cover
Contact Name
Ismarti
Contact Email
ismarti@fkip.unrika.ac.id
Phone
+6281364348485
Journal Mail Official
pythagorasredaksi@gmail.com
Editorial Address
Kampus Universitas Riau Kepulauan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Jl. Batuaji Baru No.99 Batuaji Batam Kepulauan Riau, Indonesia
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 23015314     EISSN : 26157926     DOI : https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2
Core Subject : Education,
Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of the research, and give a significant contribution to the development of mathematic educaton in several topics, but not limited to: - Mathematic education includes media, method and math learning technology - Applied mathematics and statistic
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika" : 9 Documents clear
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING Muhammad, Malim; Akhsani, Lukmanul
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (958.401 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i2.464

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan metode k-means clustering melalui model problem based learning pada mata kuliah pengembangan media komputer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematis mahasiswa menggunakan tes pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada mata kuliah pengembangan media komputer meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai pemahaman kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada siklus 1 terdiri dari cluster 1 beranggotakan 22, cluster-2 beranggotakan 2, dan cluster-3 beranggotakan 1 mahasiswa dengan jarak minimum antar pusat cluster yang terjadi dari hasil iterasi adalah 1,252. Pada siklus 2 terdiri dari cluster-1 beranggotakan 4, cluster-2 beranggotakan 13, dan pada cluster-3 terdapat beranggotakan 8 mahasiswa dengan jarak minimum antar pusat cluster yang terjadi dari hasil iterasi adalah 1,527. Pada siklus 3 terdiri dari cluster-1 beranggotakan 7, cluster-2 beranggotakan 13, dan pada cluster-3 terdapat beranggotakan 5 mahasiswa dengan jarak minimum antar pusat cluster yang terjadi dari hasil iterasi adalah 1,521. Nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematika mahasiswa pada siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 mengalami peningkatan, dimana pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 24,84 termasuk kriteria kurang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 4%, pada siklus 2 nilai rata-ratanya sebesar 47,56 termasuk kriteria cukup dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 32% dan pada siklus 3 diperoleh nilai rata-rata 64,92 termasuk kriteria baik dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 60%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis mahasiswa meningkat.Kata kunci: Komunikasi Matematis, Problem Based Learning, K-Means Clustering Abstract. This research aims to improve the ability in mathematic communication of the students with the method of k-means clustering through problem based learning model on the courses of computer media development. This research is a classroom action research that consists of 3 cycles. To obtain the data of the ability in mathematic communication of the students used test at the end of each cycle. Based on the research results, the ability in mathematic communication of the students on the courses of computer media development increased. This is demonstrated by an increased understanding of the value of mathematical communication ability of students in cycle 1 there is cluster-1 consists of 22, cluster-2 consists of 2, and cluster-3 consists of 1 student with a minimum distance between the center of the clusters that occur from the results of the iteration was 1.252. On cycle 2 there is cluster-1 consists of 4, cluster-2 consists of 13, and cluster-3 consists of 8 student with a minimum distance between the center of the clusters that occur from the results of the iteration was 1.527.  On cycle 3 there is cluster-1 consists of 7, cluster-2 consists of 13, and cluster-3 consists of 5 student with a minimum distance between the center of the clusters that occur from the results of the iteration was 1.521. The average value of mathematical communication ability tests of students in cycle 1, cycle 2, and cycle 3 has increase, where in the cycle 1 obtained average value of 24.84 including criteria less with percentage by 4%, on the average value of cycle 2 of 47.56 including the criteria fair with percentage of 32% and study on cycle 3 obtained average value of 64.92 including the criteria good with percentage of 60%. It can be concluded that the ability of mathematical communication students increased.Keywords: Mathematical Communication, Problem Based Learning, K-Means Clustering
PERBEDAAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA DAN AUTOGRAPH DI MAN 1 MEDAN Hasibuan, Nailul Himmi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.211 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i2.469

