cover
Contact Name
Amrulloh
Contact Email
amrulloh985@gmail.com
Phone
+6285714129785
Journal Mail Official
jpifai@fai.unipdu.ac.id
Editorial Address
Kantor Fakultas Agama Islam Unipdu Jombang, Tromol Pos 10 Peterongan Jombang Jawa Timur Indonesia
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 2614428X     EISSN : 25501038     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Islam (JPI) adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian seputar pendidikan Islam ditinjau dari berbagai aspek dan sudut pandangnya. Jurnal Pendidikan Islam terbit berkala dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Pendidikan Islam dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang.
Articles 113 Documents
STUDI KOMPARASI TINGKAT MOTIVASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA YANG BERASAL DARI DALAM DAN LUAR DAERAH DI UNIPDU JOMBANG Hasunah, Umi; Jannah, Siti Nur
Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.015 KB)

Abstract

Motivasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam proses belajar. Keadaan motivasi tiap mahasiswa berbeda. Hal ini menjadikan adanya mahasiswa yang aktif dan pasif, sehingga hal ini butuh dipecahkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar antara mahasiswa yang berasal dari dalam dan luar daerah Jombang di Fakultas Agama Islam Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis penelitian ini menggunakan rumus presentase dan rumus SPSS uji t dua sampel saling bebas. Dari data penelitian dapat diketahui presentase motivasi belajar mahasiswa FAI yang berasal dari dalam Jombang sebesar 75.2%. Sedangkan motivasi mahasiswa FAI yang berasal dari luar Jombang sebesar 73.6%. Hasil analisis uji t hitung = 0.67 dan t table = 2.021 ternyata t hitung lebih kecil dari t tabel, sig. hitung = 0.103 lebih besar dari 0.05 artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan:?tidak terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar antara mahasiswa yang berasal dari dalam dan luar daerah Jombang di FAI Unipdu Jombang. Hal ini menunjukkan dengan adanya motivasi belajar yang tinggi dapat mendukung tercapainya tujuan utama pendidikan Islam.
STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK KARIMAH MELALUI KEGIATAN TAHFIZ ALQURAN DI PONDOK PESANTREN Hidayatulloh, Haris; Jannah, Miftakhul
Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.529 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kegiatan tah}fi>z} Alquran dalam membentuk Akhlak Karimah pada para santri di pesantren Al-Ittihad Tawangsari. Mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan dalam pembinaan Akhlak Karimah melalui kegiatan tahfiz Alquran. Jenis penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Sumber data meliputi sumber data primer dan sumber data skunder. Alat pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, interprestasi, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian sebagai berikut: pertama, pelaksanaan kegiatan tahfiz Alquran dari awal hingga saat ini berjalan dengan lancar tanpa suatu kendala yang berarti,setiap santri di beri kebebasan mengaplikasikan cara/metode untuk menghafal. Kedua, strategi yang digunakan dalam pembinaan Akhlak Karimah ialah dengan strategi ketauladanan, teguran dan nasihat, tidak langsung, kasih sayang, dan pembiasaan, metode-metode tersebut di terapkan melalui kegiatan tahfiz Alquran itu sendiri.
INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN TAḥFīẓ AL-QUR’āN: STUDI KASUS DI ASRAMA XI PUTRI MUZAMZAMAH-CHOSYI’AH REJOSO JOMBANG Racmawati, Eka; Maftuhatin, Lilik
Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.434 KB)

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting untuk dipraktikkan yaitu adanya tindakan yang tidak di inginkan terjadi pada santriwati Muzamzamah-Chosyi?ah diantaranya moral remaja dari tahun ke tahun terus mengalami degradasi kualitas dalam segala aspek moral: tutur kata, ketawa, bicara sangat keras, perilaku, sikap, berpakaian, hijab, dan kejahatan terhadap teman,. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana nilai pendidikan karakter,proses pelaksanaan pembelajaran, faktor-faktor yang menghambat dan yang mendukung dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan ta?f?? al-Qur??n . di Asrama Putri XI Muzamzamah-Chosyi?ah. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian teknik analisisdata,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter, proses pelaksanaan pembelajaran dalam progam ta?f?? dengan metode yang bervariasi, memberikan motivasi, keteladanan melalui metode cerita sehingga santri merasa nyaman dan mudah untuk menerima ilmu yang di sampaikan oleh ustazah. Santri akan mengikuti semua arahan ustazah demi kebaikan untuk dirinya.
HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI MADRASAH TSANAWIYAH Ulwiyah, Nur; Indarti, Sujiana Sri
Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.505 KB)

