cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Published by Universitas Musamus
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2015): Volume 2, Nomor 2, Januari 2015" : 6 Documents clear
PENGARUH VOLTASE DAN WAKTU TERHADAP PENGENDAPAN LOGAM MANGAN DAN SENG PADA LEMPENG TEMBAGA MENGGUNAKAN METODE ELEKTROPLATING Yorinda Buyang; Henie Poerwandar Asmaningrum
MAGISTRA Vol 2 No 2 (2015): Volume 2, Nomor 2, Januari 2015
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i2.336

Abstract

Penelitian pengaruh voltase dan waktu terhadap pengendapan logam mangan dan seng pada lempeng tembaga dengan menggunakan metode elektroplating bertujuan untuk menentukan voltase optimum pengendapan logam mangan dan seng, dan menentukan waktu optimum pengendapan logam mangan dan seng. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada proses pengendapan logam mangan dan seng voltase optimumnya adalah 4,5V dan 6V untuk logam mangan dan seng, dan waktu optimum pengendapan logam mangan dan seng adalah 150 menit.
PENGARUH STRATEGI REACT PADA PEMBELAJARAN RUANG DIMENSI TIGA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Inggrid Marlissa
MAGISTRA Vol 2 No 2 (2015): Volume 2, Nomor 2, Januari 2015
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i2.332

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh strategi REACT terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Ambon yang terdiri atas enam kelas. Dari enam kelas tersebut kelas X2 dan X4 dipilih secara acak sebagai sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes prestasi belajar matematika. Untuk melihat pengaruh strategi REACT data dianalisis menggunakan uji statistik Independent Sample T-test. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi REACT lebih unggul daripada pembelajaran konvensional dalam hal prestasi belajar matematika pada siswa SMA Negeri 10 Ambon.
PENGGUNAAN DEIKSIS DALAM NOVEL MARYAMAH KARPOV KARYA ANDREA HIRATA Zem Santo
MAGISTRA Vol 2 No 2 (2015): Volume 2, Nomor 2, Januari 2015
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i2.333

Abstract

Teks novel Maryamah Karpov tidak dapat dipisahkan dari penggunaan deiksis yang berkaitan dengan penggunaan bahasa secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan jenis-jenis deiksis, dan mendeskripsikan fungsi acuan penggunaan berbagai jenis deiksis yang dihubungkan dengan konteks yang ada. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa bahasa ragam tulis, yang bersumber dari teks novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata. Data dikumpulkan melalui metode kancah (lapangan) dan metode pustaka dengan menggunakan teknik dokumentasi, teknik simak, dan teknik catat. Data yang terkumpul diklasifikasi sesuai dengan tujuan penelitian, kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini menggunakan berbagai jenis deiksis, yaitu deiksis persona; deiksis tempat; deiksis waktu; deiksis wacana; deiksis sosial; pembalikan deiksis; dan deiksis peka-konteks. Fungsi acuan berbagai jenis deiksis tersebut bertitik pangkal pada pembicaraan atau kisahan yang ditunjang oleh konteks yang ada dan ditentukan oleh pembicara yaitu tokoh aku.
GARIS ISTIMEWA PADA SEGITIGA Kamariah Kamariah
MAGISTRA Vol 2 No 2 (2015): Volume 2, Nomor 2, Januari 2015
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i2.334

Abstract

Pada sebuah segitiga terdapat tiga garis istimewa yaitu garis bagi, garis tinggi, dan garis berat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam mengenai garis bagi, garis tinggi, dan garis berat pada segitiga. Penelitian ini menggunakan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa garis bagi yaitu garis yang ditarik dari sebuah titik sudut dan membagi sudut tersebut menjadi dua bagian sama besar. Ketiga garis bagi melalui satu titik yang disebut titik bagi. Titik bagi merupakan pusat lingkaran dalam segitiga. Garis tinggi yaitu garis yang ditarik dari titik sudut dan tegak lurus sisi di hadapannya. Ketiga garis tinggi melalui satu titik yang disebut titik tinggi. Garis berat yaitu garis yang ditarik dari titik sudut ke pertengahan sisi di hadapannya. Ketiga garis berat melalui satu titik yang disebut titik berat. Titik berat membagi masing-masing garis berat dengan perbandingan 2:1.
PENGARUH DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP YPK 2 MOPAH LAMA MERAUKE Vinsensia Fani Sawo; Marnina Marnina
MAGISTRA Vol 2 No 2 (2015): Volume 2, Nomor 2, Januari 2015
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i2.337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar siswa Kelas VII SMP YPK  2 Mopah Lama Merauke. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP YPK 2 Mopah Lama Merauke yang berjumlah 30 orang dan menggunakan teknik sampel secara keseluruhan. Data dikumpulan melalui pengamatan, tes, angket, dan wawancara,  kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VII SMP YPK 2 Merauke mencapai 0,16. Tabel korelasi menunjukkan bahwa pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar pada siswa kelas  VII sangat lemah pengaruhnya (tidak ada pengaruhnya). Oleh sebab itu, guru diharapkan bisa menggunakan berbagai strategi, pendekatan, metode, dan sumber belajar lain agar proses belajar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan kedisiplinan yang harus dipatuhi dalam belajar, sehingga peserta didik bisa lebih meningkatkan hasil belajar yang diperolehnya lagi.
KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA DAN PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MUSAMUS Agustinus Gereda
MAGISTRA Vol 2 No 2 (2015): Volume 2, Nomor 2, Januari 2015
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i2.335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca cepat mahasiswa, menganalisis faktor-faktor yang menghambat kemampuan membaca cepat, dan menawarkan upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat. Dalam penyediaan data digunakan teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Data dianalisis cara menghitung banyaknya skor kemampuan efektif membaca berdasarkan jumlah kata yang dibaca, waktu yang diperlukan untuk membaca, dan skor jawaban yang benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan membaca mahasiswa masih sangat rendah (202 kpm), pemahaman isi bacaan berada pada kategori rendah (67%), sementara kemampuan efektif membaca pun rendah (139 kpm). Ada pun faktor penyebabnya, antara lain sulit berkonsentrasi, rendahnya minat membaca, dan kurangnya motivasi untuk belajar atau membaca. Cara meningkatkan kecepatan membaca cepat, di antaranya melatih konsentrasi, menumbuhkan minat membaca, membangun motivasi, mencari kata kunci, dan menyadari tujuan membaca.

Page 1 of 1 | Total Record : 6