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dan autograph. Jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi seluruh siswa MAN 1 Medan. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XI IPA 3 (41 siswa) diajarkan dengan PBM berbantuan geogebra dan kelas XI IPA 4 (43 siswa) diajarkan dengan PBM berbantuan Autograph. Instrumen yang digunakan berupa angket self eficacy. Analisis yang dilakukan menggunakan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap self- efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dengan Autograph (signifikan 0.005)Kata kunci: Berpikir Kritis, Self Efficaccy, Pembelajaran Berbasis Masalah, Geogebra, Autograph Abstract. The aim of this research is to know about the difference of students' self-efficacy between problem-based learning by Geogebra and Autograph. The research is a quasi-experiment. Population is students of MAN 1 Medan. The sampling technique is using purposive sampling. Class XI IPA 3 (41 students) was taught by PBM by GeoGebra and class XI IPA 4 (43 students) was taught by PBM by Autograph. The instrument use self-efficacy questionnaire. Analysis is done using ANAVA. The results showed that there are significant differences between the students' self-efficacy between problem-based learning by Geogebra and Autograph with sig (0.005).Keywords: Critical Thinking, Self Efficaccy, Problem Based Learning, GeoGebra, Autograph
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 50 BATAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Hanggara, Yudhi; Wajubaidah, Wajubaidah
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.207 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i2.465

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. (3) Interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 50 Batam Kelas VII tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menghasilkan hasil belajar lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan motivasi belajar sedang dan rendah, kemudian hasil belajar siswa dengan motivasi belajar sedang sama baiknya dengan hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan motivasi belajar siswa.Kata Kunci:  Jigsaw, STAD dan Motivasi Belajar  Abstract. This research aims to find out:  (1) The difference between the student learning outcomes who were given the treatment by cooperative learning model type Jigsaw and cooperative learning model type STAD. (2) The difference between the student learning outcomes who have high, medium and low learning motivation. (3) The interaction between cooperative learning model type Jigsaw and cooperative learning model type STAD againts student learning motivation. This research was quasi-experimental research with a 2x3 factorial design. The population of research was all students in grade 7 of SMPN 50 Batam for 2015/2016 academic year. Sampling is assosiated by cluster random sampling. The result of research showed that : (1) The Cooperative Leraning Model type Jigsaw had learnig outcomes better than the Cooperative Learning Model type STAD (2) The students with high learning motivation had learning outcome better than those with medium and low learning motivation. While, the students with medium learning motivation had learning outcome as good as those with low learning motivation. (3) There is no interaction between cooperative learning model type Jigsaw and cooperative learning model type STAD againts student’s learning motivation. Keywords: Jigsaw, STAD and Learning Motivation.
HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 27 BATAM Agustyaningrum, Nina; Suryantini, Silfia
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.363 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i2.470

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII  SMP N 27 Batam. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 27 Batam yang terdiri dari 129 siswa sedangkan metode pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam dengan besar hubungan yang termasuk kategori hubungan kuat; (2) terdapat  hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam dengan besar hubungan 0,5 yang termasuk kategori hubungan cukup; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan kepercayaan diri secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam dengan besar hubungan 0,6 yang termasuk kategori hubungan kuat.Kata kunci: kebiasaan belajar, kepercayaan diri, hasil belajar matematika Abstract. This study aims to find out if there any significant relationship between the habits of learning and self-confidence with mathematics learning outcomes of 8th graders in SMP N 27 Batam. This type of research was correlational with the population was all 8th graders of SMP N 27 Batam which consist of 129 students, while the sampling method was saturated sampling. The instrument used in this study was a questionnaire that had been tested for the validity and reliability. The data was analyzed using F and t test to test the significance of the correlation coefficient. The results of the study using 5% significant level, showed that (1) there was a significant relationship between the habits of learning with mathematics learning outcomes of 8th graders in SMP N 27 Batam with correlation coefficient 0,6 which belongs to strong relationship category; (2) there was a significant relationship between the self-confidence of 8th graders in SMP N 27 Batam with correlation coefficient 0,5 which belongs to enough relationship category; and (3) there was a significant relationship between the learning habits and self-confidence together with mathematics learning outcomes of 8th graders in SMP N 27 Batam with correlation coefficient 0,6 which belongs to strong relationship category.Keywords: habits of learning, self-confidence, mathematics learning outcomes
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA DITINJAU DARI GENDER PADA MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM SMP Untarti, Reni; Subekti, Fitrianto Eko
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (892.175 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i2.466

