cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Orbith
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
ORBITH Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial adalah wadah informasi berbagai bidang ilmu berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait. Terbit pertama kali tahun 2005, dengan frekuensi terbit tiga kali dalam satu tahun pada bulan Maret, Juli dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue " Vol 11, No 1 (2015): Maret 2015" : 15 Documents clear
APLIKASI HSE PLAN PROYEK PERAPIAN INSTALASI KABEL DI TBBM BOYOLALI Suhendro, Suhendro
Orbith Vol 11, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek. Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktuselesainya (dan biasanya selalu dibatasi oleh waktu, dan seringkali juga dibatasi oleh sumber pendanaan), untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik,[1] dan pada umumnya untuk menghasilkan sebuah perubahan yang bermanfaat atau yang mempunyai nilai tambah. Proyek selalubersifat sementara atau temporer dan sangat kontras dengan bisnis pada umumnya (OperasiProduksi)[2], dimana Operasi-Produksi mempunyai sifat perulangan (repetitif), dan aktifitasnya biasanya bersifat permanen atau mungkin semi permanen untuk menghasilkan produk atau layanan (jasa/servis). Pada prakteknya, tipe manajemen pada kedua sistem ini sering berbeda, dengan kemampuan teknis dan keputusan manajemen strategis yang spesifik. Menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi karyawan, buruh pelabuhan, rekanan, pelanggan dan pengunjung. Dengan memperhatikan Aspek Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan berusaha mencegah terjadinya Kecelakaan Akibat Kerja (KAK), Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan pencemaran terhadap lingkungan kerja maupun lingkungan sekitarnya, menjamin bahwa setiap kegiatan operasional tidak mengakibatkan risiko cidera, Penyakit Akibat Kerja (PAK), kerugian, atau berdampak negatif  bagi karyawan, lingkungan kerja dan masyarakat sekitar.  Mematuhi semua peraturan yang berlaku baik untuk aspek keselamatan dan kesehatan kerja maupun lingkungan dan menempatkan SMK3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja) pada posisi sejajar, beriringan, dan setara dengan Sistem Manajemen lainnya. Melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja SMK3 secara berkesinambungan.  Memastikan Bahwa Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di CV Adi Utama telah dikomunikasikan, dimengerti, dan dipatuhi oleh seluruh karyawan dan pihak terkait lainnya.
ANALISIS FAKTOR LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PRODUK Sarjono, Bambang
Orbith Vol 11, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faiktor lokasi dan promosi terhadap penjualan  produk. Dari hasil analisa diperoleh, bahwa faktor lokasi dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan  produk. Disamping itu juga ditemukan, bahwa masing-masing faktor lokasi dan promosi  secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjulan produk. Sehingga dapat dikatakan bahwa bangunan teori yang menyatakan bahwa pilihan lokasi yang tepat dan baik dan peningkatan aktivitas promosi akan meningkatkan penjualan produk dapat diterima sebagai teorikausalitas.
OPTIMALISASI KINERJA OPERASIONAL UMKM DENGAN PENDEKATAN SISTEM ANTRIAN Nuryanto, Imam; Farida, Ida
Orbith Vol 11, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian nasional, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja UMKM. Kinerja operasional UKM dapat diukur dengan menggunakan sistem antrian. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling dari 30 UMKM, jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis dalam mengukur kinerja operasional menggunakan alat analisis Excel OM for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja dari 14 UMKM sudah optimal (utility), tetapi kinerja 16 UMKM belum optimal (disutility). Setelah mengukur hasil kinerja operasional, UMKM dapat mengambil keputusan, antara lain: meningkatkan kualitas pelayanan dan menambah fasilitas pelayanan.
