cover
Contact Name
salim
Contact Email
jpm@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
salim@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 20868235     EISSN : 25973592     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu periode Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 217 Documents
Pengaruh Model Penskoran Terhadap Kestabilan Reliabilitas Skala Sikap Dengan Mempertimbangkan Variasi Usia Responden ., busnawir
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  ialah  untuk  mengetahui  kestabilan  reliabilitas  skala  sikap berdasarkan  penskoran  terboboti  dan  penskoran  Likert.  Penelitian  ini  merupakan  eksperimen simulasi faktorial 2x2 dengan menggunakan 1000 responden (siswa).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa:   Koefisien  reliabilitas  berdasarkan  penskoran  terboboti  lebih  stabil  dibandingkan penskoran  Likert;    Varians  koefisien  reliabilitas  pada  kelompok  usia  homogen  lebih  kecil dibandingkan  pada  kelompok  usia  heterogen;   pada  penskoran  terboboti,  tidak  ada  perbedaan varians koefisien reliabilitas. Disimpulkan bahwa koefisien reliabilitas yang dihasilkan berdasarkan penskoran terboboti lebih stabil dibandingkan penskoran Likert.Kata kunci: reliabilitas, skor komposit, penskoran likert, penskoran terboboti, populasi homogen, populasi heterogen.
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa ., dasa ismaimuza .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian  eksperimental  ini  menggunakan  desain  3x2  faktorial.  Instrumen  yang digunakan  meliputi  tes  kemampuan  matematika,  nilai  rapor,  tes  kemampuan  berpikir  kritis matematis,  untuk  mengkaji  dan  menganalisis  perbedaan  kemampuan  berpikir  kritis  matematis siswa  yang  menerima  pembelajaran  berbasis  masalah  dengan  strategi  konflik  kognitif  (PBLKK) dan pembelajaran konvensional (KV) ditinjau dari keseluruhan dan pengetahuan awal siswa (tinggi, sedang, dan rendah).  Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis  masalah  dengan  strategi  konflik  kognitif  PBLKK  lebih  baik  daripada  siswa  yang memperoleh pembelajaran konvensional.Kata kunci: konflik kognitif, berpikir kritis matematis, PAMPE
Pemecahan Masalah Matematika dengan Pendekatan Teori Pembelajaran Perilaku pada Siswa Sekolah Menengah Atas La Misu; & Rosdiana
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Juli 2014
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.947 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v5i2.2052

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah: (1) Menetapkan  langkah-langkah pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran perilaku, dan (2) menyusun implementasi model pembelajaran perilaku kaitannya dengan pemecahan masalah matematik baik siswa kelas XII IPA maupun kelas XII IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 7 Kendari, yang terdiri dari satu kelas IPA dan satu kelas IPS tahun ajaran 2014/2015.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan 1). Langkah-langkah model pembelajaran perilaku dalam pemecahan masalah matematik siswa sebagai berikut (a) pemilihan kooperatif sebagai pendekatan pembelajaran, (b) Pemberian masalah matematik, (c)  Pemecahan masalah lebih ditekankan pada masalah dunia nyata, (d) Penyelesaian masalah matematik dengan berbagai cara, dan (f) Pemberikan penguatan positif dan penguatan negative. dan 2). Penggunaan model pembelajaran perilaku di SMAN 7 Kendari baik kelas IPA maupun kelas IPS umumnya cukup efektif, dengan rata-rata presentase partisipasi siswa sebesar 71% dan pelaksanaan proses pembelajaran oleh guru sebesar 76%.Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematik, Teori Pembelajaran Perilaku
Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Kadir .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2: Juli 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.276 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v1i2.1952

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk memecahkan masalah matematika pada siswa SMP di dearah posisir Sulawesi Tenggara. Untuk memecahkan masalah tersebut dilakukan penelitian menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis potensi pesisir  atau Coastal Potency-Based Contextual Teaching and Learning (CCTL). SMP pesisir yang diteliti dipilih secara acak dari dua level sekolah pesisir, yaitu sedang dan rendah. Pada setiap level sekolah dipilih secara acak dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Siswa kelas eksperimen mendapat CCTL dan siswa kelas kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah pretes dan postes kemampuan pemecahan masalah matematik, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji t, ANAVA satu jalur, dan ANAVA dua jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan CCTL berpengaruh positif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pesisir dan hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional baik ditinjau dari peringkat sekolah maupun pengetahuan awal matematika siswa.
Perbedaan Hasil Ujian Nasional Matematika Tingkat SD Tahun 2006-2010 Ikman &; Wa Nursae
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1: Januari 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.766 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i1.1959

