cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Dinamika Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN : 2655870X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Dinamika is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. Dinamika aims to provide a platform for the publication of the most advanced high-quality research in the areas of learning, development, instruction, and teaching at elementary level.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Dinamika Volume VIII, Nomor 1, Maret 2016" : 10 Documents clear
MENERAPKAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Nurul Hidayati Rofiah
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika Volume VIII, Nomor 1, Maret 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.937

Abstract

Kecerdasan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan keahlian untuk menyelesaikan masalahnya.Pada hakikatnya setiap individu memiliki beberapa kecerdasan diantaranya kecerdasan bahasa/linguistik, logis-matematis, visual-spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, musikal, dan naturalis. Tetapi kombinasi dan porsi kecerdasan yang dimiliki tiap individu tidak sama tergantung pada bagaimana cara mengembangkan segala kecerdasan yang telah ada.Dengan memahami bahwa tiap individu terlahir dengan berbagai jenis kecerdasan, diharapkan para pendidik tidak hanya menganggap bahwa siswa yang cerdas dan berprestasi hanyalah siswa yang cerdas secara akademik. Karena ada berbagai potensi besar lainnya yang dimiliki siswa selain kemampuan dibidang akademik saja. Kedelapan kecerdasan dapat beroperasi dalam mendampingi secara independen satu sama lain. Berbekal teori kecerdasan majemuk seorang guru secara tidak langsung dapat menguasai dan belajar berbagai metode pembelajaran. Sehingga fungsi guru sebagai pendidik, pembimbing, pelatih, penasehat, pembaharu, pendorong kreativitas, pembangkit, evaluator sehingga anak didik dapat berhasil secara optimal
INOVASI QUIZ LEARNING BERBASIS DUAL CODING PADA BUKU AJAR PENDIDIKAN JARAK JAUH UNTUK KEMANDIRIAN BELAJAR Dewi Andriyani; Suhartono Suhartono
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika Volume VIII, Nomor 1, Maret 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.938

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi model dan memperbaiki kualitas buku ajar dengan mengemas latihan/quiz (Quiz Learning/QL) sebagai media interaktif dalam kemandirian belajar di Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Universitas Terbuka. Upaya inovasi buku ajar dikembangkan dalam penyajian untuk menumbuhkan kemandirian mahasiswa PJJ untuk belajar. Pentingnnya penelitian dengan menfokuskan pengembangan materi pada buku ajar berbasis dual coding membantu mahasiswa memahami materi dan menjadikan pola belajar dalam menguasai berbagai konsep. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Randomized Two-Group Design, Posttest Only. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pemberian tes melalui tahapan analisis konten, wawancara, dan pengisian kuesioner (terbuka dan tertutup). Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 PGSD Universitas Terbuka sebanyak 60 orang sebagai sampel di Pokjar Bogor dan Serang. Waktu penelitian bulan April-September tahun 2015. Hasil menunjukkan ilustrasi visual yang dikemas dalam QL meningkatkan kemampuan mengingat isi materi, dimana kemampuan mengingat ketika diberi ilustrasi visual berbasis decoration lebih rendah dibandingkan dengan kemampuan mengingat ketika diberi ilustrasi visual berbasis information. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian ilustrasi visual pada quiz berbasis information dual coding pada materi akan meningkatkan kemampuan mengingat isi materi tersebut. Berbagai kajian yang perlu ditindaklanjuti untuk penelitian berikutnya yaitu berkenaan dengan kebermaknaan konsep pada materi yang belum nampak muncul sebagai kaidah dual coding
BUILDING THE POSITIVE SELF-CONCEPT THROUGH PATRIOTISM Subaryana Subaryana
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika Volume VIII, Nomor 1, Maret 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.939

Abstract

Patriotism is self-sacrifice for the nation. This attitude is very important to maintain the existence of the nation and the state. The young generation as a successor generation of the nation absolutely hope to develop patriotism in his life. In this case, the patriotism is patriotism that de-veloped to uphold human values and the constitution and are willing to accept constructive criti-cism. One way to build a constructive is through the establishment of a positive self-concept. This is because of the self-concept is one’s view of himself. The more positive a person sees himself, both of from the physical aspect, psychologies, social, and academic anyway it will be more posi-tive self concept. The self-concept is something important in one’s life, because the self-concept will be able to help a person to identify himself, either from the negative side and a positive side. The self-concept will also give a consideration about what should he do and how one is to behave toward an object. Therefore the self-concept can be a positive control for someone to act and be-have, including patriotism
DEVELOPMENT OF MEDIA CONGKLAK MATH GAMES FOR SUBMISSION OF MATERIAL MAKING KPK AND FPB CLASS IV IN PRIMARY SCHOOL PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK MATEMATIKA UNTUK MENGEFEKTIFKAN PENYAMPAIAN MATERI KPK DAN FPB KELAS IV DI SEKOLAH DASAR Kabut Amrita Nurhayati; Santhy Hawanti; Sony Irianto
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika Volume VIII, Nomor 1, Maret 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.940

