cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi
ISSN : 08542880     EISSN : 2541450X     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi is a media for Psychology and other related disciplines which focus on the finding of indigenous research in Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 7, No. 2, November 2005" : 12 Documents clear
Keterlibatan Kerja Karyawan Ditinjau Dari Kesesuaian Aspirasi Kerja Pada Pekerjaa Yang Dilakukan Saat Ini Hakim, Siti Nurina
Indigenous Vol. 7, No. 2, November 2005
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4645

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar peranan kesesuaian aspirasi kerja pada pekerjaan yang dikerjakan saat ini terhadap keterlibatan kerja karyawan, dengan mengendalikan variabel masa kerja dan tingkat pendidikan. Instrumen penelitian ini menggunakan dua buah angket, angket yang pertama adalah Angkat Kesesuaian Aspirasi Kerja Pada Pekerjaan dan angket yang kedua adalah Angket Keterlibatan Kerja Karyawan. Kedua angket ini telah dibuktikan reliabel dan valid untuk dipergunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut ada korelasi positif sangat signifikan antara Kesesuaian Aspirasi Kerja Pada Pekerjaan Yang Dikerjakan Saat Ini Dengan Keterlibatan Kerja Karyawan. Terdapat tingkat kesesuaian aspirasi kerja pada pekerjaan yang dikerjakan saat ini yang termasuk dalam kategori tinggi. Tingkat keterlibatan kerjanya juga termasuk dalam ketegori tinggi. Artinya semakin tinggi tingkat kesesuaian aspirasi kerja pada pekerjaan yang dikerjakan saat ini, maka tingkat keterlibatan kerja karyawan juga semakin tinggi. Koefisien korelasi antara masing masing aspek dari variabel Kesesuaian Aspirasi Kerja. Pada pekerjaan yang dikerjakan saat ini dengan varabel Keterlibatan Kerja Karyawan semuanya menunjukkan adanya korelasi positif sangat signifikan. 
PERASALAHAN PSIKOSOSIOSPIRITUAL DALAM FENOMENA KUMUKUS Yuwono, Susatyo; Yuniarto, Iko
Indigenous Vol. 7, No. 2, November 2005
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4646

Abstract

Fenomena kemukus adalah ritual religio-magis berupa ziarah ke makam Pangeran Samudro yang diikuti oleh ritual seksual, yaitu berhubungan seksual dengan lawan jenis. Ritual ini dilakukan dengan keyakinan agar memperoleh apa yang diharapkan seperti pesugihan, berhasil dalam mencocok tanam, atau sembuh dari penyakit. Akan tetapi akhirnya yang lebih menonjol dalam ritual ini adalah praktek prostitusinya. Penelitian ingin mengungkap permasalah prikososiospiritual yang melingkupi fenomena kemukus. Cara penelitian dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu pelaku prostitusi, peziarah, warga masyarakat dan pemerintah daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek prostitusi muncul karena kepercayaan yang begitu kuat terhdap alur cerita atau legenda yang sudah menyimpang yang berkembang dalam masyarakat. Selain itu adanya sikap permasif pada warga masyarakat asli atas keberadaan prostitusi terselubung, yang berarti dapat menerima adanya prakek/kegiatan prostitusi. Tingginya ketergatungan pengahasilan masyarakat pendatang atas keberadaan makam menyebabkan praktek prostitusi terus berlangsung, apalagi aparat dan pemerintah daerah juga tidak melakukan penerbitan karena kawasan ini juga menyumbang devisa yang cukup besar. 
Adegan Dewaruci Dalam Pertunjukan Wayang Kulit Purwa: Tinjauan Aspek Pembentukan Kepribadian Sehat Setiawan, Heru
Indigenous Vol. 7, No. 2, November 2005
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4647

