cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Published by Universitas Jambi
ISSN : 20851715     EISSN : -     DOI : -
Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry (JISIC) accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in either English or Indonesian; resulting primarily from quantitative, qualitative, or mixed research in sync with Chemistry education.
Arjuna Subject : -
Articles 110 Documents
Kosmeseutikal dengan Zat Aktif dalam Sistem Liposom Nur Zakiyah Darajat; Anis Yohana Chaerunnisa; Marline Abdassah
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress) Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cosmeceutical  with Active Substances in the Liposomal System Kosmeseutikal merupakan produk kosmetika yang mengandung bahan aktif biologis yang memiliki manfaat terapeutik pada permukaan yang diterapkan. Sistem liposom dalam sediaan kosmeseutikal berguna untuk mempermudah penetrasi zat aktif sediaan ke dalam kulit, sehingga telah banyak pengembangan formulasi kosmeseutikal dengan sistem liposom. Sediaan kosmeseutikal yang paling umum digunakan dalam bentuk semi padat seperti gel dan krim. Review artikel ini bertujuan untuk menjelaskan produk kosmeseutikal yang dapat digunakan dalam sistem liposom. Implikasi review artikel ini penting untuk kosmeseutikal yang mengandung zat aktif dalam sistem liposom. Pembuatan review artikel ini menggunakan jurnal yang diakses melalui Google Scholar, NCBI, dan Science Direct yang terpublikasi dalam 10 tahun terakhir. Bentuk sediaan yang dapat digunakan sebagai kosmeseutikal dalam sistem liposom berdasarkan dari hasil pencarian beberapa jurnal dan artikel antara lain krim, gel, dan serum. Dari beberapa bentuk sediaan tersebut, terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga pemilihan bentuk sediaan untuk produk kosmeseutikal dalam sistem liposom dapat digunakan dengan menyesuaikan kebutuhan dan tujuan produk tersebut.
Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Terintegrasi Augmented Reality dan Unity of Sciences Materi Stoikiometri Lenni Khotimah Harahap; Deni Ebit Nugroho
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress) Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Development of the Mobile Learning Based on Augmented Reality and Unity of Sciences at Stoichiometry Lessons Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Pada penelitian pengembangan ini, materi stoikiometri diintegrasikan dengan Augmented Reality dan Unity of Sciences. Untuk menguji kelayakan dilakukan oleh 3 validator yakni ahli materi dan ahli media. Instrumen yang digunakan adalah angket. Angket tersebut meliputi angket kelayakaan dari segi media dan angket kelayakan dari segi materi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa presentase untuk aspek tampilan yakni 81,94%, presentase aspek pemrograman yakni 80,00% dan presentase pada aspek keterpaduan isi materi yakni 82,77%. Sehingga rata-rata persentase kelayakan baik dari penilaian aspek media dan materi adalah 81,77% dengan kategori sangat layak.
IMPROVING SCIENCE PROCESS SKILLS AND COLLABORATION ON THE LESSON REACTION RATE USING ELECTRONIC STUDENT WORKSHEET ASSISTED WITH LIVEWORKSHEETS WEBSITE Anita Anggrahini; Rusmini Rusmini
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress) Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Improving Science Process Skills And Collaboration On The Lesson On Reaction Rate Using Electronic Student Worksheet Assisted With Liveworksheets Website This study aimed to assess the feasibility of the usage of electronic student worksheets assisted with liveworksheets website to improve science process skills and collaboration on the lesson on reaction rate in terms of validity, practicality, and effectivity. The present study utilized the Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE) development model. Data collected were through interviews, questionnaires, observations, and tests. Data analysis methods used in this study comprised both qualitative and quantitative analysis techniques. Qualitative analysis techniques were carried out descriptively, while quantitative analysis techniques were performed by percentage analysis, normality test (one sample Shapiro-Wilk test), paired sample t-test, and n-gain analysis. The validity test showed an average percentage of 87% with very valid criteria. The practicality test included the results of student responses according to questionnaires and observations of student activities, and the results are an average percentage of 92% and 100%, respectively, which are categorized as very good. The effectivity test comprised the results of the pretest-posttest cognitive and science process skills. The results of the n-gains are 0,46 and 0,61, respectively, with moderate criteria, while the results of questionnaires and observation of collaboration skills are an average percentage of 94% and 83%, respectively, with very good criteria. Electronic student worksheets assisted with liveworksheets website to improve science process skills and collaboration is essential to be developed as an effort to train 21st-century skills.
Analisis Keterlaksanaan Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Pembelajaran Asam Basa dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi Rini Alfiah; Haryanto Haryanto; Aulia Sanova
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress) Vol. 10 No. 1 (2018): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.157 KB) | DOI: 10.22437/jisic.v10i1.5304

