cover
Contact Name
Nazla maharani umaya
Contact Email
jurnal.teks@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
harjitoian@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
ISSN : 24610011     EISSN : 24610283     DOI : -
Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial redaksi terdiri atas dosen S2 PBSI Univeritas PGRI Semarang dan bekerjasama dengan para ahli dan pakar dari beragam perguruan tinggi (UNS, UNNES, UGM) sebagai mitra bestari. Tujuan utama jurnal ilmiah adalah menghadirkan wacana keilmuan sebagai referensi bidang bahasa, sastra, dan pengajarannya. jurnal ini terbit dalam bentuk online.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): TEKS" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI DI SMP KABUPATEN JEPARA Handi Saputro; Suwandi Suwandi; Harjito Harjito
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 5, No 1 (2020): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v5i1.6336

Abstract

Pembelajaran menulis puisi berintegrasi dengan pendidikan karakter peduli lingkungan tidak hanya menekankan aspek kognitif tapi juga mengembangkan pendidikan karakter. Selama ini pembelajaran menulis puisi kurang diminati peserta didik salah satunya karena kurangnya bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis puisi dengan media foto berbasis pendidikan karakter peduli lingkungan.Penelitian dilakukan dengan menggunakan modifikasi metode Research and Development oleh Borg dan Gall). Langkah-langkah penelitian meliputi lima tahap, yakni: 1) tahap pengembangan bahan ajar; 2) tahap validasi bahan ajar; 3)tahap uji coba; 4) forum grup discussion; 5)tahap menganalisis hasil uji coba dan menyempurnakan bahan ajar. Hasil penilaian validasi menunjukan persentase keseluruhan yang didapat dari validator adalah 73% atau jika dikonversikan ke dalam kriteria atau kategori penilaian mendapat predikat layak di uji cobakan. Setelah divalidasi bahan ajar diujicobakan di sekolah uji coba dan mendapatkan penilaian oleh guru bahasa Indonesia di dua sekolah tersebut didapatkan hasil sebesar 85 (layak). Secara keseluruhan terdapat 28 peserta didik yang nilainya sudah di atas 71 sesuai dengan  kriteria ketuntasan minimal (KKM) menulis puisi di dua sekolah tersebut . Artinya dari jumlah 54 peserta didik rata-rata lebih dari 50% dari jumlah peserta didik sudah tuntas dalam kompetensi dasar menulis puisi. Dari data yang ada  disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dikategorikan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PANTUN DENGAN MEDIA LIRIK LAGU BERBASIS KEPEDULIAN SOSIAL UNTUK MTS DI KABUPATEN DEMAK Ulil Absor; Asrofah Asrofah; Nazla Maharani Umaya
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 5, No 1 (2020): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v5i1.6335

Abstract

Atikel berikut membahas tentang hasil penelitian pengembangan pada bahan ajar teks pantun dengan media lirik lagu berbasis kepedulian sosial untuk MTs di Kabupaten Demak. Fokus pembahasan adalah mengenai pemuatan pendidikan tentang kepedulian sosial untuk tingkat MTs. Metode yang digunakan bersifat kualitatif kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data terdiri penyebaran angket, wawancara, observasi, dan tes kemampuan siswa dalam menulis teks pantun. Produk luaran penelitian berupa perangkat pendukung berupa bahan ajar yang telah melalui proses uji materi ahli materi, ahli penggunaan bahan ajar, dan uji coba dengan hasil bahwa pengembangan yang dilakukan dapat menghasilkan produk yang efektif untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Bahan ajar teks pantun berisi tentang pengertian pantun, ciri – ciri pantun, syarat – syarat pantun, unsur – unsur pantun, dan beberapa contoh pantun serta latihan. Temuan yang diperoleh dari hasil penelitian ini berupa informasi, data, dan produk yang dapat dipergunakan dalam mendukung proses pembelajaran teks pantun dan bermanfaat bagi siswa dalam pembelajaran.
PENGEMBANGAN BAHAN AJARTEKS DESKRIPSI DENGAN MEDIA FOTO BERBASIS PEDULI LINGKUNGAN SOSIAL UNTUK SISWA SMP DI KOTA SEMARANG Siti Munaziroh; Nazla Maharani Umaya; Sunarya Sunarya
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 5, No 1 (2020): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v5i1.6311

Abstract

Artikel berikut membahas tentang hasil penelitian pengembangan bahan ajar teks deskripsi dengan media foto berbasis peduli lingkungan sosial di SMP Kota Semarang. Fokus pembahasan mengenai pembelajaran teks deskripsi untuk siswa SMP di kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan melihat data dari analisis kebutuhan berupa observasi, wawancara, dan angket..Bahan ajar teks deskripsi dengan media foto berbasis peduli lingkungan sosial berisi materi tentang pengertian teks deskripsi, ciri objek, isi teks deskripsi, tujuan, struktur dan kebahasaan teks deskripsi, serta beberapa contoh teks deskripsi beserta soal latihannya.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERITA LEGENDA KAPITAN MALUKU BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER Abraham Hatulely; Harjito Harjito; suwandi suwandi
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 5, No 1 (2020): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v5i1.6295