STRATEGI BISNIS GUNA MENGEMBANGKAN KEWIRAUSAHAAN Juwarta, Juwarta
Orbith Vol 11, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi bisnis adalah suatu teknik manajemen untuk mengembangkan dalam bidang usaha agar dicapai hasil yang lebih optimal dalam waktu mendatang. Strategi bisnis ini bertujuan upaya manajemen mengarahkan aspek strategi dalam bisnis, sehingga lebih profitabel. Ada empat (4) macam strategi bisnis yang dapat diterapkan di dalam mengembangkan kewirausahaan antara lain : Pertama, strategi exspansi yaitu memperluas usaha baru dengan menambah fungsi baru, produk, dan atau pasar baru. Kedua,strategi stabilitas berarti mempertahankan bisnis yang ada dengan tingkat usaha yang sama. Ketiga, strategi penciutan berarti memperkecil bisnis yang telah digeluti. Keempat, strategi kombinasi berarti melakukan lebih dari satu strategi atau merupakan gabungan strategi pertama, kedua, dan ketiga.
PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS UNTUK PENULISAN ARTIKEL PENELITIAN Yusetyowati, Yusetyowati
Orbith Vol 11, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan oleh seorang dosen adalah melakukan penelitian, dan hasil penelitian diharapkan dipublikasikan, sehingga dapat diketahui oleh masyarakat luas. Tetapi, jarang sekali hasil penelitian yang dipublikasikan ditulis di dalam Bahasa Inggris, karena kebanyakan dosen takut salah untuk membuat artikel penelitian barbahasa Inggris, padahal dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini, tulisan yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah diunggah di internet,sehingga memungkinkan dibaca oleh pembaca di seluruh dunia. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan sedikit gambaran tentang penggunaan Bahasa Inggris untuk penulisan artikel penelitian , terutama penggunaana grammar (tata bahasa) dan kosa kata (vocabulary), dengan harapan agar pembaca mendapatkan gambaran bagaimana menulis artikel penelitian, sehinggamenghilangkan rasa takut untuk menulis artikel penelitian berbahasa Inggris. 
PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI (PLTP) DAN KENDALA PEMBANGUNANNYA Atmanto, Lukas Joko Dwi
Orbith Vol 11, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Energi listrik sangat dibutuhkan oleh sebagaian besar manusia, termasuk di Indonesia, dan kebutuhannya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sementara ketersediaan energi primer (minyak, gas bumi dan batubara) sebagai energi pembangkit tenaga listrik di Indonesia jumlahnya sangat terbatas, prosentasinya sangat sedikit dibandingkan yang tersedia di dunia. Hinggakini energi sebagai pembangkit tenaga listrik di Indonesia masih mengandalkan batu bara yang jumlah hanyanya3,1% dari jumlah dunia. Sedangkan energi primer lain yang belum dieksplorasi adalah panas bumi, Indonesiatermasuk negara terkaya akan energi ini sementara yang dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik baru sekitar 4%. Pemanfaatan yang baru sedikit ini karena terdapat beberapa kendala yang bersifat teknis dan non teknis dalam membangun PLTP. Kendala teknis berupa investasi biaya untukpembangunan infrastruktur jaringan transmisi yang panjang, karena letak antara pembangkit dengan pusat beban sangat jauh. Kendala non teknis berupa perijinan, karena dalam UU eksplorasi panas bumi dimasukkan sebagai kategori pertambangan, sehingga perijinannya berbenturan dengan peraturan lain khususnya pengelolaan kawasan hutan lindung. Karena itu, pemangku kebijakan harus segera mencarisolusi yang tepat agar perijinan pembangunan PLTP tidak banyak hambatan, khususnya hambatan non teknis.
