cover
Contact Name
Nazla maharani umaya
Contact Email
jurnal.teks@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
harjitoian@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
ISSN : 24610011     EISSN : 24610283     DOI : -
Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial redaksi terdiri atas dosen S2 PBSI Univeritas PGRI Semarang dan bekerjasama dengan para ahli dan pakar dari beragam perguruan tinggi (UNS, UNNES, UGM) sebagai mitra bestari. Tujuan utama jurnal ilmiah adalah menghadirkan wacana keilmuan sebagai referensi bidang bahasa, sastra, dan pengajarannya. jurnal ini terbit dalam bentuk online.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2018): TEKS" : 5 Documents clear
PEMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK SISWA SMP DI KOTA SEMARANG Ahmad Dzikron Haikal, Harjito, Nazla Maharani Umaya
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 3, No 1 (2018): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v3i1.2779

Abstract

Artikel berikut membahas hasil penelitian pengembangan pada bahan ajar menulis naskah drama satu babak untuk siswa SMP di Kota Semarang. Fokus pembahasan adalah mengenai pemuatan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran berbasis kontekstual untuk tingkat sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan bersifat kualitatif kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data terdiri atas penyebaran angket, wawancara, observasi, dan tes kemampuan siswa dalam menulis naskah drama satu babak. Produk luaran penelitian berupa perangkat pendukung proses pembelajaran berbentuk bahan ajar yang telah melalui proses uji ahli materi, uji coba, dan analisis dengan hasil bahwa pengembangan yang dilakukan dapat menghasilkan produk yang efektif untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Bahan ajar menulis naskah drama satu babak berisi beberapa materi pembelajaran tentang drama diantaranya pengertian drama, jenis drama, unsur drama, pengertian dan ciri-ciri drama satu babak, serta beberapa contoh cerita naskah drama satu babak beserta soal latihannya. Temuan yang diperoleh dari hasil penelitian ini berupa informasi, data, dan produk yang dapat dipergunakan dalam mendukung proses pembelajaran menulis naskah drama satu babak dan bermanfaat bagi siswa dalam menuntaskan proses pembelajarannya.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF DENGAN STRATEGI ANALISIS MODEL DAN STRATEGI KERJA BERPASANGAN BERMUATAN KONTEKS SOSIAL PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MENULIS MAHASISWA ANGKATAN 2016/2017 UNIVERSITAS PGRI SEMARANG Azzah Nayla
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 3, No 1 (2018): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v3i1.2780

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi analisis model dan kerja berpasangan bermuatan konteks sosial pada mata kuliah pembelajaran menulis dapat meningkatkan kemampuan menulis kreatif pada mahasiswa angkatan 2016/2017 Universitas PGRI Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Adapun tindakan yang direncanakan dalam penelitian ini menggunakan proses tindakan siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah. Langkah-langkah yang akan ditempuh yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa pada tahap pemunculan ide, pengembangan ide, penulisan draf awal penulisan kreatif melalui strategi analisis model dan kerja berpasangan bermuatan konteks sosial. Pada siklus I, dosen menampilkan gambar-gambar peristiwa dan aktivitas mahasiswa masing-masing. Hal ini mengakibatkan pemunculan ide yang banyak namun kurang beragam, yaitu hanya mengangkat seputar peristiwa dan aktivitas mahasiswa di perguruan tinggi. Pada siklus II, dosen menampilkan gambar-gambar peristiwa yang tidak hanya berisi peristiwa dan aktivitas mahasiswa di perguruan tinggi, tapi juga menampilkan gambar-gambar peristiwa dan kejadian dalam masyarakat yang lebih luas dengan menyesuaikan kondisi lingkungan sosial mahasiswa. Hasilnya, ide-ide yang diangkat mahasiswa semakin beragam, tidak hanya seputar dunia remaja namun juga mengangkat masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat sosial secara luas.
PENGGUNAAN ADOBE FLASH CS5 PROFESSIONAL DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK LEGENDA SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR UNTUK SMP DI KABUPATEN JEPARA Dwi Retna Ningrum, Harjito, Ngasbun Egar
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 3, No 1 (2018): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v3i1.2781

