cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Annual Research Seminar
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019): Special Issue : Pengabdian Kepada Masyarakat" : 11 Documents clear
Pelatihan Pemrograman Car-Like Robot untuk Siswa SMK Di Kecamatan Indralaya Aditya Putra Perdana Prasetyo; Rossi Passarella; Rendyansyah Rendyansyah; Kemahyanto Exaudi; Sri Desy Siswanti; Wahyu Gunawan
Annual Research Seminar (ARS) Vol 5, No 2 (2019): Special Issue : Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan pemograman merupakan ilmu fundamental yang harus dikuasai oleh generasi milenial. Salah satu pemograman yang harus dikuasai adalah pemograman robot yang dapat diimplementasikan langsung oleh mahasiwa SMK ketika magang maupun terjun langsung ke dunia Indstri. Car-Like Robot merupakan salah satu robot yang dapat dipahami jelas cara kerjanya karena hampir sama persis dengan prinsip kerja mobil pada umumnya, yakni adanya kemampuan steering control dan speed control. Melalui pelatihan siswa SMK mendapatkan tambahan ilmu dan wawasan mengenai pemograman robot dan teori dasar mengenai Modul Hardware yang digunakan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 84 poin dari jumlah 20 peserta yang mengikuti pelatihan ini.
Pelatihan Mikrokontroler dan Aplikasi Robot Halang Rintang pada Siswa SMP Negeri 13 Palembang Ahmad Zarkasi; Bambang Tutuko; Siti Nurmaini; Firdaus Firdaus
Annual Research Seminar (ARS) Vol 5, No 2 (2019): Special Issue : Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

pendidik terutama dosen dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi. Dalam hal ini program pengabdian kepada masyarakat. Pada pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini menjelaskan tentang hasil pelatihan mikrokontroler, kemudian diaplikasi pada robot sederhana, yaitu robot Halang Rintang, sebagai media pengenalan bidang robotika bagi siswa sekolah menengah pertama Negeri 13 Palembang. Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang siswa, utusan dari SMP Negeri 13 Palembang. Pelatihan ini menitikberatkan pada bagaiamana membuat algortima permrograman sederhana, yang diaplikasikan pada sebuah robot beroda dengan menggunakan 3 buah sensor infra merah sebagai pendeteksi halangan. Sensor Infra merah akan diatur jaraknya sesuai dengan jarak yang diinginkan. Keluran sensor akan menjadi penggerak untuk sistem aktuator yang berupa 2 buah motor dc.Robot halang rintang menggunakan board arduino uno, dengan mikrokontroler Atmega32 sebagai pengendali keseluruhan sistem. Setiap komplemen materi yang diberikan menunjukkan tingkat keberhasilan diatas 50%. Sehingga pelatihan ini telah dapat mentransfer ilmu dengan baik dan benar.
Workshop Teknik Keamanan Jaringan Internet Pada Siswa Sma/Smk Di Pangkal Pinang Tahun 2019 Ahmad Heryanto; Deris Stiawan; Aditya Putra Perdana Prasetyo; Osvari Arsalan; Ali Bardadi
Annual Research Seminar (ARS) Vol 5, No 2 (2019): Special Issue : Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah memberikan informasi yang berlimpah kepada semua orang dengan segala macam kemudahan/fasilitas. Masyarakat dengan menggunakan komputer/gadget dapat mengakses konten digital seluruh dunia, dari mana saja dan kapan saja selama terkoneksi dengan jaringan internet. Banyak hal positif yang bisa didapatkan dengan pemanfaatan produk-produk internet sekarang ini.  Internet yang dapat digunakan sebagai media update berbagai ilmu pengetahuan. Internet juga merupakan tempat bertebaran data pribadi yang bersifat sensitif yang dapat disalah gunakan oleh pihak yang tidak berwenang, data-data tersebut seperti email, password, dan account-account berharga seperti internet banking. Informasi-informasi tersebut akan sangat rentan terhadap phising, scam dan spam . Pada pengabdian kepada masyarakat tahun 2019 di kota pangkal Pinang telah dilakukan Workshop Teknik Keamanan Jaringan Internet Pada Siswa Sma/Smk Di Pangkal Pinang, sehingga para peserta dapat memaksimalkan manfaat internet dan mengurangi hal negatif dari internet.
