cover
Contact Name
salim
Contact Email
jpm@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
salim@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 20868235     EISSN : 25973592     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu periode Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 217 Documents
Pengaruh Model Penskoran Terhadap Kestabilan Reliabilitas Skala Sikap Dengan Mempertimbangkan Variasi Usia Responden ., busnawir
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  ialah  untuk  mengetahui  kestabilan  reliabilitas  skala  sikap berdasarkan  penskoran  terboboti  dan  penskoran  Likert.  Penelitian  ini  merupakan  eksperimen simulasi faktorial 2x2 dengan menggunakan 1000 responden (siswa).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa:   Koefisien  reliabilitas  berdasarkan  penskoran  terboboti  lebih  stabil  dibandingkan penskoran  Likert;    Varians  koefisien  reliabilitas  pada  kelompok  usia  homogen  lebih  kecil dibandingkan  pada  kelompok  usia  heterogen;   pada  penskoran  terboboti,  tidak  ada  perbedaan varians koefisien reliabilitas. Disimpulkan bahwa koefisien reliabilitas yang dihasilkan berdasarkan penskoran terboboti lebih stabil dibandingkan penskoran Likert.Kata kunci: reliabilitas, skor komposit, penskoran likert, penskoran terboboti, populasi homogen, populasi heterogen.
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa ., dasa ismaimuza .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian  eksperimental  ini  menggunakan  desain  3x2  faktorial.  Instrumen  yang digunakan  meliputi  tes  kemampuan  matematika,  nilai  rapor,  tes  kemampuan  berpikir  kritis matematis,  untuk  mengkaji  dan  menganalisis  perbedaan  kemampuan  berpikir  kritis  matematis siswa  yang  menerima  pembelajaran  berbasis  masalah  dengan  strategi  konflik  kognitif  (PBLKK) dan pembelajaran konvensional (KV) ditinjau dari keseluruhan dan pengetahuan awal siswa (tinggi, sedang, dan rendah).  Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis  masalah  dengan  strategi  konflik  kognitif  PBLKK  lebih  baik  daripada  siswa  yang memperoleh pembelajaran konvensional.Kata kunci: konflik kognitif, berpikir kritis matematis, PAMPE
Perbandingan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negeri 8 Kendari Antara Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Konvensional Ramlin Ramlin; Kodirun Kodirun; Kadir Kadir; Salim Salim
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 1: Edisi Januari 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.815 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v10i1.5639

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan literasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari yang terdiri dari enam kelas paralel dan satu kelas khusus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan instrumen tes kemampuan literasi matematis berbentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan. (1) Rata-rata kemampuan literasi matematis siswa setelah diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 53,06 dari total skor 100. (2) Rata-rata kemampuan literasi matematis siswa setelah diajar dengan model pembelajaran konvensional sebesar  46,89 dari total skor 100. (3) kemampuan literasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak berbeda signifikan dengan kemampuan literasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. 
Konvensional Realisasi Dari Fungsi Transfer Dalam Bentuk Kanonik Terkontrol Nurweni Putri; Muhafzan Muhafzan
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 1: Edisi Januari 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.235 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v10i1.5640

Abstract

Sistem kontrol merupakan suatu alat untuk mengendalikan dan mengatur keadaan dari suatu sistem. Dalam teori kontrol, suatu sistem dapat direpresentasikan dengan beberapa cara yang berbeda. Dalam penelitian ini akan dibahas cara menentukan representasi ruang keadaan dari fungsi transfer dalam bentuk kanonik terkontrol untuk sistem SISO dan MIMO. Dalam literatur, permasalahan ini dikenal dengan realisasi. Masalah ini ekivalen dengan bagaimanakah cara menentukan matriks A, B, C dan D sedemikan sehingga:H(s) = C (sI - A)-1 B + D,Dimana matriks A, B, C dan D tersebut dalam bentuk kanonik terkontrol
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Setting Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Swasta Antam Pomalaa Desy Payung Allo; Muhammad Sudia; Kadir Kadir; Hasnawati Hasnawati
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 1: Edisi Januari 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.343 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v10i1.5641

