Articles
33 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2, No 2 (2016): Special Issue : Penelitian, Pengabdian Masyarakat"
:
33 Documents
clear
Monitoring Jaringan Server Menggunakan SNMP dan ICMP Pada Server ERP Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya
Ahmad Heryanto
Annual Research Seminar (ARS) Vol 2, No 2 (2016): Special Issue : Penelitian, Pengabdian Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Server adalah Sebuah komputer yang terhubung dengan jaringan komputer dan menyediakan berbagai jenis layanan yang dapat diakses oleh komputer lainnya (client). Server harus didukung dengan oleh hardware dan software yang handal. Komputer Server harus selalu aktif supaya client ERP tetap bisa mengaksesnya setiap saat. Sebaliknya Jika server ERP down maka aplikasi web tidak bisa diakses sama sekali oleh client. Oleh karena itu, dibutuhkan mekanisme monitoring server ERP untuk mengetahui status dari server tempat aplikasi ERP tersedia. Sistem monitoring menggunakan ICMP dan SNMP untuk mendapatkan status dari setiap server yang digunakan. Berdasarkan data percobaan, SNMP dan ICMP mampu memberikan informasi yang akurat dan cepat untuk mendapatkan status aktif atau down dari server yang menjadi objek penelitian.
Pembuatan Media Ajar Pendidikan Agama Islam untuk Guru PAI Sekolah Dasar Yang Tergabung Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KK-GPAI) Kota Palembang dengan Animasi Movie Maker
Ali Ibrahim
Annual Research Seminar (ARS) Vol 2, No 2 (2016): Special Issue : Penelitian, Pengabdian Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
AbstrakKelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KK-GPAI) Kota Palembang merupakan wadah yang terorganisasi non struktural dari Dinas Pendidikan Kota Palembang di bawah struktur kementrian agama. KK-GPAI kota Palembang merupakan kelompok guru yang mengajar agama islam pada sekolah dasar. Penggunaan ICT dalam pembelajaran Agama Islam masih sangat minim sekali. dari masalah itu, tim pengabdian masyarakat Fakultas ilmu komputer menjadikan KK-GPAI peserta pada pelatih. Dari pelatihan ini sangat diharapkan semua guru yg ikut dapat membuat media ajar berbasis animasi. Selain itu guru-guru yang ikut juga dapat mengembangan dengan berbagi wawasan dengan gur lain yang tidak ikut kegiatn. Dari hasil kegiatan dapat di simpulkan sekitar 80% peserta berhasil dalam mempelajari dan memprakteknya.
Penerapan Metode Pelatihan Langsung (Doing by Learning) untuk Siswa SMA di Kecamatan Ilir Timur 1 Palembang
Siti Nurmaini;
Huda Ubaya;
Bambang Tutuko;
Firdaus Firdaus;
Ahmad Zarkasi
Annual Research Seminar (ARS) Vol 2, No 2 (2016): Special Issue : Penelitian, Pengabdian Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Robot halang rintang (avoider) sebagai media pengenalan bidang robotika bagi bagi sekolah menengah atas Muhammadiyah 1 Palembang. Pelatihan ini akan dititik beratkan pada bagaiamana merakit dan membuat suatu aplikasi robot sederhana yang dilengkapi dengan sensor infra merah, kendali motor yang pemrogramannya menggunakan bahasa pemrograman C. Metode kegiatan yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode pelatihan langsung (learning by doing) berupa pemaparan/presentasi, tutorial serta diskusi tentang bidang ilmu robotika, teknik disain sedernaha sebuah robot dan menjalankan aplikasi robot Halang Rintang (avoider) yang telah ditentukan. Sebelumnya diadakan pre test yang berupa tanya jawab, untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta sebelum mengikuti pelatihan dan praktek yang menitikberatkan pada implementasi robot Halang Rintang (avoider). Post test dilakukan dengan menjalankan aplikasi yang telah dibuat oleh siswa pada halangan yang telah disiapkan . Untuk mengetahui tingkat penyerapan terhadap materi pelatihan yang diberikan oleh para pengajar atau pelatih dan bimbingan konsultasi, robot yang telah dibuat harus bekerja dengan baik sesuai dengan arahan yang diberikan.
