cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education)
ISSN : 25806424     EISSN : 24772399     DOI : 10.21831
ELINVO (Electronics, Informatics and Vocational Education) is a peer-reviewed journal that publishes high-quality scientific articles in Indonesian language or English in the form of research results (the main priority) and or review studies in the field of electronics and informatics both in terms of their technological and educational development.
Articles 132 Documents
¬Studi Penelusuran (Tracer Study) Terhadap Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta fajaryati, nuryake
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tracer study ini bertujuan untuk memperoleh gambaran lama masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan, mendeskripsikan penilaian alumni mengenai penyelenggaraan dan mutu layanan program yang ada di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FT UNY dan mendeskripsikan penilaian pengguna alumni terhadap kompetensi lulusan Pendidikan Teknik Informatika FT UNY. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif (qualitative research) melalui pendekatan survei mencakup tiga tahapan: 1) pengembangan konsep dan instrumen; 2) pengumpulan data; dan 3) analisa data dan pelaporan. Metode sampling dengan cara random, dengan proporsi 30% secara proporsional sesuai dengan jumlah lulusan. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari alumni dan pengguna alumni melalui kuesioner yang terstruktur. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online melalui Google docs dan penyebaran secara langsung kepada alumni atau pengguna alumni yang diketahui dengan jelas keberadaannya. Pengumpulan data lapangan dimulai pada Mei 2015 hingga Agustus 2015.Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika mendapatkan pekerjaan dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan yaitu sebanyak 88%, sementara lainnya membutuhkan waktu selama lebih dari 18 bulan sebanyak 7%, rentang 6 - 12 bulan sebanyak 3%, dan rentang 13 - 18 bulan sebanyak 2%. Mengenai penyelenggaraan dan mutu layanan, alumni memberikan penilaian baik dari persepsi semua aspek, namun dibutuhkan peningkatan dari segi SDM maupun fasilitas sarana dan prasarana. Pengguna alumni menilai bahwa kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dari segi aspek integritas, profesionalisme, penggunaan TI, komunikasi, kerjasama tim, dan pengembangan diri sangat baik, namun masih kurang dalam penggunaan bahasa, khususnya bahasa Inggris.  
MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD santoso, djoko
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk  meningkatkan kualitas pembelajaran, hasil belajar serta tanggapan mahasiswa terhadap implementasi  pembelajaran kooperatif model STAD.  Model penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, dilaksanakan  tiga bulan terhadap mahasiswa S1 reguler Jurusan Teknik Elektronika yang mengambil mata kuliah rangkaian listrik. Pegumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes, angket. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Proses pembelajaran terkesan lebih menarik karena mahasiswa bukan lagi sebagai obyek tetapi lebih sebagai subyek dalam pembelajaran. Kondisi pembelajaran diwarnai dengan aktivitas diskusi kelompok, mahasiswa berperan aktif dan saling ketergantungan satu sama lain dalam penguasaan konsep, sehingga terjadi interaksi belajar multi arah, peran dosen justru sebagai fasilitator. Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Tanggapan mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran kooperatif STAD 10,81 % menyatakan sangat setuju dan 89,19 % menyatakan setuju.
Peningkatan Kemampuan Kerjasama dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study wulandari, bekti
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital dan Menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Peningkatan kualitas pembelajaran ini menerapkan metode pembelajaran problem based learning. Dalam penelitian ini menerapkan metod lesson study model Lewis (2002) dan pelaksanaanya dilakukan dalam 3 kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan (plan); 2) Pelaksanaan dan  Observasi (do); 3) Refleksi (see). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektronika dan data diperoleh dengan cara observasi dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran. Ini dapat dilihat dari jumlah mahasiswa  yang  aktif  semakin  banyak, perkuliahan  tidak  membosankan karena sebagian besar mahasiswa kelihatan antusias dalam belajar. Bagi dosen juga ada keuntungannya yaitu dapat melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dalam upaya untuk memperbaiki pembelajarannya. Melalui pembelajaran dengan lesson study ini selain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran  sekaligus  juga  dapat  menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Hal ini terlihat dari tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, tidak memisahkan di diri dari orang lain, interaksi terhadap sumber belajar, interaksi antar mahasiswa, aktifitas menyelesaikan masalah dan mahasiswa tidak pasif.
Analisis Desain Website Terhadap Budaya: Pendekatan Teori Hofstede husna, amelia fauziah
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebudayaan terhadap desai suatu website dan mengetahui budaya apakah yang berkembang di daerah tersebut melalui desai websitenya. Penelitian ini membandingkan tiga website yang berasal dari tiga negara yang berbeda, bahkan benua yang berbeda. Hasilnya terdapat perbedaan desain website yang dipengaruhi oleh budayanya.
Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik dengan Metode FURPS djahimuddin, sarini
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem informasi  merupakan suatu sistem  data  yang dapat memberikan informasi yang di butuhkan oleh user, informasi tersebut dapat dengan mudah diakses dan mempunyai kualitas yang baik. Salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari suatu sistem informasi akademik yaitu dengan menggunakan metode FURPS yaitu berupa pengujian sistem informasi dari segi Functionality, Usability, Reliability, Performance dan Supportability. Kualitas Sistem Informasi yang akan di analisis adalah  sistem informasi akademik pada kampus STMIK  Adhi Guna Palu dan sistem informasi akademik pada kampus STMIK Bina Mulia Palu.
PENILAIAN EFISIENSI UNIVERSITAS LPTK DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS jati, handaru
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatnya keinginan untuk melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi bagi lulusan sekolah menengah di Indonesia dan semakin tingginya biaya yang ditanggung oleh calon mahasiswa maka pemerintah dihadapkan pada kondisi untuk mendorong universitas agar dapat beroperasi dengan lebih efisien dan lebih produktif. Penelitian ini adalah mengembangkanmetodebarupenilaian efisiensi universitasLembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) di Indonesia denganmempergunakan Data Envelopment Analysis yang secara teknis efektif untuk menghitung efisiensi sebuah Universitas.Penelitianinimerupakanpenelitianresearch and development yang dilaksanakan dalam kegiatan yang meliputianalisis kebutuhan yaitu pengkajianvariabel yang akanmenjadifaktorpenilaianefisiensi besertamekanisme pengumpulan datanya, disain model perhitungan efisiensi dari Lembaga Pendidikan Teknologi dan Kejuruan serta implementasi perhitungan efisiensi dan produktivitas dari 6 Universitas LPTK negeri di Indonesia dengan Data Envelopment Analysis.Hasil dari perhitungan DEA menunjukkan bahwa Universitas di Jawa memiliki rata-rata efisiensi yang lebih baik dibanding dengan Universitas LPTK di luar Jawa.
A Study on the Use of Teaching Media in the Training of Improving Teachers’ Professional Competence mashoedah, mashoedah
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The paper discusses a study on the use of teaching media in the teacher trainings, in terms of what media that can be to improve teachers’ professional competence.   The methods used were a literature review and online survey conducted among teachers in the teacher group in the social media network. The use online research was expected to be able to explore the teachers’ responses to the use of appropriate teaching media and other problems related to the improvement of their professional competence. The results showed that the problem mostly faced by teachers are the improvement of the teacher’s competence of expertise (42%), the minimum availability of teaching media at school (24%), curriculum (15%) and other problems (19%). The teachers expected that the teaching media used in the teacher trainings are  in the forms of  a combination of media (49%) , videos  (29%), e-learning  (15%), and  trainer kit (6%). The expected model of media used in the teacher trainings to improve the professional competence is the integration of various teaching media.  
Topik Modeling Penelitian Dosen JPTEI UNY Pada Google Scholar Menggunakan Latent Dirichlet Allocation Nurlayli, Akhsin; Nasichuddin, Moch. Ari
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 4, No 2 (2019): November 2019
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/elinvo.v4i2.28254

