cover
Contact Name
Dr. Dahmiri, SE., MM
Contact Email
mankeusrl@unja.ac.id
Phone
+6281366180484
Journal Mail Official
mankeusrl@unja.ac.id
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Jl. Jambi-Muara Bulian Km. 15 Mendalo Darat, Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Published by Universitas Jambi
ISSN : 22528636     EISSN : 26859424     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan masyarakat yang terkait dengan hasil penelitian dalam bidang Bidang Manajemen Pemerintahan, Bidang Manajemen Operasional, Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Bidang Manajemen Pemasaran, Bidang Manajemen Keuangan, Bidang Perpajakan, Bidang Akuntansi dan Bidang Kewirausahaan. Tujuan Mankeu adalah menjadi sarana komunikasi ilmiah bagi para peneliti, akademisi dan masyarakat untuk mempublikasikan hasil penelitian.
Articles 344 Documents
MODEL STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMBENTUK KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA GERAI J.CO DONUTS & COFFEE DIKOTA JAMBI Danil Muhlisin; Novita Ekasari
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v9i2.12036

Abstract

Penelitian ini berjudul “model store atmosphere dan kualitas produk dalam membentuk keputusan pembelian konsumen pada gerai J.CO Donuts & Coffee di kota Jambi”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar model store atmosphere dalam membentuk keputusan pembelian pada gerai J.CO Donuts & Coffee di kota Jambi, seberapa besar pengaruh kualitas produk produk dalam membentuk keputusan pembelian pada gerai J.CO Donuts & Coffee di kota Jamb, dan bagaimana pengaruh kedua variabel independen tersebut dalam membentuk keputusan pembelian pada gerai J.CO Donuts & Coffee di kota Jambi. Pada penelitian ini dilakukan dengan metode regrensi berganda, dimana untuk mencapai tujuan pertama yaitu mengetahui model kedua variabel independennya. Regresi berguna dilakukan terhadap model lebih dari satu variabel bebas, untuk diketahu pengaruh terhadap variabel terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil variabel independen store atmosphere sebesar (0,072) yang mana artinya berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel independen kualitas produk nilai nya yaitu (0,595) artinya variabel independen kualitas produk berpengaruh secara signifikan dalam membentuk keputusan pembelian. Namu diantara dua variabel independen tersebut variabel yang paling mendominasi adalah variabel independen kualitas produk dimana nilainya lebih besar dibandingkan dengan nilai variabel independen store atmosphere
ANALISIS BELANJA TIDAK LANGSUNG KABUPATEN/KOTA DI PROPINSI JAMBI TAHUN 2009-2014 Mila Permata Sari
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v9i2.12037

Abstract

This study aims to identify and analyze the development of indirect spending in districts / cities in Jambi Province in 2009-2014. In addition, it is also used to determine and analyze the efficiency of indirect spending in terms of district / municipal efficiency in Jambi Province 2009-2014. The technical analysis used is qualitative and quantitative analysis, analysis of expenditure allocation on indirect spending development, analysis of spending performance in terms of efficiency. The development of district / municipal indirect spending in Jambi province in 2009-2014 was based on the annual average, namely the highest in Bungo district at 1.19% and the lowest in Tanjung Jabung Timur district at 0.11%. Based on the efficiency of district / municipal indirect spending in Jambi province in 2009-2014, the average target indirect expenditure from year to year has increased because from 2009-2014 all districts have been efficient from year to year in managing indirect expenditure. Districts / Cities in Jambi Province in Sungai Penuh City have been very effective from the efficiency of indirect spending.
PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS WEDDING ORGANIZER HASTINA PUSPITA DECORATION KOTA JAMBI) Adhe Ira Riany; Dahmiri Dahmiri
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v9i2.12038

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap keunggulan bersaing (studi kasus wedding organizer Hastina Puspita Decoration Jambi). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah memakai jasa wedding organizer Hastina Puspita decoration pada tahun 2019, jumlah sampel dihitung berdasarkan rumus Slovin yakni sebanyak 70 responden. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan teknik Simple random sampling. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yaitu analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 0,05. Keseluruhan analisis dihitung menggunakan program SPSS versi 24. Hasil dari penelitian menunjukkan, bahwa (1) kreativitas dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada wedding organizer Hastina Puspita Dcoration Jambi. (2) inovasi memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keunggulan bersaing wedding organizer Hastina Puspita Decoration Jambi.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI MASYARAKAT BERWIRAUSAHA SEWA LAPANGAN FUTSAL DI KOTA JAMBI Fadhol Adha; Agus Syarif; Novita Sari
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v9i2.12039

