cover
Contact Name
Fera Tri Susilawaty
Contact Email
feralawata@gmail.com
Phone
+6287843836544
Journal Mail Official
jurnal.komunikasiuho@gmail.com
Editorial Address
Redaksi Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Gedung Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Halu Oleo. Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25279173     DOI : 10.52423
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Is a journal of scientific in the form of research results in communication and information science. This journal is published 4 times a year (January, April, July and October) published by the Laboratorium Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Halu Oleo, Kendari. Articles are written in Indonesian and English. Each text that is published will go through the verification and editing process by the editor and the articles will be reviewed using a double-blind review system by the partners who are competent in their field. This journal is expected to be a medium for researchers / writers who want to publish the results of their research so that it can become a reference for further studies related to the study of Communication and information. Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and popular culture. Also focus on studies of information and libraries including information literacy, information technology, digital library, librarian profession development, information management.
Articles 345 Documents
ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA KOMUNIKASI PENYIAR PROGRAM SIARAN MUSIK RRI PRO 2 FM KENDARI Mantumaka, ichal
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (26.688 KB)

Abstract

ABSTRAK   Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Karakteristik Gaya Komunikasi Penyiar Program Siaran Musik RRI Pro 2 Fm Kendari.Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui  bagaimana Karakteristik Gaya Komunikasi Penyiar Program Siaran Musik RRI Pro 2 Fm Kendari. Manfaat penelitian ini adalah Secara teoritis; hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memperluas wawasan tentang komunikasi ,Secara metodologis; Sebagai bahan informasi tambahan bagi peneliti selanjutnya.   Lokasi penelitian ini dilaksanakan di RRI Pro 2 Fm Kota Kendari, dengan pertimbangan bahwa RRI Pro 2 Fm adalah salah satu Radio yang ada Di kota Kendari yang selalu menyirkan siaran musik dengan gaya komunikasi penyiarnya yang berbeda-beda.Teori yang digunakan adalah teori AIDDA.Tehnik penentuan informan di lakukan dengan cara Purposive sampling (secara sengaja). Dengan jumlah informan sebanyak 6  orang. Data yang di kumpulkan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik gaya komunikasi penyiar dalam program siaran musik Di RRI Pro 2 Fm  Kota Kendari terdiri dari Gaya Persuasif di lakukan penyiar,dengan cara berbahasa yang sederhana dapat di terima para pendengar,agar para khalayak  tetap mendengarkan program musik mereka. Penyiar dalam program siaran musik Di RRI Pro 2 Fm  Kota Kendari  melakukan improvisasi  dengan spontanitas, kreatifitas, daya cipta, daya khayal serta kepiawaian dalam menguasai keadaan.Penyiar dalam program siaran musik Di RRI Pro 2 Fm  Kota Kendari  memaparkan sesuatu yang ingin di sampaikan kepada pendengar secara detil dan intonasi jelas supaya imajinasi pendengar sama dengan tujuan yang ingin di capai penyiar.   Kata Kunci : Karateristik Gaya Komunikasi Penyiar
FUNGSI HUMAS DALAM MEMELIHARA CITRA PERUSAHAAN (STUDI PADA PT. SURYA MADISTRINDO KENDARI) Maluanga, Desi
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 1, No 3 (2016)
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.66 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Fungsi Humas Dalam Memelihara Citra Perusahaan Perusahaan PT. Surya Madistrindo Kendari. Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui Fungsi Humas Dalam Memelihara Citra Perusahaan Perusahaan PT. Surya Madistrindo Kendari. Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Organisasi Formal. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data yang ada, menyusun secara sistematis, teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling, kemudian mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan pengamatan data atau data yang di dapatkan ketika penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi humas dalam memelihara citra perusahaan PT Surya Madistrindo Kendari melalui beberapa fungsi diantaranya memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat umum, memperbaiki hubungan antara perusahaan dengan khalayak, mendidik pengguna atau konsumen agar lebih efektif menggunakan produk perusahaan, menciptakan identitas perusahaan serta menyebarluaskan informasi tentang aktifitas perusahaan. Kata Kunci: Fungsi Humas, Memelihara Citra Perusahaan
Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa terhadap Pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buton Utara Halifa, Nur
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 2, No 2 (2017): Edisi April
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.186 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Buton Utara.  Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan perpustakaan daerah Kabupaten Buton Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah Kuantitatif. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis IKM. pelayanan Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Buton Utara terhadap tingkat kepuasan masyarakat pengguna perpustakaan dapat ketahui dari jawaban 40  responden yang dilihat dari berapa banyak yang menjawab/menggunakan alternatif jawaban pada 9 unsur pelayanan tentang kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Buton Utara mendapatkan Nilai indeks sebesar 2,996, IKM sebesar 74,9 , sedangkan mutu pelayanan dengan nilai B. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah mencapai nilai ideal dengan predikat baik dengan kata lain Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Buton Utara telah memberikan kepuasan tersendiri bagi masyarakat khususnya pengguna perpustakaan daerah di Buton Utara. Ada beberapa unsur layanan yang harus diperhatikan antara lain biaya/tarif pelayanan, produk spesifikasi jenis pelayanan, dan perilaku pelaksana pelayanan. Dengan demikian hal-hal yang berkenaan dengan aspek ini seperti, biaya/tarif, jenis layanan dan perilaku pelaksana perlu diperhatikan dan lebih baik di tingkatkan terus. Kata kunci: Kepuasan Masyarakat, Unsur Layanan, Petugas Perpustakaan.
EVALUASI KETERSEDIAAN KOLEKSI BAHAN PUSTAKA DALAM MENUNJANG MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 2 WAWOTOBI Andrianingsi, Susi
Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.601 KB)

