cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
COMPETITIVENESS JOURNAL
ISSN : 19783035     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 128 Documents
Analisis Kinerja Keuangan PT. Pegadaian (Persero) dan Entitas Anak Perusahaan Berdasarkan KEPMEN BUMN Nomor Kep-100/MBU/2002 (Periode 2011-2015) Pattanggau, Yohanna Martin; Rahim, Abdul Rahman
COMPETITIVENESS Vol 5, No 2 (2016): COMPETITIVENESS
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.495 KB) | DOI: 10.26618/jmbc.v5i2.316

Abstract

Perkembangan posisi keuangan mempunyai arti yang sangat penting bagi perusahaan. Untuk melihat sehat tidaknya suatu perusahaan tidak hanya dapat dinilai dari keadaan fisiknya saja. Faktor terpenting untuk dapat melihat perkembangan suatu perusahaan terletak dalam unsur keuangannya. Salah satu alat yang digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dapat berwujud laporan keuangan. Dan PT Pegadaian (Persero) dan Entitas Anak Perusahaan sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara juga perlu diketahui kondisi keuangannya untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan selama ini.Berdasarkan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor KEP-100/MBU/2002 tentang penilaian tingkat kesehatan Badan Usaha Milik Negara, penilaian kinerja perusahaan BUMN pada aspek keuangan dilakukan dengan melihat beberapa rasio. Rasio tersebut adalah rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan provitabilitas.Tujuan penelitian ini adalah : 1) menganalisis rasio likuiditas pada PT Pegadaian (Persero) berdasarkan KEPMEN BUMN Nomor KEP-100/MBU/2002, 2) menganalisis rasio solvabilitas pada PT Pegadaian (Persero) berdasarkan KEPMEN BUMN Nomor KEP-100/MBU/2002, 3) menganalisis rasio aktivitas pada PT Pegadaian (Persero) berdasarkaan KEPMEN BUMN Nomor KEP-100/MBU/2002, 4) menganalisis rasio profitabilitas PT Pegadaian (Persero) berdasarkan KEPMEN BUMN Nomor KEP-100/MBU/2002. Data penelitian ini bersumber dari Laporan Keuangan PT Pegadaian (Persero) pada tahun 2011-2015.Hasil penelitian ini adalah kinerja perusahaan bila diukur secara keseluruhan menunjukkan kinerja keuangan yang termasuk dalam kategori sehat. Kinerja keuangan rasio likuiditas bila diukur menggunakan analisis rasio lancar menunjukkan hasil sangat sehat, bila diukur menggunakan rasio kas menunjukkan hasil tidak sehat. Kinerja keuangan rasio solvabilitas bila diukur menggunakan rasio modal sendiri terhadap total aktiva menunjukkan kinerja yang kurang sehat. Kinerja keuangan aktivitas bila diukur menggunakan rasio total assets turnover menunjukkan kinerja yang kurang sehat, bila diukur menggunakan rasio collection periods menunjukkan kinerja yang sehat. Kinerja keuangan profitabilitas bila diukur menggunakan rasio ROE menunjukkan kinerja yang Kata Kunci : kinerja keuangan dan entitas anak
Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN 7 Makassar Bungawati, Bungawati; Syafaruddin, Syafaruddin
COMPETITIVENESS Vol 5, No 2 (2016): COMPETITIVENESS
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.608 KB) | DOI: 10.26618/jmbc.v5i2.322

