesain, menciptakan partisipasi aktif dari siswa dan guru selaku fasilitator dan motivator; (3) permasalahan yang berkaitan dengan evaluasi dan tindak lanjut yaitu guru selalu mengevaluasi dari segi proses maupun hasil setelah berakhirnya pembelajaran dan guru selalu memberikan tugas-tugas latihan secara kelompok dan individu, baik di sekolah maupun di rumah serta di masyarakat. Kata kunci : permasalahan pembelajaran akuntansi di SMK
PENGARUH MOTIVASI KERJA, SIKAP PROFESIONAL, DAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU SD YANG SEMENTARA KULIAH PADA PROGRAM S1 PGSD JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FKIP UHO TAHUN AKADEMIK 2011/2012 SDA 2013/2014 DI SULAWESI TENGGARA Muhammad Yasin -
Gema Pendidikan Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.945 KB) | DOI: 10.1234/gapend.v24i1.2809

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh langsung (1) Motivasi kerja terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran, (2) Sikap professional terhadap kemampuan dalam pembelajaran, (3) Motivasi kerja terhadap kinerja guru, (4) Sikap professional terhadap kinerja guru, (5) Kemampuan dalam pembelajaran terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survey, data dikumpulkan dari 72 orang sampel yang diperoleh melalui random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif secara langsung motivasi kerja terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran dengan koefisien jalur 0,481, (2) terdapat pengaruh positif secara langsung sikap propesional terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran dengan koefisien jalur 0,255, (3) terdapat pengaruh positif secara langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru, koefisien jalur 0,270, (4) terdapat pengaruh positif secara langsung sikap professional terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur 0,481, dan (5) terhadap pengaruh positif secara langsung kemampuan guru dalam pembelajaran terhadap kinerja guru koefisien jalur 0,246.Kata kunci: Motivasi kerja, Sikap professional, Kinerja guru
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII. 2 SMP NEGERI 1 RAHA TENTANG KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) Gunawan - -
Gema Pendidikan Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.203 KB) | DOI: 10.1234/gapend.v24i1.2819

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Raha tentang konsep sistem gerak pada manusia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dengan tahapan: (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan tindakan (action); (3) observasi dan evaluasi (observation and evaluation); dan (4) refleksi (reflection). Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil belajar formatif siswa pada siklus I mencapai rata-rata 82,06 dengan persentase ketuntasan mencapai 87,50%. Hasil belajar formatif siswa pada siklus II mencapai rata-rata 90,39 dengan persentase ketuntasan mencapai 100%. Hasil evaluasi sumatif konsep sistem gerak pada manusia mencapai skor rata-rata 76,25 dengan ketuntasan klasikal yang dicapai pada pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together adalah 87,50%.Kata Kunci: Hasil belajar, Kooperatif tipe Numbered Heads Together, Sistem gerak
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA PENGALAMAN SISWA KELAS I SD NEGERI 18 KATOBU SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Sarfiana - -
Gema Pendidikan Vol 24, No 1 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO 1 TAHUN 2017
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.477 KB) | DOI: 10.1234/gapend.v24i1.2826

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas I SD Negeri 18 Katobu pada tema pengalaman melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus tindakan. Prosedur penelitian ini yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan evaluasi dan (4) refleksi. Keberhasilan penelitian ini ditinjau dari dua segi yaitu dari segi proses dan dari segi hasil. Dari segi proses pelaksanaan pembelajaran sebesar 80% telah sesuai dengan skenario pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperati tipe Make a Match dan dari segi hasil 80% siswa tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil observasi diketahui persentase keberhasila pelaksanaan pembelajaran sebear 85% dan ketuntasan klasikal hasil belajar sisw adalah 80,41%. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaraan Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatakan hasil belajar siswa tentang tema pengalaman.Kata Kunci: Hasil belajar, Kooperatif tipe Make A Match

Page 1 of 13 | Total Record : 129