Abstract

Tokoh bima merupakan salah satu tokoh cerita wayang kulit purwa yang saling populer. Salah satu alasannya yang menaikkan popularitas bima adalah adanya citra spiritualitas yang disebabkan oleh adanya lakon carangan berjudul Dewaruci. Inti dari cerita dewaruci adalah pada adegan bima bertemu dengan dewaruci. Tujuan dalam penelitian ini adalah menggali nilai yang terkandung dalam adegan Dewaruci serta penggambaran citra pribadi sehat ideal yang ditawarkan. Dari hasil analisis naskah dan wawancara dengan narasumber terpilih, terungkap bahwa peningkatan spiritual merupakan hal terpenting dalam cerita pribadi ideal dalam adegan dewaruci. Peningkatan spiritualitas tersebut merupan proses untuk terus menerus bertumbuh dalam membentuk kualitas kesucian hati sebagai sarana mencapai tujuan hidup, yaitu kebahagiaan sejati setelah kematian. Proses peningkatan spiritual disini didasarkan pada tiga hal pokok, yaitu pemahaman tujuan, pengenalan dan pengendalian diri secara menyeluruh meliputi aspek fisik, psikis dan spiritual serta orientasi spiritual dalam perilaku. 
Keefektifan Psikoterapi Untuk Menurunkan Skor Kecemasan Pasien Gangguan Anxietas Sudiyanto, Aris
Indigenous Vol. 7, No. 2, November 2005
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4643

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan keefektifan psikoterapi mengurangi (menurunkan skor) kecemasan dan membandingkan keefektifan terapeutik antara psikoterapi dan kombinasi psikoterapi –farmakoterapi dalam penurunan skor kecemasan. Subjek penelitiannya 70 pasien gangguan anxietas dengan kriteria inklusi skor kecemasan T-MAS 22 atau lebih dari kriteria eksklusi menderita penyakit fisik atau cacat tubuh, penyalahguna NAPZA, gangguan kepribadian, dan psikosis, dibagi menjadi 2 kelompok penelitian, yaitu kelompok psikoterapi dan kelompok kombinasi psikoterapi –farmakoterapi dengan jumlah kelompok masing-masing 35 pasien. Rancangan penelitiannya adalah randomized two groups pre and post test design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Taylor Manifest Anxienty Scale (T MAS) dan Lie Scale Minnesota Multiphasic Personality Inventory ( Skala L-MMPI). Kesimpulannya adalah psikoterapi dapat menurunkan skor kecemasan secara bermakna mulai minggu IV. Kombinasi psiko-terapi dan psikofarmaka secara bermakna dapat menurunkan skor kecemasan mulai minggu 1 pengobatan. 
Mengungkap Pengalaman Spiritual Dan Kebermaknaan Hidup Pada Pengamal Thariqah Aida, Noor
Indigenous Vol. 7, No. 2, November 2005
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4648

Abstract

Pengalaman spiritulal sering muncul sebagai pengalaman batin yang sulit dijelaskan bagaimana kisahnya, bagaimana cara mendiskripsikan ke dalam bahasa yang rasional. Penelitian ini bertujan untuk mengungkap pengalaman spiritual komunitas thariqah kaitanya dengan kebermaknaan hidup. Penelitian dilakukan terhadap enam orang pengamal thariqah dengan karakteristik: (a) usia lebih dari 30 tahun, (b) pria dan wanita, (c) telah mengikuti thariqah minimal 3 tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui PIL Test, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Memasukkan sebuah tarekat merupakan coping dimana seseorang berharap berjumpa dengan pengalaman spiritual. (b) Tidak semua orang yang memasuki dunia tarekat bisa mendapatkan pengalaman spiritual, dan (c) pengalaman spiritual berpengaruh pada kehidupan orang yang mendapatinya. Pengamal Thariqah tetap menjalankan amalan amalannya meskipun telah berulang-ulang kali mendapatkan pengalaman spiritual. 
Transcendental Experiences Pada Dzikir “Patrap” Sebuah Tinjauan Psikologi Transpersonal Purwanto, Setiyo
Indigenous Vol. 7, No. 2, November 2005
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4644

