cover
Contact Name
Fajril Akbar
Contact Email
ijab@fti.unand.ac.id
Phone
+627517770
Journal Mail Official
teknosi@fti.unand.ac.id
Editorial Address
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnas Nasional Teknologi dan Sistem Informasi
Published by Universitas Andalas
ISSN : 24768812     EISSN : 24603465     DOI : https://dx.doi.org/10.25077/TEKNOSI
Core Subject : Science,
Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian (research article), artikel telaah/studi literatur (review article/literature review), laporan kasus (case report) dan artikel konsep atau kebijakan (concept/policy article), di semua bidang : Geographical Information System, Enterpise Application, Bussiness Intelligence, Data Warehouse, Network Computer Security, Data Mining, Computer Architecture Design, Mobile Computing, Computing Theory, Embedded system, Decision Support System
Articles 214 Documents
Perancangan Sistem Informasi Lokasi Lembaga Bimbingan Belajar di Kota Padang Yudhi Hartadi; Haris Suryamen; Fajril Akbar
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2016): April 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i1.2016.35-44

Abstract

Lembaga bimbingan belajar (Bimbel) merupakan sebuah lembaga non formal yang melayani pendidikan siswa yang dilakukan di luar jam sekolah. Saat ini, bimbel telah menjadi suatu kebutuhan pagi para siswa, khususnya siswa yang akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Di Kota Padang terdapat  lebih dari 50 lembaga bimbel untuk tingkat SMA  yang tersebar di sejumlah kecamatan.  Banyaknya lembaga bimbel yang ada secara tidak langsung mengakibatkan masyarakat kesulitan untuk mendapatkan informasi lokasi lembaga bimbel tersebut, khususnya bagi para pendatang baru. Untuk itu, perlu dibangun Sistem Informasi Geografis (SIG) lokasi lembaga bimbel di Kota Padang berbasis web. SIG ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall. Pembangunan SIG ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan, perancangan sistem, serta implementasi dan pengujian sistem. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam membangun sistem. Perancangan sistem meliputi perancangan arsitektur, basis data, dan perancangan user interface. Implementasi sistem menggunakan basis data PostgreSQL dengan ekstensi PostGIS, serta bahasa pemrograman PHP dan Javascript. Pengujian sistem dilakukan dengan metode black-box yang berfokus pada fungsional sistem. Hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa SIG lokasi lembaga bimbel di Kota Padang berbasis web telah sesuai dengan kebutuhan fungsional sistem.
Pembangunan Aplikasi Web dan Mobile Sistem Informasi Webinar di Era New Normal Hafid Yoza Putra; Hafizah Hanim; Afriyanti Dwi Kartika
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 6, No 2 (2020): Agustus 2020
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v6i2.2020.108-115

Abstract

Pemanfaatan internet terus meningkat ditengah pandemi Covid-19. Berbagai kalangan diharuskan tetap bekerja dan belajar dari rumah dengan memanfaatkan internet dan teknologi informasi. Larangan untuk mengumpulkan orang dalam jumlah besar pada satu lokasi membuat kegiatan seminar tidak dapat dilaksanakan. Hal tersebut membuat webinar ramai diminati. Namun, dari sudut pandang penyelenggara webinar, diperlukan suatu sistem yang dapat mempermudah dan membantu dalam menyelenggarakan sebuah seminar online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode waterfall. Metode memiliki empat tahap seperti analisis, desain, code dan tes. Pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox testing. Aplikasi web dibangun menggunakan framework laravel. Aplikasi  mobile dibangun menggunakan android studio. Aplikasi memiliki lima belas fungsional dengan dua orang aktor. Hasil pengujian membuktikan bahwa semua fungsional berjalan sesuai dengan semana mestinya. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk pengelolaan kegiatan webinar di Era New Normal akibat dari pandemi Covid-19.
Sistem Informasi Geografis Menggunakan Multi Criteria Evaluation Untuk Zonasi Wisata Bahari Pantai Rupat Roni Salambue; Nurdin .; Rangga Putra Pratama; Benny Putra
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.167-174

