cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi
ISSN : 08542880     EISSN : 2541450X     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi is a media for Psychology and other related disciplines which focus on the finding of indigenous research in Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 6, No. 1, Mei 2002" : 18 Documents clear
KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA ANAK PENDERITA ASMA Yunita, Rosana Dewi; Wimbarti, Supra; Mustaghfirin, Mustaghfirin
Indigenous Vol. 6, No. 1, Mei 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4618

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara kemandirian dan motivasi berprestasi pada anak penderita asma, (2) perbedaan tingkat kemandirian dan motivasi berprestasi pada anak yang menderita asma dan anak yang tidak menderita asma. Penelitian ini menggunakan 56 siswa SLTP yang menderita asma dan 56 siswa SLTP yang tidak menderita asma sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian berasal dari tujuh SLTP di Yogyakarta, yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode skala, metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi parsial untuk menguji hipotesis pertama dan uji t untuk menguji hipotesis kedua. Berdasarkan hasil analisis diketahui (1) ada hubungan positif antara kemandirian motivasi berprestasi baik pada anak penderita asma, maupun anak yang tidak menderita asma, (2) tidak ada perbedaan tingkat kemandirian anak asma dengan anak yang tidak menderita asma, (3) tidak ada perbedaan motivasi berprestasi antara anak yang menderita asma dan anak yang tidak menderita asma. (4) tingkat absensi anak penderita asma dan anak yang tidak menderita asma tidak berbeda. 
MULTIKULTURALISME, AGAMA DAN PENDIDIKAN Khisbiyah, Yayah
Indigenous Vol. 6, No. 1, Mei 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4623

Abstract

Pluralisme dan multikulturalisme telah menjadi keniscayaan didunia yang mengglobal, apakah dalam tingkatan komunitas internasional, nasional maupun lokal. Intoleransi terhadap kenyataan multikultural hanya akan membawa masyarakat majemuk mengembangkan prasangka dan kebencian. Hal ini semakin mengeskalasi ketegangan dan konflik kekerasan yang telah terjadi akibat dipicu oleh ketidakseimbangan dan ketidakadilan di dalam dan antar masyarakat. Penulis berargumentasi bahwa tingginya intoleransi terhadap pluralisme dan multikulturalisme dewasa ini berakar pada dua problem. Pertama, kegagalan sistem pendidikan yang lebih menekankan keseragaman daripada keragaman budaya. Kedua, hegernoni agama formal dengan fokusnya pada klaim pembenahan diri daripada penghormatan mutual dan dialog. Untuk mengatasi masalah ini, penulis merekomendasikan dekonstruksi paradigma lama dari sistem pendidikan dan pengajaran agama, kemudian merekonstruksi paradigma baru yang lebih toleran dan lebih apresiatif terhadap pluralisme dan multikulturalisme
PENYESUAIAN SOSIAL DI SEKOLAH PADA SISWA-SISWI SLTP PENDERITA ASMA Asyanti, Setia; Sofiati, Muhana; Sudardjo, Sudardjo
Indigenous Vol. 6, No. 1, Mei 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4619

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian sosial di sekolah antara siswa SLTP penderita asma dan yang tidak asma. Subjek penelitian adalah siswa SLTP yang terdiri dari 78 penderita asma dan 78 siswa yang tidak menderita asma, yang berasal dari lima SLTP di kodya Yogyakarta. Data penelitian diambil dengan skala penyesuaian sosial di sekolah dan Culture Fair Intelegence Test (CFIT). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis konvariansi satu jalur. Hasil analisis menunjukkan (1) tidak ada perbedaan penyesuaian sosial di sekolah antara siswa penderita asma dan tidak asma, (2) ada perbedaan penyesuaian sosial di sekolah antara wanita dan pria, (3) ada perbedaan penyesuaian sosial di sekolah antara wanita penderita asma dan pria penderita asma, dan (4) tidak ada perbedaan tingkat absensi antara siswa penderita asma dan tidak asma.
PSIKOLOGI TRANSPERSONAL: KASUS SHALAT Wibisono Adi, Arif
Indigenous Vol. 6, No. 1, Mei 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4614

