cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Orbith : Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial
ISSN : 18582095     EISSN : 25034847     DOI : http://dx.doi.org/10.32497/orbith
Core Subject : Science,
ORBITH Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial adalah wadah informasi berbagai bidang ilmu berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait. Terbit pertama kali tahun 2005, dengan frekuensi terbit tiga kali dalam satu tahun pada bulan Maret, Juli dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 13, No 3 (2017): November 2017" : 9 Documents clear
SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PERUSAHAAN Setyoko, Setyoko
Orbith Vol 13, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Manajemen Keslamatan dan Kesehatan kerja adalah bagian dari sistem manajemen yang meliputi struktur organisasi, perencanaan, tanggung jawab, pelaksanaan, prosedur, proses dan sumber daya yang dibutuhkan bagi pengembangan penerapan,pencapaian, pengkajian dan pemeliharaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja pada perusahaan  merupakan salah satu cara untuk menjamin konsisten dan efektifitas perusahaan dalam mengendalikan sumber bahaya dan penerapan SMK3 dapat meminimalkan resiko, mengurangi dan mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta memaksimalkan efisiensi perusahaan  yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Manfaat SMK3 adalah pemenuhan perusahaan terhadap peraturan perundangan (K3), meningkatkan produktivitas perusahaan, terpantaunya bahayadan resiko diperusahaan (mencegah kerugian yang lebih besar), mengetahui kinerja SMK3 perusahaan (Pengakuan terhadap kinerja SMK3 diperusahaan, meningkatkan image perusahaan pada akhirnya akan meningkatkan daya saing perusahaan.Kata kunci :  SMK3
COVER DAN DAFTAR ISI ORBITH VOL. 13 NO. 3 NOVEMBER 2017 -, -
Orbith Vol 13, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

