cover
Contact Name
Nopriyanti
Contact Email
nopriyanti@fkip.unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jptm@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557389     EISSN : 26565153     DOI : -
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN: Kajian Teori dan Praktik Pembelajaran Teknik Mesin, merupakan Berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang pembelajaran teknik mesin.
Arjuna Subject : -
Articles 167 Documents
PERBANDINGAN MODEL TSTS DENGAN TPS TERHADAP HASIL BELAJAR TDO SMK PGRI TANJUNG RAJA Muhammad Fajri Agustian; Harlin Harlin; Darlius Darlius
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 5, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v5i1.5330

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray dengan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa SMK PGRI Tanjung Raja. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray dengan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa SMK PGRI Tanjung Raja?”. Model Two Stay Two Stray merupakan sistem pembelajaran kelompok dengan tujuan agar siswa dapat saling bekerja sama, saling membantu memecahkan masalah. Model Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang mempengaruhi interaksi dalam meningkatkatkan respon siswa terhadap pertanyaan, saling membantu, dan dapat memberi siswa waktu berpikir. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X TSM 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan X TSM 3 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dengan melakukan posttest sebanyak 20 soal pilihan ganda materi Mesin Konversi Energi. Diperoleh rata-rata kelas eksperimen 1 adalah 63,57 dan rata-rata kelas eksperimen 2 adalah 62,24. Sesuai dengan analisis data diperoleh bahwa nilai  dan , karena  <  sehingga  ditolak dan  diterima. Artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan model kooperatif tipe TSTS dan TPS terhadap hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif siswa kelas X SMK PGRI Tanjung Raja. Kata Kunci : Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, model pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR KELAS XI TKR SMK YPS PRABUMULIH Aidil Shaputra
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v3i2.5364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang di ajar dengan penggunaan metode eksperimen ( Kelas Eksperimen 1 )  dan metode demonstrasi ( Kelas Eksperimen 2) terhadap mata pelajaran sistem bahan bakar pada kompetensi menganalisa komponen-komponen sistem bahan bakar di SMK YPS Prabumulih serta mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dari penggunaan kedua metode tersebut.  Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan demonstrasi dimana terdapat dua sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK YPS Prabumulih yang berjumlah 3 kelas dengan jumlah siswa 98 dengan rincian kelas TKR 1 berjumlah 32 siswa TKR 2 berjumlah 31 siswa dan TKR 3 berjumlah 35 siswa Hasil yang telah didapatkan dari penggunaan metode Eksperimen yaitu pada prtemuan pertama menunjukan persentase siswa yang sangat aktif yaitu, 43,12% siswa yang aktif 46,87% siswa yang cukup aktif 9,37%. Lalu pada pertemuan kedua, persentase siswa yang sangat aktif yaitu 53,12% siswa yang aktif 43,75% siswa yang cukup aktif 3,12% kemudian pada pertemuan ketiga, persentase siswa yang sangat aktif yaitu 59,37% siswa yang aktif 40,62% yang cukup aktif 0% dan metode Demonstrasi pada pertemuan pertama yaitu siswa yang sangat aktif 37,14% siswa yang aktif 46,87% siswa yang cukup aktif 14,28% pada pertemuan kedua siswa yang sangat aktif yaitu 54,28% siswa yang aktif 45,71%siswa yang cukup aktif 11,42% pada pertemuan ketiga siswa yang sangat aktif 65,62% siswa yang aktif 37,14% siswa yang cukup aktif 3,12%. Di dapat rata-rata persentase aktivitas siswa yang menggunakan metode pembelajaran Eksperimen yaitu 80,24% dan pada metode pembelajaran Demonstrasi yaitu 77,86% dari hasil penelitian tersebut bahwa ada perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi. Ini dibuktikan dari hasil uji t-test yang memiliki nilai t-tabel 1,670 dan nilai t-hitung 0,791
PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE CAPTIVATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 INDRALAYA Afif Zulfakur; Imam Syofii; Harlin Harlin
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v5i2.6685

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Adobe Captivate Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Indralaya Utara” tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media adobe captivate dalam pembelajaran sistem perpindahan tenaga di kelas XI TKR SMKN 1 INDRALAYA, penelitian ini mengunakan metode ekperimen dengan ferrtes dan post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI TKR SMK Negeri 1 Indralaya utara berjumlah 90 siswa Dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 3 sebagai kelas ekperimen mengunakan media adobe captivate dan XI TKR 2 sebagai kelas control mengunakan media power point. Pengumpulan data mengunakan teknik tes, dokumentasi. Hasil post tets yang didapat yaitu rata-rata siswa pada kelas ekperimen adalah 82,1 dan nilai rata-rat pada post tets kelas control 80,1. Dan dari uji hipotesis bahwa hasil yang didapat adalah berdasarkan hasil dari pengujian peneliti,dari perhitungan didapat nilai thitung =5.672 sedangakan ttabel =1.67 dari daftar distribusi untuk  df = n1+n2-2 dan ttabel = (1-?). Maka nilai dari daftar distsribusi df =58  dan t (…) = 1.67 dengan demikian dapat disimpulkan thitung  > thitung maka H0 ditolak dan H1 diterima,yang artinya terdapat perbedaan antara mengunakan media adobe captivate dengan mengunakan media power point  pada mata pelajaran pemeliharan sasis dan pemindah tenaga pada kompetensi dasar menerapkan cara kerja transmisi.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PEMINDAH TENAGA MENGGUNAKAN STAND DIFFERENTIAL MODEL CUTTING SECTION PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA reza rijalullah; Darlius Darlius; Harlin Harlin
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 4, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v4i2.7172

