cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA ´AL-BIRUNI´
ISSN : 23031832     EISSN : 2503023X     DOI : -
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is a medium of communication used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and University student for submitting result of studies and prioritized result of research in the field of theoretical physics, applied physics, and physics learning include: development of instruments of evaluation physics, development of instructional media physics, the development of learning model of physics, and Quasi-Experiment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni published comprehensive research articles and reviews by leading experts in the field. Selected articles, which has a high scientific achievement, provide important new knowledge, and high benefits to society of physics and physics education. The Journal was first published in 2012 and regularly published twice per year in April and October. Since 2014 this journal began in the online.
Arjuna Subject : -
Articles 357 Documents
Perhitungan Kecepatan Perambatan Gelombang Daerah Bantul dengan Menggunakan Metode ABC Seismik Refraksi Sari, Dian Novita
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL-BIRUNI Vol 3, No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian di daerah Bantul dan sekitarnya dengan menggunakan metode Seismik Refraksi. Tujuan dari penelitian seismik refraksi ini yaitu untuk mengetahui besarnya kecepatan perambatan gelombang lapisan batuan di bawah permukaan pada daerah penelitian. Metode refraksi pada dasarnya memanfaatkan fenomena atau gejala penjalaran gelombang yang terbiaskan pada bidang batas.Kecepatan gelombang seismik pada lapisan pertama dari hasil pengolahan metode ABC dengan range 399 m/s – 1200 m/s yang di indikasikan sebagai lapisan aluvial (soil). Pada lapisan kedua, di peroleh kecepatan gelombang refraksi pada bidang refraktor dengan renge 547 m/s – 2881 m/s yang diindikasikan sebagai batu pasir tuffan.Kata kunci: seismik refraksi, metode ABC
PEDAGOGI DAN TEKNOLOGI DALAM E-LEARNING Studi Kasus: Pengembangan E-Learning di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung Gunawan, Indra
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL-BIRUNI Vol 3, No 2 (2014): Oktober 2014
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aspek pedagogi sangat berpengaruh terhadap pengembangan materi (content development) dan pembelajaran (learning) dengan memperhatikan teknik dan behavior interaksi antara dosen (lecturer) dan mahasiswa (students). Di sisi lain aspek teknologi berpengaruh terhadap pengembangan materi yang dinamis dan rich multimedia, serta menyediakan fiturfitur (features) komponen sistem e-learning. Mengintegrasikan kedua aspek tersebut dapat meningkatkan kualitas pengembangan materi yang didukung oleh system e-learning agarproses belajar-mengajar menjadi optimal. Subjective Analysis atas pengintegrasian kedua aspek tersebut dalam sistem e-learning yang digunakan-SCELE, menunjukkan bahwa lingkungan pembelajaran online dapat menghadirkan suasana sebagaimana pembelajarankonvensional.Kata kunci: pedagogi, teknologi, e-learning, SCELE
Aplikasi Distribusi Maxwell-Boltzmann dalam Menentukan Kecepatan Molekular Wati, Widya
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL-BIRUNI Vol 3, No 2 (2014): Oktober 2014
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Distribusi Maxwell-Boltzmann adalah salah satu dari tiga distribusi partikel yang dikenal pada sistem partikel. Distribusi Maxwell-Boltzmann, masih dalam kategori pada sistem partikel klasik, dimana partikel-partikel didalamnya masih dapat terbedakan.Salah satu penerapan distribusi Maxwell-Boltzmann yang ada disekitar kita adalah distribusi partikel pada tabung gas rumahan baik yang 3 kg maupun 12 kg. Dengan  memahami distribusi Maxwell-Boltzmann, kita dapat mengetahui bagaimana kecepatan molekular yang terjadi pada tabung gas.Pada tulisan ini dipaparkan akan dipaparkan aplikasi distribusi Maxwell-Boltmanndalam menentukan kecepatan molekular, visualisasi ruang kecepatan, kecepatan gas dalam tabung gas, dan juga fenomena ledakan tabung gas.Kata Kunci: Distribusi Maxwell Boltzman, Kecepatan molekular, Tabung gas
PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap di MA Al Hikmah Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013) Latifah, Sri
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL-BIRUNI Vol 2, No 1 (2013): Oktober 2013
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Pendidikan adalah suatu proses yang mempengaruhi peserta didik agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkunganya dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara adekuat dalam kehidupan masyarakat. Hasil belajar peserta didik kelas X mata pelajaran fisika di MA Al Hikmah Way Halim Bandar Lampung masih relatif rendah. Berdasarkan hasil mid semester dari 100 peserta didik yang berhasil mencapai nilai KKM hanya 31 peserta didik atau 31%. Nilai KKM yang ditetapkan adalah 71. Hal ini disebabkan karena materi yang sulit dipahami tanpa adanya metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode alternatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar agar hasil belajar peserta didik meningkat dengan baik pada materi kalor. Metode eksperimen merupakan salah satu metode yang tepat digunakan untuk menyampaikan materi kalor, karena pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen peserta didik dapat membuktikan secara langsung suatu yang dipelajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan Pretest, Posttest Equivalent Group Design. Teknik pengumpulan datanya meliputi : observasi, tes, dan dokumentasi.Penelitian dilaksanakan di MA Al Hikmah Way Halim dengan yang melibatkan dua kelompok peserta didik yang berjumlah 66 peserta didik.Masing-masing kelompok berjumlah 33 orang untuk kelompok eksperimen dan 33 orang untuk kelompok kontrol.Untuk memperoleh data menggunakan post-test.Setelah data dikumpulkan kemudian pengolahanya dilakukan dengan analisis statistik parametris dengan menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar peserta didik setelah proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen adalah baik dengan nilai rata-rata post-test 75,32, sedangkan pembelajaran tanpa menggunakan metode eksperimen adalah kurang dengan nilai rata-rata post-test 69,66. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikasi 0,05 hal ini dapat dilihat dari t hitung> t tabel yaitu 1,846 > 1,659. Jadi H0 ditolak H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menggunakan metode eksperimen dan tanpa menggunakan metode eksperimen. Dengan perkataan lain penggunaan metode eksperimen berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep kalor.Kata kunci: Metode eksperimen, Fisika, dan Hasil belajar.