Pelatihan Penggunaan LMS Sebagai Upaya Pengembangan Metode Pembelajaran Pada MGMP Bahasa Indonesia SMP Kab. Ogan Ilir Rahmat Izwan Heroza; Pacu Putra; Ahmad Rifai; Hardini Novianti; Muhammad Fachri Nuriza; Eka Prasetyo Ariefin; Muhammad Rafly
Annual Research Seminar (ARS) Vol 5, No 2 (2019): Special Issue : Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran, kreatifitas para guru dalam menyampaikan materi dan mengevaluasi hasil pembelajaran harus dioptimalkan. Akan tetapi dalam upaya melakukan hal tersebut, guru seringkali mengalami kesulitan menemukan cara yang tepat untuk melakukannya. Learning management system (LMS) adalah sebuah perangkat lunak yang memberikan layanan dalam mengelola pembelajaran. LMS dapat membantu para guru dalam menyampaikan materi pembelajaran tanpa keterikatan terhadap ruang dan waktu. Kegiatan ini berupa pelatihan penggunaan learning management system sebagai upaya pengembangan metode pembelajaran pada MGMP Bahasa Indonesia SMP kab. Ogan Ilir. Kegiatan ini juga merupakan persiapan sekolah dalam mencapai peluang yang ada berupa pemanfaatan aplikasi teknologi informasi seperti LMS sehingga sekolah dalam mempertahankan kelangsungan kegiatan sekolah sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah-sekolah yang diasuh oleh para guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Ogan Ilir. Setelah mengikuti kegiatan ini, para guru memiliki wawasan dan kemampuan menggunakan salah satu LMS yaitu Google Classroom yang terintegrasi dengan Quizizz dan siap menggunakannya di sekolahmasing-masing.
Sosialisasi dan Pelatihan Computational Thinking untuk Guru TK, SD, dan SMP di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang Mastura Diana Marieska; Dian Palupi Rini; Nabila Rizky Oktadini; Novi Yusliani; Yunita Yunita
Annual Research Seminar (ARS) Vol 5, No 2 (2019): Special Issue : Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Computational thinking umumnya hanyadipahami oleh kelompok tertentu, terutama orang yangbekerja di bidang informatika. Padahal computationalthinking merupakan skill yang penting untuk dikuasai padaera digital seperti sekarang ini. Di berbagai negara maju,pelajaran wajib yaitu STEM (Science, Technology,Engineering, and Mathematics) telah diperluas menjadiSTEM-C, yaitu penambahan computational thinking sebagaipelajaran wajib di sekolah. Diperlukan sosialisasi yang luasagar masyarakat Indonesia mengenal dan menyadaripentingnya kemampuan computational thinking. Salah satubentuk sosialisasi yang efektif adalah dengan memberipelatihan pada para guru. Pada tanggal 3 November 2018,telah dilakukan sosialisasi dan pelatihan computationalthinking pada guru TK, SD, dan SMP di Sekolah AlamIndonesia Palembang. Pencapaian dari pelatihan ini adalahpara guru memahami lebih dalam mengenai computationalthinking dan memiliki strategi yang nyata untuk menerapkanpembelajaran computational thinking di kelasnya masing-masing.
Pelatihan Pembuatan Media Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru di SD Negeri 170 Palembang Pacu Putra; Allsela Meiriza; Dinna Yunika Hardiyanti; Hardini Novianti
Annual Research Seminar (ARS) Vol 5, No 2 (2019): Special Issue : Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran merupakan hal yang menjadi perhatian dalam dunia Pendidikan saat ini. Ada beberapa komponen didalam proses pembelajaran yang dapat membantu terciptanya proses pembejalaran yang baik. Salah satunya adalah media pembelajaran. Terdapat bebagai macam jenis media ajar yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran, salah satunya media ajar berbasis multimedia interaktif. Dalam kegiatan pelatihan Pelatihan Pembuatan Media Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru di SD Negeri 170 Palembang para peserta dilatih untuk dapat membuat media ajar berbasis multimedia interaktif. Sebagai hasil dari kegiatan ini, peserta dapat membuat media ajar yang telah diajarkan. Sebagai umpan balik, beberapa peserta bertanya kaitan dengan penerapan media ajar terhadap mata pelajaran yang diajarkannya di kelas.
PELATIHAN MEMBUAT MEDIA EVALUASI BELAJAR MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT! UNTUK GURU SMA NEGERI 1 AIR SALEH KABUPATEN BANYUASIN Yoppy Sazaki; Mgs. Afriyan Firdaus; Samsuryadi Samsuryadi; Dwi Rosa Indah; Yunita Yunita; Rusdi Rivaldo
Annual Research Seminar (ARS) Vol 5, No 2 (2019): Special Issue : Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi Kahoot! merupakan aplikasi media evaluasi belajar yang membuat siswa yang mengikutinya lebih termotivasi. Sementara kemampuan guru SMA untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif khususnya melakukan evaluasi secara online dirasakan masih belumbanyak dikenal dan belum dilakukan dalam proses pendidikan di sekolah. Pelatihan ini diadakan dengan pre tes dan post tes sebagai bahan evaluasi apakah pelatihan dapat di terima dengan baik oleh guru yang mengikuti pelatihan ini. Hasil post test menunjukan nilai presentase yang signifikan bahwa peserta pelatihan mampu menerima dan mengaplikasikan hasil pelatihan dengan baik saat mengajar di kelas.