Abstract

Pantai Rupat telah ditetapkan sebagai kawasan pariwisata oleh Pemda Kabupaten Bengkalis. Kebijakan strategis Pemda dalam mendukung Pantai Rupat sebagai destinasi wisata bahari adalah dengan membangun infrastuktur akses jalan, dermaga pelabuhan ferry penyeberangan dan penginapan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan zonasi kawasan wisata bahari pada Pantai Rupat menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Metode yang digunakan adalah metode multi criteria evaluation untuk menganalisa kesesuaian kawasan. Hasil analisis menunjukkan kawasan Teluk Rhu, Tanjung Punak, Putri Sembilan dan Makeruh dikategorikan cukup sesuai sebagai zona wisata bahari pesisir pantai namun kawasan Sungai Cingam dikategorikan sebagai zona yang tidak sesuai. Untuk zona wisata bahari rekreasi pantai kawasan Teluk Rhu, Tanjung Punak dan Makeruh dikategorikan sebagai zona yang sesuai, kawasan Sungai Cingam dikategorikan sebagai zona yang cukup sesuai dan kawasan Putri Sembilan dikategorikan sebagai zona yang tidak sesuai
Analisis dan Audit Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) pada Instansi Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga Gregorius Anung Hanindito
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2017): Agustus 2017
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v3i2.2017.279-284

Abstract

Rapidly changing in Information Technology initiates various innovation that aims to provide convenience for enterprises, organizations, and institutions. Innovation is created to ease users in completing tasks and activities. Unfortunately, easiness in innovation gives chances of fraud and disruption to happen. This paper discusses how countermeasures on those issues are done in Salatiga Library and Archive Office using 4 (four) control aspects in Information System Audit: environtment security control, physical security control, logical security control, and IS operation control. This paper use three step of method, they are: planning and preparation, implementation, and reporting. The aim of this research is to examine the Information System security level in Salatiga Library and Archive Office.
Sistem Retribusi Parkir Sebagai Pengawasan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cilacap Cahya Vikasari
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 5, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v5i1.2019.1-8

Abstract

Retribusi yang dapat dikelola oleh daerah yaitu retribusi jasa yang didalamnya terdapat pengelolaan retribusi pelayanan kesehatan, retribusi parkir, retribusi pasar. Dinas perhubungan sulit mengetahui informasi tentang hutang setoran retribusi, administrasi data parkir belum tersimpan dengan baik sehingga sulit melakukan pengawasan terhadap penerimaan pendapatan daerah, kurang efisien dari segi waktu dalam  penyusunan  laporan. Sistem yang dibangun untuk mengatasi masalah penerimaan dana retribusi dibuat berbasis client server dan dengan konsep UML (Unified Modeling Language) yaitu dengan diagram usecase, sequence diagram dan class diagram serta pembangunan perangkat lunak yang digunakan yaitu menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah sistem dapat digunakan sebagai pengawasan penerimaan pendapatan asli daerah  kabupaten Cilacap, membantu dalam pengolahan transaksi retribusi secara akurat dan up to date serta dapat menampilkan laporan transaksi perparkiran sebagai data dukung dalam pengambilan kebijakan khususnya dibidang retribusi parkir.
Analisis Manajemen Bandwidth Menggunakan Hierarchical Token Bucket Pada Router dengan Standar Deviasi Pramudhita Ferdiansyah; Rini Indrayani; Subektiningsih Subektiningsih
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 6, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v6i1.2020.38-45