-
RANCANG BANGUN ALAT PENGKONDISI KOLAM BUDIDAYA IKAN Kusumastuti, Sri
Orbith Vol 13, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembudidayaan ikan agar mendapatkan hasil ikan yang berkualitas perlu diperhatikan beberapa hal seperti : pemberian pakan, suhu air dan pH air kolam. Ikan untuk mendapatkan nutrisi yang cukup perlu diberikan pakan yang rutin dan tepat waktu, suhu dan pH air harus dijaga normal. Penelitian yang akan dilakukan bertujuan merancang dan membuat alat untuk memberi pakan ikan secara otomatis sesuai waktu yang ditentukan, mengukur suhu dan mengkondisikan suhu air kolam, dan memantau PH air kolam dengan kontrol menggunakan Smart Relay. Wadah pakan ikan dibuka dengan gerakan motor, pembatas gerakan motor digunakan limit switch. Sensor suhu menggunakan thermostat, hasil pengukuran ditampilkan di seven segmen. Jika hasil pengukuran suhu dibawah normal, heater memanaskan air kolam, dan ketika hasil pengukuran suhu diatas normal peltier, kipas, watercooling block dan pompa air bekerjasama menurunkan suhu air kolam. Kondisi pH air diindikasikan dengan lampu, Jika pH air kolam dibawah normal, lampumerah berkedip dan jika pH air kolam diatas normal, lampu kuning berkedip.Kata kunci: Pakan ikan, Suhu air, PH air, Smart Relay  
RANCANG BANGUN “I GOT A STONE” GAME EDUKASI PENGENALAN JENIS BATU PERMATA BERBASIS ANDROID Hestiningsih, Idhawati; Suyanto, Budi; Rachman, Rizky Amanda
Orbith Vol 13, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Batu permata merupakan sebuah kekayaan alam yang indah dan memiliki nilai jual. Oleh karena itu, batu permata perlu diperkenalkan kepada masyarakat. Pengenalan batu permata tentu akan menimbulkan kejenuhan bila dilakukan dengan metode konvensional maupun dalam bentuk bacaan, sehingga diperlukan cara yang menyenangkan untuk mengenalkan batu permata yaitu melalui game. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun “I GOT A STONE” yaitu game edukasi pengenalan jenis batu permata yang menyajikan petualangan berbasis Android sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang batu permata. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall. Perancangan game menggunakan model UML yang diwujudkan dalam bentuk diagram use case. Game dibuat dengan Adobe Flash Professional CS6 dengan Action Script 3.0. Metode kuesioner juga digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game telah berfungsi dengan baik pada smartphone Android. Hasil kuesioner menunjukkan tingkat kepuasan pengguna adalah 81,2% dan tingkat kepuasan ahli batu permata adalah 80%.Kata kunci : batu permata,  game, edukasi,  android,  flash
SISTEM INFORMASI PENYALURAN ZAKAT MAL UNTUK WARGA FAKIR DAN WARGA MISKIN DENGAN METODE FUZZY LOGIC Hayati, Umi
Orbith Vol 13, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Zakat merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam yang digunakan untuk membantu masyarakat lain, menstabilkan ekonomi masyarakat dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Dari permasalahan yang ada yaitu masyarakat sulit mendapatkan informasi data warga fakir dan warga miskin karena tidak adanya sistem informasi untuk memudahkan dalam menyalurkan zakat mal di sekitar rumah. Maka untukitu dibuat suatu Sistem Informasi Penyaluran Zakat Mal untuk Warga Fakir dan Warga Miskin dengan menggunakan Metode Fuzzy Logic. Aplikasi ini berbasis web yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman PHP. Metode pengembangan sistem menggunakan metode pengembangan perangkat lunak prototype. Dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat/muzzaki dalam penyaluran zakat mal kepada warga fakir dan warga miskin terdekat.Kata kunci: Zakat Mal, Fuzzy Logic, Web, Prototype, Warga Fakir, Warga Miskin
ANALISA RANGKAIAN ELEKTRONIKA DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM SIMULASI SPICE Nuryanto, Lilik Eko
Orbith Vol 13, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SPICE adalah singkatan dari Simulation Program for Integrated Circuits Emphasis. (Program simulasi untuk pengguna IC). PSpice merupakan versi PC dari SPICE (yang saat ini ada di OrCAD Corp. dari Cadence Design Systems, Inc). SPICE merupakan salah satu perangkat lunak yang baik untuk melakukan simulasi rangkaian elektronika baik analog maupun digital. SPICE merupakan sebuah program yang dapat melakukan simulasi rangkaian elektronika lewat komputer. Anda dapat menyaksikan bentuk gelombang  dari tegangan maupun arus di rangkaian tersebut. SPICE ini menghitumh tegangan serta arus versus waktu (Analisa Transien) atau juga versus frekuensi (Analisa AC). Selain itu tidak sedikit juga program ini digunakan untuk  menganalisa sensitivitas, DC, derau dan distorsi. Suatu rangkaian elektronika dapat dengan lebih mudah dirancang dan dianalisa serta disimulasikan dengan bantuan program SPICE tersebut. Kata Kunci : SPICE, PSPICE, OrCAD, NetList, Analisa, Simulasi, Rangkaian ,AC, DC,Transient
PERANGKAT KOHESIF DALAM ABSTRAK ARTIKEL ILMIAH Suroso, Iman
Orbith Vol 13, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai sebuah genre wacana tulis yang ringkas namun mampu memberi gambaran menyeluruh tentang isi sebuah karya tulis, abstrak harus memiliki ikatan gramatika dan leksikal yang memberi makna pada gagasan yang dituangkan. Gagasan itu disebut perangkat gramatika, yang dibedakan menjadi beberapa jenis. Tulisan ini bermaksud mengidentifikasi jenis perangkat kohesif tersebut, kemudian mengidentifikasi contoh perangkat yang paling sering muncul. Enam buah abstrak digunakan sebagai sampel dalam pengidentifikasian ini. Dari hasil identifikasi diperoleh dua contoh perangkat kohesif yang paling seringmuncul, yaitu and dan this. Key words: abstrak, moves, perangkat kohesif dan jenis.
PERAN BARU PUSTAKAWAN DI ERA MEA Sumarsih, Sri
Orbith Vol 13, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran baru pustakawan di era masyarakat ekonomi Asean (MEA) memberikan dampak kepada para pustakawan untuk berbenah diri dengan meningkatkan kompetensi diri baik dalam meningkatkan kemampuan diri, kemampuan sosial, intelektual dan bidang IT merka untuk dapat bersaing dan sejajar dengan pustakawan dari luar. Adanya persaingan tersebut diperlukan untuk menjadi pustakawan yang smart dalam berinovasi untuk meningkatkan kualitas diri mereka. Strategi yang perlu dilakukan oleh para pustakawan adalah salah satunya dengan memiliki standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh Special Libraries Association (SLA) yaitu pustakawan perlu memiliki kompetensi profesional, kompetensi pribadi dan kompetensi Inti atau umum.Kata Kunci: Pustakawan, Kompetensi, MEA
FAKTOR YANG PALING BERPENGARUH TERHADAP WAKTU PELAKSANAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI Studi Kasus Pembangunan Proyek Apartemen di Jakarta Selatan Susilowati, Fajar; Risqi, Alfa
Orbith Vol 13, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Orbith

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini akan dibahas tentang Pengendalian Waktu pada pekerjaan upper struktur di salah satu Proyek Pembangunan Apartemen di Jakarta Selatan dengan menggunakan Metode Analytic Hierarcy Process (AHP). Metode ini dilakukan dengan menyusun hierarki factor penyebab keterlambatan terlebih dahulu, kemudian dari perhitungan tingkat kesetujuan pada setiap factor penyebab terjadinya keterlambatan tersebut selanjutnya diurutkan berdasarkan ranking dari faktor yang paling menentukan dan paling sering terjadi. Setelah itu untuk mengetahui pengendalian keterlambatan tersebut, dilakukan berdasarkan besar dampak keterlambatan pekerjaan tersebut terhadap master schedule. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa faktor permintaan perubahan atas pekerjaan yang telah selesai sebagai faktor utama penyebab keterlambatan. Sedangkan keterlambatan pekerjaan upper struktur terbesar adalah dengan kinerja keterlambatan -16% (katagori keterlambatan kritis terancampemutusan kontrak) diukur dari master schedule. Analisis penanganan keterlambatan untuk katagori kritis pada proyek ini dapat ditangani dengan perubahan metode kerja, dan jika keterlambatan sudah diatas dari batas kritis (> 15%), maka sebaiknya dilakukan rescheduling. Kata Kunci : Waktu, Faktor, Kritis

Page 1 of 1 | Total Record : 9