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada mata kuliah Telaah Kurikulum SMP ditinjau dari gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitiannya adalah mahasiswa semester III kelas B tahun ajaran 2016/2017 yang menggambil mata kuliah Telaah Kurikulum SMP. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematis. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 3 mahasiswa laki-laki dan 3 mahasiswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) baik mahasiswa laki-laki ataupun mahasiswa perempuan kurang mampu dalam menyajikan masalah dari bahasa verbal ke simbol matematis dan dalam penggunaan simbol kurang tepat, 2) mahasiswa laki-laki lebih tepat dalam menyajikan masalah ke bentuk diagram dari pada mahasiswa perempuan, dan 3) mahasiswa perempuan lebih tepat dalam memberikan alasan  atas suatu pernyataan dibandingkan mahasiswa laki-laki.Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gender, Telaah Kurikulum SMP  Abstract. This study aimed to describe the differences of mathematical communication ability of students on the subject Telaah Kurikulum SMP viewed from gender. This research is a descriptive study with qualitative approach. The subject of his research is the third semester students of class B in the academic year of 2016/2017 who took the subject of the Telaah Kurikulum SMP. Instrument used was in the form of mathematical communication ability tests. The sampling method was by purposive sampling technique, then it gained 3 male and 3 female students. The results showed that 1) both students of male or female students are less capable of presenting the problem of verbal language to mathematical symbols and the use of symbols is less precise, 2) male students is more appropriate in presenting the problem in the form of a diagram than female students, and 3) female students are more precise in giving reasons for a statement than male students.Keywords: Mathematical Communication Ability, Gender, Telaah Kurikulum SMP
PENGARUH METODE INTERACTIVE CONSEPTUAL INSTRUCTION (ICI) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP Bonita, Donna; Putra, Jaya Dwi; Jafri, Fauzan
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.104 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i2.471

Abstract

Abstrak. Berdasarkan observasi, proses pembelajaran yang diterapkan guru di SMP Negeri 4 Batam masih kurang optimal dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, sehingga masih terbilang rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode ICI terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, desain penelitian menggunakan model non-equivalent control group design Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan adalah test dalam bentuk uraian yaitu pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Batam yang terdiri 9 kelas, dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dipilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen menggunakan metode ICI dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa Terdapat perbedaan pengaruh Metode ICI dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batam tahun pelajaran 2015/2016. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yaitu 18,00 sedangkan kelas kontrol yaitu 14,36 dari skor ideal 24. Sedangkan untuk rata-rata nilai indeks gain kelas eksperimen yaitu 0,45 sedangkan rata-rata nilai indeks gain kelas kontrol yaitu 0,32 dari skor ideal 1,00 dengan kualitas peningkatannya berada pada interpretasi sedang. Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode ICI memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.Kata kunci: Interactive Conceptual Instruction, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstract. Based on the observation, the learning process which is implemented by teacher at SMPN 4 Batam were still less optimal in improving students’ mathematical communication ability, so that, it was still low.  The purpose of this research was to know the influence of ICI method toward the improvement of students' mathematical communication ability. This research was an Quasi Experimental research. The design of  research used Non-Equivalent Control Group Design. The method of collecting data and the instrument of the research was test. The test was formed an essay from pretest and posttest.  The population of this research was all of students at VIII grade in SMPN 4 Batam which consisted 9 classes.  The technique of colleting sample was puprosive sampling. It was choosen from class VIII B as experimental class which used ici method and class VIII C as control class which used conventional study. Based on data analysis result, it found that There is a difference of influence in ICI method with conventional study toward the improvement of students’ mathematical communication ability at VIII grade of SMPN 4 Batam in academic year 2015/2016. It was seen from the mean of posttest in experimental class was 18,00 and control class was 14,36 from ideal score 24. The mean of indeks gain value in experimental class was 0.45 and the mean of indeks gain value in control class was 0.32 from ideal score 1,00 with the quality of improvement was in average interpretation. From the result of the research, it could be concluded that ICI method gave influence in improving Students’ mathematical communication ability .Keywords: Interactive Conceptual Instruction, Conventional Learning, Mathematical Communication Ability.
ANALISIS REGRESI UNTUK MELIHAT KONTRIBUSI KEPUASAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN SEKOLAH ISLAM NABILAH KOTA BATAM Hermansah, Hermansah
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.483 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i2.472