Abstract

Bandwidth merupakan aspek penting untuk kelancaran dan kenyamanan dalam akses internet. Dalam penggunaan bandwidth internet, setiap pengguna menginginkan kecepatan akses secara maksimal. Kecepatan akses secara maksimal tentu akan berhubungan dengan bandwidth yang tersedia dalam jaringan tersebut. Untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal dengan bandwidth yang terbatas, maka diperlukan pengaturan penggunaan bandwidth yang baik untuk menjaga kestabilan trafik lalu-lintas data pada jaringan. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan upaya untuk menyempurnakan teknik manajemen bandwidth. RouterOS merupakan sistem operasi berbasis linux yang dipergunakan pada router untuk menangani manajemen jaringan dan dapat berjalan di PC maupun routerboard. Dengan sistem operasi RouterOS memungkinkan untuk membuat sebuah router sendiri dari komputer langsung. Penelitian ini menekankan bagaimana mengalokasikan bandwidth secara optimal atau merata sesuai dengan kebutuhan pengguna internet dengan model penerapan simpangan baku atau deviasi standar pada queue pada router mikrotik Dengan menerapkan metode hierarchical token bucket pada queue akan dianalisa kemampuan algoritma tersebut dalam upaya optimalisasi QoS dalam konsep pemerataan bandwidth. Analisa yang dilakukan dengan mencari nilai paling optimal dari pemerataan bandwidth, yaitu diperolehnya deviasi atau simpangan rata-rata bandwidth pada metode simple queue dan hierarchical token bucket. Pengujian dilakukan dengan membatasi pemakaian bandwidth dengan memberikan limitasi untuk batas minimum dan maksimum bandwidth secara dinamis. Hasil pengujian menunjukkan model penerapan hierarchical token bucket  mampu meningkatkan QoS, yaitu dengan diperoleh nilai simpangan lebih sedikit dari nilai rata-rata keseluruhan. Dengan demikian pemakaian bandwidth lebih merata sesuai dengan kebutuhan.
Aplikasi Monitoring Perangkat dan Aktivitas Pengguna pada Jaringan Menggunakan Protocol SNMP dan Squid proxy Danur Wijayanto; Indra Waspada
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.11-20

Abstract

Unit Pengelolaan dan Pelayanan Teknologi Informasi (UP2TI) adalah salah satu unit di Fakultas Sains Matematika Universitas Diponegoro yang bergerak di bidang pelayanan dan pengelolaan segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi informasi. UP2TI mengelola perangkat jaringan seperti router, switch, server, dan access point di FSM UNDIP. Dengan banyaknya perangkat jaringan yang dikelola, admin UP2TI mengalami kesulitan jika proses monitoring perangkat jaringan dilakukan secara manual yaitu hanya mengandalkan laporan dari client jika ada permasalahan pada jaringan dan juga belum ada sistem untuk memonitor aktifitas pengguna internet.Solusi atas permasalahan tersebut dengan membuat aplikasi monitoring jaringan. Aplikasi monitoring bisa juga disebut sebagai Network Management System yaitu suatu sistem yang berfungsi untuk membantu system administrator dalam memonitor dan mengontrol perangkat jaringan yang kompleks SNMP merupakan sebuah protocol aplikasi pada jaringan TCP/ IP yang dapat digunakan sebagai protocol dalam Network Management System.Aplikasi monitoring yang dikembangkan juga melakukan pembacaan log squid proxy untuk mengetahui aktivitas pengguna internet. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode waterfall dengan bahasa pemograman PHP dengan framework CodeIgniter dan sistem manajemen basis data MySQL. Setelah pengembangan selesai dilakukan, dilanjutkan pengujian secara black-box. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi yang memudahkan admin dalam memonitoring perangkat dan aktivitas pengguna pada jaringan Fakultas Sains Matematika Universitas Diponegoro
Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Transaksi Online Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL Pada PT Pos Indonesia (Persero) Batam 29400 Tukino Tukino; Amrizal Amrizal
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v3i1.2017.199-210