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan disiplin kerja terhadap Kinerja Guru SMKN 7 Makassar. serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan disiplin secara simultan bepengaruh terhadap Kinerja Guru SMKN 7 Makassar.Penelitian ini dilaksanakan pada SMKN 7 Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMKN 7 Makassar yang berjumlah 54 orang dengan pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien 0,374 dan sig = 0,000 0,05. Hal ini berarti bahwa semakin baik peran pemimpin maka kinerja guru akan semakin baik. Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien 0,310 dan sig = 0,004 0,05. Hal ini berarti bahwa semakin baik motivasi kerja maka kinerja guru akan semakin baik. Disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien 0,301 dan sig = 0,008 0,05. Hal ini berarti bahwa semakin baik disiplin kerja maka kinerja guru akan semakin baik.Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja, dan Kinerja.
Pengaruh Antara Kompetensi, Kompensasi, Motivasi Kerja Dan Pendidikan Terhadap Kinerja Dosen DI STIMIK AKBA Makassar I’tidal, Mizanul; Jam’an, Andi
COMPETITIVENESS Vol 5, No 2 (2016): COMPETITIVENESS
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.287 KB) | DOI: 10.26618/jmbc.v5i2.317

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (a) mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja dosen, (b) mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja dosen, (c) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja dosen, (d) mengetahui pengaruh pendidikan terhadap kinerja dosen dan (e) mengetahui pengaruh kompetensi, kompensasi, motivasi kerja dan pendidikan secara simultan terhadap kinerja dosenPenelitian ini dilakukan terhadap dosen tetap di Stimik AKBA Makassar. Jenis penelitian kuantiatif. Populasi dalam penelitian sebanyak 40 orang. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh karena seluruh populasi dijadikan sampel. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas, reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi, uji regresi linier berganda. Perhitungan menggunakan SPSS 15 for windows.Hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh kompetensi terhadap kinerja dosen. Hal ini ditunjukkan thitung = -0,06 t tabel = 2,03 pada taraf signifikansi 5%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompensasi terhadap kinerja dosen, Hal ini ditunjukkan thitung = 6,38 ttabel = 2,03 pada taraf signifikansi 5%, (3) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja dosen. Hal ini ditunjukkan thitung = 3,92 t tabel = 2,03 pada taraf signifikansi 5%, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan terhadap kinerja dosen. Hal ini ditunjukkan thitung = 2,93 t tabel = 2,03 pada taraf signifikansi 5%, (5) terdapat pengaruh kompetensi, kompensasi, motivasi kerja dan pendidikan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja dosen. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 22,25 F tabel = 2,64 pada taraf signifikansi 5%, Besarnya koefisien determinasi (R2 adalah 0,718) Hal ini berarti 71,8% variable kinerja dosen bisa dijelaskan oleh variabel kompetensi,kompensasi, motivasi kerja dan pendidikan.Kata kunci : Kompetensi, kompensasi, motivasi kerja, pendidikan, kinerja dosen
Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wajo Kota Makassar Nurbaya, Sitti; HR, Agussalim
COMPETITIVENESS Vol 5, No 2 (2016): COMPETITIVENESS
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.689 KB) | DOI: 10.26618/jmbc.v5i2.323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wajo Kota Makassar.Penelitian telah dilaksanakan di Sekolah Dasar di Kecamatan Wajo Kota Makassar selama dua bulan, yaitu dari bulan April hingga bulan Mei 2016 dengan populasi berjumlah 168 orang dan sampel sebanyak 118 orang yang diambil dari sekolah yang tersebar di 13 sekolah yang merupakan objek penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan pengujian regresi berganda, dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas dari item-item pertanyaan setiap variabel serta uji asumsi klasik sebelum mendapatkan model penelitian yang terbaik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru sebesar 0,212 dengan nilai p = 0,026 0,05. Ini menunjukkan bahwa kompetensi mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, koefisien pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 0, 269 dengan nilai p = 0,000 0,05. Ini menunjukkan bahwa disiplin kerja di sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, Koefisien pengaruh lingkungan sekolah terhadap kinerja sebesar 0,737 dengan nilai p = 0,002 0,05. Ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah pengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, dan Nilai beta yang paling tinggi adalah variabel lingkungan sekolah dengan nilai beta = 0,882, sehingga disimpulkan bahwa variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Kecamatan Wajo adalah variabel lingkungan sekolah.Kata Kunci : Kompetensi, Disiplin Kerja, Lingkungan Sekolah, dan Kinerja Guru
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jeneponto Suleman, Suhaemi; Ruliaty, Ruliaty
COMPETITIVENESS Vol 5, No 2 (2016): COMPETITIVENESS
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.715 KB) | DOI: 10.26618/jmbc.v5i2.318