Abstract

Dalam tinjauan psikologi Transpersonal dzikir merupakan salah satu dari bentuk meditasi transcendental. Patrap adalah sebuah metode yang digunakan sebagai dasar dasar pada praktek dzikir, yang dikembangkan oleh ustad Abu Sangkan berdasarkan pengalaman pribadinya. Metode patrap merupakan dzikir sekaligus meditasi transcedental yang ditandai dengan proses mengkonsentrasikan pada objek pikir Allah, penguasaan alam yang meliputi sagala sesuatu secara intens dan tidak terputus. Efek yang paling sering dialami oleh peserta dzikir patrap adalah munculnya kondisi tenang. Pernafasan berjalan dengan lebih lambat, badan menjadi rileks dan beberapa dari mereka dapat merasakan keheningan yang sangat dalam. Selain itu, mereka mendapatkan sensasi yang menyatu dengan alam dan muncul kesadaran bahwa Allah itu ada dan Allah itu satu dan ada dimana-mana. Inilah cosmic consciousness yang merupakan pengalaman yang banyak dialami oleh mereka yang melakukan meditasi seperti yang dijelaskan oleh Tart dalam psikologi Transpersonal sebagai transedental experience. 
Adegan Dewaruci Dalam Pertunjukan Wayang Kulit Purwa: Tinjauan Aspek Pembentukan Kepribadian Sehat Heru Setiawan
Indigenous Vol. 7, No. 2, November 2005
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4647

Abstract

Keefektifan Psikoterapi Untuk Menurunkan Skor Kecemasan Pasien Gangguan Anxietas Aris Sudiyanto
Indigenous Vol. 7, No. 2, November 2005
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4643

Abstract

Mengungkap Pengalaman Spiritual Dan Kebermaknaan Hidup Pada Pengamal Thariqah Noor Aida
Indigenous Vol. 7, No. 2, November 2005
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4648

Abstract

Transcendental Experiences Pada Dzikir “Patrap” Sebuah Tinjauan Psikologi Transpersonal Setiyo Purwanto
Indigenous Vol. 7, No. 2, November 2005
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/indigenous.v0i0.4644

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2005 2005


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 1 (2022) Vol. 6 No. 3, 2021 Vol. 6 No. 2, 2021 Vol. 6 No. 1, 2021 Vol 6, No 1 (2021): Vol. 6 No. 1, 2021 Vol. 5 No. 2, 2020 Vol. 5 No. 1, 2020 Vol. 4 No. 2, 2019 Vol. 4 No. 1, 2019 Vol. 3 No. 2, 2018 Vol. 3 No. 1, 2018 Vol. 3 No. 1, Mei 2018 Vol. 2 No. 2, November 2017 Vol. 2 No. 1, Mei 2017 Vol. 2 No. 2, November 2017 Vol. 2 No. 1, Mei 2017 Vol. 1 No. 2, November 2016 Vol. 1 No. 1, Mei 2016 Vol. 1 No. 2, November 2016 Vol. 1 No. 1, Mei 2016 Vol. 13, No.1, Mei 2015 Vol. 13, No. 2, November 2015 Vol. 13, No.1, Mei 2015 Vol. 13, No. 2, November 2015 Vol. 12, No.1, Mei 2010 Vol. 12, No. 2, Nopember 2010 Vol. 12, No.1, Mei 2010 Vol. 12, No. 2, Nopember 2010 Vol.11, No.1, Mei 2009 Vol. 11, No. 2, November 2009 Vol.11, No.1, Mei 2009 Vol. 11, No. 2, November 2009 Vol. 9, No.1, Mei 2007 Vol. 9, No. 2, Nopember 2007 Vol. 9, No.1, Mei 2007 Vol. 9, No. 2, Nopember 2007 Vol. 8, No. 2, November 2006 Vol. 8, No. 1, Mei 2006 Vol. 8, No. 2, November 2006 Vol. 8, No. 1, Mei 2006 Vol. 7, No. 2, November 2005 Vol. 7, No. 1, Mei 2005 Vol. 7, No. 2, November 2005 Vol. 7, No. 1, Mei 2005 Vol. 6, No. 2, November 2002 Vol. 6, No. 1, Mei 2002 Vol. 6, No. 2, November 2002 Vol. 6, No. 1, Mei 2002 Vol. 4, No. 2, November 2000 Vol. 4, No. 1, Mei 2000 Vol. 4, No. 2, November 2000 Vol. 4, No. 1, Mei 2000 Vol. 3, No. 2, November 1999 Vol. 3, No. 1, Mei 1999 Vol. 3, No. 2, November 1999 Vol. 3, No. 1, Mei 1999 Vol. 2, No. 2, November 1995 Vol. 2, No. 2, November 1995 More Issue