Sosialisasi dan Pelatihan Bebras Challenge Untuk Siswa SMP di Kota Palembang Muhammad Ali Buchari; Osvari Arsalan; Firdaus Firdaus; Kanda Januar Miraswan; Sarmayanta Sembiring
Annual Research Seminar (ARS) Vol 5, No 2 (2019): Special Issue : Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah metode yang bisa menyelesaikan persoalan (solving problem) dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). Jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dirasa sebagai jenjang yang tepat untuk mulai diperkenalkannya kasus problem solving. Bebras Challenge menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan yang biasa terjadi pada kehidupan sehari-hari mereka dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional. Maka dari itu diselenggarakan sosialisasi dan pelatihan Bebras Challenge untuk siswa SMP di palembang agar dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yg mereka miliki serta menambah wawasan, minat, kreativitas dan inovasi siswa terkait bidang teknologi informasi dan komputasi.Setelah mengikuti kegiatan ini, para siswa dan guru pembina SMP di palembang memiliki wawasan dan kemampuan menggunakan computational thinking dalam menyelesaikan problem dalam bentuk soal-soal yang tentunya juga dapat diterapkan pada penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Peningkatan Keterampilan dalam Bidang Robotik Bagi Siswa SMK N 1 Indralaya Selatan Melalui Pelatihan Pemrograman Autonomous Mobile Robot Rendyansyah Rendyansyah; Aditya Putra Perdana Prasetyo; Kemahyanto Exaudi; Sri Desy Siswanti; M. Dimas Firmansyah; Abdul Wahid Sempurna
Annual Research Seminar (ARS) Vol 5, No 2 (2019): Special Issue : Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi modern dapat memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya teknologi robot yang banyak diaplikasikan pada bidang industri, medis dan alat-alat rumah. Robot ini diprogram berdasarkan ide logika dan meniru prilaku makhluk hidup, sehingga robot dapat bergerak sesuai keinginan pengguna. Pembelajaran robot umumnya ada pada Jurusan Teknik di Perguruan Tinggi. Untuk pemula perlu dikenalkan teknologi robot dan pemrogramnya kepada Siswa SMK dengan tujuan menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan. Kegiatan pelatihan ini ditujukan kepada Siswa SMK Negeri 1 Indralaya Selatan sebanyak 20 orang siswa. Adapun metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu melakukan pretest, memberikan pengenalan tentang konsep dan ilmu robotik, memotivasi siswa untuk aktif dalam kegiatan dan memprogram robot (learning by doing), dan melakukan posttest. Selama pelaksanaan kegiatan berlangsung siswa berperan aktif dan tertarik dalam mencoba dan bertanya kepada instruktur. Adapun hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan ini yaitu pada saat dilakukan pretest banyak siswa yang belum paham tentang robot, namun setelah diberikan pemahaman dan cara memprogram robot sederhana khususnya “robot menghindar halangan” siswa dapat mengenal dan mengerti tentang logika program robot. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil posttest dengan tingkat keberhasilan siswa sebesar 87%.
Pelatihan Microsoft Office Untuk Perangakat Desa Menten Kabupaten Banyuasin Hardini Novianti; Dinda Lestarini; Dinna Yunika; Ahmad Rifai; Sarifah Putri Raflesia
Annual Research Seminar (ARS) Vol 5, No 2 (2019): Special Issue : Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Annual Research Seminar (ARS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Wilayah Kabupaten Banyuasin mempunyai potensi yang cukup besar untuk dikembangkan, namun selama ini penggunaan infrastruktur teknologi informasi yang berbasis multimedia sebagai bagian dari dunia pendidikan masih belum dapat dimanfaatkan secara optimal dikalangan pengajar, hal ini disebabkan karena terbatasnya sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan keahlian dibidang ilmu komputer. Pelatihan microsoft Office menggunakan perlu dilakukan terhadap keseluruhan Perangkat Desa, khususnya Perangkat Desa Menten, agar proses Administrasi dapat dilaksanakan secara optimal. dengan menggunakan software Ms. Word dan Ms. Excel secara menarik dan mudahdimengertiolehPerangkatDesa.

Page 1 of 2 | Total Record : 11