cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah adalah jurnal ilmiah yang dikhususkan untuk publikasi hasil–hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang ilmu ekonomi dan perbankan syariah. Redaksi mengundang para mahasiswa, dosen dan peneliti bidang ekonomi dan perbankan syariah untuk berkiprah dalam publikasi hasil-hasil penelitiannya melalui jurnal ini. Redaksi menerima sumbangan tulisan yang merupakan hasil penelitian ilmiah baik dalam bentuk literature research maupun empirical research dalam bidang tersebut di atas. Redaksi dapat menyingkat dan memperbaiki tulisan yang akan dimuat tanpa mengubah maksud dan isinya setelah melalui proses blind review yang dilakukan oleh reviewer yang ditunjuk khusus untuk mengadakan review atas kelayakan publikasi naskah penelitian ini. Naskah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan oleh penerbit yang lain. Jurnal ini diterbitkan setahun 2 (dua) kali
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
the effect Widowati, Mustika
Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 1, No 1 (2011): april 2011
Publisher : Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

JURNAL SAINS EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAHJournal Science of Economic and Shariah Banking  PEDOMAN PENULISAN  Naskah harus diawali dengan abstrak, yang mencakup : (1) Rumusan tujuan mengapa suatu masalah diteliti atau dibahas; (2) metodologi yang digunakan dalam penelitian terutama model dan teknik analisis; (3) temuan dalam penelitian atau kesimpulan. Abstrak seyogyanya diikuti dengan beberapa kata kunci (keywords); (4) Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris untuk naskah berbahasa Indonesia dan dalam bahasa Indonesia untuk naskah berbahasa Inggris.Untuk keperluan blind review, nama (para) penulis dan lembaga yang menaunginya tidak dicantumkan pada halaman abstrak.Buatlah halaman khusus untuk curriculum vitae, yang mencantumkan nama lengkap, riwayat pendidikan dan riwayat pekerjaan penulis.Tabel, diagram dan/atau gambar hendaknya hanya dicantumkan apabila dirasa perlu, diberi judul jika tabel, diagram, dan gambar disebut di dalam naskah, hendaknya ditulis dengan jelas, misalnya : ……… seperti yang terlihat pada Tabel 1.Persamaan matematik bisa dicantumkan jika dimaksudkan untuk menjelaskan suatu argumentasi.Penulisan daftar pustaka pada bagian akhir naskah adalah dengan style sebagai berikut :Untuk buku : Nama. Tahun. Judul Buku. Kota: Penerbit.  Untuk jurnal/majalah/media : Nama. Tahun. Judul Artikel. Nama Jurnal/Majalah/Media. Volume. Nomor.    
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN, DAN NILAI NASABAH TERHADAP CUSTOMER RETENTION DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT BANK BRISYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU UNGARAN Fatmawati, Ratih; handayani, jati
Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 5, No 1 (2015): Juli 2015
Publisher : Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe research’s aim to analyze the influence significant variable of service quality, service product, trust, and customer value toward customer retention with customer satisfaction as intervening in the PT Bank BRISharia Ungaran Branch Office.The population in this research were all of saving customers in the PT Bank BRISharia Ungaran Branch Office. The sampling technique were used judgmental sampling method. The samples in this research were 145 saving customers PT Bank BRISharia Ungaran Branch Office. Model of analysis in this research using Structural Equation Model (SEM). While the analysis techniques in this study using t test with computer program AMOS 22.0.The result in this research showed that service quality influences positive and significant toward customer satisfaction, product quality influences positive and significant toward customer satisfaction, trust influences positive and significant toward customer satisfaction, customer value influences negative and not significant  toward customer satisfaction, and customer satisfaction influences positive and significant toward customer retention.Keywords:Service Quality, Product Quality, Trust, Customer Value, Customer Satisfaction, and Customer Retention.
