cover
Contact Name
Nopriyanti
Contact Email
nopriyanti@fkip.unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jptm@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557389     EISSN : 26565153     DOI : -
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN: Kajian Teori dan Praktik Pembelajaran Teknik Mesin, merupakan Berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang pembelajaran teknik mesin.
Arjuna Subject : -
Articles 177 Documents
cobacoba burhan, ahmad
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
UPAYA MENINGKATKAN PERFORMA MESIN YAMAHA VEGA R DENGAN MELAKUKAN BORE UP DAN STROKE UP Dwi Supriyanto Lestari; Imam Syofii; Darlius Darlius
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 5, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v5i1.5331

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui besar peningkatan performa mesin yang berupa daya dan torsi yang diperoleh dari pengujian menggunakan alat dynotest. Penelitian ini dilaksanakan di MVK Racing Bandar Lampung, Lampung. Variabel dalam penelitian ini adalah daya, torsi dan putaran mesin yang didapat dari pengujian mesin standar, bore up, stroke up dan gabungan antara mesin bore up dan stroke up. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif, untuk mengolah data hasil uji dynotest dan kemudian data diolah menggunkan microshoft excel yang berupa tabel dan grafik. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan alat dynotest maka dapat disimpulkan kenaikan daya dan torsi dimana daya maksimal terlihat pada rpm 6000 dan torsi pada rpm 4000. Motor  yang telah di bore up mengalami kenaikan daya sebesar 0,7 Ps dan torsinya mengalami kenaikan sebesar  1 Nm. Selanjutnya untuk motor yang telah di stoke up mengalami kenaikan daya sebesar 0,1 Ps dan torsinya mengalami kenaikan sebesar 0,3 Nm. Dan untuk motor yang telah di bore up dan stroke up mengalami kenaikan daya sebasar 1,05 Ps dan torsinya mengalami kenaikan sebesar 1,3 Nm. Kata kunci: Daya, Torsi dan Putaran Mesin (RPM)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL (VIDEO) PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA Satrio Wibowo; Harlin Harlin; Farhan Yadi
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 3, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v3i1.5355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar media video pembelajaran yang valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Teknologi Sepeda Motor terutama pada materi penyetelan celah klep dan overhoul cylinder head sepeda motor. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Objek dalam penelitian ini adalah media video pembelajaran. Tahapan pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Validasi ahli dilakukan untuk mengetahui kevalidan produk. Sedangkan angket digunakan untuk mengetahui tingkat kepraktisan serta respon dan tanggapan mahasiswa terhadap media yang dibuat. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang valid untuk digunakan setelah mengalami revisi berdasarkan penilaian validator dan mahasiswa serta menghasilkan media pembelajaran yang memenuhi kriteria kepraktisan dengan persentase kepraktisan rata-rata 85%  berdasarkan hasil uji field test.
PENGARUH PENCAMPURAN ETANOL PADA PERTALITE TERHADAP PERFORMA MOTOR BEAT FI 2016 STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA Hilmi fauzi; Harlin Harlin; Imam Sjofi'i
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 4, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v4i1.5423

Abstract

Abstrak:Sepeda motor merupakan kendaraan bermesin yang banyak dipakai oleh manusia karena kemudahan penggunaan, harga yang murah, dan biaya operasional yang lebih efisien dibandingkan transportasi bermesin lainnya. Mesin menghasilkan performa berupa daya dan torsi yang dapat ditingkatkan dengan menaikkan kualitas bahan bakar yang dipakai sebagai sumber energi mesin. Bahan bakar berkualitas memiliki nilai oktan yang baik, nilai oktan pertalite dapat dinaikkan dengan mencampurkannya dengan etanol yang memiliki nilai oktan jauh lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui performa yang dihasilkan sepeda motor dengan mencampurkan bahan bakar pertalite dan etanol (2) Untuk mengetahui pada komposisi berapa campuran bahan bakar menghasilkan performa terbaik. Campuran yang dipakai dalam penelitian ini adalah C? ( pertalite 100% ) C? ( pertalite 90% + etanol 10% ) C? ( pertalite 80% + etanol 20% ) C? ( pertalite 70% + etanol 30% ). Penelitian ini menggunakan metode true experimental design dengan menggunakan dinamometer sebagai alat penguji torsi dan daya. Putaran mesin divariasikan dari 4000 sampai 11000 dengan range 1000 antar rpm. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dengan mencampurkan pertalite dan etanol terhadap performa yang dihasilkan motor Beat FI 2016 meliputi daya dan torsi. Performa mesin paling maksimal didapatkan dari campuran C? ( pertalite 90% + etanol 10% ) dengan daya terbesar 7.94 kW pada putaran mesin 11000 dan torsi terbesar 5.72 Nm pada putaran mesin 4000. Kata Kunci : Performa, Pertalite, Etanol
PENGEMBANGAN MEDIA COMPACT DISC INTERAKTIF BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN SISTIM BAHAN BAKAR BENSIN Darlius Darlius
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 1, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v1i1.1227

