cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Orbith
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
ORBITH Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial adalah wadah informasi berbagai bidang ilmu berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait. Terbit pertama kali tahun 2005, dengan frekuensi terbit tiga kali dalam satu tahun pada bulan Maret, Juli dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 2 (2016): Juli 2016" : 11 Documents clear
RANCANG BANGUN KENDALI ON/OFF LAMPU PENERANGAN DENGAN TEKNOLOGI WIRELESS ZIGBEE SEBAGAI PENUNJANGPRATIKUM MIKROKONTROLER Sihono, Sihono
Orbith Vol 12, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerangan ruang merupakan kebutuhan utama yang sangat diperlukan pada setiap  tempat atau ruang baik untuk rumah tangga, perkantoran, tempat-tempat usaha, industri dan tempat- tempat lain. Pada penelitian ini akan dilakukan pembuatan alat kendali lampu penerangan ruang jarak jauh menggunakan teknologi nirkabel dengan protokol Zigbee, sehingga kendali lampu penerangan menjadi lebih mudahdan nyaman.Pembuatan alat kendali lampu nirkabel terdiri dari dua unit yaitu unit kendali yang terdapat saklar kendali ON/OFF lampu dan Unit beban yang berfungsi menterjemahkan informasi data digital menjadi keluaran nyala/padam lampu penerangan. Pada penelitian ini digunakan mikrokontroler AVRATMega 328 sebagai pusat kendali dan modul Zigbee DRF 1604 sebagai penghubung komunikasi data antara unit kendali dan unit beban. Hasil penelitian menunjukan bahwa data digital dapat dikirimkan melalui modul Zigbee sehingga perintah dari unit kendali dapat digunakan untuk memberi perintah nyala atau padam pada lampu penerangan. Pada penelitian ini juga dibuat program untuk merealisasikankendali lampu menggunakan bahasa C menggunakan program IDE Codevision yang merupakan bahasa pemrograman mikrokontroler yang banyak digunakan saat ini.
PERANCANGAN ANTENA MIKROSTRIP YAGI-ARRAY TIGA ELEMEN DENGAN FREKUENSI 642 MHz UNTUK PENERIMA SIARAN TELEVISI Rafsyam, Yenniwarti; Jonifan, Jonifan
Orbith Vol 12, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Antena Yagi, merupakan salah satu jenis dari antena yang dapat digunakan sebagai antenna penerima siaran televisi. Biasanya antenna yagi dibuat menggunakan plat alumunium. Dalam penelitian ini antenna yagi array 3 elemen dirancang dan dibuat menggunakan PCB jenis FR4 epoxy double layerdengan ketebalan 1,6 mm dan nilai konstanta dielektrik sebesar 4,4. Sebelum antenna ini dibuat, terlebih dahulu disimulasikan menggunakan Software CST Studio Suite. Hasil pengukuran antenna mikrostrip yagi array 3 elemen menunjukkan hasil bahwa antenna tersebut dapat bekerja pada frekuensi kerja 642 MHz dengan nilai return loss (S) sebesar -29.98887dB, VSWR sebesar 1.065397 dan gain antenna sebesar 3.34 dB. Pola radiasinya adalah uni directional, dan band width sebesar 39.36MHz. Hasil pengujian dari antenna Mikrostrip Yagi-Array 3 Elemen menunjukkan bahwa antenna ini dapat bekerja dengan baik sebagai penerima siaran televisi.
PRAKIRAAN DEBIT BANJIR PADA DAS LUSI DI KECAMATANBANJAREJO KABUPATEN BLORA Hadi, Tjokro
Orbith Vol 12, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Daerah Aliran Sungai Lusi memiliki luas sekitar 103,6 km2 terletak di Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, dipengaruhi oleh iklim tropis dimana pada monsun barat yang ditandai oleh musim hujan dengan curah hujan rata-rata 129,9 mm/tahun, memiliki intensitas curah hujan sekitar 40 mm/hari s/d/ 82 mm/hari. Intensitas curah hujan tersebut menyebabkan banjir limpasan sehingga mengakibatkan aliran tingkat sedimen pada daerah aliran sungai tersebut meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan prakiraan debit banjir akibat dari tingginya intensitas curah hujan pada daerah aliransungai Lusi. Penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode realitas dalam perhitungan debit banjir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa curah hujan rata-rata di wilayah DAS Lusi di Kecamatan Banjarejo sekitar 259,8 mm per tahun.Kemudian prakiraan curah hujan periode 5 tahunan sebesar 261,32 mm, periode 10 tahunan sebesar 281,82 mm, periode 20 tahunan sebesar 297,61 mm, periode 25 tahunan sebesar 302,89 mm, periode 50 tahunan 319,71 mm, dan periode 100 tahunan sebesar 337,22 mm. Dan selanjutnya prakiraan debit banjir di DAS Lusi Kecamatan Banjarejo sekitar177.989,66 m3/detik s/d 229.686,48 m3/detik. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlu dilakukan pengendalian erosi akibat aliran limpasan dengan mencegah aktifitas pembalakan liar pada hutan di wilayah hulu dari daerah aliran sungai tersebut.