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang pengaruhi masyarakat berwirausaha usaha sewa lapangan futsal dan Untuk menjelaskan apa factor yang paling mempengaruhi masyarakat termemotivasi berwirausaha sewa apangan Futsal di Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif, jenis data adalah data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari pelanggan sew lapangan futsal di Kota Jambi. Alat analisis yang digunakan adalah Rata-rata dan modus,yang di gunakan sebagai pusat atau pemusatan data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Ada beberapa faktor yang membuat masyarakat terdorong untuk melakukan wirausaha yaitu,faktor kesadaran diri,pengaturan diri,motivasi,empati dan ketrampilan sosial. Faktor motivasi di kategorikan sangat baik karena menjadi faktor yang paling mempengaruhi masyarakat untuk berwirausaha sewa lapangan futsal di Kota Jambi.
ANALISIS KINERJA BELANJA DAERAH DI KABUPATEN SAROLANGUN Irhamna Andriani
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v9i2.12041

Abstract

The purpose of this study is to analyze the development of regional spending in Sarolangun Regency and to analyze how the performance of regional spending in Sarolangun Regency. The method used is descriptive and quantitative analysis using regional expenditure development analysis, expenditure growth analysis, spending harmony analysis, spending efficiency analysis. The results showed that the development of regional spending in Sarolangun Regency during 2006 - 2012 experienced an average development of 20.67%. In terms of harmony, regional expenditure performance is said to be good in allocating regional expenditure because the allocation of operational expenditure is greater than capital expenditure. Meanwhile, the average level of government spending efficiency in Sarolangun Regency during 2006 - 2012 was 86.64% which is classified as efficient
ANALISIS KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH DALAM UPAYA PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH DI KABUPATEN MUSI RAWAS PERIODE 2007-2011 Eko Amanda; Zulgani Zulgani
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v9i2.12042

Abstract

Penelitian ini sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan otonomi daerah dengan melihat kemampuan keuangannya. Sehingga berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keuangan daerah dalam upaya pelaksanaan otonomi daerah di Kabupaten Musi Rawas. Adapun alat analisis yang digunakan adalah kontribusi PAD terhadap APBD, Rasio Kemandirian Keuangan Daerah, Indeks Kemampuan Rutin, Rasio Keserasian,. Data yang digunakan merupakan data sekunder dari instansi pemerintah terkait, yakni mengenai Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) dalam kurun waktu 2006-2012. Hasil penelitian, Kontribusi PAD terhadap APBD masih kuran yaitu sebesar 4,33 %. Rasio Kemandirian Keuangan Daerah memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,56 %, atau berada pada pola hubungan Instruktif. Rasio Derajat Desentralisasi Fiskal menunjukan kemampuan keuangan daerah masih kurang yaitu sebesar 4,33 %. Pada Rasio Indeks Kemampuan Rutin kemampuan daerah masih kurang yaitu sebesar 7,40 %. Rasio Keserasian menunjukan bahwa belanja rutin lebih besar daripada belanja pembangunan yaitu 60,67 % dan 39,22%. Untuk meningkatkan kemampuan keuangan daerah Kabupaten Musi Rawas perlu menginsentifikasi penerimaan PAD, dengan mengoptimalkan semua sumber keuangan yang ada
ANALISIS PENGARUH BEBAN PAJAK KINI, ASET PAJAK TANGGUHAN, DISCRETION ACCRUAL, DAN TAX PLANNING TERHADAP MANAJEMEN LABA T. Ricy Rikhad Suheri; Dewi Fitriyani; Dedy Setiawan
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v9i03.12043