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media compact disk interaktif (CD) bagi siswa otomotif pada mata pelajaran otomotif kompetensi dasar sistem aliran bahan bakar bensin yang valid, praktis, dan efektif. Populasi penelitian adalah siswa kelas dua teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 2 Palembang. Media pembelajaran CD interaktif ini dikembangkan melalui tiga tahapan , yaitu analisis masalah , desain awal dan evaluasi media pembelajaran CD interaktif. Untuk melihat validitas media peneliti melakukan uji validasi media dan materi pembelajaran , secara paralel dan uji satu per satu. Untuk menentukan tingkat praktikalitas peneliti melakukan uji kelompok kecil dan untuk menentukan efektifitas penelitian dilakukan uji coba lapangan. Dari sepuluh deskripsi yang diamati selama kegiatan pembelajaran tujuh deskripsi muncul sangat baik dimana 85 % memperhatikan penjelasan guru secara seksama, 85% belajar memperlihatkan ekspresi gembira, 88% mengerjakan tugas/soal dengan tenang tanpa mencontoh kepada teman. Selanjutnya 90 % siswa mengerjakan soal tepat waktu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran CD interaktif berbasis konstruktivisme valid, praktis, dan efektif.
DIGITALISASI PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGUKURAN TEKNIK DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED-HEADS-TOGETHER) Imam sjofi'i
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 1, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v1i1.5430

Abstract

Imam SyofiiProgram Studi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Sriwijayaisyofii@gmail.com AbstrakPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah expostfacto, yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana pembelajaran pengukuran teknik melalui pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together).Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), diterapkan pada mahasiswa pendidikan teknik mesin semester IV TA 2011/2012. Hasil penelitian didapat bahwapengembangan digitalisasi perangkat pembelajaran pengukuran teknik dengan pendekatan kooperatif tipe  NHTpada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Semester IV TA 2011/2012 dinyatakan valid dapat digunakan untuk pembelajaran sehingga hasil belajar mahasiswa melampaui kriteria ketuntasan minimal. Rata-rata hasil belajar mahasiswa sebesar 77,33 dinyatakan berbeda secara signifikan dengan kriteria ketuntasan minimal sebesar 70, dengan nilai thitung = 3,910 > ttabel,?=5% =1,66. Sedangkan hasil rata-rata aktivitas mahasiswa menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 80,750% termasuk dalam kriteria 70% ? RS < 85% = aktif dan hasil rata-rata aktivitas mahasiswa berlatih soal sebesar 83% termasuk dalam kriteria 85% ? RS = sangat aktif.Kata kunci: digitalisasi, pengukuran teknik, kooperatif tipe NHT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL DRILL AND PRACTICE PADA MATA KULIAH PENGUKURAN TEKNIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA Euis Wulan Novita; Ahmad Burhan; Darlius Darlius
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 3, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v3i1.5344