Abstract

Banyak faktor mempengaruhi model pembelajaran guru, di antaranya waktu digunakan guru untuk menjelaskan materi ke siswa. Pengetahuan akan berguna dalam proses pembelajaran Salah satu aktivitas belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada siswa.Tujuan penelitian mengetahui tingkat pemahaman siswa, korelasi antara model pembelajaran guru dengan tingkat pemahaman siswa di MTs Plus Darul?Ulum Rejoso Peterongan Jombang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket.Teknik analisis menggunakan rumus prosentase dan product moment, sampel penelitian 30 responden. Prosentase model pembelajaran guru63%. Tingkat pemahaman siswa 64,9%. Hasil analisis data product moment diperoleh  = 0,065 untuk taraf kesalahan ditetapkan 5% dan taraf kepercayaan ditetapkan 95%. Jika N = 30, maka r tabel = 0,361. Ternyata >maka H0 ditolak, Ha diterima.Sesuai tabel interprestasi koefisien korelasi nilai 0,065 masuk kategori sedang. Dapat disimpulkan terdapat hubungan model pembelajaran guru dengan tingkat pemahaman siswa di MTs Plus Darul?Ulum Rejoso Peterongan Jombang.
INTERNALISASI NILAI-NILAI PEDIDIKAN AKHLAK SANTRI PUTRI ASRAMA X HURUN INN PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM JOMBANG Umami, Santi Rika; Amrulloh, Amrulloh
Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.054 KB)

Abstract

Kemajuan pengetahuan dan teknologi, tidak sedikit dampak negatifnya. Dampak berbahaya adalah kerusakan akhlak. Hingga pesantren menjadi pilihan masyarakat dalam pendidikan moral dan agama. Tujuan penelitian untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan pendidikan, internalisasi dan faktor pendukung dan penghambat  internalisasi nilai-nilai pendidikan Akhlak di Asrama X Hurun Inn. Jenis Penelitian kualitatif dengan Metode Pengumpulan Data observasi, dokumentasi, wawancara. Teknik  Analisis Data  dan Pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, Verifikasi dan Kesimpulan. Hasil penelitian Pelaksanaan pendidikan akhlak yaitu pembiasaan akhlak terhadap diri sendiri, menanamkan kesopanan dalam kebiasaan sehari-hari,dan membangun interaksi baik. Proses internalisasi nilai pendidikan akhlak dengan memberikan materi pendidikan dan metode pembentukan akhlak, seperti pembiasaan shalat berjamaah, membersihkan lingkungan. Faktor pendukung, dukungan dan dorongan  positif dari orangtua, teman. Faktor penghambat Faktor dari diri sendiri, seperti sering pulangnya santri, sehingga  akan ada kegiatan yang terlewatkan. Kebiasaan buruk dirumah pada saat di pondok dapat membuat kurang maksimalnya dalam melakukan kegiatan yang ada di  asrama.
IMPLEMENTASI METODE RESITASI DAN CERAMAH PADA BIDANG STUDI SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH Solichin, Mujianto; Nuha, Ulin
Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.879 KB)

Abstract

Penggunaan metode yang tepat dalam pengajaran sangat penting, karena keberhasilan pengajaran tergantung kepada cocok tidaknya penggunaan metode pengajaran terhadap suatu materi yang diajarkan. Tujuan penelitian mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dilaksanakan metode resitasi dan ceramah, penerapan metode resitasi dan ceramah, peningkatan prestasi belajar siswa bidang studi SKI setelah menggunakan metode resitasi dan ceramah di MTs Darul Hikmah Beji Jogoroto Jombang. Jenis penelitian tindakan kelas dari teori Kurt Lewin terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas VII B sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data flow model dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian prestasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 25%, siklus I meningkat sebesar 55%, dan siklus II meningkat sebesar 85%. Maka penggunaan metode resitasi dan ceramah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi SKI di kelas VII B MTs Darul Hikmah Beji Jogoroto Jombang.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MADOGIWA NO TOTTO-CHAN PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI Arifin, Arifin; Karimah, Ghunniyatul
Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.393 KB)