Abstract

Psikologi Transpersonal merupakan integrasi dari hikmah tradisi dunia spiritual dan kajian psikologi modern. Dalam pandangan transpersonal, Shalat merangsang ruh seseorang (aku yang fana-mikrokosmos) untuk menemui Ruh Ilahiah (AKU yang kekal-makrokosmos). Hal ini mengembangkan suatu pengalaman puncak atau suatu taraf kesadaran yang lebih dalam. Ketika kita mendekati kondisi ini, berbagai kekuatan dari ruh mulai muncul: kedamaian, kegembiraan, cinta kasih, kebahagiaan, dan kekuatan. Masuknya kualitas-kualitas ruh ini ke dalam kehidupan kita memberikan solusi bagi kebingungan dan derita kita. Pertumbuhan, transformasi, dan kesehatan akan dibangkitkan. 
KEMAMPUAN KOMUNIKASI IBU-ANAK TENTANG SEKSUALITAS DITINJAU DARI TINGKAT PENGETAHUAN IBU Lestari, sri; purwandari, eny
Indigenous Vol. 6, No. 1, Mei 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4620

Abstract

Kajian mengenai pendidikan seksualitas terhadap remaja menunjukkan bahwa peran keluarga masih rendah. Hambatan utama yang dialami oleh orangtua dalam menjalankan peran sebagai pendidik seksualitas adalah kurangnya informasi yang akurat tentang seksualitas dan kurangnya kemampuan dalam mengkomunikasikannya dengan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara tingkat pengetahuan ibu tentang seksualitas dengan kemampuannya mengkomunikasikan seksualitas pada anak. Tingkat pengetahuan ibu diukur dengan skala pengetahuan seksualitas, dan kemampuan komunikasi dengan skala kemampuan komunikasi. Subjek penelitian berjumlah 78 orang ibu yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Ciri-ciri yang diberlakukan untuk subjek adalah berpendidikan SMA ke atas dan memiliki anak yang masih bersekolah di SD. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan alat bank komputer program SPS 2000 dengan teknik analisis uji korelasi product moment. Hasil analisis diperoleh nilai r = 0.266, r2 = 0.071 dan p = 0.017. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan kemampuan komunikasi. 
KEKERASAN FISIK TERHADAP ANAK DAN STRATEGI COPING YANG DIKEMBANGKAN ANAK Patnani, Miwa; Ekowarni, Endang; Etsem, Magda Bhinnety
Indigenous Vol. 6, No. 1, Mei 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4615

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekerasan fisik yang diterima anak, baik dari ayah maupun dari ibu dengan strategi coping yang dikembangkan anak. Data kekerasan fisik, dan data strategi coping diperoleh melalui angket yang diberikan pada murid-murid sekolah dasar kelas V dan VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kekerasan fisik terhadap anak dengan strategi coping yang dikembangkan anak, tetapi tidak ada tipe strategi coping khas yang menonjol pada subjek penelitian ini. 
POLA BERPIKIR ANAK PRASEKOLAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERBAHASA Pratisti, Wiewien Dinar; Ekowarni, Endang
Indigenous Vol. 6, No. 1, Mei 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4621

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk membuktikan hubungan antara kemampuan berbahasa dengan pola berpikir pada anak prasekolah. Disamping itu, juga untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan ibu terhadap kemampuan verbal dan pola berpikir. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes “Pola Berpikir Anak Prasekolah” (PBAP) dan materi dari Tes Stanford-Binet bentuk L-M khususnya subtes vocabulary dan verbal fluency. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik purposive non random sampling. Mereka adalah 44 anak yang berasal dari TK di Gayam Sukoharjo, berusia 4-6 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari dan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di sekolah. Analisis product moment dari Karl Pearson dan Anava satu jalur digunakan untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa berhubungan dengan pola berpikir, sementara tingkat pendidikan ibu tak mempengaruhi kemampuan verbal anak serta pola berpikir.
HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN TINGKAH LAKU COPING Lestari, Rini; Purwati, Purwati
Indigenous Vol. 6, No. 1, Mei 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4617

