cover
Contact Name
Riinawati
Contact Email
journalantasari@gmail.com
Phone
+6285377799989
Journal Mail Official
riinawati@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Antasari Banjarmasin Jl. Kebun Bunga, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70237
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 24424048     EISSN : 2808408X     DOI : 10.18592/moe
Core Subject : Education,
Management of Education adalah jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin. Management of Education terbit berkala enam bulan sekali (bulan Februari dan Agustus), sebagai wahana komunikasi insan akademik dalam bidang manajemen, organisasi pendidikan dan kepemimpinan pendidikan Islam
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1: Februari 2019" : 5 Documents clear
STRATEGI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (SMP AL-HIDAYAH MEDAN TEMBUNG) S, Shalehah
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1: Februari 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.836 KB) | DOI: 10.18592/moe.v5i1.5236

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Perguruan SMP Al-Hidayah Medan Tembung, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Sebagai informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Guru, Staf Pegawai dan Siswa. Pengumpulan data menggunakan metode yaitu metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi Analisis data dilakukan dengan cara Reduksi Data, Sajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Penelitian ini bertujuan. 1) mengetahui bagaimana perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, 4) pengawasan dan kendala proses manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Yayasan Perguruan SMP Al-Hidayah Medan Tembung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pelaksanaan fungsi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Yayasan Perguruan SMP Al-Hidayah Medan Tembung adalah menggunakan planning, organizing, actuating, controlling (POAC). Perencanan yang dibuat (planning) yang dibuat kepala sekolah di bagi menjadi dua, yaitu: perencanaan bagi peserta ddik dari membuat RPP dan kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan perencanaan bagi guru-guru membuat pembinaan dan bimbingan. Kemudian pengorganisasian yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah meciptakan semua stakeholders menjadi satu wadah yang baik. Kemudian kepala sekolah melaksanakan atau menggerakkan wadah yang baik. Kemudian kepala sekolah melaksanakan atau menggerakkan wadah tessebut untuk bekerja sama dalam membangun visi, misi dan tujuan sekolah. Sedangkan yang terakhir bagaimana kepala sekolah mengevaluasi dan menilai dari seluruh program yang dilaksanakan.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI DI SMP ISLAM AL-AZHAR PEKANBARU) Apriliani, Dewi
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1: Februari 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.983 KB) | DOI: 10.18592/moe.v5i1.5237

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah penyerasian sumberdaya yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah dengan melibatkan semua kelompok pemangku kepentingan. MBS juga memberikan keluasaan bagi sekolah untuk menentukan arah dan kebijakan yang relevan dengan situasi dan kondisi lingkunganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi MBS di Sekolah Menengah Pertama yang Berbasis Keislaman, dalam hal ini penulis memilih lokasi di SMP Islam Al- Azhar 37 Pekanbaru. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam kajian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kesiswaan, Wakil Humas, Tenaga Tata Usaha, dan 2 orang guru serta 5 orang siswa. Objek penelitian adalah implementasi manajemen berbasis sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini penulis menemukan beberapa kebijakan sekolah yang berhubungan dengan manajemen peserta didik, manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat, manajemen kurikulum, manajemen personal, manajemen layanan khusus, manajemen sarana dan prasarana, manajemen anggaran sekolah. Salah satu kebijakan terkait manajemen peserta didik yaitu registrasi calon siswa baru secara online dan calon siswa harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah diberikan sekolah. Kemudian, bagi yang memenuhi syarat akan melakukan tes wawancara, matematika, bahasa inggris, mengaji dan hafalan juz 30.
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) Hashifah, Nanda
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1: Februari 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.27 KB) | DOI: 10.18592/moe.v5i1.5238

