cover
Contact Name
Muhammad Hafizd
Contact Email
muhammadhafizd@mercubuana.ac.id
Phone
+6285782804092
Journal Mail Official
jte@mercubuana.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650 Tlp./Fax: +62215871335
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Teknologi Elektro
ISSN : 20869479     EISSN : 26218534     DOI : https://dx.doi.org/10.22441/jte
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknologi Elektro adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Teknik Elektro, Universitas Mercu Buana. Jurnal Teknologi Elektro diterbitkan 3 kali setahun, pada bulan Januari, Mei dan September. Setiap artikel diproses melalui proses review yang teliti. Artikel yang diterima bertemakan seluruh bidang Elektro, berupa hasil penelitian, studi pustaka atau perancangan alat terbaru, dengan fokus kepada aplikasi industri, teknologi hijau dan energi terbarukan.
Articles 266 Documents
Sistem Pengaman Sepeda Motor dengan Pelacak dan Kontrol Jarak Jauh Berbasis Android Anit Nurani; Fadli Sirait; Imelda Uli Vistalina Simanjuntak
Jurnal Teknologi Elektro Vol 10, No 3 (2019)
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.474 KB) | DOI: 10.22441/jte.v10i3.004

Abstract

Tingkat perampasan kendaraan sepeda motor saat ini semakin meningkat, dimana pelaku perampasan semakin nekat dan tidak segan untuk melukai bahkan menghilangkan nyawa korban. Pada kondisi tersebut tidak jarang korban perampasan diposisikan pada pilihan mengamankan harta benda atau nyawa. Hal ini mendorong manusia untuk menciptakan suatu sistem keamanan yang efektif serta menghindarkan kontak secara langsung dengan pelaku perampasan. Sistem dibentuk dari kombinasi mikrokontroler ATmega328 dan modul SIM 808 yang diintegrasikan dengan aplikasi android sebagai interface melakukan kontrol mematikan, menyalakan alarm dan melakukan pelacakan posisi sepeda motor. Data GPS diolah dan ditransformasikan mejadi infomasi yang ditampilkan pada sebuah maps.Kata Kunci — Aplikasi Android, GPS, Pelacak, Pengaman, Sepeda Motor
DESAIN KONTROL OUTPUT FEEDBACK DENGAN COMMAND GENERATOR TRACKER BERBASIS LOS PADA JALUR LINGKARAN MENGGUNAKAN QUADCOPTER Anggara Trisna Nugraha
Jurnal Teknologi Elektro Vol 9, No 2 (2018)
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2416.483 KB) | DOI: 10.22441/jte.v9i2.4070

Abstract

Quadcopter UAV merupakan sistem yang nonlinier, underactuated dan tidak stabil. Karakteristik tersebut menjadi fokus perhatian untuk perkembangan penelitian kontrol quadcopter. Pada penelitian ini metode kontrol optimal output feedback digunakan untuk kontrol attitude dan posisi quadcopter. Kontrol optimal output feedback yang memiliki performa H∞ digunakan untuk menjaga kestabilan dan kekokohan quadcopter. Gain kontroler diperoleh menggunakan teknik numerik iterative Linear Matrix Inequality (LMI). Untuk kontrol tracking posisi pada sumbu X dan Y, digunakan struktur Command-Generator Tracker (CGT). Berdasarkan permasalahannya, penelitian ini mempresentasikan desain tracking control pada bidang horizontal dengan menambahkan algoritma Line of Sight, untuk mengubah path menjadi nol. Hasil simulasi menunjukkan bahwa metode kontrol yang digunakan dapat membawa sudut yaw, pitch and roll ke nilai yang diharapkan pada lintasan lingkaran.Kata Kunci— Quadcopter UAV, Lintasan lingkaran, LMI, Command-Generator Tracker, LQ regulator.
SISTEM MONITORING LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO DAN SENSOR LDR DENGAN NOTIFIKASI SMS Eko Ihsanto; Muhamad Dawud
Jurnal Teknologi Elektro Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.185 KB) | DOI: 10.22441/jte.v7i2.831

