cover
Contact Name
Nazla maharani umaya
Contact Email
jurnal.teks@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
harjitoian@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
ISSN : 24610011     EISSN : 24610283     DOI : -
Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial redaksi terdiri atas dosen S2 PBSI Univeritas PGRI Semarang dan bekerjasama dengan para ahli dan pakar dari beragam perguruan tinggi (UNS, UNNES, UGM) sebagai mitra bestari. Tujuan utama jurnal ilmiah adalah menghadirkan wacana keilmuan sebagai referensi bidang bahasa, sastra, dan pengajarannya. jurnal ini terbit dalam bentuk online.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019): Teks" : 5 Documents clear
INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID 19 Suprihadi Suprihadi
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 4, No 2 (2019): Teks
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v4i2.8278

Abstract

ABSTRAKArtikel Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi covid-19 merupakan pembahasan mengenai adanya evaluasi permasalahan pembelajaran jarak jauh yang sudah dilaksanakan mulai bulan Maret sampai dengan November 2020. Permasalahn terfokus pada bagaimana inovasi dan kreasi guru dalam memahami aplikasi pembelajaran saat pandemi. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran pada pemerintah setempat, sekolah, serta orangtua mengenai pembelajaran jarak jauh saat pandemi dibahas secara kualitatif dan bersifat deskriptif.   Hal-hal yang dideskripsikan dalam artikel ini antara lain (1) proses daring menjadi awal perubahan ke era digital (2) Keluhan guru dalam proses daring (3) inovasi guru dalam pembelajaran daring. Kesimpulan pembahasan artikel adalah Pandemi Covid-19 harus dijadikan peluang oleh guru untuk berinovasi dan berkreasi. Kunci efektifitas dari sistem pembelajaran daring ialah cara seorang guru tetap inovatif dan kreatif untuk menyajikan pembelajaran daring secara menyenangkan dan mudah dimengerti sehingga para siswa tidak merasa bosan dan tetap produktif di rumah. Kata kunci : inovasi, guru, pembelajaran, pandemi  ABSTRACTThe article entitled Teacher innovation in learning in the era of the Covid-19 pandemic is a discussion of some that must be evaluated regarding distance learning problems that have been implemented from March 2020 to the present. This problem focuses on how innovative and creative teachers are in understanding learning applications during a pandemic. The purpose of this article is to provide local government, schools and parents with an overview of distance learning when the pandemic is discussed in a qualitative and descriptive manner. The things described in this article include (1) the online process being the beginning of a change to the digital era (2) Teacher complaints in the online process (3) teacher innovation in online learning. The conclusion from the discussion of this article is that the Covid-19 Pandemic must be an opportunity for teachers to innovate and be creative. Don't interpret the Covid-19 pandemic as a challenge, let alone an obstacle. The key to the effectiveness of the online learning system is the way a teacher remains innovative and creative to present online learning in a fun and easy-to-understand manner so that students don't feel bored and remain productive at home. Keywords: innovation, teacher, learning, pandemi 
PRO KONTRA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI Zetti Tri Setiyani
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 4, No 2 (2019): Teks
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v4i2.8086

