cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi
ISSN : 08542880     EISSN : 2541450X     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi is a media for Psychology and other related disciplines which focus on the finding of indigenous research in Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 6, No. 2, November 2002" : 18 Documents clear
Peran Desensitisasi Sistematis dalam Pengaturan Reaksi Emosi Penderita Asma Aganthi, Nisa Rachmah Nur; Partosuwido, Sri Rahayu
Indigenous Vol. 6, No. 2, November 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4627

Abstract

Asma diidentifikasi sebagai gangguan disfungsi organik yang berkaitan dengan kondisi stres yang timbul sebagai hasil pengalaman masa lampau. Penelitian ini mencoba memahami desentisisasi sistematis dalam mengatur reaksi emosi penderita asma sebagai pendukung terhadap pengobatan medis. Desensitasi sistematis diharapkan dapat efektif untuk menurunkan aspek emosional dari penderita asma. Diasumsikan bahwa penderita asma memiliki reaksi emosi yang tinggi, terutama emosi negatif. Hal ini disebabkan adanya proses berpikir negatif yang muncul pada diri subjek dalam menilai relasi antara dirinya dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi sejauhmana peran desensitisasi sistematis dalam mengatur reaksi emosi, dan menguji desensitisasi sistematis dalam mengatur reaksi emosi, dan menguji desensitisasi sistematis dalam menurunkan reaksi emosi penderita asma melalui kelompok eksperimen dan kontrol. Hasilnya kelompok eksperimen yang mendapat pelatihan desensitisasi sistematis lebih mampu  menurunkan reaksi emosi daripada kelompok control yang tidak mendapat pelatihan.
TITIK KRITIS PERTEMUAN PSIKOLOGI TRANSPERSONAL DAN TASAWUF Purwanto, Yadi
Indigenous Vol. 6, No. 2, November 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4633

Abstract

Spiritualitas kini tengah hidup kembali setelah ditinggalkan sejak abad pertengahan. Kemunculannya masih tetap menimbulkan kontradiksi, baik dikalangan ilmuwan perilaku maupun dikalangan agamawan. Psikologi Transpersonal sebagai mazhab terakhir dari ilmu perilaku mencoba menjawab fenomena batiniah yang non-empiris ini, yang realitasnya ada tetapi selama ini seolah ditiadakan. Tasawuf sebagai ajaran bagian dari khasanah Islam telah memberikan suku cadang yang banyak bagi body of knowledge dari Psikologi Islami.Psikologi Islami, Tasawuf, dan Psikologi Transpersonal dapat bertemu dalam titik interaksi dan tidak kontradiksi. Setidaknya titik temu untuk mengakhiri paradigma bahwa sains tidak pernah bisa akur dengan Qur’an yang suci. 
Perjuangan Hidup Pengungsi Kerusuhan Etnis Hapsari, Ranie Ayu; Karyani, Usmi; Taufik, Taufik
Indigenous Vol. 6, No. 2, November 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4628

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku koping dan dinamikanya pada pengungsi ketika menghadapi kondisi yang menyedihkan, menekan, dan memprihatinkan. Subjek penelitian ini adalah suku Madura yang mengungsi ke Sampit Kalimantan Tengah yang disebabkan adanya konflik. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi pada 2 pria dan 2 wanita yang ditentukan melalui purposive non random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perilaku koping dikelompokkan menjadi 7 kategori dan dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, kesehatan mental, dan terjadi perubahan perilaku koping setelah pengungsi berada sedikitnya 1 tahun di Madura.
Gangguan Penyesuaian Diri pada Kaum Homoseksual Andara, Della; Prihartanti, Nanik; Karyani, Usmi
Indigenous Vol. 6, No. 2, November 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4624