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran menyimak legenda berbasis Adobe Flash CS5 Professional untuk siswa SMP, (2) menghasilkan prototipe media pembelajaran menyimak legenda berbasis Adobe Flash CS5 Professional untuk siswa SMP. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan dari Borg & Gall (1983). Penelitian dilaksanakan di SMP Islam Al Azhar Kedungmalang Jepara dan SMP Islam Mafatihul Huda Pecangaan Jepara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan guru Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) berdasarkan hasil analisis kebutuhan, diperoleh informasi bahwa pembelajaran menyimak legenda selama ini menggunakan metode konvensional. Hal tersebut membuat siswa menjadi jenuh dan menjadikan rendahnya hasil belajar Hasil dari penilaian yang dilakukan oleh para ahli/ pakar, guru, dan siswa, produk media pembelajaran memperoleh rata-rata skor dengan persentase 87,25% yang tergolong dalam kategori “sangat baik”. Media pembelajaran menyimak legenda tersebut berisi beberapa materi pembelajaran tentang legenda diantaranya pengertian legenda, jenis legenda, unsur intrinsik legenda, dan beberapa contoh cerita legenda beserta soal latihannya.
KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PENGGUNAAN HURUF KAPITAL PADA TEKS DI KEBUMEN Triaji Qowim Mansur; Djariyo; Mudzanatun
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 3, No 1 (2018): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v3i1.2841

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Metode analisis dilakukan dengan metode Grouned Theory (GT) secara sistematis dan intensif. Rumusan masalah penelitian adalah terkait dengan kesalahan penerapan ejaan huruf kapital pada laporan pengamatan siswa sekolah dasar di Wonoharjo Kebumen. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penerapan ejaan huruf kapital pada laporan pengamatan siswa kelas V SDN 2 Wonoharjo Kebumen. Kesimpulan dari hasil analisis kesalahan penerapan ejaan pada laporan pengamatan siswa adalah banyak ditemukan siswa yang belum mengerti dan memahami penggunaan huruf kapital dengan tepat, khususnya dalam menuliskan teks laporan. Kesalahan penerapan ejaan huruf kapital pada laporan pengamatan siswa kelas V SDN 2 Wonoharjo Kebumen paling banyak dijumpai pada kesalahan penggunaan huruf kapital di awal kalimat. Sebagian kesalahan penulisan huruf kapital untuk penulisan huruf pertama Nama tahun, bulan, hari dan penggunaan huruf kapital pada huruf pertama Nama geografi. Sedangkan untuk kesalahan penulisan huruf kapital pada penggunaan penulisan lembaga dan hubungan kekerabatan hanya ada beberapa saja.
WAYANG KARDUS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGONVERSI NASKAH DRAMA UNTUK SMP Muhammad Rifa’i; Sri Suciati; Siti Fatimah
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 3, No 1 (2018): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v3i1.2866

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang variatif dan inovatifnya pembelajaran drama bagi siswa, terutama pada siswa kelas VIII J SMP N 3 Mranggen. Siswa kurang berminat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan berakibat pada kurang maksimalnya pemahaman yang diterima oleh siswa terutama dalam mengonversi naskah drama. Pemilihan wayang sebagai media pembelajaran dirasa sangat tepat untuk menarik antusiasme siswa ketika belajar mengajar, sehingga materi pembelajaran lebih mudah dipahami. Maka digunakanlah media wayang kardus dalam pembelajaran pengonversian naskah drama pada siswa kelas VIII J SMP N 3 Mranggen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research). Pemerolehan data mengggunakan gabungan metode observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VIII J SMP Negeri 3 Mranggen yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 27 November 2017. Anaisis akhir Penerapan Media Wayang Kardus dalam Pembelajaran Mengonversi Naskah Drama menunjukan peningkatan antusiasme selama proses pembelajaran, respon yang yang posisitif dari siswa, serta ketercepaian hasil belajar berupa kemampuan siswa dalam mengonversi cerpen menjadi naskah drama. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru sebagai fasilitator dituntut mampu menyajikan pembelajaran yang variatif dan inovatif  menyenangkan dan mampu merangsang antusias dan semangat siswa dalam setiap kegiatan belajar mengajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5