Implementasi Sistem Informasi Layanan Pelatihan
Purwita Sari;
Sarmayanta Sembiring;
Kemahyanto Exsaudi
Annual Research Seminar (ARS) Vol 2, No 2 (2016): Special Issue : Penelitian, Pengabdian Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya sampai saat ini layanan informasi pelatihan belum disajikan secara optimal melainkan masih dilakukan secara manual. Publikasi kegiatan pelatihan masih menggunakan brosur-brosur dan proses pendaftaran pelatihan juga masih dilakukan secara manual. Sistem yang ada saat ini kurang efektif karena publikasi yang kurang luas menyebabkan banyak peserta pelatihan yang tidak mengetahui informasi pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan system informasi layanan pelatihan yang efektif dan dapat memenuhi kebutuhan peserta tentang informasi pelatihan serta membantu pihak Fakultas Ilmu Komputer agar dapat mempublikasikan jadwal kegiatan pelatihan dengan mudah. Penelitian ini menerapkan metode pengembangan sistem yaiut model waterfall yang meliputi tahapan requirement, system desain, pengkodean dan pengujian, implementasi dan perbaikan. Karakteristik waterfall berupa aktivitas yang mengalir dari satu fase (tahapan) ke fase lainnya secara berurutan, dan setiap fase dilalui terlebih dahulu hingga selesai untuk menuju fase berikutnya. Hasil dari Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi agar pengelolaan informasi yang berkaitan dengan pelatihan, registrasi pelatihan, jadwal pelatihan, serta membuat sistem informasi yang dapat menjadi media pertukaran informasi antara peserta dengan pihak Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya dapat dilakukan dengan lebih baik.
Pelatihan Pengenalan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Animasi Videoscribe Sparkol Untuk Guru SMA Negeri 19 Palembang
Yoppy Sazaki
Annual Research Seminar (ARS) Vol 2, No 2 (2016): Special Issue : Penelitian, Pengabdian Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Media komputer merupakan salah satu jenis media yang digunakan dalam proses pembelajaran . Salah satu yang dapat diterapkan adalah pembelajaran berbasis animasi dengan menampilkan materi pelajaran melalui bantuan program software.Aplikasi videosubcribe Sparkol merupakan salah satu aplikasi membantu proses belajar menjadi lebih baik, sehingga pengajar dapat menampilkan materi pelajaran yang lebih menarik.
Pelatihan Pemrograman Arduino Uno Pada Siswa SMA di Kecamatan Inderalaya
Rendyansyah Rendyansyah
Annual Research Seminar (ARS) Vol 2, No 2 (2016): Special Issue : Penelitian, Pengabdian Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Teknologi elektronika telah berkembang pesat menjadi teknologi digital sampai berbasis prosesor yang dapat menghasilkan sistem semakin canggih. Dengan perkembangan teknologi tersebut menumbuhkan minat kalangan hobby termasuk pelajar dan praktisi dalam merancang system embedded untuk berbagai keperluan. Salah satu teknologi digital berbasis prosesor yaitu Arduino UNO. Arduino UNO telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan tersebut terutama di wilayah perkotaan, dan masih minimnya di wilayah yang jauh dari kota. Oleh karena itu dilakukan kegiatan Pelatihan Pemrograman Arduino untuk kalangan pelajar atau siswa SMA di wilayah Kecamatan Inderalaya (jauh dari kota). Pada kegiatan tersebut dihadiri 15 siswa dan satu guru pendamping. Dalam proses kegiatan ini siswa aktif mengikuti pelatihan, belajar dan mencoba apa yang diajarkan oleh instruktur serta adanya interaksi antar siswa dan instruktur. Pada sesi akhir pelatihan siswa diuji untuk mengetahui sampai dimana pemahaman siswa tersebut, dan hasilnya siswa mampu memahami materi pelatihan dengan cukup baik yaitu rata-rata 76%.
PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA MGMP PKN SMA DI KABUPATEN OGAN ILIR
Ari Wedhasmara
Annual Research Seminar (ARS) Vol 2, No 2 (2016): Special Issue : Penelitian, Pengabdian Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pada era globalisasi saat ini terjadi perubahan paradigma dalam dunia pendidikan, dimana orang-orang yang terlibat dalam dunia pendidikan harus memiliki keterampilan dalam bidang teknologi informasi. Guru sebagai pelaksana dalam kegiatan belajar mengajar harus mampu membuat bahan ajar yang menarik dan interaktif sehingga akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu guru-guru MGMP PKn SMA di Kabupaten Ogan Ilir dalam membuat bahan ajar interaktif dengan macromedia flash. Hasil dari kegiatan ini terlihat guru-guru cukup mempunyai kecakapan dalam membuat bahan ajar interaktif dengan macromedia flash. Hal ini menunjukkan bahwa respon dan tanggapan guru-guru peserta pelatihan cukup baik. Sebagai umpan balik dari peserta guru-guru adalah pelatihan ini merupakan kegiatan yang positif dan dibutuhkan oleh guru-guru untuk meningkatkan keterampilan guru-guru dalam hal membuat bahan ajar interaktif.
Analisi dan Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Sanjaya
Ermatita Ermatita
Annual Research Seminar (ARS) Vol 2, No 2 (2016): Special Issue : Penelitian, Pengabdian Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pengelolaan data rental mobil sangat dibutuhkan bagi perusahaan yang bergerak dalam penyewaan mobil. Data ini akan memberikan informasi akurat bagi pemilik perusahaan. Informasi ini sangat berguna bagi pengembangan perusahaan. Pengelolaan dengan sistem yang masih manual akan menghambat akses informasi bagi pemilik, hal ini disebabkan oleh sistem manual yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pencarian informasi. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dikembangkan suatu sistem informasi rental mobil yang akan membantu administrasi dalam mengelola data rental mobil. Informasi yang dihasilkan dengan sistem ini menjadi lebih cepat dan akurat. Sehingga dapat membantu pihak pemilik perusahaan untuk menentukan arah pengembangan perusahaan.
PembuatanMedia Ajar PendidikanAgama IslamuntukGuru PAI Sekolah Dasar Yang Tergabung Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KK-GPAI) Kota Palembang dengan Animasi Movie Maker
Mira Afrina;
Ali Ibrahim;
Yudha Pratomo;
Apriansyah Putra -;
Ken Dihta Tania;
Yadi Utama,
Annual Research Seminar (ARS) Vol 2, No 2 (2016): Special Issue : Penelitian, Pengabdian Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Abstract— Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KK-GPAI) Kota Palembang merupakan wadah yang terorganisasi non struktural dari Dinas Pendidikan Kota Palembang di bawah struktur kementrian agama. KK-GPAI kota Palembang merupakan kelompok guru yang mengajar agama islam pada sekolah dasar. Penggunaan ICT dalam pembelajaran Agama Islam masih sangat minim sekali. dari masalah itu, tim pengabdian masyarakat Fakultas ilmu komputer menjadikan KK-GPAI peserta pada pelatih. Dari pelatihan ini sangat diharapkan semua guru yg ikut dapat membuat media ajar berbasis animasi. Selain itu guru-guru yang ikut juga dapat mengembangan dengan berbagi wawasan dengan gur lain yang tidak ikut kegiatn. Dari hasil kegiatan dapat di simpulkan sekitar 80% peserta berhasil dalam mempelajari dan memprakteknya. Kata kunci: Movie Maker, ICT, KK-GPAI
Pembuatan Aplikasi E-Learning Untuk Sekolah Yayasan Az-Zahrah Palembang Dengan Program Moodle
Ali Ibrahim
Annual Research Seminar (ARS) Vol 2, No 2 (2016): Special Issue : Penelitian, Pengabdian Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
AbstrakKegiatan pelatihan Pembuatan Aplikasi E-Learning Untuk Sekolah Yayasan Az-Zahrah Palembang Dengan Program Moodle merupakan kegiatan kelanjutan pelatihan tahun 2015. Pada pelatihan ini guru-guru yang mengajar pada sekolah yayasan Az-Zahra di ajarkan bagaimana membuat program elearning. Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya pada sekolah az-zahra dapat menerapkan pola pembelajaran dengan e-learning. Dari evaluasi selama pelatihan, panitia menilai 80% peserta berhasil membuat program e-learning. Hal itu dapat dilihat dari hasil kerja mandiri peserta dan antusias peserta kegiatn. Dengan adanya pelatihan ini di harapkan guru-guru dapat menerapkan sistem pembelajarn e-learning di sekolah masing-masing. Kata kunci: elearning, moodle, student centre learning(SCL)