Abstract

[ Analysis of the Implementation of Discovery Learning Model with Multimedia of Acid and Base Learning and Its Effect on Student Learning Outcomes at 11th Grade Science 2 Senior High School at Jambi ] Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model Discovery Learning berbantuan multimedia pembelajaran asam basa serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran asam basa kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dengan jenis sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model Discovery Learning baik dari guru maupun siswa dan tes soal essay siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan uji-t. Keterlaksanaan model Discovery Learning oleh guru mengalami kenaikan setiap pertemuan, keterlaksanaan model Discovery Learning oleh siswa sebesar 70,71% dengan kategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model Discovery Learning dengan hasil belajar siswa dikategorikan sedang dengan rxy 0,596. Uji signifikansi dilakukan dengan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel (4,749 > 1,683) dengan dk 41 dan a = 0,05 sehingga Ho ditolak dan H a diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan multimedia pembelajaran asam basa berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPA 1 SMAN 2 Kota Jambi.
Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Erika Simare Mare; Asrial Asrial; Harizon Harizon
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress) Vol. 10 No. 1 (2018): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.706 KB) | DOI: 10.22437/jisic.v10i1.5305

Abstract

[ Analysis of the Implementation of the Number Heads Together Cooperative Learning Model and Its Effect on the Critical Thinking Ability of Senior High School Students ] Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi larutan penyangga siswa kelas XI MIA SMAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji signifikansi dengan uji t. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together oleh siswa sebesar 70,83% dikategorikan baik, dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 70,47% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dengan kemampuan berpikir kritis diperoleh rxy = 0,86294 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Uji signifikansi dilakukan dengan uji t diperoleh thitung > t­tabel (9,660 > 2,036) dengan dk = 32 dan α = 0.05, sehingga H0­ ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe ­number heads together berjalan dengan baik dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIA 2 SMAN 1 Muaro Jambi.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Proyek pada Materi Termokimia di Kelas XI SMA Eka Yuni; M. Dwi Wiwik Ernawati; Affan Malik
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress) Vol. 10 No. 1 (2018): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.954 KB) | DOI: 10.22437/jisic.v10i1.5306

Abstract

[ Development of Electronic Student Worksheets on Thermochemical Subject Matter in 11th Grade High School ] Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Proyek pada materi termokimia di kelas XI SMA dan mengetahui respon guru dan siswa terhadap e-LKPD berbasis proyek yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi kerangka pengembangan 4D tetapi hanya sampai tahap pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator (ahli media dan ahli materi) terhadap produk e-LKPD berbasis proyek sudah baik dan layak diujicobakan. Selanjutnya hasil respon guru diperoleh 91,06% dan hasil respon siswa diperoleh 81,76% dengan kategori klasifikasi “sangat baik”. Sedangkan untuk hasil belajar diperoleh nilai (gain) 0-0,3 (rendah) 3 orang, 0,3-0,6 (sedang) 19 orang dan 0,7 (tinggi) 3 orang. Berdasarkan proses pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis proyek ini dikembangkan dengan menggunakan kerangka pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Sedangkan penilaian validator terhadap kelayakan e-LKPD berbasis proyek yang dikembangkan dinyatakan sudah baik dan layak uji coba serta berdasarkan respon guru dan siswa, e-LKPD berbasis proyek ini sangat baik dan dapat digunakan sebagai sumber belajar di sekolah.
Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Experiential Learning dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Ikatan Kimia Fatria Dewi; Afrida Afrida; Bayu Efrianto
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress) Vol. 10 No. 1 (2018): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.264 KB) | DOI: 10.22437/jisic.v10i1.5307

Abstract

[Analysis of Implementation of Experiential Learning and its Impact to Science Prosess Skills in Chemical Bonds Subject Matters at X Class SMAN 1 Jambi City] Keterlaksanaan pendekatan experiential learning oleh guru memiliki persentase sebesar 79,17% dikategorikan baik, persentase pendekatan oleh siswa sebesar 76,68% dikategorikan baik, dan persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 71,95% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan pendekatan experiential learning dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh rxy = 0,78973 dengan tingkat hubungan kuat. Uji signifikansi dilakukan dengan uji t dengan diperoleh thitung>ttabel (6,812018 > 2,048) dengan dk = 28 dan α = 0.05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian bahwa keterlaksanaan pendekatan experiential learning berjalan dengan baik serta terdapat pengaruh keterlaksanaan pendekatan experiential learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi ikatan kimia di kelas X MIA 3 SMAN 1 Kota Jambi
Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Masalah dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI IPA SMA N 10 Kota Jambi Siti Nurjanah; Fuldiaratman Fuldiaratman; Abu Bakar
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress) Vol. 10 No. 1 (2018): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.88 KB) | DOI: 10.22437/jisic.v10i1.5309