Abstract

Tulisan ini berkaitan dengan pemantauan Lampu Penerang Jalan. Selain harus dirancanang ON dan OFF secara otomatis untuk menghemat energi listrik dan tenaga manusia, sistem penerangan jalan juga harus dipantau secara berkala, baik terkait dengan perawatan maupun kualitas pelayanan. Untuk memastikan perlu tidaknya lampu dihidupkan, diperlukan sensor cahaya, dalam hal ini LDR, Light Dependent Resistor. Sedangkan informasi yang terkait dengan keadaan sistem penerangan dikirimkan via SMS. Sistem otomatis seperti ini dikendalikan menggunakan mikrokontroler. Setelah dilakukan beberapa kali pengujian, sistem ini terbukti efektif mendeteksi cahaya, dan otomatis mengaktifkan lampu jika keadaan cukup gelap. Terkait dengan perawatan, sistem ini terbukti dapat mengirimkan SMS notifikasi sesuai dengan keadaan saat itu. Kata kunci : Sensor LDR, GSM Shield, Arduino Uno.
PENERAPAN ALGORITMA LALR PARSER DAN CONTEXT-FREE GRAMMAR UNTUK STRUKTUR KALIMAT BAHASA INDONESIA Mudafiq Riyan Pratama; Sri Kusumadewi; Taufiq Hidayat
Jurnal Teknologi Elektro Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.285 KB) | DOI: 10.22441/jte.v8i1.1364

Abstract

Penyajian bahasa dalam bentuk tulisan, dapat menyimpan pengetahuan dari generasi ke generasi berikutnya. Setiap penulisan karya tulis seperti buku, hendaknya ditulis dengan tata bahasa yang benar sesuai kaidah-kaidah bahasa Indonesia, karena akan berpengaruh pada kesempurnaan proses penyampaian ide atau pesan. Parsing adalah proses untuk memeriksa kebenaran struktur kalimat berdasarkan suatu grammar (tata bahasa). Salah satu algoritma untuk parsing kata dalam Context-Free Grammar (CFG) adalah LALR Parser. LALR Parser merupakan salah satu varian dari LR Parser yang mampu menangani grammar (Gupta, 2013). Uji coba dilakukan pada tiga jenis kalimat yaitu kalimat tunggal, kalimat majemuk setara, dan kalimat majemuk bertingkat. LALR Parser efektif dalam melakukan parsing terhadap CFG bahasa Indonesia pada kalimat tunggal (nilai akurasi 90.30%), kalimat majemuk setara (nilai akurasi 76.66%), dan kalimat majemuk bertingkat (nilai akurasi 78.57%). Kegagalan deteksi dipengaruhi oleh 3 hal yaitu (1) struktur kalimat tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, (2) unsur pembentuk kalimat tidak tersedia dalam CFG, dan (3) kata yang terdapat dalam kalimat tidak tersedia dalam lexicon.
ANALISA MINYAK TRANSFORMATOR PADA TRANSFORMATOR TIGA FASA DI PT X Badaruddin Badaruddin; Fery Agung Firdianto
Jurnal Teknologi Elektro Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.461 KB) | DOI: 10.22441/jte.v7i2.828

Abstract

Tangen delta merupakan metoda diagnostik secara elektrikal untuk mengetahui kondisi isolasi. Salah satu isolasi yang perlu diketahui adalah minyak transformator yang merupakan isolasi cair. Pada sebuah transformator, isolasi merupakan bagian penting yang harus diketahui sejak awal sebagai referensi untuk mengetahui umur dari isolasi tersebut. Pada penelitian ini, untuk memastikan atau mengetahui pengaruh minyak transformator terhadap pengujian tangen delta. Pengujian dilakukan terhadap minyak transformator yang belum dilakukan filtering dan sesudah dilakukan filtering. Alat yang akan digunakan untuk pengujian tangen delta adalah Megger Delta 2000. Dari alat ini terdapat beberapa mode yang digunakan untuk pengujiannya yaitu GST, GSTg, dan UST.Kata kunci : Transformator, Tangen Delta, Isolasi Cair
PERANCANGAN SIMULASI SISTEM PEMANTAUAN PINTU PERLINTASAN KERETA API BERBASIS ARDUINO Eko Ihsanto; Ferdian Ramadhan
Jurnal Teknologi Elektro Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.635 KB) | DOI: 10.22441/jte.v5i2.765