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil gangguan penyesuaian diri pada kaum homoseksual dan memahami dinamika psikologis proses terjadinya gangguan penyesuaian diri pada kaum homoseksual. Subjek penelitian berjumlah 50 orang homoseks yang diambil dengan teknik purposive sampling. Ciri-ciri subjek adalah berusia lebih dari atau sama dengan 22 tahun, pendidikan SMA, dan anggota JLGI (Jaringan Lesbian dan Gay Indonesia) di Solo. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu Test Manson Evaluation, observasi dan wawancara. Data skor ME dan observasi dianalisis dengan analisis deskriptif dan data yang diperoleh dari wawancara dianalisis dengan metode induksi terhadap isi (content analysis) jawaban subjek. Hasil analisis menunjukkan bahwa gangguan penyesuaian diri yang paling menonjol ditunjukkan oleh aspek kecemasan (skor rata-rata 9,48) dan kegagalan sosial (skor rata-rata 9,34) serta 46% subjek mengalami gangguan penyesuaian diri yang tinggi (stanel 7-10).
Pelatihan Berpikir Optimis untuk Meningkatkan Harga Diri Pelacur yang Tinggal di Panti dan Luar Panti Sosial Lestari, Rini; Koentjoro, Koentjoro
Indigenous Vol. 6, No. 2, November 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  sejauhmana pelatihan berpikir optimis efektif untuk meningkatkan harga diri pelacur yang tinggal di panti dan luar panti sosial. Subjek penelitian ini adalah perempuan yang tinggal di panti ataupun luar panti sosial, berusia 15 sampai 30 tahun dan berpendidikan minimal SD. Jumlah pelacur yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 42 orang. Pelatihan berpikir optimis diberikan dalam 5 sesi dan setiap sesi berlangsung selama 120 menit. Adapun data mengenai harga diri diperoleh dari skala harga diri. Analisis data yang digunakan adalah anava gain score. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang sangat signifikan antar kelompok subjek dalam hal peningkatan Harga diri dan (2) tidak ada perbedaan antara subjek yang tinggal di panti dan luar panti sosial dalam hal peningkatan harga diri. Simpulan penelitian ini adalah pelatihan berpikir optimis efektif untik meningkatkan harga diri pelacur yang tinggal di panti dan di luar panti sosial, tetapi harga diri pelacur yang tinggal di panti sosial tidak lebih tinggi daripada harga diri pelacur yang tinggal di luar panti.
Dzikrullah : Suatu Transcedental Being dan Terapi Anward, Hemmy Heryati
Indigenous Vol. 6, No. 2, November 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4625

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus terhadap seorang subjek yang menjalani tarekat tertentu untuk mengatasi problema kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui apa dan bagaimana dzikrullah sebagai pengalaman tracedental , 2) memahami mengapa dan bagaimana dzikrullah bisa mempunyai efek terapeutik pada orang yang menjalaninya, dan 3) mengumpulkan data empiris untuk memformulasikan hipotesis sehubungan dengan aspek-aspek konsekwensi dari dzikrullah.
Kecenderungan Somatisasi Ditinjau dari Sense of Humor dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Cahyono, Rudi Tri; Irani, Niken; Lestari, Sri
Indigenous Vol. 6, No. 2, November 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4631

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sense of humor dan kemampuan menyelesaikan masalah  dengan kecenderungan somatisasi pada mahasiswa. Kecenderungan somatisasi yang dialami mahasiswa, tingkat sense of humor  yang dimiliki mahasiswa, dan kemampuan menyelesaikan masalah pada mahasiswa, diungkap melalui skala ukur. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Univeristas Muhammdiyah Surakarta angkatan 2001, berjenis kelamin perempuan, berumur antara 19-22 tahun, dan oernah menempuh atau mengikuti ujian tengah semester dan akhir semester. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sense of humor dan kemampuan menyelesaikan masalah dengan kecenderungan somatisasi.
Pengembangan Psikologi Indigenous di Indonesia Setiono, Koesdwirarti
Indigenous Vol. 6, No. 2, November 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4626

Abstract

Psikologi Indigeous muncul dari tradisi budaya setempat , berupa tingkah laku keseharian, dipahami dan diintrepretasi dalam kerangka pemahaman budaya setempat dan didesain untuk orang-orang setempat. Perkembangan Psikologi Indogeonus di Indonesia dapat dibangun melalui proses indigenesasi yang diwarnai oleh etnik yang ada di Indonesia sebagai sumber pengetahuan budaya setempat. Kendala yang ada pada saat ini dihadapi adalah kurangnya penelitian dasar untuk menemukan konsep-konsep psikologi yang indigenous. Untuk itu perlu kampanye penyadaran diantara psikologi sendiri untuk tidak semena-mena mentransport teori-tori Barat guna pemecahan masalah di Indonesia. Strategi melalui pendidikan tinggi pasca sarjana psikologi dipandang tepat sebagai penyebaran gagasan indigenisasi psikologi di Indonesia.
Ibadah Haji sebagai Prediktor Pembeda Intensi Prososial Yuwono, Susatyo
Indigenous Vol. 6, No. 2, November 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4632

