cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JPAP (Jurnal Penelitian Administrasi Publik) (e-Journal)
ISSN : 24601586     EISSN : 24601586     DOI : -
Core Subject : Science,
Kebijakan publik, manajemen publik, otonomi daerah.
Arjuna Subject : -
Articles 190 Documents
HUBUNGAN ANTARA KUALITAS APARATUR DENGAN KUALITAS PELAYANAN Sari, Nikita; Radjikan, Radjikan
JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 01 (2015)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpap.v1i01.391

Abstract

Pelayanan publik akhir-akhir ini menjadi isu sentral telah menuntut semua pihak, baik pemerintah dan lembaga masyarakat untuk mengatur kembali pelaksanaannya. Tuntutan masyarakat untuk pelayanan publik yang berkualitas, memiliki prosedur yang jelas, dilaksanakan segera dan dengan biaya yang wajar, terus ke depan dari waktu ke waktu. Dengan demikian penulis mengambil judul Hubungan Antara Kualitas Layanan dan aparat Kualitas (PDAM Tirta studi cahaya besar di Tulungagung) karena banyak keluhan dari pelanggan. Tujuan dari penelitian untuk menentukan respon dari aparat serta hubungan antara kualitas aparatur dengan kualitas layanan. Metode ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 50 responden dan 20 karyawan di di PDAM Tirta Cahya Tulungagung dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan pencatatan data Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa respon dari PDAM Tirta Agung Cahya sudah cukup baik, dilihat dari hasil kuesioner yang diberikan kepada pelanggan dan rata-rata mengatakan respon yang cukup dalam menanggapi keluhan, dan hubungan antara kualitas personil dan kualitas pelayanan berkaitan erat dengan kualitas aparatur dimana indakator yaitu produktivitas, tanggung jawab, tanggap, kualitas pelayanan, akuntabilitas berarti untuk menentukan kualitas aparatur penilaian kualitas pelayanan menentukan kualitas layanan. Kata kunci: Kualitas Aparatur Dan Kualitas Pelayanan 
KUALITAS PELAYAANAN PENERBITAN DOKUMEN SURAT KETERANGAN TINGGAL SEMENTARA (SKTS) DI KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA TAHUN 2014 Agustina, Fika; Rochim, Achluddin Ibnu
JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 01 (2015)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpap.v1i01.396

Abstract

Judul penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Penerbitan Dokumen Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) Di Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Fokus penelitian ini berangkat dari banyaknya penduduk pendatang dari luar Kota Surabaya khususnya mahasiswa yang belum memiliki SKTS, dikarenakan rumit dan kurangnya kualitas dalam pelayanan pembuatan SKTS. SKTS ini berguna untuk mengetahui seberapa banyak jumlah penduduk musiman yang datang disurabaya. Penelitian ini dilakuakan dalam rangka memenuhi persyaratan penyelesaian program sarjana pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik universitas 17 Agustus 1945. Tujuan penelitian ini adalah ingin mendiskripsikan Kualitas Pelayanan Penerbitan Dokumen SKTS di Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dilaksanakan melalui wawancara dengan para informan dan serta didukung dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelayanan penerbitan dokumen SKTS dikecamatan rungkut mengenai kualitas pelayanan bahwa kebijakan tersebut cukup berkualitas dalam pelaksanaanya karena sesuai dengan keputusan Menpan Nomor 63 Tahun 2003  yang menggunakan 10 indikator pedoman penilaian yang terdiri dari kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggungjawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan,dan kenyamanan dapat ditarik kesimpulan bahwa indikator tersebut sudah berjalan dengan baik, pelayanannya tidak menyulitkan dan berbelit-belit serta tidak di pungut biaya retribusi dalam pengurusan pembuatan SKTS. Namun penulis menyarankan sebaiknya dalam pelaksanan ini pemerintah Kecamatan Rungkut harus lebih peduli terhadap masyarakat untuk mensosialisasikan sarana dan prasaranan baru yang ada di pelayanan kecamatan melalui Ketua RT yang ada di Kecamatan Rungkut. Sedangkan disisi lain Kota Surabaya mewajibkan warga pendatang untuk memiliki SKTS demi keamanan dan kenyamanan Kota Surabaya.Kata Kunci : Kualitas, Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS), Pelayanan, Kecamatan Rungkut.
IMPLEMENTASI PERDA NO. 12 TAHUN 2010 TENTANG PENCAPAIAN TARGET PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA KARANGTINGGIL KECAMATAN PUCUK KABUPATEN LAMONGAN (Pelaksanaan pemungutan Pajak Dalam pencapaian target pemasukan Desa di Desa Karangtinggil, Kecamatan Pucuk, K Fahmi, Whendy Wahyu Arifuddin; Rukminingsih, Nunuk
JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 01 (2015)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpap.v1i01.401