Abstract

ABSTRAK             Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengevaluasi ketersediaan koleksi bahan pustaka pada perpustakaan SMP Negeri 2 Wawotobi, dan bagaimana minat baca siswa di perpustakaan SMP Negeri 2 wawotobi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi ketersediaan koleksi bahan pustaka yang ada pada Perpustakaan SMP Negeri 2 Wawotobi, dan untuk mengetahui minat baca siswadi Perpustakaan SMP Negeri 2 Wawotobi. Jumlah informan dalam penelitian ini tetapkan sebanyak 7 orang. Penentuan informan di lakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu peneliti menentukan secara sengaja yang menjadi informan dalam penelitian ini dengan pertimbangan bahwa mereka dinilai dapat memberikan keterangan dalam menunjang pengumpulan data-data penelitian.Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis secaraDeskriptif Kualitatifyaitu mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan temuan di lapangan selanjutnya diberi penafsiran serta kesimpulan dengan menggunakan kalimat yang logis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses evaluasi ketersediaan koleksi bahan pustaka yang dilakukan pihak perpustakaan SMP Negeri 2 Wawotobi sudah cukup baik. Akan tetapi sarana penunjang pada perpustakaan yaitu koleksi bahan pustaka yang tersedia dinilai masih belum memadai serta memenuhi keinginan siswa, hal tersebut dapat di lihat pada proses pengadaan koleksi bahan pustaka belum maksimal di lakukan, dengan demikian hal tersebut berdampak pada minat baca siswa,sedangkan hasil penelitian yang menyangkut minat baca siswa SMP Negeri 2 Wawotobi, menunjukan bahwa keinginan membaca atau minat membaca siswa di nilai masih rendah atau kurang hal tersebut dapat dilihat dari jenis koleksi yang lebih banyak menyangkut buku bacaan sedangkan jumlah buku paket kurang sehingga siswa merasa tidak terbantu dalam hal pembelajaran ataupun pengerjaan tugas serta mengakibatkan jumlah kunjungan yang menurun hal tersebut berdampak pada minat baca siswa SMP Negeri 2 Wawotobi. Kata Kunci : Evaluasi,  Koleksi Bahan Pustaka, dan Minat Baca.
MODEL KOMUNIKASI PELAYANAN PUSTAKAWAN TERHADAP PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Yulianti, Siska
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 2, No 4 (2017): Edisi Oktober
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.868 KB)

Abstract

The problem of this research is how communication model of Librarian Service to Library in Library Service and Archives Prov. Southeast Sulawesi. The purpose of this study is to find out how the communication model of librarian services to the librarian in the Library Service and Archives Prov. Southeast Sulawesi. The research was conducted at the Library and Filing Service of Southeast Sulawesi Province. This research method is descriptive qualitative with descriptive method. The technique of determining informants is done by purposive sampling or direct determination by the researcher to be informant, data collection is done through observation, interview, and documentation at the Library and Filing Service of Southeast Sulawesi Province. The results of this study indicate that the communication model of librarian services to the librarian in the Library and Filing Service of Southeast Sulawesi Province is a one-way communication, two-way communication and effective multi-direction communication, which can be concluded based on the results of interviews librarians and librarians in the Library and Archives Southeast Sulawesi Province. Keywords: Librarian, Library.
PELAKSANAAN FUNGSI HUMAS DUA ARAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA BIDANG HUMAS PADA KANTOR BUPATI MUNA sarbidin, sarbidin
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.771 KB)