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan tingkah koping, dan untuk melihat apakah religiusitas menyebabkan tingkah laku koping tertentu, yaitu matang atau tidak matang. Subjek penelitian terdiri dari 150 mahasiswa Fakultas Psikologi UMS angkatan 1995/1996, laki-laki dan perempuan serta beragama Islam. Hasil analisis menunjukkan bahwa subjek dengan religiusitas tinggi menunjukkan tingkah laku koping matang dan subjek dengan religiusitas rendah menunjukkan tingkah laku koping tidak matang. 
HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN SIKAP SADAR GENDER DENGAN KEPUTUSAN KARIR PADA REMAJA AKHIR PEREMPUAN Priyanggaeni, Woro Ayu; Prasetyaningrum, Juliani; Hakim, Siti Nurina
Indigenous Vol. 6, No. 1, Mei 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan sikap sadar gender dengan keputusan karir pada remaja akhir perempuan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi. Mereka berjumlah 70 orang. Cluster random sampling digunakan untuk mendapatkan subjek penelitian ini.Untuk pengambilan data digunakan tiga skala, yaitu Skala Keputusan Karir, Skala Kepercayaan Diri, dan Skala Sikap Sadar Gender. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dua predikator. Hasilnya menunjukkan (1) ada hubungan yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dan sikap sadar gender dengan keputusan karir remaja akhir perempuan. (2) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan keputusan karir remaja akhir perempuan, (3) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara sikap sadar gender dengan keputusan karir remaja akhir perempuan. 
PSIKOLOGI TRANSPERSONAL: KASUS SHALAT Arif Wibisono Adi
Indigenous Vol. 6, No. 1, Mei 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4614

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

2002 2002


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 1 (2022) Vol. 6 No. 3, 2021 Vol. 6 No. 2, 2021 Vol. 6 No. 1, 2021 Vol 6, No 1 (2021): Vol. 6 No. 1, 2021 Vol. 5 No. 2, 2020 Vol. 5 No. 1, 2020 Vol. 4 No. 2, 2019 Vol. 4 No. 1, 2019 Vol. 3 No. 2, 2018 Vol. 3 No. 1, 2018 Vol. 3 No. 1, Mei 2018 Vol. 2 No. 2, November 2017 Vol. 2 No. 1, Mei 2017 Vol. 2 No. 2, November 2017 Vol. 2 No. 1, Mei 2017 Vol. 1 No. 2, November 2016 Vol. 1 No. 1, Mei 2016 Vol. 1 No. 2, November 2016 Vol. 1 No. 1, Mei 2016 Vol. 13, No.1, Mei 2015 Vol. 13, No. 2, November 2015 Vol. 13, No.1, Mei 2015 Vol. 13, No. 2, November 2015 Vol. 12, No.1, Mei 2010 Vol. 12, No. 2, Nopember 2010 Vol. 12, No.1, Mei 2010 Vol. 12, No. 2, Nopember 2010 Vol.11, No.1, Mei 2009 Vol. 11, No. 2, November 2009 Vol.11, No.1, Mei 2009 Vol. 11, No. 2, November 2009 Vol. 9, No.1, Mei 2007 Vol. 9, No. 2, Nopember 2007 Vol. 9, No.1, Mei 2007 Vol. 9, No. 2, Nopember 2007 Vol. 8, No. 2, November 2006 Vol. 8, No. 1, Mei 2006 Vol. 8, No. 2, November 2006 Vol. 8, No. 1, Mei 2006 Vol. 7, No. 2, November 2005 Vol. 7, No. 1, Mei 2005 Vol. 7, No. 2, November 2005 Vol. 7, No. 1, Mei 2005 Vol. 6, No. 2, November 2002 Vol. 6, No. 1, Mei 2002 Vol. 6, No. 2, November 2002 Vol. 6, No. 1, Mei 2002 Vol. 4, No. 2, November 2000 Vol. 4, No. 1, Mei 2000 Vol. 4, No. 2, November 2000 Vol. 4, No. 1, Mei 2000 Vol. 3, No. 2, November 1999 Vol. 3, No. 1, Mei 1999 Vol. 3, No. 2, November 1999 Vol. 3, No. 1, Mei 1999 Vol. 2, No. 2, November 1995 Vol. 2, No. 2, November 1995 More Issue