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, budaya sekolah, disiplin guru, terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jeneponto.Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan mulai dari bulan Mei sampai Juni tahun 2016. Penelitian ini bertempat di SMK Negeri 1 Jeneponto. Populasi penelitian ini adalah Guru SMK Negeri 1 Jeneponto yang berjumlah 59 orang dengan pengambilan sampel secara keseluruhan atau sampel jenuh.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan pengujian regresi berganda, dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas dari item-item pertanyaan setiap variabel serta uji asumsi klasik sebelum mendapatkan model penelitian yang terbaik. Variabel dalam penelitian ini adalah pengembangan sumber daya manusia disiplin guru dan kinerja guru variabel dependen.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru sebesar 0.338 dengan nilai p=0.004 0.05, cronbash alpha sebesar 0.760. Ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja guru; 2. Koefisien pengaruh Budaya Sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0.465 dengan nilai p = 0.006 0.05, cronbash alpha sebesar 0.765. Ini menunjukkan bahwa budaya sekolah berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja guru; 3. Koefisien pengaruh disiplin guru terhadap kinerja guru sebesar 0.903 dengan nilai p=0.005 0.05, cronbash alpha sebesar 0.767. Ini menunjukkan bahwa disiplin guru berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru. Hal tersebut dapat diartikan bahwa semakin baik gaya kepemimpinan, budaya sekolah, disiplin guru, maka kinerja Guru SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri 1 Jeneponto Kabupaten Jeneponto akan semakin meningkat.Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Budaya Sekolah, Disiplin Guru dan Kinerja Guru
Peningkatan Mutu dan Relevansi Perguruan Tinggi Melalui Tracer Study Wahyuddin, Wahyuddin
COMPETITIVENESS Vol 5, No 2 (2016): COMPETITIVENESS
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.571 KB) | DOI: 10.26618/jmbc.v5i2.324