Abstract

Tujuan dari negara kesejahteraan bukan untuk menghilangkan perbedaan dalam ekonomi masyarakat, tetapi memperkecil kesenjangan ekonomi dan semaksimal mungkin menghilangkan kemiskinan dalam masyarakat sebagai perwujudan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Alat mensejahterkan rakyatnya negara memberlakukan pemungutan pajak. Dan salah satu pajak yang diberlakukan adalah Pajak Bumi dan Bangunan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di desa Karangtinggil Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan pada periode tahun 2012-2013, dan apa kendala yang dihadapi oleh pemerintah Desa Karangtinggil dalam melakukan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan serta bagaimana solusinya agar pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan, sehingga dapat memenuhi target. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, menggunakan metode penelitian kualitatif seperti yang disampaikan oleh Miles dan Huberman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori dari George C Edwards yaitu dengan menitik beratkan pada proses implementasi yang meliputi komunikasi, birokrasi, disposisi dan sumberdaya. Pelaksanaan pemungutan pajak Bumi Dan Bangunan dilakukan oleh petugas pemungut yang sudah diseleksi oleh kepala desa dan pemungut pajak yang telah dibekali dengan pelatihan.  Dalam kurun waktu dua tahun (2012-2013) Pemerintah Desa Karangtinggil menentukan target pencapan Pajak Bumi dan Bangunan sama besar dan dalam kurun waktu tersebut Pemerintah Desa Karangtinggil mampu/ berhasil merealisasikan target tersebut seluruhnya sebesar 100%.Kata Kunci:  Implementasi, Pajak Bumi dan Bangunan, wajib pajak.
PENINGKATAN PEROLEHAN PENDAPATAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA KAUMAN KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO (Studi Tentang Peran Perangkat Desa Dalam Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Di Desa Kauman Kecamatan Kurniawan, Eka Yanu; Widodo, Joko
JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 01 (2015)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpap.v1i01.408

Abstract

Pajak merupakan alat bagi pemerintah dalam mencapai tujuan untuk mendapatkan penerimaan baik yang bersifat langsung maupun tidak langsung dari masyarakat guna membiayai pengeluaran rutin serta pembangunan nasional dan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perangkat desa kepada masyarakat dalam pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti telah melakukan surfei dan penelitian di Desa Kauman baik dari perangkat desa maupun dari masyarakat wajib pajak. Hasil dari penelitian baik dari sisi perangkat desa sebagai pemungut pajak dan masyarakat desa sebagai pembayar pajak. Penelitian ini lebih menitik beratkan pada Peran Perangkat Desa dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak bagi masyarakat Desa Kauman Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori dari Herzberg yaitu dengan memberi hal-hal yang mendorong karyawan adalah pekerjaan yang menantang yang mencakup perasaan berprestasi, bertanggung jawab, kemajuan, dapat menikmati pekerjaan itu sendiri dan adanya pengakuan atas semua itu. Dengan memaparkan secara deskriptif kualitatif dengan didukung dari sumber wawancara dan studi lapangan, Sedangkan lokasi penelitian ini adalah pada masyarakat Desa Kauman Kecamatan Bojonegoro. Dari hasil penelitian ini, penulis menemukan beberapa faktor utama faktor yang mempengaruhi realisasi PBB yaitu kurang pengetian masyarakat terhadap kewajiban pembayaran PBB, kurangnya penyuluhan dari aparat, dan tidak mempunyai kesadaran membayar PBB karena kemiskinan. Dan juga seharusnya terobosan-terobosan agar pendapatan terpenuhi baik dari perangkat maupun masyarakat Desa Kauman Kecamatan Bojonegoro. Kata Kunci : Faktor Yang Mempengaruhi Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan
KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN ANAK DI LUAR NIKAH PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SURABAYA Triyansari, Agustin; Santoso, Teguh
JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 01 (2015)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpap.v1i01.392

Abstract

Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintahan kepada masyarakat adalah pelayanan dalam bidang kependudukan. Akta Kelahiran merupakan salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh setiap orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran anak di luar nikah pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus Penelitian ini antara lain : (1). Bagaimanakah kualitas pelayanan jasa pembuatan akta kelahiran anak di luar nikah pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya, (2). Kendala apakah yang dihadapi dalam pembuatan akta kelahiran anak di luar nikah pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Hasil Penelitian : 1. Persepsi pelanggan memberikan nilai lebih untuk keempat indikator reliability, respons, assurance, dan empathy ini dengan kategori baik, sedangkan untuk tangible cukup baik untuk pelayanan yang ada pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya. 2.Tidak ditemukan kendala, dikarenakan si pemohon telah mengetahui persyaratan-persyaratan baik informasi yang didapatkan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya maupun melalui online. Semua pada dasarnya dari masyarakat sendiri yang mau mengerti dan mentaati akan prosedur dan persyaratan yang wajib di pahami dan diikuti.Kata Kunci:  Kualitas Pelayanan publik, akta kelahiran, kinerja. 
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMKOT SURABAYA DALAM PENANGANAN BANJIR ( Studi di Dinas Bina Marga dan Pematusan ) Raya, Hermanus Ama; Kusbandrijo, Bambang
JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 01 (2015)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpap.v1i01.397