LANGKAH HUKUM TERHADAP PELANGGARAN PEMBERIANTUNJANGAN HARI RAYA KEAGAMAAN Yulianto, Taufiq
Orbith Vol 12, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tunjangan Hari Raya Keagamaan adalah hak pekerja/buruh yang wajib dibayarkan oleh pengusaha. Pengusaha wajib memberikan THR Keagamaan kepada Pekerja/Buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 (satu) bulan secara terus menerus atau lebih. THR Keagamaan diberikan kepada Pekerja/Buruh yang mempunyai hubungan kerja dengan Pengusaha berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentuatau perjanjian kerja waktu tertentu. THR Keagamaan wajib dibayarkan oleh Pengusaha paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum Hari Raya Keagamaan. Jika terjadi pelanggaran terhadap ketentuan pembayaran THR atau THR tidak dibayar secara penuh, hal ini akan menjadi dasar perselisihan hak sebagai bagian dari sengketa hubungan industrial yang harus diselesaikan sesuai ketentuan UU No. 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.
COVER DAN DAFTAR ISI ORBITH VOL. 12 NO. 2 JULI 2016 -, -
Orbith Vol 12, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

-
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN DENGAN METODE UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML) DI TAMAN KANAK – KANAK PGRI PATARUMAN BANJAR Mustari, Dewi
Orbith Vol 12, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembahasan dalam penelitian ini adalah mengenai perancangan sistem informasi pembelajaran dengan  menggunakan model unified modeling language (UML). Penelitian sebelumnya membahas mengenai model pembelajaran dengan knowledge management sistem untuk membantu guru dalam menyiapkan materi pembelajaran. Sebelum mengimplentasikannya dalam bahasan pemrograman tentunya peneliti akan membahas mengenai rancangan untuk sistem yang nantinya akan dibuat, di mulai dari rancanganproses dalam bentuk usecase, activity diagram dan sequence diagram, termasuk juga rancangan basis data yang akan digunakan pada aplikasi yang akan dibuat nantinya. Perancangan ini aakan sangat berguna bagi pembuat program yang akan menjadi acuan dalam membuat aplikasi pembelajaran untuk taman kanak – kanak pataruman banjar.
MASALAH OPEN TRANSITION PADA SAKLAR BINTANG- SEGITIGA SEBAGAI STARTING MOTOR INDUKSI 3 PASE Sarjono, Bambang
Orbith Vol 12, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu cara untuk mengurangi arus mula pada saat starting motor induksi 3 pase adalah dengan cara mengurangi tegangan suplay yaitu, memakai saklar Bintang-Segitiga ( star-delta starter). Dalam hal ini tegangan yang diberikan hanya 58% dari nominal dan mengakibatkan momen puntir starting turun menjadi 83% dari nominal, maka percepatannya menjadi kecil dan putaran normal dicapai lebih lama. Sehingga momen starting yang hanya 33% dari seharusnya. Secara teoritis arus starting menjadi turun, yaitu : 2 kali arus nominal. Tetapi perlu dikemukakan di sini bahwa arus starting teoretis di atas hanya dapat terlaksana bila dipergunakan star-delta starter tipe "closed-transition", yaitu pada saat perpindahan dari bintang (star) ke segitiga (delta) tidak terjadi pemutusan hubungan antara tegangan sumber dengan motor, tapi diselang dengan tahanan. Pada starter tipe "open-transition" akan terjadi pemutusan hubungan antara tegangan sumber dengan motor pada saat perpindahan dari bintang ke segitiga. Jadi dapat dikatakan bahwa, starter bintang-segitiga tipe "open-transition" tidak akan menguragi arus starting langsung. Maka dapat dikatakan  bahwa starter bintang-segitiga tipe "opentransition" tidak direkomedasikan untuk starting motorinduksi 3 pase.