Abstract

ABSTRAK Sarbidin (C1D1 11 087),Pelaksanaan Fungsi Humas Dua Arah Dalam Meningkatkan Kinerja Humas Pada Kantor Bupati Muna, dengan Pembimbing satu Masrul, S.Ag, M.Si, serta Pembimbing dua Marsia Sumule, S.Sos, M.I.kom. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Fungsi Humas dua arah dalam mensosialisasikan kebijakan pemerintah dalam menunjang penyelenggaraan otonomi daerah dikabupaten muna serta mengetahui tentang pelayanan yang diberikan Humas kepada masyarakat dalam menunjang otonomi daerah dikabupaten muna, Subyek penelitian ini meliputi pegawai pekerja di Kantor Bupati Muna berjumlah 58 orang, pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tanya jawab kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Humas Pada Kantor Bupati Muna secara internal memberikan informasi yang banyak dan sejelas mungkin mengenai institusi sering dilaksanakan, sedangkan dalam menciptakan personil mengenai peran institusi dalam masyarakat dan menyediakan sarana untuk memperoleh umpan balik pada anggotanya masih jarang dilaksanakan, serta fungsi Humas pada Kantor Bupati Muna secara Eksternal memberikan informasi yang benar dan wajar mengenai institusi dalam tata kehidupan umumnya dan pendidikan khususnya serta motivasi untuk memberikan umpan balik kepada masyarakat atas tanggapan yang diberikan sering dilakukan. Fungsi Humas pada kantor Bupati Muna telah memberikan citra yang positif dimata masyarakat yang termanifestasi dalam wujud simpati, menerima, dan memahami keberadaan atau kegiatan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Muna. Kata kunci : humas, kinerja, Muna, kinerja.
POLA KOMUNIKASI PETUGAS PENYULUH LAPANGAN (PPL) TERHADAP PETANI CENGKEH DI DESA WA ODE BURI KECAMATAN KULISUSU UTARA KABUPATEN BUTON UTARA Hariani, Hariani
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 2, No 2 (2017): Edisi April
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.517 KB)

Abstract

HARIANI (C1D1 12004)“ Pola Komunikasi Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Terhadap Petani Cengkeh Di Desa Wa Ode Buri Kecamatan Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara”. Penelitian Jurusan IlmuKomunikasi, Universitas Halu Oleo Kendari.PembimbingI yaitu Dr. H.., M.Si dan pembimbing II,S.Ag., M.Si.Penelitian adalah untuk mengetahui Pola Komunikasi Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Terhadap Petani Cengkeh Di Desa Wa Ode Buri Kecamatan Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara. Teoriyang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi Antar Pribadi oleh Devito (Dilla,2007).Dilaksanakan di desa Wa Ode Buri Kecamatan Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara. Menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 4 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, wawancara dan observasi, yang penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi Petugas Penyulu Lapangan (PPL) terhadap  petani cengkeh di desa Wa Ode Buri Kecamatan kulisusu Utara Kabupaten Utara adalah menggunakan pola komunikasi satu arah, komunikasi dua arah, dan komunikasi multi arah. Komunikasi satu arah yaitu lebih bersifat informative kepada petani, komukasi dua arah yaitu adanya tukar pendapat antara penyuluh dan petani (interaksi), sedangkan komunikasi multi arah yaitu adanya masukan dari pihak lain yang bisa memberikan sarahan atau lebih bersifat transaksi. Kata kunci : Pola Komunikasi, Penyuluhan
KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENANAMKAN ETIKA DALAM BAHASA DAERAH TOLAKI Puspita, Maya
Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.674 KB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah komunikasi antar pribadi orang tua dan anak dalam menanamkan etika dalam bahasa daerah Tolaki dan Bagaimana bentuk pemahaman anak dalam etika bahasa daerah Tolaki di Kelurahan Potoro Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi antar pribadi orangtua dan anak dalam menanamkan etika dalam bahasa daerah Tolaki serta untuk mengetahui bentuk pemahaman anak dalam bahasa daerah Tolaki pada anak di Kelurahan Potoro Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan. Manfaat dalam penelitian ini secara akademis memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan teori dan disiplin komunikasi, khususnya komunikasi antar pribadi, secara praktis penelitian ini dapat menjadi acuan bagi keluarga yang memiliki permasalahan dalam menanamkan etika dalam bahasa daerah kepada anak khususnya bahasa daerah Tolaki, dan secara metodologis penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi pengembangan kajian-kajian penelitian kualitatif, khususnya komunikasi antar pribadi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk komunikasi orangtua dan anak dalam menanamkan etika dalam bahasa daerah Tolaki dimulai dengan keterbukaan, empati, sikap positif, dukungan dan umpan balik yang dimana orangtua bertindak sebagai komunikator dalam memberikan dan menanamkan etika dalam bahasa daerah Tolaki pada anak dengan berbicara menggunakan bahasa daerah di rumah agar anak terbiasa mendengarkannya. Pemahaman anak dalam bahasa daerah Tolaki sejak kecil anak sudah diajarkan dalam penggunaan bahasa daerah Tolaki dengan baik serta tutur kata yang halus dan anak cukup memahami dalam penggunaan bahasa daerah yang baik dalam bentuk kata-kata (ungkapan) bahasa daerah, orangtua juga menerapkan nilai-nilai positif bahasa daerah serta budaya/kesenian daerah Tolaki pada anak .Kata kunci : komunikasi orang tua dan anak, etika berbahasa Tolaki
AKTIVITAS KENDARI JUAL BELI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE “STUDI PADA GRUP FACEBOOK KENDARI JUAL BELI (KJB)” Nastria, Ade
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 2, No 4 (2017): Edisi Oktober
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.588 KB)