Abstract

Sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Muhammadiyah Makassar yaitu “Menjadi Perguruan Tinggi Islam Terkemuka, Unggul, Terpercaya dan Mandiri pada Tahun 2024” yang dituangkan dalam Strategi Jangka Panjang Pendidikan Tinggi 2012-2016, maka Universitas Muhammadiyah Makassar berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kapasitas dan mutu manajemen agar dapat tercapai prinsip “good university governance” dalam menjalankan praktek-praktek manajemen yang sehat dan bermutu. Sejalan dengan itu, salah satu kegiatan yang wajib dilakukan adalah Tracer study yang dipahami sebagai survei alumni dilaksanakan perguruan tinggi dengan tujuan menggali informasi yang berkaitan dengan perjalanan lulusan. Informasi yang didapat dari tracer study sangat berguna untuk berbagai evaluasi hasil pendidikan tinggi, penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi dan relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders), dan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyerapan, proses, dan posisi lulusan dalam dunia kerja, evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas mutu lembaga pendidikan tinggi dan penyempurnaan kurikulum Universitas Muhammadiyah Makassar, serta untuk menyediakan informasi mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja profesional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders).Metode yang digunakan yaitu penelitian jenis deskriptif eksploratif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang, populasi yaitu Lulusan Unismuh Makassar Tahun 2014 sebanyak 3.891 dengan jumlah sampel sebanyak 772 yang diambil secara acak dengan teknik pengambil sampel secara kebetulan, teknik pengumpulan data melalaui kusioner, wawancara, dan pengisian form tracer study secara on line dengan teknik analisis data secara analisis deskriptif. Hasil penelitian bahwa kecenderungan mahasiswa nanti akan mencari pekerjaan pada saat mereka telah selesai dan sudah menerima ijazah, mahasiswa cenderung fokus pada penyelesaian kuliah baru akan mencari pekerjaan; Cara terbaik lulusan untuk mencari pekerjaan yaitu melalaui relasi, melalau media cetak, dan berwirausaha; masa tunggu lulusan sebagian besar kurang dari enam bulan; rata-rata perusahaan/instansi/institusi yang dilamar sebelum memperoleh pekerjaan pertama rata-rata 2,39; keterserapan lulusan dengan jumlah responden yang bekerja sebanyak 83,16% yang bekerja di perusahaan swasta, usaha sendiri, dan instansi pemerintah; Rata-rata pendapatan sebesar Rp. 1.936.445,-. Hubungan antara bidang studi dengan pekerjaan yaitu sebagian besar sangat erat dan erat, namun masih tetap ada cukup erat, kurang erat, dan tidak sama sekali. Tingkat pendidikan yang paling tepat/sesuai untuk pekerjaan yaitu setingkat lebih tinggi, tingkat yang sama, namun masih ada setingkat lebih rendah, dan tidak perlu pendidikan tinggi, pekerjaan sekarang sudah sesuai dengan pendidikan, pekerjaan saat ini lebih menarik, dan masih ada yang bekerja karena lokasinya lebih dekat dari rumah. Kata Kunci : Mutu, Relevansi, Perguruan Tinggi, dan Tracer Study.
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi, dan Kompensasi terhadap Kedisiplinan Guru Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sinjai Selatan Yusuf, Muhammad
COMPETITIVENESS Vol 5, No 2 (2016): COMPETITIVENESS
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.753 KB) | DOI: 10.26618/jmbc.v5i2.320

Abstract

Pengaruh Kepemikmpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi, dan Kompensasi terhadap Kedisiplinan Guru SMA Negeri 1 Sinjai Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan kompensasi baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kedisiplinan guru SMA Negeri 1 Sinjai Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada lingkup SMA Negeri 1 Sinjai selatan, dengan objek penelitian dibatasi pada variabel kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi guru, dan kompensasi sebagai variabel bebas dan kedisiplinan guru sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh (sensus) dimana seluruh populasi dijadikan sampel sehingga sampel sebanyak 39 orang guru PNS pada SMA Negeri 1 Sinjai Selatan. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang diperkuat dengan hasil observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Analisis hasil penelitian diolah dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan kompensasi terhadap kedisiplinan guru SMA Negeri 1 Sinjai Selatan baik secara parsial yang ditunjukkan dengan nilai thitung t tabel dengan α = 0,05 dan nilai p 0,001 untuk masing-masing variabel bebas, dan secara simultan yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 40,665 yang berarti Fhitung Ftabel dengan p 0,001 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis tersebut menentukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Studi ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan kompensasi secara parsial maupun simultan terhadap kedisiplinan guru SMA Negeri 1 Sinjai Selatan
Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan DisiplinKerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar Kaplale, Salama; Mappatompo, Andi
COMPETITIVENESS Vol 5, No 2 (2016): COMPETITIVENESS
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jc.v5i2.321