Abstract

Mathematics is one of the core subjects taught in schools. Media is one of the conditions that help students understand the learning material. This research development research approach. The main objec-tive of this study was to develop a mathematical congklak game media. In addition, this study also aims to determine the feasibility media congklak math game, know the game congklak media influence the effective-ness of mathematics instructional time, knowing the teacher's response to media congklak math games, and knowing students' response to media congklak math game. Stages of this research refers to the model of development of the media by Riyana and Susilana (2011: 28). Data were collected using the test and non-test techniques. The test is given in the form of pretest and posttest, while non-test questionnaire. To deter-mine the influence of mathematics congklak game media on the effectiveness of learning time be tested on a limited scale that is in the fourth grade at two elementary-Cilacap District of Kesugihan involving control class and experimental class. The results showed that the media play a decent congklak used for learning math. Other results showed the use of mathematical congklak media can streamline the delivery of material KPK and FPB in class IV. This can be seen from the results of hypothesis testing using Independent sample T-test is ????ℎ????????= 0,002 Sig (2-tailed) and the final is 0,001< α = 0,05.The results showed that Ho is rejected or there is influence between the experimental class and control class. Results of the teacher's response shows teachers strongly agree with the use of mathematical congklak media is evidenced by an average score of 4.7 teacher response. Other results that student responses with an average score of 3.8 showed the students are happy with the learning using mathematical congklak media.
IMPLEMENTATION OF PROFESSIONALISM OF TEACHER AND FORMATION OF CHARACTER IN PRIMARY SCHOOL STUDENTS Yulia Palupi
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika Volume VIII, Nomor 1, Maret 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.941

Abstract

Characters can be interpreted as a default, heart, soul, personality, character, behavior, per-sonality, character, character, temperament, and character of the individual. Characters here are marked and focused on Applying the values of kindness in action and behavior. A professional teacher is a person skilled in the art that have the academic knowledge skills, social skills, spiritual kecakakapan can deliver their students in achieving academic goals and a destination in pengembangan personality noble character. Character education is meant is a noble character and is expected to be developed in self-learners. In this case the character building of students leads to the understanding of how to develop learners in primary schools so as to have a personality, behavior, nature, character, and character is noble that leads to a series of attitudes, behavior, motivation, and skills that meet the standards of values and norms dijunjung high and must be obeyed.
HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI RUMAH DAN DI SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS DEWI SARTIKA UPPD TEGAL SELATAN KOTA TEGAL 2012/2013 Muhammad Irfan Fauzi
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika Volume VIII, Nomor 1, Maret 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.942

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hubungan kedisiplinan belajar siswa di rumah dengan prestasi belajar IPA, 2) mengetahui hubungan kedisiplinan belajar siswa di sekolah dengan prestasi belajar IPA, dan 3) mengetahui hubungan kedisiplinan belajar di rumah dan di sekolah dengan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD se-Gugus Dewi Sartika UPPD Tegal Selatan Kota Tegal 2012/2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan jumlah populasi 155 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sehingga diperoleh hasil sebanyak 9 butir tidak valid dari 44 butir dengan indeks reliabilitas sebesar 0,903. Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, sedangkan untuk menentukan hubungan antara ketiga variabel yaitu kedisiplinan belajar siswa di rumah dan di sekolah dengan prestasi belajar IPA digunakan melalui perhitungan dengan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar siswa di rumah dengan prestasi belajar IPA, adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar siswa di sekolah dengan prestasi belajar IPA dan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar di rumah dan di sekolah dengan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD se-Gugus Dewi Sartika UPPD Tegal Selatan Kota Tegal 2012/2013.
PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK THE IMPORTANCE OF CHILDHOOD EDUCATION FOR CHILD DEVELOPMENT Tatik Ariyanti
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika Volume VIII, Nomor 1, Maret 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.943