Abstract

Penelitian ini membahas Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pemindah Tenaga Menggunakan Stand Differential Model Cutting Section Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran Sistem Gardan yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Subyek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNSRI angkatan 2013 yang akan mengikuti mata kuliah Sistem Pemindah Tenaga kampus Indralaya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg and Gall dengan sepuluh tahap: Analisis Kebutuhan, Desain, Pembuatan Prototype, Ujicoba Model ke-1, Revisi Model ke- 1, Ujicoba Model ke-2, Revisi Model ke-2, Penerapan Model, Revisi Terakhir, dan Deseminasi Publikasi. Tahap pertama Analisis Kebutuhan, selanjutnya Desain , Tahap Pembuatan Prototype terdiri dari proses pembuatan alat dilanjutkan uji ahli instrument untuk mencari kevalidan istrument, kemudian uji validasi materi dengan hasil 75,7% kategori Valid dan Uji ahli media dengan hasil 85,4% kategori Sangat Valid. Kemudian ujicoba ke-1 dilaksanakan tanggal 27 Mei 2015, Ujicoba ke-2 dilaksanakan 4 Juni 2015 dengan hasil kepraktisan bernilai 78,6% kategori praktis, terakhir penerapan model tanggal 26 dan 30 Maret 2015 kategori memiliki efek potensial sebesar 0,694 masuk kategori memiliki efek potensial sedang dan hasil praktek 20 mahasiswa berhasil melakukan praktek dengan nilai ?56.
Digitalisasi perangkat pembelajaran mata kuliah pengukuran teknik dengan pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) Imam Syofii
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 1, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v1i1.1225

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah expostfacto, yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana pembelajaran pengukuran teknik melalui pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together).Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), diterapkan pada mahasiswa pendidikan teknik mesin semester IV TA 2011/2012. Hasil penelitian didapat bahwapengembangan digitalisasi perangkat pembelajaran pengukuran teknik dengan pendekatan kooperatif tipe  NHTpada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Semester IV TA 2011/2012 dinyatakan valid dapat digunakan untuk pembelajaran sehingga hasil belajar mahasiswa melampaui kriteria ketuntasan minimal. Rata-rata hasil belajar mahasiswa sebesar 77,33 dinyatakan berbeda secara signifikan dengan kriteria ketuntasan minimal sebesar 70, dengan nilai thitung = 3,910 > ttabel,α=5% =1,66. Sedangkan hasil rata-rata aktivitas mahasiswa menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 80,750% termasuk dalam kriteria 70% ≤ RS < 85% = aktif dan hasil rata-rata aktivitas mahasiswa berlatih soal sebesar 83% termasuk dalam kriteria 85% ≤ RS = sangat aktif.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN DIRECT INSTRUCTION DI SMKN 2 PALEMBANG Fenny Fitrianti Budi Lastuti; Harlin Harlin; Darlius Darlius
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 5, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v5i1.5325

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara model Problem Based Instruction (PBI) dengan Direct Instruction (DI) di kelas XI TKR SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian dilaksanakan di SMKN 2 Palembang kelas XI. Desain yang digunakan di penelitian adalah pre-experimental design dengan metode intact grup comparison design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa kelas eksperimen 1  menggunakan model Problem Based Instruction dan 20 siswa kelas eksperimen 2 menggunakan model Direct Instruction. Pengumpulan data dengan observasi dan tes akhir. Nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 1 yaitu 84,9 dan kelas eksperimen 2 yaitu 66,7. Perhitungan hipotesis menggunakan uji separated varians dan  diperoleh  sebesar 3,422 pada taraf signifikan 0,05 dan  sebesar 2,204. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menunjukkan  sehingga  ditolak dan  diterima. Hal ini membuktikan bahwa adanya perbandingan penggunaan model Problem Based Instruction dengan Direct Instruction di kelas XI TKR SMK Negeri 2 Palembang. Kata kunci:Problem Based Instruction, Direct Instruction, Hasil Belajar
ANALISIS KESULITAN PENYELESAIAN TUGAS AKHIR SKRIPSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSTAS SRIWIJAYA Mabel Xander Natas Pasaribu; Harlin Harlin; Imam Syofii
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 3, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v3i1.5346