Abstract

ABSTRAKArtikel “PRO KONTRA PEMBELAJARAN       JARAK JAUH di ERA PANDEMI” merupakan pembahasan mengenai peralihan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Permasalahan dalam pembahasan terfokus pada pro dan kontra pembelajaran jarak jauh yang terjadi di masyarakat. Tujuan artikel mengenai pro kontra PJJ dibahas secara kualitatif dan bersifat deskriptif. Hal-hal yang dideskripsikan dalam artikel antara lain: 1) Keluhan orang tua siswa yang tidak memiliki hp android di era pandemi, 2) Peran orang tua dalam PJJ di era pandemi, 3) Nasib pendidikan di era pandemi, 4) Pro kontra PJJ di era pandemi. Kesimpulan dari pembahasan pada artikel ini adalah PJJ merupakan salah satu solusi pembelajaran di era pandemi meskipun menuai pro dan kontra. Kata kunci: pro, kontra, PJJ, pandemi  ABSTRACTThe article “PRO CONS OF REMOTE LEARNING IN THE PANDEMIC ERA” is a discussion of the transition of face-to-face learning to distance learning. The problem in the discussion focused on the pros and cons of distance learning that occurred in the community. The purpose of the article on the pros and cons of PJJ is discussed qualitatively and is descriptive in nature. The things described in the article include: 1) Complaints of parents who do not have Android phones in the pandemic era, 2) The role of parents in PJJ in the pandemic era, 3) The fate of education in the pandemic era, 4) Pros and cons of PJJ in pandemic era. The conclusion from the discussion in this article is that PJJ is one of the learning solutions in the pandemic era, even though there are pros and cons. Keywords: pros, cons, PJJ, pandemic
DINAMIKA DALAM PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI VIRUS CORONA Dwi Santosa
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 4, No 2 (2019): Teks
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v4i2.8274

Abstract

Abstraksi Artikel Dinamika Dalam Pembelajaran di era pandemi corona membahas tentang berbagai hal yang dapat di laksanakan oleh guru dalam pembelajaran di masa pandemi. Permasalahan di artikel ini terfokus pada media, model dan aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan di era pandemi corona. Tujuan artikel ini adalah memberi gambaran bahwa banyak cara yang dapat dilakukan agar proses pembelajaran di masa pandemi ini bisa efektif dan efisien. Artikel ini dibahas secara kualitatif dan bersifat diskriptif. Hal – hal yang didiskripsikan adalah; (1) Media Pembelajaran di era pandemi virus corona, (2) Model pembelajaran di era pandemi virus corona, (3) Aplikasi pembelajaran yang di gunakan diera pandemi virus corona, (4) Aplikasi pembelajaran yang populer untuk di daerah pinggiranSimpulan artikel Dinamika Dalam Pembelajaran di era Pandemi virus corona adalah proses pembelajaran secara efektif dan efisien dapat berjalan jika guru mampu mencari trobosan – trobosan dalam pembelajaran di era pandemi. Abstraction The article on Dynamics in Learning in the era of the corona pandemic discusses various things that can be done by teachers in learning during a pandemic. The problems in this article focus on media, learning models and applications that can be used in the era of the corona pandemic. The purpose of this article is to illustrate that there are many ways that can be done so that the learning process during this pandemic can be effective and efficient. This article is discussed qualitatively and is descriptive in nature. The things that are described are; (1) Learning media in the era of the corona virus pandemic, (2) Learning models in the era of the corona virus pandemic, (3) Learning applications used in the era of the corona virus pandemic, (4) Popular learning applications for rural areasThe conclusion of the article Dynamics in Learning in the Coronavirus Pandemic era is that the learning process can effectively and efficiently run if the teacher is able to look for breakthroughs in learning in the pandemic era. Kata kunci  : Dinamika, Pembelajaran, Pandemi, Corona
PELAKSANAAN KURIKULUM PANDEMI ANTARA REGULASI DAN KONDISI Lilis Ekawati
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 4, No 2 (2019): Teks
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v4i2.8275