THE EFFECT OF ASSET QUALITY, PROFITABILITY, LIQUIDITY, AND EFFICIENCY TOWARD CAPITAL ADEQUACY SHARIA COMMERCIAL BANKS IN INDONESIA PERIOD 2010-2014 Rinjani, Uniq Wahyu; Ardiansah, Muhammad Noor
Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 5, No 1 (2015): Juli 2015
Publisher : Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh kualitas aktiva, profitabilitas, likuiditas, dan efisiensi terhadap kecukupan modal Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2010-2014 baik secara simultan maupun parsial.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2010-2014. Dengan menggunakan metode purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 5 (lima) Bank Umum Syariah. Model analisis dalam penelitian ini menggunakan model analisis regresi data panel dan teknik analisis untuk uji hipotesis menggunakan uji R2, uji F, dan uji t.  Hasil pengujian hipotesis dan pembahasan menunjukan bahwa kualitas aktiva, profitabilitas, likuiditas, dan efisiensi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kecukupan modal Bank Umum Syariah periode 2010-2014. Kualitas aktiva dan likuiditas secara parsial masing-masing berpengaruh signifikan terhadap kecukupan modal, sedangkan profitabilitas dan efisiensi secara parsial masing-masing berpengaruh tidak signifikan terhadap kecukupan modal Bank Umum Syariah periode 2010-2014.Kata Kunci: Kualitas Aktiva, Profitabilitas, Likuiditas, Efisiensi, dan Kecukupan Modal
THE ANALYSIS OF INFLUENCE OF PROFITABILITY, CPA FIRM, TYPES OF INDUSTRY AND LEVERAGE TOWARD AUDIT REPORT LAG (Case Studies in Companies Listed on Daftar Efek Syariah the Period of 2010-2014) Ayudya, ken; S.E., M.Si., Sartono,
Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 5, No 1 (2015): Juli 2015
Publisher : Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh profitabilitas, reputasi KAP, jenis industri, dan leverage terhadap audit report lag, baik secara simultan maupun parsial pada perusahaan-perusahaan yang listing di Daftar Efek Syariah (DES). Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang listing di Daftar Efek Syariah (DES) dari tahun 2010 hingga 2014. Jumlah sampel yang diambil dengan metode purposive sampling sebanyak 26 (dua puluh enam) perusahaan. Model yang digunakan adalah model regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS. Sedangkan, teknik analisis yang digunakan adalah uji koefisien determinasi (R2), uji signifikansi simultan (uji F) dan uji signifikansi parameter individual (uji t). Hasil pembuktian hipotesis dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, reputasi KAP, jenis industri, dan leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap audit report lag, dengan nilai adjusted R2 sebesar 32 %. Sedangkan pembuktian hipotesis secara parsial membuktikan bahwa profitabilitas secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap audit report lag. Tetapi reputasi KAP, jenis industri dan leverage secara parsial berpengaruh signifikan terhadap audit report lag pada perusahaan-perusahaan yang listing di Daftar Efek Syariah (DES) periode 2010-2014.Kata Kunci:Audit Report Lag, Profitabilitas, Reputasi KAP, Jenis Industri, Leverage.
ANALISIS PENGARUH RASIO CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NON PERFORMING FINANCING (NPF), FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR), DAN RASIO EFISIENSI OPERASIONAL (REO) TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE) BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2010-2014) Dini, Navrida Rahma; S.E., M.M., Prihatiningsih
Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 5, No 1 (2015): Juli 2015
Publisher : Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThis study purpose to analyze the influence of the ratio of Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR), and Operational Efficiency Ratio (OER) to Return On Equity (ROE) Islamic Banks in Indonesia (Period 2010-2014) partially and simultaneously.Results of this study concluded that based on the results of statistical F test simultaneously variables of CAR, NPF, FDR, and REO have significant impact toward ROE, based on the statistical t-test variable of Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), and the Efficiency Ratio Operations (OER) have negative and significant impact, whereas Financing to Deposit Ratio (FDR) has positive and significant impact on Return On Equity (ROE) Islamic Banks in Indonesia in 2010-2015.Keywords:Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR), Operational Efficiency Ratio (OER), and Return On Equity (ROE).