Suatu Pendekatan Pembelajaran; Quantum Teaching Yuberti, Yuberti
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL-BIRUNI Vol 3, No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemahaman tentang pendekatan pembelajaran, strategi pembelajarandan metode pembelajaran adalah yang sangat penting, terutama sekalikonteks penguasaan konsepsional terhadap pembelajaran. Hal yang paling sering ditemukan pada saat pelaksanaan seminar proposal mahasiswa maupun pada saat munaqosah dilakukan, mahasiswa sering dibingungkan oleh istilah-istilah. Walaupun sangat disayangkan kondisi bingung para mahasiswa tersebut terhadap istilah-istilah dalam pembelajaran karena istilah-istilah tersebut tidak asing. Pada proses perkuliahan untuk mata kuliah yang berbasis pengajaran dan pendidikan, istilah-istilah pendekatan, metode, strategi, model, sering sekali dibahas. Tetapi kondisi riil yang ada pada mahasiswa adalah kebingungan yang mereka miliki terhadap istilah-istilah tersebut. Terlebih lagi pada tulisan karya ilmiah yang mereka buat, tidak sedikit yang menggunakan istilah-istilah tersebut.Bagi seorang mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, sangatdisadari bahwa produknya kelak adalah akan menjadi seorang guru yangdiharapkan profesional. Pengertian Profesional disini merupakan suatuhasil, hasil diperoleh dari suatu proses. Jika proses perkuliahan,pemahaman tentang makna dari suatu istilah belum dimengerti denganbaik, bagaimana dengan produknya kelak? Oleh sebab itu, dalam tulisan ini akan dibahas istilah-istilah dalam pembelajaran, khususnya konsep pendekatan pembelajaran. Penulis berharap dari apa yang dipaparkan akan memberikan pemahaman terhadap pendekatan dalam pembelajaran, khususnya pendekatan quantum learningatau quantum teaching yang bersumber dari konsep kefisikaan.Quantum adalah sebuah temuan yang telah menyelamatkan manusiadari bencana ultraviolet. Quantum Training telah menyelamatkan manusia  dari bencana “ultrasekolah” dan “ultra belajar” Quantum pertama kali ditemukan oleh Max Planck pada akhir abad ke-19. Ia menemukan sebuah rumus fisika yang sahih yang dapat menanggulangi bencana ultraviolet. Sejak saat itu istilah Quantum digunakan pada banyak aspek kehidupan yang antara lain digunakan pada bidang pendidikan dan pembelajaran.Diabad ke-20 ini orang : dipaksa” belajar diruang kelas yang disusunsecara kaku dan terdiri dari meja dan kursi. Nilai dan ijasah/sertifikatmenjadi ukuran keberhasilan yang pada akhirnya pembelajaran merasabahwa belajar dan sekolah merupakan beban, seiring denganperkembangan dunia pendidikan, ditemukan sebuah pendekatanpengajaran yang disebut Quantum Teaching.