Abstract

PT. Pos Indonesia (Persero) Batam 29400 adalah salah satu perusahaan perseroan yang bergerak dibidang jasa perposan.Dimana dalam pelaksanaan kerjanya terdapat beberapa bagian yang mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda, salah satunya bagian akuntansi yang pelaksanaan tugasnya mencakup pengolahan data transaksi. Pada proses pengolahan data transaksi masih menggunakan sistem yang masih sederhana yaitu berupa manual aplikasi dan di bantu  Microsoft Word dan Microsoft  Excel untuk dokumen.Hal ini mengakibatkan proses aplikasi dan pengerjaan pengolahan data transaksi tidak efektif dan efisien.Sebagai solusi pemecahan masalah, penulis membuat suatu aplikasi dan sistem pelaporan transaksi yang menunjang pelaporan data transaksi. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan pengembangan sistem yang terdiri dari studi kelayakan, rancangan sistem. Hasil yang didapat dari penelitian berupa sistem informasi pelaporan transaksi dengan dengan menggunakan Pemrograman berbasis web pada PT Pos Indonesia (Persero) Batam 29400 dimana sistem ini dapat lebih mudah diterapkan dan lebih mudah dipahami oleh user sehingga dapat menghasilkan informasi yang cepat, tepat dan akurat.
Literatur Review : Critical Success Factor Penerapan Sistem ERP pada Perusahaan Manufaktur di Negara Berkembang dan Maju Ari Cahaya Puspitaningrum; Endah Septa Sintiya
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 2 (2018): Agustus 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v4i2.2018.89-97

Abstract

Penerapan sistem ERP telah menjadi kebutuhan utama bagi perusahaan besar, menengah, ataupun kecil dalam upaya mempermudah proses bisnis mereka.  Sistem ERP memiliki manfaat yang besar untuk membantu perusahaan dalam merampingkan proses bisnis, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan pendapatan. Namun, sistem ERP merupakan sistem yang rumit dan kompleks, serta memiliki tingkat kegagalan yang tinggi. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu mengidentifikasi critical success factor (CSF) dalam penerapan ERP agar tidak terjadi kegagalan yang dapat merugikan perusahaan. Pada penelitian ini berfokus pada critical success factor sistem ERP pada perusahaan manufaktur di  negara berkembang dan negara maju dengan mengkaji 20 studi yang telah ditemukan. Berdasarkan pengkajian dari studi tersebut, ditemukan beberapa CSF yang memiliki pengaruh besar  terhadap kesuksesan penerapan ERP pada perusahaan manufaktur di negara berkembang maupun negara maju. Selain itu, CSF tersebut dapat diklasifikasikan kedalam 2 kategori, yaitu  strategik dan taktik. Pada penelitian ini juga memberikan rekomendasi tindakan yang perlu dilakukan oleh perusahaan terhadap CSF ERP yang didasarkan pada hasil ulasan studi yang digunakan.
Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Sistem Informasi Pembelian, Persedian dan Penjualan Barang pada Toko EMI GROSIR dan ECERAN Ricky Akbar; Juliastrioza Juliastrioza
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015): Oktober 2015
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v1i1.2015.7

Abstract

On Emi Store wholesale and retail business processes of purchasing, inventory, and sales are still made in the traditional and manual. This led to some problems, among others, is often an error occurred recording of purchases and sales of goods, calculation of the transaction, as well as the latest information the availability of goods in the warehouse. Therefore, it is necessary the implementation of Enterprise Resource Planning (ERP) system for purchase information, inventory, and sales of goods aimed at overcoming these problems. ERP implementation stage began with the study of introduction. Its activities namely the introduction of the company as a whole with interviews and observation, identifying the business processes of purchasing, inventory, and sales of goods that are currently running and then make a proposal system in terkomputerisasinya, which is described by using the Business Process Model Notation (BPMN), as well as the depiction of a working model of the system to be applied using use case diagrams. The next stage is to conduct a study of the literature of a variety of books and journals to find a foundation theory and related research. Then do the selection of ERP software, configuration and customization of the ERP software modules, as well as the last application and testing. The results of this study indicate that ERP software that have been selected and applied IE applications can address in Odoo Stores Emi wholesale and retail.

Page 1 of 22 | Total Record : 214