cover
Contact Name
Riinawati
Contact Email
journalantasari@gmail.com
Phone
+6285377799989
Journal Mail Official
riinawati@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Antasari Banjarmasin Jl. Kebun Bunga, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70237
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 24424048     EISSN : 2808408X     DOI : 10.18592/moe
Core Subject : Education,
Management of Education adalah jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin. Management of Education terbit berkala enam bulan sekali (bulan Februari dan Agustus), sebagai wahana komunikasi insan akademik dalam bidang manajemen, organisasi pendidikan dan kepemimpinan pendidikan Islam
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2: Agustus 2019" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMP ISLAM AL-AZHAR 37 PEKANBARU Putri, Lyindira
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 2: Agustus 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.135 KB) | DOI: 10.18592/moe.v5i2.5325

Abstract

School Based Management (SBM) is the alignment of resources which independently ran by schools where all stakeholder groups involved. SBM also provides a flexibility for schools to determine directions and policies that are relevant to the situation and environmental conditions. The purpose of this study was to determine the implementation of SBM in Islamic-Based Junior High Schools. This research was taken at Al-Azhar 37 Middle School in Pekanbaru. The research method that was qualitative research with a case study approach. The research subjects were the principal, student representatives, public relations representatives, administrative staff, and 2 teachers and 5 students. The research object was the implementation of school-based management it self. The data collection techniques used observation, interviews and documentation. As the results of this study, the authors found that several school policies were related to student management, school relationship management with the community, curriculum management, personal management, special service management, facilities and infrastructure management, school budget management. One of the policies that related to student management was providing the online registration of prospective new students as well as giving prospective students the terms and conditions It was continually completed by the requirements to do an interview, taking test of Math, English, Recitation and memorization test juz 30.
PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN EFESIENSI PEMBELAJARAN DENGAN MELALUI PENGUATAN SUPERVISI AKADEMIK DAN DISIPLIN KERJA M, Munawarah
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 2: Agustus 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.187 KB) | DOI: 10.18592/moe.v5i2.5327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas pembelajaran. Sampel penelitian sebanyak 131 guru yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan analisis statistik parametrik dalam bentuk analisis regresi linier, analisis korelasi, serta analisis parsial dengan taraf signifikansi α = 0,01 dan α = 0,05.  Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan. Pertama, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara supervisi akademik dengan efektivitas pembelajaran guru dengan koefisien korelasi ry1= 0,824. Kedua, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara disiplin kerja dengan efektivitas pembelajaran dengan koefisien korelasi ry2= 0,66. Ketiga, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara supervisi akademik dan disiplin kerja secara bersama-sama dengan efektivitas pembelajaran, dengan koefisien korelasi ry.12= 0,84. Dari hasil analisi SITOREM ditemukan prioritas indikator yang perlu ditingkatkan seperti; penilaian hasil kerja, membantu memecahkan masalah, pengontrolan diri dalam bekerja, kerelaan guru dalam menjalankan kewajiban, keberhasilan dalam pelaksanaan pembelajaran, dan keberhasilan mengelola pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan, efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui penguatan supervisi akademik dan disiplin kerja.
STRATEGI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI YAYASAN PERGURUAN SMP AL-HIDAYAH MEDAN TEMBUNG Suhartini, Nina
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 2: Agustus 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.596 KB) | DOI: 10.18592/moe.v5i2.5329

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Perguruan SMP Al-Hidayah Medan  Tembung, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Sebagai informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Guru, Staf Pegawai dan Siswa. Pengumpulan data menggunakan metode yaitu metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi Analisis data dilakukan dengan cara Reduksi Data, Sajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Penelitian ini bertujuan. 1) mengetahui bagaimana perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, 4) pengawasan dan kendala proses manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Yayasan Perguruan SMP Al-Hidayah Medan Tembung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pelaksanaan fungsi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Yayasan Perguruan SMP Al-Hidayah Medan Tembung adalah menggunakan planning, organizing, actuating, controlling (POAC) Perencanan yang dibuat (planning) yang dibuat kepala sekolah di bagi menjadi dua, yaitu: perencanaan bagi peserta ddik dari membuat RPP dan kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan perencanaan bagi guru-guru membuat pembinaan dan bimbingan. Kemudian pengorganisasian yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah meciptakan semua stakeholders menjadi satu wadah yang baik. Kemudian kepala sekolah melaksanakan atau menggerakkan wadah yang baik. Kemudian kepala sekolah melaksanakan atau menggerakkan wadah tessebut untuk bekerja sama dalam membangun visi, misi dan tujuan sekolah. Sedangkan yang terakhir bagaimana kepala sekolah mengevaluasi dan menilai dari seluruh program yang dilaksanakan.
MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYYAH TERPADU AL-AMIN BABULU Putri, Dea Haliza
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 2: Agustus 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.151 KB) | DOI: 10.18592/moe.v5i2.5330