Abstract

The mapping of research topics for lecturers is necessary to determine the research tendencies in a department or study program. This study aims to implement topic modeling in the publication titles of the Department of Electronics and Informatics Education Engineering of Universitas Negeri Yogyakarta (JPTEI UNY) lecturers taken from Google Scholar. The method used for topic modeling is the Latent Dirichlet Allocation (LDA). LDA is a generative probabilistic model for finding the semantic structure of a corpus collection based on the hierarchical bayesian analysis. After the topic modeling process, the results showed that JPTEI UNY lecturers tend to have four research clusters consisting of vocational education, system development, learning media, and vocational learning systems.
PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA SISWA PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA Dewanto, Satriyo Agung; Marpanaji, Eko; Mahali, Muh. Izzudin; Hasanah, Nur; Wulandari, Bekti
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 3, No 1 (2018): May 2018
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/elinvo.v3i1.19779

Abstract

This research has purpose to know the difference between student learning result with computer network practice course and higher order thinking skill (HOTS) given by demonstration method with problem based learning (PBL) method. This research is a research using quasi experiment consisting of two classes as sample. The one class uses the demonstration learning method, while the other class uses the PBL method. This study has an analysis using t-test. the result of this research is able to show there is difference between student learning outcomes with high thinking ability in computer network practice class among students given demonstration method with students given PBL method. Students who were given demonstration learning methods resulted less than students who had been provided with PBL methods in order to improve learning outcomes.
Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bengkel dan Laboraturium Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY Wulandari, Bekti
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 3, No 1 (2018): May 2018
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/elinvo.v3i1.19480

Abstract

This research was conducted to describe planning, implementation, and evaluation of Occupational Health and Safety (OHS) in laboratory and workshop of Electronic Engineering and Informatics Department FT UNY. This research is a non-experimental quantitative research with descriptive approach method. Descriptive research is a study conducted on independent variables, without making comparisons or connecting with other variables, especially regarding OHS. This study aims to obtain information or description of OHS in the laboratory and workshop of Electronic Engineering and Informatics Department, Engineering Faculty, Yogyakarta State University. This research is only limited to describe that found in data retrieval. The results of this study indicate that the OHS System in the laboratory and workshop of Electronic Engineering and Information Technology Department of Engineering Faculty, Yogyakarta State University still needs to be improved. OHS planning in those places still needs to be improved to achieve effectiveness. Meanwhile, the implementation of OHS in the laboratory and workshop still needs to be improved. While the evaluation of OHS in the laboratory and workshop needs to be done continuously. In addition, it can be included that the factors of administration, supervision, and improvement of OHS culture needs to be done in order to achieve a systematic OHS Management System.

Page 1 of 14 | Total Record : 132