Abstract

Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter tidak hanya dengan memasukkan nilai-nilai karakter dalam rencana pelaksanaan pembelajaran saja tanpa menerapkannya. Karena pendekatan paling efektif dalam penanaman nilai-nilai karakter adalah dengan pemberian contoh secara langsung. Pendidikan karakter merupakan proses tiada henti, pemerintah boleh saja berganti, raja boleh saja turun tahta, namun pendidikan karakter bukanlah proses diawal dan diakhirnya saja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan persamaan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Madogiwa no Totto-chan dengan nilai-nilai pendidikan karakter perspektif KH. Hasyim Asy?ari. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi yaitu dengan menghimpun referensi terkait topik dan menganalisisnya.Hasil kajian memberi kesimpulan bahwa antara nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Madogiwa no Totto-chan dan KH.Hasyim Asy?ari tidak ada perbedaan.Keduanya sama-sama bertujuan untuk membentuk manusia insan kamil yang berkarakter dan berbudi luhur.
PENGARUH PEMAHAMAN HUKUM BERHIJAB TERHADAP CARA BERBUSANA SISWI DI SMK NEGERI 2 JOMBANG Mardliyah, Aina'ul; Fitriyah, Faridatul
Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.645 KB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hukum berhijab terhadap cara berbusana siswi kelas XI di SMK Negeri 2 Jombang. Dengan pengambilan data dari angket yang disebarkan ke siswi SMK Negeri 2 Jombang kelas XI jurusan tata kecantikan rambut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode analisis statistik yaitu dengan cara mengolah data yang bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini ada pengaruh hukum berhijab terhadap cara berbusana siswi kelas XI di SMK Negeri 2 Jombang yang jumlah responden 46, menggunakan data dari hasil angket yang disebarkan tahun 2017. Ada hubungan antara hukum berhijab terhadap cara berbusana, diketahui bahwa rxy=0,721 untuk taraf kesalahan ditetapkan kesalahan ditetapkan 5% N=46, maka r tabel = 0,291. Diketahui bahwa t hitungr tabel, maka Ha ?diterima? dan Ho ?ditolak?. Perhitungan tersebut menghasilkan data dengan demikian dapat disimpulkan: terdapat pengaruh yang positif antara hukum berhijab terhadap cara berbusana siswi kelas XI di SMK Negeri 2 Jombang.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROSES KELOMPOK DALAM PENGELOLAAN KELAS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH Nadhifah, Umi; Mukhlisin, Mukhlisin
Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 2 (2019): Desember
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.755 KB)

Abstract

Pembelajaran Fikih cenderung membosankan yang mengakibatkan anak kurang berkonsentrasi sehingga banyak anak yang keluar masuk pada jam pelajaran sehingga kondisi kelas tidak kondusif. Tujuannya mengetahui suasana kondisi kelas saat pembelajaran sebelum dan sesudah dilaksanakan implementasi pendekatan proses kelompok. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis menggunakan flow model. Metode penelitian yang digunakan, metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, tiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan pada pra siklus dengan suasana kelas masih belum kondusif, dilihat dari persentase dari hasil observasi suasana kelas 13%, pada siklus 1 suasana kelas mengalami peningkatan nilai persentase mencapai 48%, pada siklus 2 suasana kelas dapat dikatakan kondusif dan hasil sesuai yang diharapkan yakni persentase mencapai 91%.
IMPLEMENTASI METODE CARD SHORT DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG ALQURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH Hakim, Dhikrul; Nikmah, Fharikhatun
Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.071 KB)

Abstract

Sebagian besar metode, suasana pembelajaran di sekolah yang diterapkan guru tampaknya belum efektif untuk memotivasi peserta didik dikarenakan guru belum menguasai karakteristik siswa, guru tidak bisa meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dilaksanakan metode card short, penerapan metode card short, Peningkatan prestasi belajar siswa bidang studi Alquran Hadis setelah menggunakan metode card short di MTs Darul Ulum Sumberpeganten Jogoroto Jombang. Jenis penelitian tindakan kelas dari teori Kurt Lewin terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII sebanyak 24 siswa. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data flow model dengan reduksi data, penyajian data kesimpulan. Hasil Penelitian Prestasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 25%siklus I meningkat sebesar 62,5% dan siklus II meningkat sebesar 87,5%. Maka penggunaan metode card short dapat meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi Alquran Hadis pada kelas VIII MTs Darul Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang.

Page 1 of 12 | Total Record : 113