SISTEM AUDIT ENERGI LISTRIK DENGAN METODE PENGUKURAN REAL TIME Melipurbowo, Bambang Ghiri
Orbith Vol 11, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Energi listrik merupakan sumber penggerak bagi semua komponen listrik yang dipakai pada semua kegiatan di Jurusan Teknik Elektro, harga energi listrik telah banyak mengalami kenaikan, hal ini dapat berakibat terhadap kenaikan biaya proses pendidikan, sehingga diperlukan program penghematan energi listrik. Ada dua katagori dalam penggunaan energi listrik yaitu kebutuhan peralatan dan penerangan. Kegiatan melakukan kajian terhadap sistem kelistrikan dan penggunaannya secara menyeluruh untuk tujuan memperoleh penghematan listrik. Orientasi kajian dari audit energi listrikini meliputi : Sistem jaringan listrik, pengukuran penggunaan daya listrik pada line,  pengukuran dan pengaturan keseimbangan beban. Kegiatan audit energi listrik secara praktis dapat memberikan dukungan perolehan penghematan energi listrik. Dengan cara melakukan langkah pengukuran energi listrik pada  line beban secara real time dan kemudian data pengukuran disimpan dalam database. Hal ini mengarahkan kepada semua pelaku pengguna energi listrik dan mereka memiliki keinginan untuk melakukan program penghematan listrik. Pakar merupakan salah satu cara bagaimana mentansfer pengetahuan yang dimiliki seorang pakar ke dalam komputer, dan membuat keputusan berdasarkan pengetahuan itu. Dengan melakukan identifikasikan sumber dari energi pada suatu area, besarnya pasokan energi, lokasi dan penggunaan dari energi tersebut.Kemudian melakukan pengukuran dari line trafo hingga ke beban, berdasarkan langkah diatas, lalu menganalisis secara detail tentang penggunaan energi, penghematan yang bisa dilaksanakan.  Maka peneliti melakukan penelitian tentang “Audit Energi Listrik di Gedung Jurusan Listrik”. Guna memungkinkan adanya penghematan, merekomendasikan tindakan yang harus dilakukan, untuk penghematan.
ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) Sudarsono, Bambang
Orbith Vol 11, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberadaan usaha kecil dan menengah (UKM) diyakini sebagai tonggak kebangkitan perekonomianIndonesia dari keruntuhan perekonomian sejak badai ekonomi pada tahun 1998 . Dengan adanyaprogram UKM dapat mempercepat pelaksanaan perekonimian nasiaonal dan liberalisasi perdagangandunia di Indonesia. Keberhasilan UKM menunjukkan kematangan persaingan global yang merupakannukuran dari sistem ekonomi yang didasarkan pada orang ekonomi. Orientasi kewirausahaan dan strategi bisnis diduga sebagai faktor pendukung keberhasilan UKM. Tujuan utama dari makalah ini adalah untukmencoba menganalisis hubungan antara kewirausahaan orientasi dan strategi bisnis di kinerja UKM.Hasil pembahasan dari makalah ini menunjukkan bahwa UKM orientasi kewirausahaan dan biayastrategi bisnis kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Namun, untuk hubungan antara orientasi kewirausahaan dengan diferensiasi pemasaran dan strategi diferensiasi inovatif tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perusahaan.
KONSEP SUBNETTING IP ADDRESS UNTUK EFISIENSI INTERNET Nuryanto, Lilik Eko
Orbith Vol 11, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jumlah IP Address sangat terbatas, apalagi jika harus memberikan alamat semua host di Internet. Oleh karena itu, perlu dilakukan efisiensi dalam penggunaan IP Address supaya dapat mengalamati semaksimal mungkin host yang ada dalam satu jaringan. Konsep subnetting dari IP Address merupakanteknik yang umum digunakan di Internet untuk mengefisienkan alokasi IP Address dalam sebuah jaringan supaya bisa memaksimalkan penggunaan IP Address. Routing & konsekuensi logis lainnya akan terjadi dengan lebih effisien dengan metoda subnetting yang baik. Tulisan ini akan menyorot secara seksamakonsep / cara melakukan subnetting pada IP Address.
COVER DAN DAFTAR ISI ORBITH VOL. 11 NO. 1 MARET 2015 -, -
Orbith Vol 11, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

-

Page 1 of 2 | Total Record : 15