cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik
ISSN : 24773387     EISSN : 25976516     DOI : -
Core Subject : Education,
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) memuat hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik. Penelitian, pengkajian, dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik dapat dilakukan dalam lingkup pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Terbit dua kali setahun bulan November dan Mei, berisi tulisan ilmiah hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)" : 6 Documents clear
ANALISIS PENDEKATAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD N WOTBAKAH Jolang Prasetyo; Qoriati Mushafanah; Henry Januar Saputra
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 8, No 2 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Lembaga Pengembangan Profesi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v8i2.14375

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peneliti ingin menganalisis proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM yang di terapkan di SD N Wotbakah dan mencari tahu faktor-faktor yang terjadi dalam pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dalam pembelajaran tematik di SD SD N Wotbakah, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dalam pembelajaran tematik di SD SD N Wotbakah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kepala sekolah dan guru kelas IV, angket siswa kelas IV dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM yang diterapkan pada kelas III SD N Wotbakah tidak dilakukan pada semua pembelajaran. sebelum melaksanakan pembelajaran guru membuat perangkat pembelajaran RPP, bahan ajar dan media pembelajaran. dalam penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM siswa dituntut untuk aktif dikarenakan pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran STEAM Science pembelajaran sambil praktik/ pengamatan langsung dengan benda konkrit, Technology siswa belajar dengan menggunakan tablet, Engineering guru memberikan Teknik untuk menyelesaikan permasalahan dalam belajar, art pembelajaran seni siswa dapat membuat karya seni, Mathematic siswa tidak hanya belajar angka tetapi belajar untuk berpikir kritis.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA KARTU MISTERI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V TEMA V EKOSISTEM DI SDN 02 KALIAMAN Sheila Nur Safitri; Fine Reffiane; Mira Azizah
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 8, No 2 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Lembaga Pengembangan Profesi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v8i2.14368

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan kurang memperhatikan penjelasan guru sehingga pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagimanakah  pengaruh model pembelajaran NHT berbantu media kartu misteri terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDN 02 Kaliaman?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran NHT berbantu media kartu misteri terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 02 Kaliaman.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ekseprimen. Desain penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan model one group pre-test post-test design yang digunakan dalam satu kelompok subjek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kleas V SDN 02 Kaliaman . Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dan observasi. Hasil penelitian setelah mendapat perlakuan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari hasil pretest dan postest. Nilai rata-rata pretest yaitu 50,5, dan postest sebesar 93,5. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh t hitung sebesar 15,27872 dan untuk mengetahui t tabel dengan nilai signifikan 5% didapatkan sebesar 1,701. Jadi nilai t hitung > t tabel yang artinya  di tolak dan  di terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model NHT berbantu media kartu misteri berpengaruh terhadap hasil belajar kelas V tema 5 SDN 02 Kaliaman.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Numered Head Together berbantu media kartu misteri dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
ANALISIS PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG Moh Iqbal Atho Illah; Riris Setyo Sundari; Bagus Ardi Saputro
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 8, No 2 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Lembaga Pengembangan Profesi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v8i2.14381

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang memberikan perhatian dan semangat kepada anak-anaknya untuk belajar dan selalu berprestasi. Tujuan penlitian ini diantaranya yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang, peran guru terhadap motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang, cara guru dalam memberi motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu Peran guru dalam proses pembelajaran yang dapat membangkitkan aktivitas siswa dalam menjalankan tugas ialah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran, memberikan umpan balik. peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ialah menjadikan siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, menciptakan suasana kelas yang kondusif, menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi, meningkatkan antusias dan semangat dalam mengajar, memberikan penghargaan, menciptakan aktivitas yang melibatkan siswa dalam kelas. Cara guru dalam memberi motivasi belajar siswa kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang dilakukan seperti berikut ini memberi angka, hadiah, saingan/kompetisi, hukuman.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN MOJODEMAK 01 KABUPATEN DEMAK Reza Asri Lestari; Rahmat Rais; Siti Patonah
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 8, No 2 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Lembaga Pengembangan Profesi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v8i2.14396

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia masih tergolong rendah, di bawah KKM yang ditentukan yaitu 70. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model role playing terhadap aspek kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN Mojodemak 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan fokus penelitian satu kelas eksperimen yaitu menggunakan desain penelitian Pre- Experimental Design One-Group Pretest- Posttest Design. Jadi dapat disimpulkan bahwa model role playing mempunyai efek yang signifikan. Selain itu terdapat dari hasil tes kemampuan berbicara siswa setelah diberi perlakuan diperoleh sebesar 81,82%. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran role playing dapat menjadi salah satu referensi dan dapat digunakan guru dalam mengajar.
ANALISIS DAMPAK MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP NILAI MORAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN 3 KETILENG KABUPATEN BLORA Laeli Mualinda Hikmah; Ari Widyaningrum; Fine Reffiane
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 8, No 2 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Lembaga Pengembangan Profesi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v8i2.14560

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak media sosial Tiktok terhadap nilai moral pada anak sekolah dasar di SD Negeri 3 Ketileng. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa SDN 3 Ketileng setiap kelas diambil 5 siswa dan kelas V sebanyak 14 siswa, guru kelas dan orang tua. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak bermain media sosial Tiktok terhadap nilai moral siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media sosial Tiktok memiliki dampak bagi moral siswa yaitu nilai moral sikap hormat, tanggung jawab, kejujuran, disiplin diri, keadilan, peduli sesama, dan kerjasama. Dimana dampak positif cenderung lebih sedikit daripada dampak negatif. Adapun dampak positifnya yaitu siswa menjadi lebih kreatif, siswa menjadi lebih mengetahui perkembangan teknologi supaya tidak ketinggalan zaman, siswa yang bermain Tiktok lebih percaya diri dan berani. Sedangkan dampak negatifnya yaitu siswa sering lupa tugas dari sekolah, siswa menjadi kurang sopan kepada orang yang lebih tua, siswa sering lupa tanggung jawabnya, siswa kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, siswa menjadi sering berbohong, siswa sering berbicara kasar, siswa kurang peduli dengan sesama.
KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SATUAN WAKTU PADA SISWA KELAS II SEMESTER II SD N 2 SUMBERSARI Fajar Adi Muhaimin; Khusnul Fajriyah; Bagus Ardi Saputro
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 8, No 2 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Lembaga Pengembangan Profesi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v8i2.14490

Abstract

Penerapan pembelajaran matematika di SD sangat terkait dalam kehidupan sehari-hari merupakan dasar untuk dikuasai setiap anak agar mampu mengetahui, memahami, dan menerapkan konsep dari materi sesuai dengan kebutuhan anak. Saat ini, pembelajaran berpusat pada guru, penggunaan model pembelajaran kurang tepat,  belum menggunakan model pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif sehingga semua siswa belum terlibat langsung dalam proses kegiatan belajar mengajar, kurangnya perhatian siswa terhadap materi pembelajaran yang diajarkan, siswa belum berani bertanya terhadap materi yang kurang jelas, mengakibatkan kurangnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap hasil pembelajaran materi tentang satuan waktu pada siswa kelas II  Sekolah Dasar Negeri 2 Sumbersari  semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan model One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Contextual Teaching and Learning (CTL) meningkatkan hasil belajar siswa kelas II materi satuan waktu di SDN 2 Sumbersari mencapai kriteria baik. Selanjutnya, siswa diharapkan dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif dan inovatif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 6