Abstract

Anak usia dini berada dalam masa keemasan di sepanjang rentang usia perkembangan manusia. Masa ini merupakan periode sensitif, selama masa inilah anak secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungannya. Pada masa ini anak siap melakukan berbagai kegiatan dalam rangka memahami dan menguasai lingkungannya. Usia keemasan merupakan masa di mana anak mulai peka untuk menerima berbagai stimulasi dan berbagai upaya pendidikan dari lingkungannya baik disengaja maupun tidak disengaja. Pada masa peka inilah terjadi pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis sehingga siap merespon dan mewujudkan semua tugas-tugas perkembangan yang diharapkan muncul pada pola perilakunya sehari-hari. Pendidikan pada anak usia dini pada dasarnya meliputi seluruh upaya dan tindakan yang dilakukan pendidik dan orang tua dalam proses perawatan, pengasuhan dan pendidikan pada anak dengan menciptakan aura dan lingkungan dimana anak dapat mengeksplorasi pengalaman yang memberikan kesempatan kepadanya untuk mengetahui dan memahami pengalaman belajar yang diperolehnya dari lingkungan, melalui cara mengamati, meniru dan bereksperimen yang berlangsung secara berulang-ulang dan melibatkan seluruh potensi dan kecerdasan anak
THE CONTRIBUTION OF BUMI MANUSIA NOVEL BY PRAMOEDYA ANANTA TOER TOWARDS INDONESIAN HISTORY UNDERSTANDING Yohanes B. Jurahman
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika Volume VIII, Nomor 1, Maret 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.944

Abstract

literature work in from of a novel was always related to creator ability in fictioning and its imaginative work. While the history could not be separated from facts and events occured in the past. When literature and history were discussed jointly, it would emerge a question whether there was a fact in novel? Novel and history would be debated when entering world of construction, reconstruction and deconstruction. A storying construction of an event in novel and history was basically different. The novel entlited Bumi Manusia (Human Earth) written by Pramoedya Ananta Toer was a native young struggle named Minke who had a nationalism spirit and high patriotism. Pramoedya Ananta Toer had a skill in building a story in his work.as a literature work (history novel) based on Indonesian history in the end of XIX century, had an excellence in a narrative subject that was able to bring readers as if exploring the real story. Based on findings from the reader reception result, it obtained a historical data such as story figure names, place names and storying period selection. For the histories, this novel provided a richness especially related to the understanding towards situation, condition, and enthusiasm and era spirit. The Bumi Manusia novel provided an inspiration and illustration on Indonesian situation and condition in the end of XIX century era. Therefore from historical point of view, it could be utilized in improving a historical science. This work was a letter literature treasure that had literature values and also a high history. Its existence as a literature document that had an important position in Indonesian literature history. By utilizing setting of figure, place, event that was performed seriously was able to yield big works in Indonesian literature world so that could provide a valuable contribution for Indonesian history understanding in the related periods
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENTS ) PADA SISWA KELAS VIII C MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMBANG TAHUN 2014 / 2015 Rahyanti Yudiati
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika Volume VIII, Nomor 1, Maret 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.945

Abstract

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar melalui TGT ( Teams Games Tournaments ) akan mampu memberikan gairah belajar pada siswa.Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan diterapkannya metode pembelajaran TGT siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang tahun pelajaran 2014/2015 (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran TGT terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosiaal siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang?.Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya pembelajaran TGT ( Teams Games Tournaments )siswa kelas VIIIC Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang tahun pelajaran 2014/2015 (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ) setelah diterapkannya pembelajaran TGT siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang tahun pelajaran 2014/2015 (c) Memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran yang terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang tahun pelajaran 2014 / 2015 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari ketuntasan 28 % setelah pembelajaran metode TGT meningkat ketuntasan 92 % , maka meningkat 64 %.Simpulan dari penelitian ini adalah metode TGT dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah negeri sumbang Tahun 2014 /2015
PROGRAM PREVENSI : SAY NO TO BULLYING IN SCHOOL Dewi Mufidatul Ummah
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika Volume VIII, Nomor 1, Maret 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.946

Abstract

Bullying akhir-akhir ini marak terjadi di kalangan pelajar, baik terjadi di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Bullying adalah penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok, sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tidak berdaya. Pertama, fisik, seperti memukul, menampar, dan memalak atau meminta dengan paksa apa yang bukan miliknya. Kedua, verbal, seperti memaki, menggosip, dan mengejek. Ketiga, psikologis, seperti mengintimidasi, mengecilkan, mengabaikan, dan mendiskriminasikan. Pelaksanaan program pencegahan perilaku bullying di sekolah dengan tujuan agar stake holder di sekolah akan memahami perilaku bullying sehingga akan menurunkan tingkat kekerasan yang selama ini terjadi di sekolah

Page 1 of 1 | Total Record : 10