PENANTIAN PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR DI INDONESIA Dwiatmanto, Lukas Joko
Orbith Vol 12, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Energi listrik sangat dibutuhkan oleh sebagaian besar manusia, termasuk di Indonesia, dan kebutuhannya semakin meningkat dari tahun ke tahun, bahkan di Indonesia sering terjadi krisis pasokan listrik. Sementara ketersediaan energi primer (minyak, gas bumi dan batubara) sebagai energi pembangkit tenaga listrik di Indonesia jumlahnya sangat terbatas, prosentasinya sangat sedikit dibandingkan yang tersedia di dunia. Hinggakini energi sebagai pembangkit tenaga listrik di Indonesia masih mengandalkan batu bara yang jumlah hanyanya 3,1% dari jumlah dunia. Sebagai solusi untuk mengatasi krisis energi listrik ditawarkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), namun terjadi penolakan oleh sebagian masyarakat karena ketakutan terhadap keselamatan PLTN, padahal saat ini perkembangan tenaga nuklir dalam aspek keselamatan dan teknologi sudah sangat maju dan kedewasaannya sudah semakin matang. Selain itu dari sisi lingkungan PLTN paling bersih, serta dari sisi ekonomi PLTN paling ekonomis dibanding pembangkit listrik yang lain. PLTN yang beroperasi di dunia terdapat beberapa model, seandainya PLTN jadi dibangun di Indonesia dan jika hanya untuk mengatasi pasokan energi listrik bukan untuk pengembangan senjata nuklir dipilih model yang paling aman dari generasi terbaru.
ANALISA KINERJA HANDOVER VOIP PADA SISTEM WLAN BERBASIS IEEE.802.21 MIH Widiasari, Cyntia; Harinitha, Dwi
Orbith Vol 12, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

VOIP merupakan layanan yang memiliki persyaratan QoS yang ketat dalam hal ketepatan waktu dan kualitas suara yang dibutuhkan user pada jaringan WLAN. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mobilitas handover dapat berdampak pada kualitas suara karena keterlambatan proses penyerahan.Agar komunikasi tidak terputus diperlukan fasilitas Soft Handover, sehingga komunikasi dijamin terus tersambung tanpa perlu melakukan pemanggilan ulang kembali atau inisialisasi ulang.Media Independent Handover merupakan  standar  IEEE  802.21 MIH  yang  dikembangkan untuk  mendukung  handover  antar  teknologi  wireless  yang  berbeda.  Pada penelitian ini dilakukan implementasi dan analisa kinerja handover VOIP pada sistem WLAN. Dengan menggunakan metode Media Independent Handover (MIH) yang dibangun menggunakan Operasi System Linux (ubuntu 12.04) dengan software ODTONE dan server VOIP menggunakan Asterisk. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui kualitas komunikasi VOIP pada jaringan WLAN pada saat terjadi handover berdasaran hasil pengukuran parameter QoS berupa delay, jitter dan throughput. Dimana rata-rata nilai delay saat handover sebesar 17,759 ms dengan rata-rata jitter 5,971 ms. Nilai throughput yang dihasilkan berbeda-beda, rata-rata sebesar 31.55 kbps tergantung jumlah data yang dikirim dari setiap pengujian. Semakin banyak paket yang dikirim, nilai throughput yang dihasilkan semakin besar. Jika dibandingkan dengan hasil pengujian pada jaringan tanpa MIH, terlihat bahwa standar IEEE 802.21MIH dapat mengoptimasi layanan QoS VOIP.
PENYELEKSI KALENG BERDASARKAN KETINGGIAN Wicaksono, Aditya Robbi; Krishna, Bangun
Orbith Vol 12, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Industri Indonesia yang semakin berkembang ini, peranan manusia perlahan-lahan digeser dan digantikan dengan sistem kontrol industri otomatis. Banyak industri yang umumnya menggunakan Progammable Logic Control (PLC) karena kemudahan penggunaannya. Berdasarkan dengan hal tersebut, maka dibuatlah alat penyeleksi ketinggian kaleng berdasarkan ketinggian yang berguna untuk mempercepat proses seleksi kemasan kaleng berdasarkan ketinggian dalam proses produksi di industri. Alat ini memiliki sebelas masukan dan dua belas keluaran. Perangkat masukan terdiri dari Push Button Start, Push Button Stop, lima Sensor LDR dan Laser digunakan untuk mendeteksi kemasan kaleng, dan empat Limit Switch digunakan untuk pembatas penggerak Konveyor Dua, sedangkan perangkat keluaran terdiri dari lampu indikator motor, lampu indikator driver, empat konveyor, driver motor CW dan driver motor CCW digunakan untuk menggeser konveyor ke kanan dan ke kiri, serta empat lampu indikatorkonveyor. Pemroses yang digunakan pada alat ini adalah PLC Omron CP1E 30 I/O.

Page 1 of 2 | Total Record : 11