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan intensi prososial antara muslim yang sudah menunaikan ibadah haji dan muslim yang belum menunaikan ibadah haji dengan mengendalikan faktor usia yaitu diatas 21 tahun dan bertempat tinggal di wilayah Kotamadya Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan intensi prososial antara muslim yang sudah menunaikan ibadah haji dan muslim yang belum menunaikan ibadah haji, yaitu intensi prososial muslim yang sudah menunaikan ibadah haji lebih tinggi daripada muslim yang belum menunaikan ibadah haji. Alat ukur menggunakan skala intensi prososial dan skala religiutas. Analisis data menggunakan teknik Analisis Kovarians 2 jalan (AB) dengan 1 Kovariabel. Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan intensi prososial dengan F = 30.505 dan p . 0,05 , dimana lebih tinggi intensi prososial pada muslim yang sudah menunaikan ibadah haji daripada yang belum menunaikan ibadah haji dengan rerata sesuaian 75.649 berbanding 72.508.
Gangguan Penyesuaian Diri pada Kaum Homoseksual Della Andara; Nanik Prihartanti; Usmi Karyani
Indigenous Vol. 6, No. 2, November 2002
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4624

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

2002 2002


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 1 (2022) Vol. 6 No. 3, 2021 Vol. 6 No. 2, 2021 Vol. 6 No. 1, 2021 Vol 6, No 1 (2021): Vol. 6 No. 1, 2021 Vol. 5 No. 2, 2020 Vol. 5 No. 1, 2020 Vol. 4 No. 2, 2019 Vol. 4 No. 1, 2019 Vol. 3 No. 2, 2018 Vol. 3 No. 1, 2018 Vol. 3 No. 1, Mei 2018 Vol. 2 No. 2, November 2017 Vol. 2 No. 1, Mei 2017 Vol. 2 No. 2, November 2017 Vol. 2 No. 1, Mei 2017 Vol. 1 No. 2, November 2016 Vol. 1 No. 1, Mei 2016 Vol. 1 No. 2, November 2016 Vol. 1 No. 1, Mei 2016 Vol. 13, No.1, Mei 2015 Vol. 13, No. 2, November 2015 Vol. 13, No.1, Mei 2015 Vol. 13, No. 2, November 2015 Vol. 12, No.1, Mei 2010 Vol. 12, No. 2, Nopember 2010 Vol. 12, No.1, Mei 2010 Vol. 12, No. 2, Nopember 2010 Vol.11, No.1, Mei 2009 Vol. 11, No. 2, November 2009 Vol.11, No.1, Mei 2009 Vol. 11, No. 2, November 2009 Vol. 9, No.1, Mei 2007 Vol. 9, No. 2, Nopember 2007 Vol. 9, No.1, Mei 2007 Vol. 9, No. 2, Nopember 2007 Vol. 8, No. 2, November 2006 Vol. 8, No. 1, Mei 2006 Vol. 8, No. 2, November 2006 Vol. 8, No. 1, Mei 2006 Vol. 7, No. 2, November 2005 Vol. 7, No. 1, Mei 2005 Vol. 7, No. 2, November 2005 Vol. 7, No. 1, Mei 2005 Vol. 6, No. 2, November 2002 Vol. 6, No. 1, Mei 2002 Vol. 6, No. 2, November 2002 Vol. 6, No. 1, Mei 2002 Vol. 4, No. 2, November 2000 Vol. 4, No. 1, Mei 2000 Vol. 4, No. 2, November 2000 Vol. 4, No. 1, Mei 2000 Vol. 3, No. 2, November 1999 Vol. 3, No. 1, Mei 1999 Vol. 3, No. 2, November 1999 Vol. 3, No. 1, Mei 1999 Vol. 2, No. 2, November 1995 Vol. 2, No. 2, November 1995 More Issue