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menerapkan model problem based learning setting kelompok dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Antam Pomalaa yang terdiri dari 4 kelas paralel dengan jumlah 100 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknikPurposive Sampling dan dipilih sampel sebanyak 2 kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh bahwa: (1) Rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menerapakan model pembelajaran problem based learning setting kelompok mengalami peningkatan dengan kualitas sedang, (2) Rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menerapakan model pembelajaran problem based learning setting kelompok mengalami peningkatan dengan kualitas sedang, (3) Penerapan model pembelajaran problem based learning setting kelompok secara signifikan lebih baik  daripada penerapan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Antam Pomalaa dengan taraf kepercayaan 95%.
Perbedaan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Teknik Scaffolding Dan Yang Diajar Dengan Pembelajaran Konvensional Di Kelas X SMK Negeri 05 Bombana Sima Yuningsih; Kadir Kadir; La Ndia; Saleh Saleh
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 1: Edisi Januari 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.331 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v10i1.5642

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 05 Bombana yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 73 siswa. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling diperoleh kelas X Jurusan ATPH sebagai kelas eksperimen dan kelas X Jurusan TITL sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Kemampuan representasi matematis siswa kelas X Jurusan ATPH yang yang diajar dengan teknik scaffolding pada materi trigonometri memiliki nilai rata-rata kemampuan representasi gambar 67,56, kemampuan representasi simbol 78,92, dan verbal 74,80; (2) Kemampuan representasi matematis siswa kelas X Jurusan TITL yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada materi trigonometri memiliki nilai rata-rata kemampuan representasi gambar 53,96, simbol 66, dan verbal 62,92: dan (3) Kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan teknik scaffolding lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari Zuari Anzar; Arvyaty Arvyaty; Busnawir Busnawir; Fahinu Fahinu
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 1: Edisi Januari 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.946 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v10i1.5643

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Sampel diambil secara purposive sampling dan diperoleh kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan pemberian instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk tes uraian. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran generatif memiliki nilai rata – rata 61,77 dan varians 126,16. (2) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah pembelajaran generatif adalah 78,93 dan varians 138,78; dan (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari.
Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender Wahyu Pratama Mahiuddin; La Masi; Kadir Kadir; Mustamin Anggo
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 1: Edisi Januari 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.98 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v10i1.5644

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil tes literasi matematis siswa yang rendah.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian ini berjumlah 84 orang.Teknik pengambilan data yaitu pemberian tes tertulis dan wawancara.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan:(1) Kemampuan literasi matematis siswa masih rendah dengan rata-rata 26,89; siswa yang memiliki kemampuan literasi matematis dalam kompetensi tinggi dan sedang tidak ada, kategori rendah sebanyak 84 orang. (2)Kemampuan literasi matematis siswa laki-laki masih rendah pada kompetensi merumuskan dan merencanakan strategi dan lebih unggul pada kompetensi komunikasi dan penggunaan simbol, bahasa formal, teknik dan penggunaan operasi. (3)Kemampuan literasi matematis siswa perempuan juga masih rendah pada kompetensi merumuskan dan merencanakan strategi tetapi unggul pada kompetensi komunikasi dan penggunaan simbol, bahasa formal, teknik dan penggunaan operasi.
Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Raha Sitti Amaliyah Adriani; Kadir Kadir; Mohammad Salam; Ikman Ikman
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 1: Edisi Januari 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.871 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v10i1.5645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Raha. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen berupa lembar observasi dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Raha.Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik daripada penerapan model pembelajaran langsung. Hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran penemuan terbimbing diperoleh rata-rata 71,69; standar deviasi 12,32; dan varians 151,86, dan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran langsung diperolehrata-rata 66,12; standar deviasi 10,04; dan varians 100,90
Pengaruh Motivasi Belajar Dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi Siti Sarmiati; Kadir Kadir; Anwar Bey; Utu Rahim
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 1: Edisi Januari 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.338 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v10i1.5646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Menguji pengaruh motivasi belajar dan dukungan sosial terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi baik secara bersama-sama maupun terpisah. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi. Data diperoleh dari instrumen angket motivasi belajar dan dukungan sosial serta dari data dokumen hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa dalam kategori baik dan sangat baik sebanyak 34,78% atau sebanyak 24 siswa dan yang kategori kurang sebanyak  65,22% atau sebanyak 45 siswa; (2) dukungan sosial siswa dalam kategori baik dan sangat baik sebanyak 33,33% atau sebanyak 23 siswa dan yang kategori kurang sebanyak 66,67% atau sebanyak 46 siswa; (3) Secara bersama-sama maupun terpisah motivasi belajar dan dukungan sosial berpengaruh terhadap hasil belajar matematika

Page 1 of 22 | Total Record : 217