Abstract

Terjadinya banjir di Surabaya sudah merupakan fenomena yang terjadi setiap tahun. Setiap musim penghujan adalah musim banjir. Walaupun demikian, pemerintahan kotamadya Surabaya berusaha dengan berbagai cara untuk mengatasi dan menangani banjir yang selalu terjadi di Surabaya. Oleh karena itu dalam kesempatan ini peneliti ingin mengadakan penelitian yang bertujuan untuk komunikasi dan sumber daya yang dimiliki oleh pemerintahan kota Surabaya digerakkan untuk mencegah serta menangani banjir yang selalu terjadi di Wilayah Kota Surabaya. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan menggunakan wawancara sebagai alat pengumpulan data kepada sejumlah narasumber. Narasumber bersumber dari anggota masyarakat yang selalu mengalami masalah banjir dan juga dari pegawai Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan. Penelitian dilakukan di awal bulan Desember 2013 sampai dengan pertengahan bulan Januari 2014. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Kota Surabaya telah berusaha seoptimal mungkin mendayagunakan aparatnya dalam berkomunikasi dan berkoordinasi dalam mencegah serta menangani banjir yang terjadi. Demikian juga, anggaran dana telah dikerahkan agar banjir semakin lama semakin terkendali sehingga tidak menjadi masalah yang selalu menyulitkan bagi kebanyakan  warga.Kata Kunci: Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan, Kota Surabaya, Banjir.
EFEKTIVITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DI KOTA SURABAYA Putri, Wigati Aninditta; Santoso, Teguh
JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 01 (2015)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpap.v1i01.402

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelayanan perpustakaan keliling di perpustakaan kota Surabaya. Peneliti menggunakan teknik sample random sampling incidental dengan populasi yang digunakan peneliti 5 petugas dan 10 pengunjung perpustakaan keliling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan observasi secara langsung ke lapangan, wawancara kepada informan yang mengunjungi perpustakaan keliling dan dokumentasi saat penelitian dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena tertentu secara terperinci. Dari hasil penelitian yang dilakukan pelayanan perpustakaan keliling dinilai tidak efektif. Pelayanan perpustakaan keliling dinilai tidak efektif karena dari beberapa komponen yang ada dinilai kurang dalam memberikan layanannya. Komponen-komponen tersebut adalah sistem, mekanisme dan prosedur, produk pelayanan, sarana, prasarana dan fasilitas, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, jumlah pelaksana, jaminan pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan. Kedelapan komponen inilah yang menjadi faktor penyebab pelayanan perpustakaan keliling dikatakan tidak efektif. Dengan diadakannya penelitian ini semoga bisa memperbaiki kembali pelayanan dari perpustakaan keliling yang ada di kota Surabaya dan memperbanyak armada perpustakaan keliling agar semua wilayah yang ada di Surabaya bisa menggunakan layanan perpustakaan keliling ini.Kata kunci : Efektivitas, pelayanan, perpustakaan keliling
FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KEMACETAN LALU LINTAS DI JALAN UTAMA KOTA SURABAYA (Studi Kasus Di Jalan Ahmad Yani Dan Raya Darmo Surabaya) Rozari, Aloisius de; Wibowo, Yudi Hari
JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 01 (2015)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpap.v1i01.393