Abstract

One of the educational problems that our nation is currently facing iseducation quality issues.  Various attempts have been made to improve the quality of national education, among others through various training and improvement teacher competence, procurement of textbooks and learning tools, improvement of educational facilities and infrastructure, and improving the quality of school management.  School-Based Management provides flexibility for schools to manage their potential by involving all elements of stakeholders to achieve school quality improvement.  This study uses a qualitative approach in the form of descriptive.  The use of descriptive methods in this study with the aim of describing an activity of implementing the principal's leadership in implementing school-based management which first analyzes the implementation process.  Implementation of School-Based Management (SBM) at SMA Al-Masthuriyah Sukabumi is participatory.  The result that occurred at Al-Masthuriyah High School was that there was still a lack of initiative from school residents due to a lack of sense of belonging to the school.  In solving educational problems in schools, the people who know best about these problems are the school's own residents, especially teachers, staff, principals and parents of students.  The application of participatory management improves the quality and service of education so that SMA Al-Masthuriyah can compete and produce quality graduates both academically and non-academicly.  SBM will be successful if the school community has the initiative in carrying out their work and the initiative of each individual is appreciated.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS BOARDING SCHOOL DI AL WILDAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL TANGGERANG Hasanah, Norijatil
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1: Februari 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.979 KB) | DOI: 10.18592/moe.v5i1.5239

Abstract

This study wanted to describe school management during completion and completion at Al Wildan Islamic Boarding School. This type of qualitative research with descriptive methods. The research objects are the Principal and Director of Education, the curriculum section, the personnel section, the infrastructure section, the student body section, the public relations section, the finance section, and the administration section. Researchers used methods of observation, interviews, and documentation. Data data in the form of data data. The method of data analysis includes 14 activities: first, data collection and data reduction, Second, data in the form of narrative. Third, the withdrawal of conclusions. The results of the research shown Al Wildan boarding school has not been put to good use. The integration is seen in activity programs and learning programs. Management here is categorized into 7 types namely: curriculum management, personnel, students, infrastructure, finance, public relations, and special services. So, between the management in the school and in boarding are interrelated. Furthermore, according to the results of a study done at Tangerang Al Wildan Islamic Boarding School using TQM techniques. The TQM that has been implemented is running well. This is evidenced through an explanation of the terms of the TQM implementation that has been included. As a commitment of the principal, have the vision, mission, and goals of the school, benefit from its success, have published influence, and a board of directors.
KONSEP DAN JENIS PEMBIAYAAN PENDIDIKAN Nurhalimah, Siti
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 1: Februari 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.797 KB) | DOI: 10.18592/moe.v5i1.5240

Abstract

Tujuan kajian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi: 1) pengertian pembiayaan pendidikan; 2) jenis-jenis pembiayaan pendidikan; 3) konsep pembiayaan pendidikan; 4) fungsi pembiayaan pendidikan; 5) faktor pembiayaan pendidikan; 6) sumber pembiayaan pendidikan; 7) karakteristik pembiayaan pendidikan; 8) komponen pembiayaan pendidikan; dan 9) analisis biaya pendidikan. Akan tetapi pada penelitian lebih fokus terhadap faktor pembiayaan pendidikan, jenis pembiayaan pendidikan, dan model pembiayaan pendidikan yang efektif dan efisien. Kajian ini dilakukan dengan melakukan penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan data dari buku, jurnal, artikel, dan tulisan-tulisan tertentu serta menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif terhadap dokumen-dokumen, mendeskripsikan dan menganalisisnya. Hasil kajian menunjukan bahwa 1) faktor yang mempengaruhi pembiayaan pendidikan antara lain, a) kenaikan harga; b) perubahan gaji guru; c) perubahan populasi dan kenaikan prosentasi anak yang meninggalkan sekolah; d) meningkatnya standar pendidikan; e) meningkatnya usia anak yang meninggalkan sekolah; f) meningkatnya tuntutan terhadap pendidikan lebih tinggi; 2) jenis-jenis biaya pendidikan antara lain: a) biaya langsung; b) biaya tidak langsung; c) biaya rutin; d) biaya pembangunan; e) biaya pribadi; f) biaya masyarakat; g) monetary cost; h) non monetary cost; dan yang terakhir 3) model pembiayaan pendidikan yang efektif fan efisien yaitu model human capital di mana aspek pembiayaan dapat mempengaruhi taraf produktivitas yang dapat mempengaruhi taraf pendapatan seseorang atau kelompok sehingga pada akhirnya dapat berkontribusi terhadap kecepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5