Abstract

Abstrak. Analisis regresi adalah analisis lanjutan dari analisis korelasi. Analisis regresi digunakan untuk melihat kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen. Dalam penelitian ini akan dilihat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dan pengaruh kepuasan dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan. Variabel independennya adalah motivasi kerja dan motivasi kerja. Variabel dependennya adalah kinerja karyawan. Setelah diperoleh pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen otomatis langsung akan diperoleh kontribusi dari variabel independen terhadap variabel dependen dengan analisis regresi. Hasilnya kepuasan kerja karyawan terdapat pengaruh terhadap kinerja karyawan. Terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan.Kata kunci: Variabel Kepuasan, Motivasi dan Kinerja, Kontribusi dari Regresi.Abstract. Regression analysis is a further analysis of the correlation analysis. Regression analysis was used to look at the contribution of the independent variable on the dependent variable. In this study will be the effect of job satisfaction on employee performance, the effect of work motivation on employee performance and the influence of satisfaction and motivation to work together on employee performance. Independent variable is motivation and work motivation. The dependent variable is the performance of employees. Having obtained the influence of the independent variable on the dependent variable will automatically direct diproleh contribution of the independent variable on the dependent variable in the regression analysis. The results are employee satisfaction there is an influence on employee performance. Employee motivation there is an influence on employee performance. Job satisfaction and work motivation is positive and significant impact together on employee performance.Keywords: Variable Satisfaction, Motivation and Performance, Contributions of regression.
PENGEMBANGAN MEDIA LECTORA INSPIRE DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SMA KELAS X Zuhri, Muhammad Saifuddin; Rizaleni, Estin Agisara
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.431 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i2.463

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan bangun ruang SMA kelas X yang layak digunakan (valid) dan prestasi belajar peserta didik dengan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dengan Pendekatan Konstektual pada pokok bahasan bangun ruang SMA kelas X lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran konvensional. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D dengan tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Dalam penelitian eksperimen populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA N 1 Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik “Simple Random Sampling” Kelas X.6 sebagai kelas eksperimen, kelas X.3 sebagai kelas Kontrol, kelas X.2 sebagai kelas uji coba A, dan X.1 sebagai kelas uji coba B. Selanjutnya akan dilakukan validasi ahli dan uji coba lapangan terbatas. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan materi pembelajaran menunjukkan bahwa diperoleh persentase kevalidan ahli media adalah 87,5% dan kevalidan ahli materi pembelajaran adalah 92,5%. Berdasarkan analisis data dari ahli media dan ahli materi pembelajaran dinyatakan dalam kategori media yang layak digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian uji t satu pihak  menunjukan bahwa melalui uji t diperoleh thitung ttabel yaitu 2,6129 1,645, yang berarti prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari pada prestasi belajar peserta didik kelas kontrol. Juga ditunjukkan dengan rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, yaitu rata-rata nilai kelas eksperimen 51,68 dan rata-rata nilai kelas kontrol 43,33.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Pendekatan Kontekstual Abstract. The purpose of this study is to develop learning media-based on Lectora Inspire with contextual approach on the subject of geometry high school grade X decent used (valid) and learning achievements of learners with media-based learning Lectora Inspire Approach contextual on the subject of geometry high school grade X more better than learning achievement of students in conventional learning. This development study using 4-D model that consist of four phases, they are Define, Design, Develop, and Disseminate (Deployment). In the experimental study population in this study is class X SMA N 1 Petarukan Pemalang in the academic year 2014/2015. With the technique of "Simple Random Sampling" Class X.6 chosen as the experimental class, class X.3 as the control class, X.2 as the A trial class and X.1 as the B trial class. Further trials will be carried out expert validation and testing limited field trials. Based on the results of validation by media experts and instructional material indicates that the validity of the obtained percentage was 87.5% of media experts and validity of expert learning materials was 92.5%. Based on an analysis of data from media experts and expert learning materials stated in the media category were eligible for use in learning. From the research results of the t test showed that through the t test obtained t t table ie 2.6129 1.645, which means the achievement of learners experimental class is better than the achievement of learners control class. Also demonstrated by the average student achievement experimental class is better than the control class, which is the average value of the experimental class 51.68 and the average value of the control class 43.33.Keywords: learning media, Lectora Inspire, Contextual Approach
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PMRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII Yulia, Putri; Jamaliah, Siti
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.775 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v5i2.468