Abstract

Penelitian ini bertujuan mempelajari perbedaan  hasil ujian nasional mata pelajaran matematika tahun 2006-2010 secara bersama-sama dan secara parsial terhadap skor rerata. Sampel diambil dari siswa yang jumlahnya paling sedikit pada masing-masing sekolah/ tahun dengan cara non acak. Jumlah sampel sebanyak 162 orang yang terdiri dari: 62,54% (variabel X1Z);  67,78% (variabel X2Z); 80,00% (variabel X3Z); 64,80% (variabel X4Z); 76,00% (variabel X5Z); secara keseluruhan adalah 14,20%. Hasil menunjukkan secara bersama-sama maupun secara terpisah berpengaruh yang signifikan terhadap skor rerata matematika
Pengaruh Tahapan Polya Dalam Pemecahan Masalah Terhadap Ketuntasan Belajar Geometri Siswa Sekolah Menengah Pertama Baiduri .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.72 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v6i1.2060

Abstract

Tujuan penelitian  ini adalah untuk menganalisis aktivitas siswa pada tahapan Polya dalam pemecahan masalah geometri serta pengaruhnya terhadap ketuntasan belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP kelas VII sebanyak 30 orang dengan rentang umur 11 – 13 tahun. Data dikumpulkan melalui tes dan angket. Hasil penelitian menyatakan bahwa aktivitas yang dilakukan siswa pada setiap tahapan Polya SMP dalam pemecahan masalah geometri berpengaruh positif terhadap ketuntasan belajarnya.Kata-kata kunci: pemecahan masalah, tahapan Polya, ketuntasan belajar
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pekerjaan Rumah Terhadap Hasil Belajar Matematika SD Ikman &; Erlin .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: Juli 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.903 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i2.1964

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan konvensional dan pemberian pekerjaan rumah dengan catatan dan tanpa catatan dalam pekerjaan rumah siswa secara simultan terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis menyimpulkan bahwa secara empiris data mendukung hipotesis yang diajukan; rerata hasil belajar matematika untuk siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, khusus untuk siswa yang (i) diberikan pekerjaan rumah dengan catatan dan tanpa catatan berdasarkan statistik uji-t mempunyai perbedaan pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif dan Pemberian Pekerjaan Rumah (PR)
Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN Ita Nurmuiza , Faad Maonde; & Asrul Sani
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 2: Juli 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v6i2.2065

Abstract

Motivasi belajar siswa dalam tulisan ini merupakan bagian penelitian dengan judul Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi terhadap hasil belajar matematika SMA di Kota Kendari. Perlunya kajian motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika secara parsial untuk mempelajari sampai seberapa besar korelasi, sumbangan,  kontribusi dan pengaruh variabel motivasi terhadap hasil belajar siswa.  Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI-IA SMA Negeri 2 Kendari tahun ajaran 2014/2015 dengan sampel berjumlah 90 orang siswa dari populasi  berjumlah 180 orang siswa. Hasil analisis regresi linear dengan menerapkan metode kuadrat terkecil diperoleh hasil sebagai berikut: (i) motivasi belar siswa mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan korelasi sebesar 0.612; sumbangan sebesar  36.7% serta kontibusi sebesar 0.818 satuan artinya setiap perubahan satu satuan motivasi belajar siswa akan diikuti oleh meningkatnya hasil belajar siswa sebesar 0.818 satuan dalam populasi. Kata kunci :Motivasi, hasil belajar matematika.
Efektivitas Penerapan Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Muchtar Ibrahim &; Andi Mifthahul Janna Murti
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: Juli 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.841 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i2.1973

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Quantum Teaching dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Populasi adalah seluruh kelas IV Sekolah Dasar yang terdiri dari tiga kelas, sementara sampelnya dua kelas diperoleh secara random yaitu kelas Va dan Vc masing–masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis deskrptif dan inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perlakuan disatu pihak dan kontrol di pihak lainnya. Artinya pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Kata kunci : efektivitas, pembelajaran quantum teaching
Pengaruh Motivasi Berprestasi Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Muhammad Sudia & Muliani Majja
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7, No 1: Januari 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.038 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v7i1.2074

Abstract

Penelitian  eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial dengan sampel berjumlah 40 orang siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kendari dengan tujuan untuk mempelajari: (1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika, (2)  pengaruh kombinasi model pembelajaran kooperatif (TSTS-TPS) dan motivasi berprestasi sebagai level yang terdiri dari kelompok atas dan kelompok bawah. (1) hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara empiris nilai rerata hasil belajar matematika pada masing-masing sel relatif tidak mendukung hipotesis yang diajukan, (2) hasil analaisis inferensial  menunjukkan bahwa motivasi berprestasi mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan kontribusi sebesar 0,493 satuan artinya setiap perubahan 1 satuan motivasi berprestasi akan meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 0,493 satuan dengan sumbangan sebesar 22,3% dan 77,7% ditentukan oleh faktor lain dalam populasi, (3) hasil analisis inferensial melalui ANOVA 2 faktor Non Hirarki dan Hirarki berdasarkan statistik uji F pada taraf signifikansi 0,05 semua hipotesis menerima H0 artinya rerata hasil belajar matematika pada masing-masing sel mempunyai perbedaan yang relatif kecil. Kata kunci: Kombinasi model pembelajaran kooperatif, Motivasi berprestasi, Hasil belajar matematika siswa

Page 1 of 22 | Total Record : 217