cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Published by Universitas Musamus
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2019): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan" : 7 Documents clear
MENINGKATKAN TINGKAT BERPIKIR GEOMETRI SISWA BERDASARKAN FASE BELAJAR MODEL VAN HIELE MENGGUNAKAN MEDIA BANGUN RUANG DIMENSI TIGA Sugiyarti Sugiyarti; Maria F.V. Ruslau
MAGISTRA Vol 6 No 1 (2019): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v6i1.1155

Abstract

Setiap siswa memiliki kesulitan dalam belajar geometri dan tingkat perkembangan berpikir geometri yang berbeda-beda. Oleh karena itu diperlukan strategi yang tepat yang disusun berdasarkan tingkat perkembangan berpikir geometri siswa dalam pembelajaran geometri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan fase belajar model Van Hiele dengan memanfaatkan media bangun ruang dimensi tiga pada materi jarak antara titik, garis dan bidang untuk meningkatkan tingkat berpikir geometri siswa Kelas XII MIPA4 SMA Negeri 3 Merauke. Media bangun ruang yang digunakan adalah kerangka bangun ruang dimensi tiga, dan untuk mempermudah siswa dalam memvisualisasikan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan jarak antara titik, garis dan bidang dalam ruang. Hasil penenitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir Geometri siswa berdasarkan teori Van Hiele umumnya paling tinggi berada pada Level 1 (Analisis). Siswa dapat mendeskripsikan informasi yang ada pada bangun ruang namun belum dapat menunjukkan jarak yang diminta pada soal. Siswa dapat mengetahui dan dapat menggunakan rumus untuk menghitung jarak tetapi kesulitan pada mensktesa bidang datar segitiga yang terbentuk dalam ruang dimensi tiga. Penggunaan alat peraga kerangka bangun ruang meningkatkan level berpikir geometri siswa 76% berada pada minimal Level 2 (Abstraksi) yaitu siswa mampu mengidentifikasi, menemukan dan menjelaskan jarak antara titik, garis dan bidang. Dan siswa mampu menggunakan teorema, defenisi atau konsep matematika yang diperlukan dalam menentukan jarak dalam ruang dimensi tiga dengan bantuan alat peraga Level 3 (Deduksi). Kata Kunci dimensi tiga, ,teori Van Hiele, tingkat berpikir geometri
MODEL LATIHAN KECEPATAN RENANG GAYA BEBAS Pande Made Dharma Sanjaya; Bambang Sujiono; Junaidi Junaidi
MAGISTRA Vol 6 No 1 (2019): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v6i1.1132

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk model latihan kecepatan renang gaya bebas. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk dapat memperoleh informasi tentang pengembangan dan penerapan model latihan kecepatan renang gaya bebas pada atlet usia SMP, serta untuk mengetahui efektivitas model yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah atlet renang usia SMP yang berada dalam Pembinaan sekolah maupun club-club yang ada di Kabupaten Buleleng. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan, evaluasi ahli (evaluasi produk awal), uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar (field testing). Uji efektivitas model menggunakan Instrumen tes prestasi renang gaya bebas 50m yang digunakan untuk mengetahui tingkat kecepatan renang yang dimiliki sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model latihan. Tes awal yang dilakukan diperoleh data kecepatan renang rata-rata seluruh atlet adalah 00.36.16 detik. Setelah diberikan perlakuan model latihan didapatkan hasil kecepatan rata-rata atlet adalah 00.35.39 detik. yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model latihan. Dengan demikian model latihan kecepatan renang gaya bebas ini berpengaruh terhadap peningkatan prestasi atlet.. Kata Kunci: Kecepatan, renang, gaya bebas
THE STUDY IMPACT OF WHATSAPP GROUP ON CRITICAL READING SKILL Ranta Butarbutar
MAGISTRA Vol 6 No 1 (2019): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v6i1.1130

Abstract

WhatsApp group as a social media application has a great impact to improve the skills of students in critical reading particularly. This study aims to look at the impacts of group WhatsApp application in critical reading. The descriptive qualitative used as method to process the data. The participants were students majoring in English education semester totaling 30 peopleAbstrakWhatsApp group as a social media application has a great impact to improve the skills of students in critical reading particularly. This study aims to look at the impacts of group WhatsApp application in critical reading. The descriptive qualitative used as method to process the data. The participants were students majoring in English education semester totaling 30 people Kata Kunci: WhatsApp group; improving; critical reading
PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA Angla F Sauhenda; Adiyanti Klementina Kidahane; Basilius Redan Werang
MAGISTRA Vol 6 No 1 (2019): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v6i1.1114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan handphone (HP) terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP YPPGI Gerardus Adii Merauke, Papua. Tujuan tersebut dicapai melalui penerapan pendekatan kuantitatif menggunakan rancangan penelitian survey. Rumusan masalah yang menuntun pelaksanaan penelitian ini adalah apakah penggunaan HP berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMP YPPGI Gerardus Adii Merauke, Papua. Sampel penelitian ini berjumlah 78 orang, sama dengan jumlah populasi. Data penelitian ini diperoleh melalui dua cara: (a) data tentang penggunaan HP diperoleh melalui penyebaran angket kepada para siswa; dan (b) data tentang prestasi belajar siswa diperoleh melalui pengumpulan nilai rapor mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan HP berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP YPPGI Gerardus Adii Merauke, Papua. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi para guru dan, terlebih khusus, para orang tua dalam mendorong anak-anaknya untuk tekun belajar dan mengontrol anak-anaknya dalam menggunakan HP. Kata Kunci: handphone, prestasi belajar, bahasa Indonesia
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Batseba Sipahelut; Markus Palobo
MAGISTRA Vol 6 No 1 (2019): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v6i1.1111

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran Guided inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Merauke tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan metode tes. Instrumen lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa dalam pembelajaran matematika, dan instrumen tes berupa tes pilihan ganda dan essai untuk mengukur prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I rata-rata 67,6 dengan persentase ketuntasan klasikal 28,5% meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 73,31 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Guided inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Merauke. Kata Kunci: Guided inquiry, prestasi belajar
PENGEMBANGAN SENAM BACA HITUNG (CATUNG) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SOTA PERBATASAN RI-PNG Zem Santo; Afif Khoirul Hidayat
MAGISTRA Vol 6 No 1 (2019): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v6i1.1108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan aplikasi Geogebra pada materi program linear. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi, dan tahap refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dari siklus I kategori sedang 33% menjadi kategori tinggi 70% pada siklus II. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditunjukkan pada aspek membuat model matematika, membuat visualisasi grafis dari persoalan program linear kontekstual, serta membuat keputusan pemecahan masalah menggunakan metode garis selidik pada aplikasi geogebra. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 60% meningkat pada siklus II sebesar 87%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Aplikasi Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA Muhammad Sunu Queen Irianto; Andi Saparuddin Nur
MAGISTRA Vol 6 No 1 (2019): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v6i1.1102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan aplikasi Geogebra pada materi program linear. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi, dan tahap refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dari siklus I kategori sedang 33% menjadi kategori tinggi 70% pada siklus II. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditunjukkan pada aspek membuat model matematika, membuat visualisasi grafis dari persoalan program linear kontekstual, serta membuat keputusan pemecahan masalah menggunakan metode garis selidik pada aplikasi geogebra. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 60% meningkat pada siklus II sebesar 87%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Aplikasi Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Page 1 of 1 | Total Record : 7