Abstract

Abstrak. Berdasarkan survey awal penelitian, ditemukan bahwa pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 28 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015 masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan sejauhmana keefektifan pendekatan pembelajaran Pendidikan  Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen. Design yang digunakan pada penelitian ini adalah posttest only control design. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 28 Batam.Sumber data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu dari tata usaha SMP Negeri 28 Batam.Instrumen yang digunakan yaitu dengan tes yang terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda.Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas dengan teknik Kolmogorov Smirnov, uji homogenitas dengan teknik uji t, dan uji hipotesis dengan teknik t-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji-t atas bantuan SPSS versi 20. Dari hasil analisis data pada penelitian ini maka diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 83,07, simpangan baku adalah 7,258,  rata-rata pada kelas kontrol adalah 82.20, simpangan baku adalah 6,042, dimana nilai  adalah 6,087 dan  adalah 2,045 dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan ketentuan dk = n-1 = 30 – 1 = 29, ternyata nilai   nilai  atau 6,087 2,045. Maka hipotesis  ditolak sekaligus diterima , artinya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) lebih efektif dari pendekatan pembelajaran Kurikulum 2013 ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015.Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Hasil Belajar Matematika  Abstract. Based on the initial survey research, it was found that in mathematics class VIII SMP Negeri 28 Batam academic year 2014/2015 is still relatively low. The purpose of this study was to reveal the exten of the effectiveness learning approach Indonesian Realistics Education (PMRI) and to the learning outcomes Junior High School eight grade students in the School year 2014/2015 28 Batam. This study was conducted using quantitative methods kinds of experiment. Design used in this research is the posttest only control design. This study took place in SMP Negeri 28 Batam. Source of the data obtained in this study is from the administration SMP Negeri 28 Batam. The Instrument used is to test consisting of 30 multiple choice items. Data analysis technique consist of testing the technique Kolmogorov-Smirnov normality, homogeneity test with t test techniques, and hypothesis testing with technical t-test. The data analysis technique used is the t-test on SPSS version 20. From the analysis of the data in this study the average values obtained in the experimental class is 83,07, the standard deviation is 7,258, the average in the control class is 82,20, the standard deviation is 6,042, where the value is 6,087 and t-table t-hitung is 2,045 with significance level α = 0,05 with the provisions df = N-1=29, it turns the value t-hitung t-tabel value or 6,087 2,045. Than the hypothesis is rejected at once accepted H0 Ha, approach means Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) is more effective than learning approaches Curriculum 2013 in terms of learning outcomes Junior High School eight grade Students in the School year 2014/2015 28 Batam.Keywords: Indonesian Realistic Mathematics Education, mathematics learning outcomes

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2022): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 10, No 2 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika More Issue