cover
Contact Name
Nazla maharani umaya
Contact Email
jurnal.teks@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
harjitoian@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
ISSN : 24610011     EISSN : 24610283     DOI : -
Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial redaksi terdiri atas dosen S2 PBSI Univeritas PGRI Semarang dan bekerjasama dengan para ahli dan pakar dari beragam perguruan tinggi (UNS, UNNES, UGM) sebagai mitra bestari. Tujuan utama jurnal ilmiah adalah menghadirkan wacana keilmuan sebagai referensi bidang bahasa, sastra, dan pengajarannya. jurnal ini terbit dalam bentuk online.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): TEKS" : 5 Documents clear
PENGGUNAAN MEME KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS POSTER SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK KELAS MTs Ni'matul Hanik, Ngasbun Egar, Harjito
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 2, No 1 (2017): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v2i1.2774

Abstract

Permasalahan penelitian yang dibahan dalam artikel ini adalah mengenai kebutuhan guru dan peserta didik terhadap bahan ajar menulis poster dengan meme komik untuk peserta didik kelas VIII MTs, bentuk prototype bahan ajar menulis poster dengan meme komik untuk peserta didik kelas VIII MTs. Tujuan penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan kebutuhan guru dan peserta  didik  terhadap  bahan  ajar  menulis  poster  dengan  meme  komik  untuk peserta didik kelas VIII MTs, mendeskripsikan bentuk prototype bahan ajar menulis poster dengan meme komik untuk peserta didik kelas VIII MTs. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dan MTs Masalikil Huda Tahunan Jepara. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk peserta didik, guru dan ahli. Dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa peserta didik dan guru membutuhkan bahan ajar menulis poster dengan meme komik sebagai penunjang proses belajar mengajar, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia.
PENGGUNAAN GAMBAR SERI DALAM MENULIS NASKAH DRAMA SEBAGAI OBJEK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS VIII MTs. DI JEPARA Uyun Nur Niklah, Ngasbun Egar, Harjito
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 2, No 1 (2017): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v2i1.2778

Abstract

Permasalahan penelitian ini yang dibahan pada artikel ini adalah mengenai kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar menulis naskah drama melalui gambar seri pada siswa kelas VIII MTs di Jepara, penilaian siswa dan guru terhadap bahan ajar menulis naskah drama melalui gambar seri pada siswa kelas VIII MTs di Jepara, dan prototipe bahan ajar menulis naskah drama melalui gambar seri pada siswa kelas VIII MTs di Jepara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar menulis naskah drama melalui gambar seri pada siswa kelas VIII MTs di Jepara, penilaian siswa dan guru terhadap bahan ajar menulis naskah drama melalui gambar seri pada siswa kelas VIII MTs, di Jepara, dan mendeskripsikan bentuk prototipe bahan ajar menulis naskah drama melalui gambar seri. Penelitian dilaksanakan di MTs. Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara dan MTs. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Hasil penelitian berupa produk bahan ajar hasil pengembangan yang dapat membantu siswa atau pengguna dalam menuntaskan pembelajaran menulis naskah drama dengan baik.
PEMUATAN CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DAN BAHASA MELAYU AMBON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK SMP Rigen Tawurutubun, Harjito, Nazla Maharani Umaya
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 2, No 1 (2017): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v2i1.2775

Abstract

Latar belakang penelitian ini beranjak dari hasil analisis data pengamatan awal yang diperoleh dengan teknik observasi dan wawancara. Informasi tersebut berupa ditemukannya bentuk kelemahan kemapuan siswa dalam menulis. Latar belakang social budaya siswa yang juga pengguna bahasa daerah memberikan kendala nyata manakala melakukan proses pembelajaran dengan berbahasa Indonesia sebagai pengantar proses pembelajaran. Dampak yang muncul adalah pengaruhnya terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Berbagai tindakan yang telah dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut belum maksimal. Untuk mengatasi kebutuhan guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis, maka dilakukan penelitian mengenai pemuatan campur kode bahasa indonesia dan bahasa melayu ambon dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi sebagai pengembangan bahan ajar untuk smp dengan teknik penelitian dan pengembangan (Research and Development). Produk yang dikembangkan yaitu Bahan Ajar Menulis Pengalaman Pribadi Siswa SMP Kabupaten Maluku Tengah. Bahan ajar diujicobakan di Sekolah yang melibatkan siswa dan guru SMP Negeri 5 Teluk Elpaputih dan SMP Negeri 6 Teluk Elpaputih Satap Awaiya. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa menulis pengalaman pribadi berbasis campur kode bahasa Indonesia dan bahasa melayu Ambon telah berhasil membantu siswa dalam belajar menulis teks pribadi.
PEMUATAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK SISWA SMP NEGERI 2 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG Siti Faizah, Bengat, Akmal
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 2, No 1 (2017): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v2i1.2776

Abstract

Salah satu materi pembelajaran sastra yang diberikan di tingkat sekolah menengah pertama adalah materi pembelajaran menulis cerpen. Melalui basis pendidikan karakter yakni penanaman karakter religius, menjadikan bahan ajar ini akan lebih mengena kepada peserta didik. Penanaman karakter religius merupakan salah satu bagian dari pendidikan karakter yang dicanangkan oleh pemerintah. Karakter religius tersebut juga merupakan salah satu karakter yang sangat penting untuk dimiliki oleh peserta didik sebagai bagian dari masyarakat dunia yang harus turut berperan serta dalam menerapkan perilaku religius dalam kehidupan sehari-hari. Menurut N. A. Putri (2011) pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah. Komponennya berupa pengetahuan, kesadaran, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Pendidikan karakter tidak hanya diberikan ketika proses pembelajaran, namun dapat juga diberikan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Pendidikan di sekolah dapat menggunakan berbagai cara dan media, dan salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar cerita pendek bermuatan pendidikan karakter yang bertujuan membentuk penerus bangsa yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Ulujami Kabupaten Pemalang. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL K-W-L (KNOW-WANT-LEARN) SEBAGAI KOMPONEN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS VIII SMP SEMARANG Tri Martini, Harjito, Suwandi
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 2, No 1 (2017): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v2i1.2777

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk efektif yang digunakan di sekolah. Analisis kebutuhan lapangan dilakukan dengan cara mengumpulkan data dengan menggunakan pedoman wawancara dan angket. Validasi ahli dan uji coba produk dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi bahan ajar. Uji coba produk yang dilakukan secara terbatas yang terdiri dari uji coba oleh pengguna yang dilakukan di SMP Nurul Ulum Semarang. Uji coba melibatkan 20 siswa kelas VIII SMP Nurul Ulum Semarang. Hasil penelitian meliputi hasil analisis kebutuhan lapangan, desain produk bahan ajar membaca pemahaman dengan model K-W-L (Know-Want-Learn), Hasil validasi ahli dan uji coba, dan tahap evaluasi. Hasil analisis kebutuhan lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman di sekolah masih banyak membutuhkan materi-materi yang khusus mempelajari membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran. Desain produk bahan ajar membaca pemahaman dengan model K-W-L (Know-Want-Learn) dirancang berdasarkan karakter pengembangan bahan ajar, kajian teoritik, kebutuhan- kebutuhan, dan analisis bahan ajar yang sudah ada.

Page 1 of 1 | Total Record : 5