Abstract

Penelitian ini membahas mutu pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyyah Terpadu Al-Amin Babulu. Kajiannya dilatar belakangi oleh mutu pelaksanaan pembe lajaran yang seringkali belum efektif, sehingga kualitas pembelajaran perlu dilaksanakan untuk membantu guru dalam rangka meningkatkan kinerjanya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan; (1) Bagaimana mutu perencanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyyah Terpadu Al-Amin Babulu? (2) Bagaimana mutu pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan pembelajaran di Madrasah MIT Al-Amin Babulu? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua datanya dianalisis dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Mutu Perencanaan pembelajaran PAI di MIT Al-Amin Babulu di mulai dengan penyusunan program kerja. Penyusunan program kerja dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran yang didalamnya berisi tentang perencanaan pembelajaran tiap proses pembelajaran. (2) Mutu Pelaksanaan pembelajaran PAI MIT Al-Amin Babulu yang dilaksanakan oleh guru Madrasah. Pelaksanaannya dilakukan setiap hari pada saat kegiatan proses pembelajaran. (3) Dalam melaksanakan Mutu evaluasi pembelajaran PAI di MIT Al-Amin Babulu guru melakukan tes untuk peserta didik, baik tes tertulis, lisan, maupun perbuatan yang dilakukan oleh peserta didik pada saat pembelajaran. (4) Untuk Mutu Pengawasan Pembelajaran PAI, kepala madrasah melakukan pembinaan dengan melaksanakan diskusi kepada staf guru yang ada di madrasah, pembinaan yang diberikan guru untuk mengajar dan memantapkan rencana pembelajaran sebelum kegiatan belajar mengajar. Dalam mengawasi evaluasi pelaksanaan pembelajaran PAI, kepala madrasah melaksanakan beberapa pembinaan diantaranya; a) mengadakan pelatihan-pelatihan, b) mengembangkan strategi dan media, d) menilai, dan revisi. Dan terakhir yang dilakukan kepala madrasah sebagai supervisor adalah membuat laporan setiap semester dan setiap tahun terkait dengan pelaksanaan yang sudah dilakukan guru.
MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN MANAJEMEN STRATEGI R, Rissnawati
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 2: Agustus 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.578 KB) | DOI: 10.18592/moe.v5i2.5333

Abstract

Manajemen strategi mempunyai peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan(2) Bagaimana pelaksanaan manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan (3) Bagaimana evaluasi manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan melalui metode observasi serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen stretegi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam kajian Manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan, menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan strategi  meliputi empat kegiatan yaitu pengembangan visi, misi, dan tujuan, perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang, identifikasi faktor internal dan eksternal, serta penyusunan strategi. (2) Pelaksanaan manajemen strategi mancakup empat kegiatan yaitu menentukan kebijakanmadrasah, memotivasi pendidik dan tenaga kependidikan, mengalokasikan sumber daya manusia, dan mengembangkan budaya strategi. (3) Evaluasi manajemen strategi meliputi tiga kegiatan yaitu memonitor seluruh hasil, mengukur kinerja individu dan madrasah, mengambil langkah perbaikan.
UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA MUTU LITERASI FINANSIAL MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN DI SDN 02 TANJUNG ALAM Erinal, Erinal
Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 2: Agustus 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/moe.v5i2.5684

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 02 Tanjung Alam pada semester ganjil  tahun pelajaran 2019/2020 untuk mendeskripsikan  upaya meningkatkan budaya mutu literasi melalui pembiasaan kegiatan literasi finansial di SDN 02 Tanjung Alam . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan guru dalam melakukan kegiatan literasi finansial karena kegiatan literasi yang biasa dilaksanakan adalah kegiatan literasi numerik dan literasi visual. Selain itu, perlu adanya sebuah kegiatan yang dapat meningkatkan taraf kesejahteraan warga sekolah dan peningkatan terhadap keterampilan guru dan peserta didik yang dapat memajukan iklim sekolah dengan berbasiskan peningkatan kemampuan finansial. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian terdiri dari empat komponen yaitu 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi tindakan. Data yang dikumpulkan adalah data dokumen program literasi finansial yang disusun guru secara pribadi serta aktivitas guru dan peserta didik selama melaksanakan kegiatan literasi finansial. Upaya meningkatkan budaya mutu literasi melalui kegiatan pembaiasaan literasi finansial dilakukan melalui beberapa tahapan diantaranya tahapan diantaranya tahapan pembuatan program literasi finansial, tahapan pelaksanaan program yang terdiri dari kesiapan sarpras, kemampuan guru, kesiapan peserta didik, dan hasil karya peserta didik dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan serta tindak lanjut kegiatan literasi finansial. Hasil observasi terhadap dokumen program dan pelaksanaan kegiatan literasi finansial yang dilakukan, maka terjadi peningkatan peningkatan budaya mutu literasi dari kegiatan pra siklus 61% menjadi 69% pada siklus I dan 82% pada siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembiasaan kegiatan literasi finansial sesuai diterapkan di Sekolah Dasar untuk meningkatkan budaya mutu literasi khususnya di SDN 02 Tanjung Alam.

Page 1 of 1 | Total Record : 6