Abstract

[Analysis of the Implementation of Creative Problem Solving (CPS) Learning Model based on the problem and its impact on students` science process skills on the acid-base subject matter at 11th-grade science 10 senior high school Jambi ] Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model creative problem solving berbasis masalah serta pengaruhnya terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi asam basa di kelas XI IPA 2 SMAN 10 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequentile exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru dan siswa serta keterampilan proses sains siswa dan posttest siswa. Teknik analisis data kualitatif data menggunakan Miles and Huberman dan data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model creative problem solving (CPS) oleh guru dan siswa telah terlaksana sesuai prinsip model creative problem solving (CPS) setiap pertemuannya. Persentase keterlaksanaan model oleh guru diperoleh skor persentase 70,00% (Baik), keterlaksanaan model oleh siswa diperoleh skor persentase 71,28% (Baik), dan keterlaksanaan keterampilan proses sains siswa diperoleh skor persentase 75,34% (Baik). Korelasi keterlaksanaan model creative problem solving dengan keterampilan proses sains dengan dikategorikan sedang dengan rata-rata rxy0,4150.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran creative problem solving (CPS) sudah terlaksana dengan baik dan berpengaruh pada peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi asam basa di kelas XI IPA 2 SMAN 10 Kota Jambi
Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Menggunakan Certainty Of Respond Indeks Riza Raudatul Jannah; Lisa Utami
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress) Vol. 10 No. 2 (2018): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.669 KB) | DOI: 10.22437/jisic.v10i2.5849

Abstract

This Research aimed at identifying student misconception on Redox Reaction lesson at the tenth grade of State Vocational High School 5 Pekanbaru. It was Descriptive. Purposive sampling technique was used, and the sample were the tenth grade students of class TAV 2. Multiple choice with reasoning diagnostic test with CRI (Certainty of Response Index) column was the instrument used. Based on the research findings, it showed that there was a student misconception on Redox Reaction lesson. Sub concept was the highest misconception. The concept development of Redox Reaction lesson was 22.23%, sub concept of oxidation number was 19.05%, and sub concept of reducing and oxidation agents was 12.7%. Misconception happened because of the learning method that was teacher center, the lack of textbook reference, and the low of student learning interest. Based on the data analysis, it revealed that CRI was effective to be used to identify student misconception. Keywords: Misconception, Multiple Choice Test Reasoned Open, CRI (Certainty of Response Index), Redox Reaction Concept
Desain Media Pembelajaran Menggunakan Software Adobe Flash Professional CS6 pada Materi Unsur Transisi Periode Keempat Vonia Revi Fajri; Lazulva Lazulva
Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress) Vol. 10 No. 2 (2018): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.917 KB) | DOI: 10.22437/jisic.v10i2.5860

Abstract

[Learning Media Design Using Adobe Flash Professional CS6 Software in the Fourth Elements Material Transition Period] Kurangnya penggunaan teknologi komputer sebagai media pembelajaran adalah masalah yang perlu diatasi dalam dunia pendidikan saat ini karena di era globalisasi saat ini, media pembelajaran berbasis teknologi terbaru harus akrab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan media pembelajaran yang dirancang menggunakan Adobe Flash Professional CS 6. Penelitian ini mengacu pada Penelitian dan Pengembangan dengan model 4-D (Tentukan, Desain, Pengembangan, dan Diseminasi) direkomendasikan oleh Thiagarajan. Penelitian ini dilakukan sampai tahap ketiga pengembangan dalam uji skala kecil. Teknik pengumpulan data digunakan dalam bentuk dokumentasi dan kuesioner. Data yang diperoleh berasal dari 2 validator (ahli materi dan ahli media), 5 guru kimia, dan 10 siswa dari dua sekolah menengah yaitu SMA Negeri 8 Pekanbaru dan SMA Negeri 1 Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dirancang menggunakan perangkat lunak Adobe Flash Professional CS 6 memiliki tingkat validitas oleh ahli materi sebesar 90% dengan kriteria yang sangat valid dan tingkat validitas oleh pakar media sebesar 83% dengan kriteria yang sangat valid dan tingkat kepraktisan guru. sebesar 87% dengan kriteria sangat praktis dan 90% kepraktisan siswa dengan kriteria sangat praktis

Page 1 of 11 | Total Record : 110


Filter by Year

2009 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 1 (2022): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 13 No. 2 (2021): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 13 No. 1 (2021): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 12 No. 2 (2020): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 12 No. 1 (2020): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 11 No. 2 (2019): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 11 No. 1 (2019): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 10 No. 2 (2018): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 10 No. 1 (2018): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 7 No. 2 (2015): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 7 No. 1 (2015): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 9 No. 2 (2017): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 9 No. 1 (2017): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 8 No. 2 (2016): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 8 No. 1 (2016): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 5 No. 2 (2013): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 6 No. 2 (2014): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 6 No. 1 (2014): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 1 No. 1 (2009): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry More Issue