Abstract

ABSTRAK Artikel berjudul Pelaksanaan Kurikulum Pandemi antara Regulasi dan Kondisi merupakan pembahasan mengenai kendala yang dihadapi oleh siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Gembong. Permasalahan terfokus pada solusi untuk jalan terbaik bagi para siswa. Tujuan artikel adalah memberikan wacana atau menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan daring di sekolah pinggiran. Artikel Pelaksanaan Kurikulum Pandemi antara Regulasi dan Kondisi dibahas secara kualitatif dan bersifat deskriptif. Hal-hal yang dideskripsikan dalam artikel antara lain 1) Regulasi KBM di masa pandemi Covid-19, 2) Kondisi siswa hadapi KBM daring, dan 3) Solusi pelaksanaan kurikulum di masa randemi antara Regualsi dan kondisi. Kesimpulan dari pembahasan pada artikel adalah solusi menyiasati kendala yang ada dilapangan dalam melaksanakan pembelajaran daring, selalu berinovasi agar bisa menyajikan pembelajaran yang menyenangkan, memudahkan dan membawa manfaat untuk kesuksesan siswa sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya. Terobosan- terobosan itu kita lakukan tetap dalam protokol kesehatan secara ketat. Kata kunci: kurikulum, pandemi, regulasi  ABSTRACTThe article entitled Application of the Pandemic Curriculum between Regulations and Conditions is a discussion of the obstacles faced by students in implementing online learning at SMP Negeri 1 Gembong. Problems are focused on the best path solutions for students. This article aims to provide a discourse or be taken into consideration in online implementation in suburban schools. Articles on Application of the Pandemic Curriculum between Regulation and Conditions are discussed qualitatively and are descriptive in nature. The things described in the article include 1) Arranging teaching and learning activities during the Covid-19 pandemic, 2) The condition of students facing online teaching and learning activities, and 3) Solutions for implementing curriculum in a pandemic period between regulations and conditions. The conclusion from the discussion of this article is to get around the obstacles that exist in the field in implementing online learning, always innovating in order to bring learning that is fun, easy and brings benefits to student success according to their needs and conditions. We made this breakthrough strictly according to health protocols. Keywords: curriculum, pandemic, regulation
GURU MAKIN MELEK LITERASI DIGITAL DI ERA PADEMI Sugiarto Sugiarto
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 4, No 2 (2019): Teks
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v4i2.8277

Abstract

ABSTRAK Artikel ini berjudul Guru Makin Melek Literasi Digital di Era Pandemi merupakan pembahasan mengenai guru masih belum memahami secara tepat literasi digital di era pademi. Tujuan artikel adalah menyikapi model pembelajaran yang tepat di era pademi. Memahami pengertian melek literasi digital yang benar. Menentukan posisi guru dan siswa untuk mencari kontruksi indentias diri sesuai literasi digital yang diharapkan. Kegiatan tatap layar melalui daring harus dilakukan di era pedemi ini. Artikel tersebut mengenai bagaimana upaya guru memahami makna guru harus melek literasi digital di era pademi untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar melalui daring dibahas secara kualiutatif dan berisfat desktiptif. Hal-hak yang dideskripsikan dalam artikel ini adalah 1. Perubahan pola pembelajaran di era pandemic. 2. Pengertian melek literasi digital di era pademi. 3. Guru mampu mengkontruksi diri invidu dalam menyikapi literasi digital. 4. Kemampuan literasi digital yang dibutuhkan oleh guru. Kata kunci : Guru, Literasi Digital, Pandemi  ABSTRACT This article entitled Teachers Are Increasingly Being Digital Literacy in the Pandemic Era is a discussion about teachers who still do not properly understand digital literacy in the Pademic era. The purpose of the article is to address the appropriate learning model in the Pademi era. Understand the correct definition of digital literacy. Determine the position of teachers and students to look for self-induction construction according to the expected digital literacy. During a pandemic, learning activities must continue even though they are only done by looking at the screen online. The article about how teachers' efforts to understand the meaning of digital literacy teachers in the Pademi era to continue to carry out teaching and learning activities online are discussed qualitatively and are descriptive. The rights described in this article are 1. Changes in learning patterns in the pandemic era. 2. Definition of digital literacy in the Pademi era. 3. Teachers are able to construct individuals themselves in addressing digital literacy. 4. Digital literacy skills needed by teachers. Keywords: teacger, digital literacy, pandemic      (Body text setelah abstrak diformat dalam dua kolom dengan ketentuan lebar tiap- tiap kolom 6,5 cm, jarak antarkolom 1 cm, spasi 1, kertas berukuran A4 dengan ruang sisi 4 cm dari tepi kiri, 4 cm dari tepi atas, 3 cm dari tepi kanan dan bawah. Panjang naskah 12—18 halaman termasuk daftar pustaka, foto, dan table. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5