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kesulitan Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya” dengan permasalahan bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap penyelesaian tugas akhir skripsi yang dilihat dari kedua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Lokasi penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan populasi yaitu seluruh mahasiswa 2008, 2009, dan 2010 yang masih berstatus aktif sebagai mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin. Teknik sampel yang digunakan adalah  purposive sampling yaitu berdasarkan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara dengan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil analisis dan pembahasan terhadap data, disimpulkan bahwa adanya kesulitan yang dialami oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi dengan dikategorikan positif.
PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MIND MAP PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENERANGAN DAN SINYAL DI PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF SMK LINGUA PRIMA INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR Mirwanto Mirwanto; darlius darlius; Ali Fikri Asri
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v3i2.5357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Mind Map yang baik dan sesuai dengan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran sistem penerangan dan sinyal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Lokasi penelitian dilaksan akan di Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK LINGUA PRIMA pada tahun ajaran 2014-2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas dua. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, wawancara, angket dan observasi. Validasi ahli digunakan  untuk mengetahui kevalidan LKS. Wawancara digunakan untuk mengetahui permasalahan dan kekurangan pada LKS. Angket digunakan untuk mengetahui tingkat kepraktisan LKS. Sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui efek potensial LKS. Hasil penelitian ini adalah: (1) berdasarkan evaluasi pada tahap expert review LKS telah dinyatakan valid dari aspek content (isi materi) dan desain dan dilaksanakan revisi sesuai saran dan komentar dari para ahli. (2) dari evaluasi tahap small group dan field test, didapat rata-rata persentase skor angket sebesar 90,5%, sehingga LKS berbasis Mind Map yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan praktis. (3) pada proses evaluasi menggunakan observasi didapat siswa yang mendapat nilai ? 60 sebanyak 100%, sehingga LKS memiliki efek potensial digunakan dalam pembelajaran sistem penerangan dan sinyal.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODUL PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK 1 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA Ahmad Mudarris; Darlius Darlius; Harlin Harlin
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v5i2.6690

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar modul mata kuliah gambar teknik 1 yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembagan (Recerch and development) model pengembangan Ronwtre Tesmer. Adapun objek dalam penelitian ini adalah modul cetak mata kuliah gambar teknik 1 dan sabjek dalam penelitian ini mahasiswa pendidikan teknik mesin FKIP Universitas Sriwijaya. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, dan angket. Validasi ahli di lakukan untuk mengetahui kevalidan produk. Dari hasil dan pembahasan validasi ahli materi dan media, di nyatakan valid dengan hasil validasi materi sebesar 80%, validasi media 86,11% dan di lakukan revisi sesuai dengan komentar dan saran ahli. Hasil dari tes simulasi mendapat respon yang baik, sedangkan persentase rata-rata yang di dapat dari angket  kepraktisan pada tahap uji coba terbatas dan uji coba lanjutan adalah 93,94%  dengan katagori yang sangat praktis, Sedangkan hasil dari lembar observasi pada uji coba lanjutan. Terlihat bahwa modul cetak dapat di gunakan dengan baik oleh pengguna. Dengan demikian dapat di simpukan bahwa modul cetak mata kuliah gambar teknik 1 dinyatakan valid dan praktis.
ANALISIS PERANCANGAN SASIS PADA GOKART DENGAN PENGERAK MOTOR BENSIN MANUAL 4 LANGKAH Aklis Pursadi; Imam syofii; zulherman zulherman
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Vol 4, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Publisher : UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jptm.v4i1.7180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan dasar yang cocok dalam pembuatan sasis serta beban yang dapat di tahan oleh sasis gokart yang akan dibuat. Bahan yang digunakan untuk membuat sasis berupa besi petak ST37 yang disambungkan dengan menggunakan las-an sehingga membentuk sasis yang utuh. Penelitian ini dilakukan dengan cara membuat sasis gokart terlebih dahulu dan seterusnya melakukan perhitungan pada bagian sasis yang telah dibuat. Perhitunag sasis terdiri dari perhitungan sambuangan las, gaya traksi dari kendaraan gokart, titik berat kendaraan, dan beban maksimum kendaraan. Perhituang dari sasis didapatkan dari data-data yang diambil dari pengukuran panjang sasis, lebar kendaraan, beban sasis, beban bagian belakang sasis, beban bagian depan sasis, serta tinggi dari kendaraan. Perhitungan kekuatan sasis menunjukan bahwa sasis dapat menerima bebean sebesar 100 kilogram, dan dapat melaju pada kecepatan 40 Km/Jam. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kendaraan gokart yang dibuat cocok mengunakan besi petak ST37. Sehingga sasis dapat menopang beban 100 kilogram dan dapat digunakan pada jalan raya maupun jalan pedesaan karena memiliki komponen pendukung seperti suspensi yang dapat mengurangi daya getaran pada kendaraan.

Page 1 of 17 | Total Record : 167