Abstract

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Aktifitas Kendari Jual Beli (KJB) sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas Kendari Jual Beli (KJB) sebagai media komunikasi pemasaran Online.  dari penelitian ini adalah secara teoritis : penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi untuk memperluas wawasan tentang media komunikasi pemasaran Online. Secara Praktis : Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pengelolah media komunikasi pemasaran Online.             Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Grup Kendari Jual Beli (KJB), orang pada anggota di Grup Kendari Jual Beli (KJB) yang aktif dalam Grup baik memasarkan ataupun membeli produk. Adapun dalam penelitian ini, menggunakan teknik Snowball Sampling dengan penentuan sampel berdasarkan informan yang dipilih dari hasil rekomendasi sebelumnya. Dengan jumlah informan 9 orang. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori marketing mix (bauran pemasaran) mengatakan bahwa bauran pemasaran di kelompokan menjadi empat kelompok yang disebut produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion).            Hasil penelitian menunjukan bahwa  terdapat Aktifias Kendari Jual Beli (KJB) sebagai media komunikasi pemasaran Online. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, bentuk aktifitas pemasaran dalam Grup Kendari Jual Beli (KJB) Online adalah sebagai berikut : Produk (product) sesuatu yang dipasarkan berupa barang atau jasa dan produk disajikan dalam bentuk informasi gambar dan file suara, harga (price) jumlah uang yang ahrus dibayar pleh pembeli untuk memperoleh produk, tempat (place) sebagai media distribusi informasi produk dan dapat juga menjadi sasaran penjualan, promosi (promotion) aktifitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pembeli untuk membelinya. Kata Kunci: media, komunikasi, pemasaran online, promosi.
PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN KENDARI Pratama, Ratno
Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.831 KB)

Abstract

ABSTRAKPermasalahan pada penelitian ini adalah Bagaimana Persepsi Pemustaka Terhadap Kinerja Pelayanan Pengguna Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kendari. Tujuan dari penelitian ini adalah Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Pemustaka Terhadap Kinerja Pelayanan Pengguna Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kendari. Penelitian dilaksanakan. Manfaat penelitian hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kendari, masyarakat pada umumnya, dan juga pada penulis sendiri pada Politeknik Kesehatan Kendari.Populasi penelitian ini adalah Dosen, Staf dan Mahasiswa Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kendari. Adapun populasi berjumlah1594 orang, maka peneliti mengambil sampel sebanyak 94 orang. Adapun metode penelitian ini secara kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan proposional skala likert random sampling pengumpulan data dilakukan dengan melalui survey, kuesioner dan dokumentasi pada Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kendari. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Pemustaka Terhadap Kinerja Pelayanan Pengguna Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kendari yang diberikan oleh pustakawan adalah pelayanan yang sudah baik, dimana hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan distribusi jawaban pernyataan responden mengenai pelayanan di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kendari yang umumnya menyatakan baik dan sangat baik, yang mencakup : pelayanan sirkulasi, pelayanan referensi, dan pelayanan internet.Kata Kunci : Persepsi, pemustaka, dan pelayanan perpustakaan  

Page 1 of 35 | Total Record : 345