Abstract

Sebuah simulasi rancangan sistem yang membantu masinis kereta api untuk dapat mengetahui lalu lintas pada pintu perlintasan sebidang. Sensor infra merah terpasang pada jalur kereta api dan pintu perlintasan untuk mendeteksi kereta yang akan lewat dan mengetahui apakah terdapat kendaraan yang menerobos palang pintu perlintasan setelah palang pintu tertutup, jika ya maka sensor akan mengirimkan sinyal ke mikrokontroller Arduino untuk mengirimkan SMS informasi ke pada masinis kereta mengenai keadaan di pintu perlintasan. Melalui pengujian simulasi ini juga didapatkan data yang akan digunakan untuk menganalisa jarak yang tepat untuk pemasangan sensor infra merah.Kata kunci : Pintu perlintasan, Arduino, GPRS Shield.
PENGEREMAN REGENERATIF MOTOR DC TANPA SIKAT (BLDC) UNTUK PENGISIAN BATERAI PADA SEPEDA ELEKTRIK Soeprapto Soeprapto; Unggul Wibawa; Arizky Erwinsyah Hariyanto; Mahfudz Shidiq; Teguh Utomo
Jurnal Teknologi Elektro Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (999.158 KB) | DOI: 10.22441/jte.v9i1.3132

Abstract

Untuk meningkatkan efisiensi sepeda listrik, dibutuhkan sistem pengereman regeneratif untuk menggantikan sistem pengereman mekanik karena pengereman regeneratif dapat mengubah energi kinetik yang akan dibuang menjadi panas melalui kampas rem menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk mengisi baterai. Untuk merealisasikan alat ini, dibutuhkan sepeda, mesin arus searah tanpa sikat, penyearah 3 fasa tak terkontrol, boost converter, baterai, dan kontroler. Besar torsi pengereman pada mesin dipengaruhi oleh besar arus keluaran dari mesin tersebut. Sistem pengereman regeneratif ini dikendalikan dengan suatu mikrokontroler yang akan mengubah-ubah nilai dutycycle pada boost converter agar nilai arus masukan boost converter yang selalu berbanding lurus terhadap nilai arus keluaran mesin dapat berubah sesuai keinginan. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan energi rata-rata sebesar 0,0048360 Wh untuk kecepatan awal 30 km/jam dan 0,0100300 Wh untuk kecepatan awal 40 km/jam dengan beban inersia mesin saja. Kata Kunci— baterai, boost converter, kontroler, mesin arus searah tanpa sikat, pengereman regeneratif, penyearah, sepeda
PERANCANGAN APLIKASI VOICE COMMAND RECOGNITION BERBASIS ANDROID DAN ARDUINO UNO Akhmad Wahyu Dani; Andi Adriansyah; Dodi Hermawan
Jurnal Teknologi Elektro Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1035.059 KB) | DOI: 10.22441/jte.v7i1.811

Abstract

Perkembangan  teknologi  saat  memungkinkan  akan  konsep  rumah  yang  Hi  – Tech, pada saat ini TV, Home System Audio, mesin cuci, mesin pompa air, dan lain-lain adalah  contoh  beberapa  peralatan elektronik yang  penggunaaannya masih menggunakan tombol  atau  remote  control.  Namun  dengan  konsep  “  Hi-Tech  future  Home  “  dimana semua  peralatan  elektronik  yang  terhubung  dengan  internet  memungkinkan  dapat dikembangkan  dengan  mudah.  Voice  Command  Recognition  System  adalah  salah  satu konsep pengendalian perangkat elektronik dengan menggunakan perintah suara. Dengan konsep tersebut maka semua peralatan elektronik bisa dikendalikan dengan perintah suara dari penggunannya.Pada Jurnal ini akan menjelaskan perancang system voice command recognition yang  digunakan  untuk  aplikasi  peralatan  rumah  tangga  yang  dikendalikan  oleh  suara pengguna.  Perancangannnya  akan  menggunakan  teknologi  Google  Voice  Recognition system, Arduino Uno, Bluetooth dan teknologi transistor untuk mengefisiensi dalam hal biaya perancangannya. Dari  hasil  pengujian  dapat  disimpulkan  bahwa  sistem  ini  memiliki  kelebihan yaitu  mudah  untuk  digunakan,  penerapannya  sederhana  yang  dapat  membantu meningkatkan  kenyamanan  pengguna  (penghuni  rumah).  Akan  tetapi  kekurangan  dari sistem  ini  adalah  sangat  bergantung  kepada  server  google  untuk  dapat  mengartikan perintah suara yang ada, sehingga apabila paket data pengguna system ini terbatas dapat dikhawatirkan system ini tidak dapat digunakan.
ANALISA PEMAKAIAN DAYA LAMPU LED PADA RUMAH TIPE 36 Moethia Faridha; M.Dahlan Yusuf Saputra
Jurnal Teknologi Elektro Vol 7, No 3 (2016)
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.341 KB) | DOI: 10.22441/jte.v7i3.898