Tinjauan Struktur Penelitian, Penulisan Ilmiah dan Teknik Penulisan Ilmiah Wati, Widya
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL-BIRUNI Vol 3, No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyak bentuk dan cara penulisan yang dapat ditemukan dalam berbagaipedoman penulisan. Bentuk luarnya bisa berbeda namun jiwa dan penalarannya sama. Dengan demikian yang paling penting bukan saja mengetahui teknik-teknik pelaksanaannya melainkan memahami dasar pikiran yang melandasinya. Pemilihan bentuk dan cara penulisan dari khasanah yang tersedia merupakan masalah selera dan preferensi perorangan dengan memperhatikan berbagai factor lainnya seperti masalah apa yang sedang dikaji, siapa pembaca tulisan ini dandalam rangka kegiatan keilmuan apa karya ilmiah ini disampaikan.Berdasarkn pemikiran tersebut maka akan coba dibahas alur-alur jalanpikiran yang terdapat dalam penelitian ilmiah yang dikaitkan dengan penulisan ilmiah. Dalam makalah ini juga akan coba dibahas mengenai tema pokok sebuah proses penelitian. Tema pokok ini akan dijabarkan secara logis dan kronologis dari metode keilmuan.Kata Kunci: Struktur penelitian, penulisan ilmiah, teknik penulisan ilmiah
INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH Latifah, Sri
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL-BIRUNI Vol 3, No 2 (2014): Oktober 2014
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu pengertian pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Untuk meraih derajat manusia seutuhnya sangatlah tidak mungkin tanpa melalui proses pendidikan. Pendidikan harus dapat menghasilkan insan-insan yang memiliki karakter mulia, di samping memiliki kemampuan akademik dan keterampilan yang memadai. Salah satu cara untuk mewujudkan manusia yang berkarakter adalah dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran. Nilai-nilai karakterutama yang harus terwujud dalam sikap dan perilaku peserta didik sebagai hasil dari proses pendidikan karakter adalah jujur (olah hati), cerdas (olah pikir), tangguh (olah raga), dan peduli (olah rasa dan karsa). Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan pemuatan nilai-nilai karakter dalam semuamata pelajaran yang diajarkan di sekolah dan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Untuk itu guru harus mempersiapkan pendidikan karakter mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasinya. Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah perlu didukung oleh keteladanan guru dan orang tua murid serta budaya yangberkarakter.
Synthesis of Magnetite (Fe3O4) Nanoparticles and Their Potency as Active Materials for Surface Plasmone Resonance (SPR)-Based Biosensor Application Riyanto, Agus
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL-BIRUNI Vol 2, No 1 (2013): Oktober 2013
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractsMagnetite nanoparticles of different size ranging 11.9-14.9 nm have been synthesized chemically by coprecipitation method. It was synthesized by FeSO4.7H2O and FeCl3.6H2O with ratio 1:2. The spinel cubicstructure was obtained and was identified by x-ray and transmission electron microscopy (TEM). The result of magnetic properties measurement using vibrating sample magnetometer (VSM) shows that the smaller grain size of magnetite nanoparticles has higher response to external magnetic field and has low coercivity. The potency analyses of magnetite nanoparticles as active materials on SPR-based biosensorapplication were done by making single layer on surface of magnetite nanoparticles using poly ethylene glycol (PEG-4000). After that, the target biomolecules, alpha-amylase, was added on magnetitenanoparticles which were modified by PEG-4000. According to image which was taken by microscope, surface modification of magnetite nanoparticles can improve their dispersibility in fluid. The analysis ofinfra-red spectroscopy (FTIR) shows that surface of magnetite nanoparticles can be modified with PEG- 4000. The covalent bond Fe-O has been created by Fe atoms of magnetite and O atoms of PEG-4000. Inaddition, FTIR analysis shows that PEG-4000 layer can bind alpha-amylase (biomolecules) effectively. So, the smallet grain size of magnetite nanoparticles has great potency to improve immobilization ofbiomolecules on the sensing surface of SPR-based biosensor.Keywords : magnetite nanoparticles, surface modification, biomolecules.
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING FISIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDUKUNG Gunawan, Indra
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL-BIRUNI Vol 3, No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The objective of this research is to create a supporting instructional media in the form of mobile learning of main material for Senior Secondary School students. The created mobile learning was played on mobile phone that supports flash player, mainly Symbian S60 3rd based mobile phone. The method applied in this research was research and development. The first step was limited on material of heat transfer. The trial of application was conducted to 2 specialized lecturers, 2 media experts, 2 Physics teachers of Senior Secondary School, and 44 students of Al- Azhar Senior Secondary School, Bandar Lampung. Indicators used to assess the created instructional media were appropriateness of the content to the purpose, appropriateness of instruction to the technical quality. Marks of the three indicators were above 80%, so that the created mobile learning was categorized as very good. Based on the findings, it may be concludedthat the instructional media in the form of mobile learning can be used as a supporting instructional media for Senior Secondary School students to learn Physics subject. Keywords: instructional media, mobile learning, heat transfer, physic subject, and Senior Secondary School.
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Gunawan, Zeni
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL-BIRUNI Vol 3, No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah sesuatu teknologi baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengelola data/informasi dan komunikasi. Dalam prakteknya teknologi diwakili oleh komputer (perangkat keras) dan program-program aplikasi (perangkat lunak). Data/informasi yang dikelola dan dihasilkan dalam bentuk berbagai media, seperti teks, grafik, gambar diam, foto, film, animasi, dan simulasi. Cara-cara berkomunikasinya memungkinkan untuk dilakukan secara maya.Wardana (2002) mengemukakan bahwa dalam kehidupan kita di masa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam berbagai bidang termasuk bidangpendidikan. Perkembangan TIK telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001) dalam Surya (2006) setidaknya ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan,(2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke ”online” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet.

Page 1 of 36 | Total Record : 357


Filter by Year

2013 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3, No 2 (2014): Oktober 2014 Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3, No 1 (2014): Maret 2014 Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 2, No 1 (2013): Oktober 2013 More Issue