cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Published by Universitas Musamus
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2021): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan" : 3 Documents clear
Implementasi Model CIRC Dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dewi puji rahayu
MAGISTRA Vol 8 No 1 (2021): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v7i2.3560

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IVB SDN Wasur 2 Merauke. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IVB SDN Wasur 2 Merauke yang terdiri dari 19 siswa. Penelitian tidakan kelas ini dilaksanakan secara online karena terjadinya wabah Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model CIRC. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil keterampilan berpikir kritis siswa. Pada pra siklus keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh rata-rata 67,84 dengan ketuntasan klasikal 57,89%. Pada siklus I rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 70,68 dengan ketuntasan klasikal 68%. Rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa meningkat pada siklus II dengan memperoleh rata-rata 74,05 dan ketuntasan klasikal 79%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi CIRC dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IVB SDN Wasur 2 Merauke.
Analisis Desain Aplikasi Klasterisasi Kecerdasan Majemuk Sebagai Rekomendasi Penentuan Model Pembelajaran Henie Poerwandar Asmaningrum; Martha Betaubun; Nasrawati Nasrawati; Gerzon Jokomen Maulany
MAGISTRA Vol 8 No 1 (2021): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v8i1.3728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil perancangan aplikasi klasterisasi kecerdasan majemuk untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Musamus. Sumber data adalah hasil validasi aplikasi klaterisasi kecerdasan majemuk oleh pakar pendidikan dari segi kesesuaian, kebaruan, akurasi, dan kelengkapan dan oleh pakar IT dari segi tampilan, kualitas, integrasi, dan aspek pemrograman. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli pendidikan memberikan skor rata-rata pada validasi 1 sebesar 4,1 yang berada pada kategori baik dan pada validasi 2 sebesar 4, 3 yang berada pada kategori sangat baik dan ahli media memberikan skor rata-rata pada validasi 1 sebesar 3. 9 yang berada pada kategori baik dan pada validasi 2 sebesar 4,3 yang berada pada kategori sangat baik. Kesimpulannya, hasil perancangan aplikasi multiple intelligence clustering untuk menentukan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran layak untuk digunakan dan diujicobakan.
Feedback, individual differences and EFL learners productive skill: an analysis on high and low-achieving students Nasmilah Nasmilah; Sitti Sahraeny; Marleiny Radjuni; Nadira Mahaseng; Sukmawaty Sukmawaty
MAGISTRA Vol 8 No 1 (2021): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v8i1.3750

Abstract

This study investigates how feedback is responded by learners of English as a Foreign Language (EFL) having distinctive individual differences, and how these two relate to their achievement in their Speaking ability as productive skill. A group of English Department students at Hasanuddin University comprising high achievers and low achievers is observed in an attempt to collect as much information as possible to get clearer picture of the role of feedback as the second source of input after the teaching materials presented earlier in class. Using descriptive qualitative method in analyzing the data, the study reveals that teachers’ feedback as source of input plays important roles in helping learners gain better performance in speaking skills. However, in some cases, negative effect of feedback is suffered by certain students which lead to the conclusion that individual differences and teachers’ feedback are detrimental in the achievement of EFL learners speaking performance

Page 1 of 1 | Total Record : 3