Dampak Kualitas Layanan Dan Kinerja Keuangan Terhadap Keinginan Migrasi Nasabah Bank Syariah Di Jawa Tengah ardiansah, muhammad noor
Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 1, No 1 (2011): april 2011
Publisher : Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research’s aim to examined impact of banking services quality and financial performance toward shariah bank’s customer migration intention. Respondent of this study were shariah bank’s customer at 7 big cities in Central Java, who asked to perform the questionnaire. Regression analysis used to examine the hypothesis. Result show that intention of bank’s customer to migration was influence by banking services quality and financial performance, significantly. Especially financial performance determinant : operational expenses and revenue ratio and assets growth. This results support empirically research of Ardiansah (2005), and Derina and Makaliwe (2006), that shariah banking behavior who more rational and financial aspects orientation should take banking services quality and financial performance that profitability as expected decision
ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH, BI RATE, DAN INFLASI TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2006-2014 Budiyono, Iwan
Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 5, No 1 (2015): Juli 2015
Publisher : Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This research aims to analyze the influence of Third Party Funds, Bank Indonesia Islamic Certificate, BI rate, and inflation partially and simultaneously toward murabahah financing Islamic Banking in Indonesia 2006-2014 period. Population of this research is all of Islamic Banking in Indonesia 2006-2014 period. By using census sampling method obtained a sample all of Islamic Banking in Indonesia 2006-2014 period as samples. The data used in this study is secondary data. Data obtained from all of the financial statement Islamic Banking in Indonesia, which has averaged by Bank Indonesia and external data that contains BI rate and inflation on monthly 2006-2014 period. The analysis model uses multiple linear regression analysis models and analysis techniques to test the hypotesis uses, t test, F test, and R2 test. It is also tested the normality test and classical assumption by using SPSS 22.0 program.Result of testing hypothesis and discussion is Third Party Funds and inflation have positive and significant influence partially toward murabahah financing Islamic Banking in Indonesia 2006-2014 period. Meanwhile, Bank Indonesia Islamic Certificate and BI rate have negative and significant influence partially toward murabahah financing Islamic Banking in Indonesia 2006-2014 period as well as Third Party Funds, Bank Indonesia Islamic Certificate, BI rate, and inflation have influence simultaneously significant toward murabahah financing Islamic Banking in Indonesia. This research also found out that from four variables, while third party funds was the most dominant variable that influencing murabahah financing Islamic Banking in Indonesia 2006-2014 period.Keywords: Murabahah Financing, Third Party Funds, Bank Indonesia Islamic Certificate, BI Rate, Inflation.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, NILAI NASABAH, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP WORD OF MOUTH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT BANK BRISYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU UNGARAN Aji, Yahya Pamungkas; Duriany, Embun
Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 5, No 1 (2015): Juli 2015
Publisher : Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe research aim to analyze the influence significant variable of service quality, customer value, and trust toward word of mouth with customer satisfaction as intervening variable in PT Bank BRISharia Ungaran Branch Office. This research includes causality applied research. Data collection methods used were questionnaires, interviews, and literature. The population in this research are were all of savings customers in PT Bank BRISharia Ungaran Branch Office. The sampling technique used is judgemental sampling method. The samples in this research were 172 savings customers in PT Bank BRISharia Ungaran Branch Office. Data analysis model used Structural Equation Model (SEM) with analysis technique using t test that is operated by AMOS 22.0. The result in this research showed that service quality and trust influences positive and significant toward customer satisfaction, as well as customer satisfaction influences positive and significant toward word of mouth. While customer value influences positive and not significant toward customer satisfaction.Keywords:Service Quality, Customer Value, Trust, Customer Satisfaction, and Word of Mouth.

Page 1 of 1 | Total Record : 8