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh beban pajak kini, aset pajak tangguhan, discretionary accrual, dan tax planning terhadap manajemen laba. Populasi penelitian adalah perusahan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggunakan metode purposive random sampling. Ada 39 perusahaan dari 142 perusahaan yang diambil sebagai sampel penelitian. Pengujian hipotesis menggunakan regresi logistik dengan software SPSS versi 22.0. Hasil penelitian dengan regresi logistik menunjukkan bahwa beban pajak kini, aset pajak tangguhan, discretionary accrual, dan tax planning berpengaruh secara simultan terhadap manajemen laba. Dalam uji parsial hanya beban pajak kini dan tax planning yang berpengaruh terhadap manajemen laba
LAYANAN PURNA JUAL DALAM MEMBENTUK WOM (WORD OF MOUTH) PADA DAYA MOTOR CABANG PAYO SELINCAH KOTA JAMBI Sylvia Kartika Wulan Bhayangkari; Fitri Widiastuti
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v9i03.12044

Abstract

Abstract. This study was aimed to find out how the influence of After Sales Service in forming WOM (Word of Mouth). It was an explanatory research with quantitative approach. One hundred sample respondents were set by using conveinience sampling technique where the respondents were consumers of Daya Motor, Branch Payo Selincah in Kota Jambi. Data were analyzed descriptively and quantitatively. Quantitative analysis was performed by simple regression analysis. Results of descriptive analysis on consumers perception showed that sub variable reparation performed very well, while two others only performed well. Based on regression analysis, a model that explained relationship between after-sales service and WOM was meaningful. In other words, after sales services performed by Daya Motor encouraged consumers to do WOM. Key words: After Sales Service, WOM, Consumer.
INOVASI PRODUK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK JAMBI MARYANA Ade Titi Nifita; Fenny Tialonawamarni
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v9i03.12050

Abstract

The purpose of this research are : (1) To identified and analyzed the impact of the product innovation simoutanously and partially towards the decision of Batik Jambi Maryana’s purchase. (2) To identified and analyzed the most dominant variable of the product innovasion that influenced the decision of purchasing Batik Jambi Maryana. This research is held in Jambi City and its sorroundings, by doing the survey methods. The sample came from 100 people that lives in Jambi and had purchased Batik Jambi Maryana more than once. The data was processed by using multiple regression analist tools. The research shows that all variable on the product innovation has an impact to the purchase decision both simoutanously and partially. Whilst the most dominant variable are complexity and communicability.
ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI PRODUK, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI INTERVENING PADA UKM DI KOTA JAMBI Yosi Fadhillah; Syahmardi Yacob; Tona Aurora Lubis
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v10i01.12175

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan media sosial terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing pada UKM di Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan survei menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 100 UKM di Kota Jambi. Alat analisis yang digunakan adalah Smart PLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung, Orientasi Kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, media sosial berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, Media Sosial berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM di Kota Jambi dan kesimpulan dari pengaruh mediasi penelitian ini adalah keunggulan bersaing memiliki pengaruh mediasi terhadap variabel inovasi produk dan media sosial, sedangkan untuk variabel orientasi kewirausahaan tidak terdapat pengaruh mediasi. Kata kunci : Orientasi Kewirausahaan; Inovasi Produk; Media Sosial; Keunggulan Kompetitif; dan Kinerja Pemasaran ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of entrepreneurial orientation, product innovation, and social media on marketing performance through competitive advantage in SMEs in Jambi City. Data collection was carried out by survey using a questionnaire given to 100 SMEs in Jambi City. The analytical tool used is Smart PLS 3.The results show that direct influence, entrepreneurial orientation has no effect on competitive advantage, product innovation affects competitive advantage, social media affects competitive advantage, entrepreneurial orientation affects marketing performance, competitive advantage affects performance Marketing, Social Media has an effect on Marketing Performance in SMEs in Jambi City and the conclusion of the mediation effect of this study is that competitive advantage has a mediating effect on product innovation and social media variables, while for entrepreneurial orientation variables there is no mediation effect Keywords : Entrepreneurship Orientation; Product Innovation; Social Media; Competitive Advantage; and Marketing Performanc

Page 1 of 35 | Total Record : 344


Filter by Year

2012 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 01 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 04 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 03 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 01 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 03 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 3 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 3 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 3 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 2 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 1 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 3 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 3 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 2 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 3 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 2 No. 3 (2013): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 3 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 2 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan More Issue