Abstract

Kemacetan lalu lintas menjadi masalah besar yang dihadapi bangsa Indonesia. Padatnya transportasi di jalan raya menyebabkan terjadinya kemacetan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat faktor-faktor yang menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan utama kota Surabaya (studi kasus di jalan A.Yani dan Raya Darmo). Pengambilan data dilakukan secara primer dengan melakukan wawancara sebanyak 10 pertanyaan pada 30 sampel dan data sekunder didapat dari Dinas Perhubungan Surabaya. Selanjutnya data dianalisis. Dari hasil wawancara didapat jumlah pria adalah 16 orang (53,34%) sementara wanita 14 orang (46,66%). Data responden menurut usia adalah 17-25 tahun sebanyak 16 orang (53,34%), 26-40 sebanyak 11 orang (36,66%), > 40 tahun sebanyak 3 orang (10%). Data menurut pekerjaan 2 orang (6,66%) berlatar belakang pekerjaan sebagai PNS/TNI/POLRI, 9 orang (30%) sebagai Pegawai Swasta, 7 orang (23,33%) sebagai Wiraswasta, 8 orang (26,66%) sebagai Pelajar/mahasiswa dan 4 orang (13,33%) lainnya (tukang ojek, tukang parkir, tukang bersih jalan).  Data sekunder dari Dishub Surabaya meliputi hasil analisa kecepatan ruas jalan dua arah dengan menggunakan metode Moving Car Observation tahun 2014, kecepatan rata-rata kendaraan di kota Surabaya tahun 2010-2014, dan volume kendaraan di jalan A.Yani dan Raya Darmo Surabaya. Kemacetan di kota Surabaya disebabkan oleh semakin banyaknya atau bertambahnya volume kendaraan di setiap tahunnya yang sudah tidak seimbang dengan kapasitas jalan, kesadaran masyarakat untuk menggunakan transportasi umum juga masih kurang, hal ini disebabkan karena transportasi umum di kota Surabaya belum sepenuhnya memenuhi standar dan masih banyak yang tidak layak digunakan sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi pribadi, banyak masyarakat yang tidak tertib berlalu lintas, banyaknya PKL yang memakan badan jalan dan juga kemacetan disebabkan karena kurangnya pengaturan dari polantas pada titik kemacetan pada saat jam macet.Kata kunci : kemacetan, jalan A. Yani, jalan Raya Darmo
KUALITAS PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN (Studi tentang pemberian pelayanan BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga kerja di Kantor BPJS Cabang Rungkut Surabaya) Hidayah, Lina Nur; Santoso, Teguh
JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 01 (2015)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpap.v1i01.398

Abstract

In the public service there are many complaints that occur during the service process, the goal of increasing the quality of service is an important part in serving the community effort to improve the quality standard of service that covers all aspects of service. So that the problem in the quality of service Social Security Employment Agency in providing services for labor. Based on the theory Kotler, about the quality of service. Researchers use assessment indicators Tangible, Reliability, Responsiveness, Confidence and, Empaty. As for supporting this study, researchers used a qualitative method by interviewing, questionnaires, observation and documentation. Data analysis techniques by means of editing, classification of data (data Internal and external) and data analysis. The target is the author of community service performed properly. The results showed that the quality of services performed by the Social Security Agency Employment Branch Rungkut already good. Facilities and infrastructure, responsiveness, reliability, assurance and empathy assessed majority of people are already well as for suggestions for BPJS Employment Branch Rungkut that regard waiting room capacity for less spacious waiting room service, especially the seating in waiting queues are less numerous and officers checking the initial data and the grantor there should be information itself is not merged into one Keywords: Tangible, Reliability, Responsiveness, Confidence and, Empaty.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN HIV DAN AIDS DI KOTA SURABAYA (Kajian Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 4 Tahun 2013, Studi Kasus di Puskesmas Putat Jaya, Kota Surabaya) Fritantus, Yohanes; Rukminingsih, Nunuk
JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 01 (2015)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpap.v1i01.405

Abstract

HIV dan AIDS merupakan penyakit yang sangat berbahaya sehingga menjadi perhatian yang serius dari pemerintah Kota Surabaya. Sebaran penyakit ini hampir diseluruh wilayah Kota Surabaya. Data Dinas Kesehatan Kota Surabaya di tahun 2014 bahwa Puskesmas dengan temuan kasus HIV dan AIDS tertinggi adalah Puskesmas Putat Jaya, Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan menganalisis  proses implementasi Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 4 tahun 2013 tentang Penanggulangan HIV dan AIDS di Puskesmas Putat Jaya, Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk memperoleh data pelaksanaan kebijakan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 4 tahun 2013 tentang penanggulangan HIV dan AIDS. Peneliti menggunakan cara wawancara dan dokumentasi. Penentuan responden dengan teknik purposive random sampling, yaitu peneliti menentukan sendiri yang menjadi informan penelitiannya. Penelitian ini dilakukan di Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan Puskesmas Putat Jaya. Hasil penelitian dari implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2013 (Studi Kasus di Puskesmas Putat Jaya) yaitu rendahnya komunikasi antar instansi pemerintah, sumber-sumber sudah sangat mencukupi, kurangnya disposisi, dan struktur organisasi yang berkaitan dengan SOP yang mudah dan terjangkau untuk semua lapisan masyarakat serta adanya partisipasi dari swasta.Kata kunci: Kebijakan Publik, Implementasi, HIV dan AIDS

Page 1 of 19 | Total Record : 190