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang interaktif dengan menggunakan model drill and practice pada mata kuliah pengukuran teknik. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya angkatan 2014 tahun ajaran 2015/2016. Subjek dari penelitian ini adalah aplikasi multimedia interaktif model drill and practice yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model Rowntree menurut Prastowo dengan tahapan perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes dengan instrument berupa lembar validasi ahli. Wawancara digunakan untuk mengetahui kekurangan dari produk. Angket digunakan untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk. Instrument lembar validasi ahli yang juga berupa angket untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media dan materi produk. Hasil penelitian yang telah dilakukan ini adalah: 1) Berdasarkan hasil dari evaluasi ahli, multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dari aspek materi dan layak dari aspek media. 2) Dari hasil evaluasi kelompok kecil melalui angket didapatkan persentase sebesar 89% dan dinyatakan multimedia interaktif sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran 3) Dari hasil uji coba lapangan melalui serangkaian tes berupa pre test dan post test didapatkan hasil rata-rata dari rumus N-gain sebesar 0,73 dan dinyatakan dalam kategori tinggi. Jadi, multimedia interaktif yang dikembangkan dikategorikan layak, sangat praktis dan memiliki efek potensial yang tinggi.
PENGARUH MODEL NHT MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PDO DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG Herulisman Herulisman; Darlius Darlius; Imam Syofii
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v5i2.6688

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengertahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) menggunakan media konkret terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 kali dengan subjek penelitian kelas eksperimen sebanyak 17 orang kelas X TKRO 3 grup A dan kelas X TKRO 4  grup A dengan jumlah 16 siswa  sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan lembar observasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji t. dari hasil analisis data diperoleh nilai ttabel sebesar 2,03951, sedangkan nilai thitung sebesar 2,45. Hal ini menunjukkan bahwa ttabel = 2,03951 < thitung = 2,45, dan Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa rata – rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen 82,353% > 67.969% kelas kontrol . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) menggunakan media konkret terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 2 Palembang
PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK BERBASIS ANIMASI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA Taptraga Hendra Wijaya; Harlin Harlin; Mohammad Amri Santosa
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v3i2.5360

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul berbasis animasi yang valid, praktis, serta memiliki efek potensial. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar modul berbasis animasi yang cocok atau sesuai untuk pembelajaran mata kuliah gambar teknik. Lokasi penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya pada tahun ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester satu yang mengambil mata kuliah gambar teknik. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, wawancara, angket dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan evaluasi pada tahap expert review dan one-to-one evaluation modul telah dinyatakan valid dari aspek desain dan content (isi modul) dan dilakukan revisi sesuai saran dan komentar dari ahli dan mahasiswa. (2) Dari evaluasi tahap small group  dan field test didapatkan skor angket sebesar 78.76%, sehingga modul berbasis animasi yang dikembangkan oleh peneliti dikategorikan praktis. (3) Rata-rata hasil post test  pada  evaluasi tahap field test adalah 87,14%. Sehingga modul berpotensi efektif (efek potensial) digunakan untuk pembelajaran.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF KELAS XI DI SMK YP GAJAH MADA PALEMBANG Nazrul Fahmi Husbi; Harlin Harlin; darlius Darlius
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 3, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v3i1.5348

Abstract

Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R & D). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk software pembelajaran multimedia interaktif berbentuk Flash untuk mata pelajaran kelistrikan otomotif  Di SMK YP Gajah Mada Palembang dalam bentuk CD yang valid untuk diterapkan sebagai media pembelajaran. Lokasi penelitian dilakukan di SMK YP Gajah Mada Palembang pada tahun ajaran 2013/2014. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran dengan multimedia interaktif dalam bentuk flash pada mata pelajaran kelistrikan otomotif. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) yang terdiri dari validasi ahli dan siswa. Validasi dilakukan untuk mengetahui kevalidan produk. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran multimedia interaktif dalam bentuk flash ini dikemas dalam bentuk sebuah CD (Compact Disc). Media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran kelistrikan otomotif yang didesain dinyatakan valid karena telah diuji kevalidannya oleh ahli media dengan hasil valid sebesar 83,3%, ahli materi pembelajaran dengan hasil valid  sebesar 90 %, uji kelompok kecil dengan hasil valid sebesar 90,9% dan uji kelompok besar dengan hasil valid sebesar 87,27%. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif yang didesain valid digunakan untuk mata pelajaran  kelistrikan otomotif.

Page 1 of 18 | Total Record : 177