Abstract

  LED atau singkatan dari Light Emitting Diode adalah salah satu komponen elektronik yang tidak asing lagi di kehidupan saat ini. LED banyak dipakai, seperti untuk penggunaan lampu penerangan, rambu-rambu lalu lintas, lampu indikator peralatan elektronik hingga ke industri. LED ini banyak digunakan karena komsumsi daya yang dibutuhkan tidak terlalu besar.Menggunakan lampu LED lebih menghemat pemakaian daya listrik. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan daya lampu LED, dan untuk mengetahui daya yang terpakai selama 1 bulan dan tempat studi kasus rumah KPR tipe 36. Subjek penelitian ini Lab. Teknik Elektro, Kampus Universitas Islam Kalimantan Provinsi Kalimantan Selatan.Dengan jenis penelitian kuantitatif adalah penelitian secara langsung pada obyek penelitian dimana data yang diperoleh berdasarkan hasil identifikasi dilapangan / pengukuran yang selanjutnya dirumuskan pada beberapa masalah pokok yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Setelah dilakukan penghitungan maka dapat diketahui energi listrik yang diperlukan selama 1 bulan adalah 23,04 KWh dan tarif atau biaya dari semua lampu yang di pakai selama 1 bulan adalah Rp 13.939,2Kata Kunci : LED, Lampu Penerangan, Energi Listrik
STUDI ANALISA OPTIMASI PENGHEMATAN ENERGI PADA SISTEM TATA UDARA DI TERMINAL KARGO BANDARA SOEKARNO – HATTA Budi Yanto Husodo; Novitri Sianturi
Jurnal Teknologi Elektro Vol 5, No 3 (2014)
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1121.645 KB) | DOI: 10.22441/jte.v5i3.770

Abstract

Saat ini peningkatan barang yang melalui Terminal Kargo di Bandara Soekarno – Hatta sangat pesat sehingga semakin bertambah para pengguna jasa yang akan melakukan kegiatan operasionalnya.. Namun dikarenakan adanya keterbatasan kapsitas penggunaan catu daya listrik maka hal ini membuat adanya pembatasan terhadap tenant yang akan menyewa lokasi di Terminal Kargo,untuk itu perlu adanya cara penghematan energi listrik yang dilakukan. Penggunaan energi terbanyak adalah dari sistem tat udara dimana beberapa gedung perkantoran di Terminal Kargo bandara Soekarno – Hatta menggunkan AC Sentral yang mana peralatan ini paling banyak mengambil energi listrik. Maka penghematan energi difokuskan pada sistem tata udara (AC). Ada beberapa cara dalam penghematan energi dimana salah satunya adalah dengan penggantian refrigerant yang sebelumnya menggunakan R-22 menjadi R-290. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk mendapatkan peluang penghematan. Energi pada sistem tata udara yang di pasang di Gedung perkantoran Terminal kargo bandara Soekarno – Hatta. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa dengan melakukan penggantian refrigerant dapat dilakukan penghematan sebesar 29% dengan nilai biaya sekitar Rp. 134.459.316,8,-/tahunnya.Dengan penggantian ini tidak ada sistem yang diubah dan kenyaman para pengguna jasa tetap menjadi prioritas Kata kunci : penghematan energi listrik ,sistem tata udara, refrigerant

Page 1 of 27 | Total Record : 266