Abstract

Dalam setiap organisasi, manusia merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Bagaimana sempurnahnya suatu organisasi dalam perencanaan, kebijakan, teknologi yang dimiliki tidak dapat berjalan dengan lancer, jika tidak didukung tenaga kerja yang andal. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, organisasi mampu mengelola pegawai secara efektif dan efisien, serta mampu mendukung pencapaian tujuan organisasi..Penelitian yang dilakukan selama dua bulan, mulai Mei hingga Juni ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, dimana data yang digunakan berupa angka-angka. Melibatkan 58 sampel yang terdiri dari pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar yang diambil dengan model Probability Sampling. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan data primer, yaitu pengumpulan data dengan cara membagikan quisioner.Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa variabel kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terdap kinerja dengan dengan nilai signifikansinya 0,163 0,05. Sedangkan variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja sebesar 0,000 0,05, Serta variabel disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja kinerja pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar,dengan nilai signifikan 0,000 0,05. Dan diantara ketiga variabel bebas yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja adalah varaibel disiplinNilai R Square (R2) adalah 0,629 yang menunjukkan ketiga variabel bebas secara keseluruhan menentukan kinerja sebesar 62,9 % dan sisanya sebesar 37,1% ditentukan variabel lainnya.Kata kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin kerja dan kinerja pegawai
PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA SERTA KEDISIPLINAN GURU TERHADAP KINERJA GURU SLTP NEGERI DI KABUPATEN BARRU Multia, Rina
COMPETITIVENESS Vol 5, No 1 (2011): COMPETITIVENESS
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jmbc.v5i1.3620

Abstract

Penelitian  ini bertujuan mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kedisiplinan terhadap kinerja guru SLTP Negeri di Kabupaten Barru serta mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan fungsi kepala sekolah dan motivasi kerja, disiplin guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru SLTP Negeri di Kabupaten Barru.Penelitian telah dilaksanakan di SMP Negeri Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan dengan sasaran semua guru yang berjumlah 483  yang tersebar pada 21 SLTP  Negeri selama 3 bulan mulai bulan Mei sampai dengan Juli Tahun 2015 dengan populasi berjumlah 145 orang dan teknik sampling yaitu sampling random. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan pengujian regresi ganda, dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas dari item-item pertanyaan setiap variabel serta uji asumsi.Hasil penletian ini menunjukkan bahwa koefisien pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru sebesar 0,290 dengan nilai p = 0,021 0,05. Ini menunjukkan bahwa kepemimpinan  berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja guru. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin baik gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah, maka kinerja guru tersebut semakin tinggi; Koefisien pengaruh motivasi terhadap kinerja guru sebesar 0,437 dengan nilai p = 0,005 0,05. Ini menunjukkan bahwa motivasi  berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja guru. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi motivasi yang dimiliki seorang guru maka kinerja guru tersebut semakin tinggi; Koefisien pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,241 dengan nilai p = 0,035 0,05. Ini menunjukkan bahwa disiplin berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja guru. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin baik disiplin kerja yang dimiliki guru, maka kinerja tersebut semakin tinggi. Nilai F = 19,942 dengan nilai sig. = 0,000. Dengan demikian maka ketiga variabel bebas tersebut secara bersama-sama berpnegaruh terhadap kinerja guru. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan fungsi  kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SLTP Negeri diKabupaten Barru
PENGARUH KOMPETENSI HUMAN CAPITAL DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS PERDAGANGAN PROVINSI SULAWESI SELATAN Utami, Rozachita Amalia; Nuhung, Mahmud
COMPETITIVENESS Vol 2, No 2 (2013): COMPETITIVENESS
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jmbc.v7i2.3784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kompetensi Human Capital dan Disiplin Kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan. Desain yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif survey dengan teknik regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah 68 pegawai sebanyak 68 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Konsioner dan survei.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Kompetensi  mempunyai pengaruh Positif signifikan terhadap kinerja pegawai dengan P = 0.028 0.05  dengan nilai koefisiensebesar 0,196, koefisien ini menunjukkan bahwa semakin baik kompetensi yang dimiliki pegawai pada Dinas perdagangan provinsi sulawesi selatan semakin baik.Disiplin kerja mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai dengan P = 0.022 0.05  dengan nilai koefisien sebesar 0,263, koefisien ini menunjukkan bahwa semakin tinggi disiplin kerja pegawai maka kinerja juga akan semakin meningkat.  Disiplin kerja sangat berpengaruh pada kinerja pegawai, karena keberhasilan suatu organisasi dan mencapai tujuan organisasi ditentukan oleh kinerja pegawai.

Page 1 of 13 | Total Record : 128