Abstract

Artikel ini membahas hasil penelitian pengembangan bahan ajar menulis cerita legenda kapitan Maluku berbasis pendidikan karakter dengan teknik pemodelan pada siswa  SMP Kabupaten Maluku Tengah.  Focus pembahasan adalah menulis cerita legenda kapitan Maluku berbasis pendidikan karakter yang di sampai oleh pencerita untuk siswa, agar siswa di Maluku dapat mengenal cerita mereka sendiri.  Menggunakan adaptasi metode Research and Development oleh Borg dan Gal 1) tahap pengembangan bahan ajar, meliputi analisis kurikulum, mencari sumber pustaka, melakukan wawancara dan penyebaran angket kebutuhan siswa dan peserta guru, dan penyusunan prototipe bahan ajar; 2) tahap validasi bahan ajar dilakukan dengan cara menghadirkan pakar atau ahli 3) tahap uji coba bahan ajar kedua sekolah penelitian; dan 4) menganalisis hasil uji coba dan penyempurnaan bahan ajar.  Bahan menulis cerita legenda kapitan Maluku berbasis pendidikan karakter beisi beberapa materi pembelajaran tentang cerita Legenda diantaranya pengertian legenda,ciri-ciri legenda,jenis-jenis legenda,struktur legenda,serta beberapa contoh cerita legenda kapitan Maluku berserta soal latihannya.Dari hasil produk bahan ajar legenda kapitan Maluku dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran menulis cerita legenda.Hasil penulisan siswa pada pembelajaran menulis cerita legenda kapitan Maluku dengan teknik pemodelan mengalami peningkatan yang sangat baik dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia
ANALISIS MUATAN TOLERANSI DALAM TRADISI MASYARAKAT JAWA PADA CERPEN BERJUDUL “JAGO KLURUK” KARYA BAMBANG SULANJARI DAN H.R UTAMI Sofi Lailatu Rohmah; Nazla Maharani Umaya
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 5, No 1 (2020): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v5i1.6328

Abstract

Cerpen Joko Kluruk  karya Bambang Sulanjari dan H.R Utami merupakan kumpulan cerpen berbahasa jawa yang memuat adat dan kebiasaan sehari-hari masyarakat jawa dan diterbitkan pada tahun 2009 oleh Panji Pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek sosial toleransi  yang terdapat pada cerpen berjudul “Jago Kluruk” karya Bambang Sulanjari dan H.R Utami. Cerpen ini dipilih karena memuat aspek sosial mengenai tradisi dan kebiasaan masyarakat jawa yang beberapa diantaranya masih diterapkan dalam kehidupan nyata oleh  masyarakat jawa saat ini. Cerpen ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dan analisis datanya menggunkan metode deskriptif kualitatif. Struktur cerpen terbentuk oleh unsur narasi. Sumber data yang digunakan adalah cerpen berjudul “Jago Kluruk” yang terdapat dalam kumpulan buku Rembulan Ndadari karya Bambang Sulanjari dan H.R Utami. Setelah dianalisis, diperoleh hasil bahwa  dalam kumpulan cerpen  Rembulan Ndadari yang berjudul “Jago Kluruk” memuat beberapa aspek sosial toleransi yaitu dalam tradisi nyadranan, punjung-pinunjung, urip prasaja, dan gotong royong.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI DENGAN METODE MIND MAPPING BERBASIS KEINDAHAN ALAM PADA SISWA KELAS X SMK KABUPATEN PEKALONGAN Fajar Prabowo; Harjito Harjito; Suwandi Suwandi
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 5, No 1 (2020): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v5i1.6327

Abstract

HHasil penelitian ini menunjukkan kebutuhan siswa dan guru terkait bahan ajar menulis puisi, ketersediaan bahan ajar yang selama ini beredar dan digunakan dalam proses pembelajaran. Prototipe konten yang terdapat dalam bahan ajar menulis puisi menggunakan metode mind mapping berbasis keindahan alam, secara sistematis isi bahan ajar menulis puisi menggunakan metode mind mapping berbasis keindahan alam meliputi: sampul, kata pengantar, daftar isi, pemetaan kompetensi inti dan kompetensi dasar, konsep pembelajaran menulis puisi menggunakan metode mind mapping berbasis keindahan alam sebagai komponen isi bahan ajar ada empat, yaitu (1) Bab I Elemen Bangunan Puisi, (2) Bab II Rima Dalam Puisi, (3) Bab III Majas Dalam Puisi, (4) Bab IV proses pembelajaran kegiatan menulis puisi menggunakan metode mind mapping berdasarkan keindahan alam, (5) Pedoman untuk penilaian dan penilaian penulisan puisi dengan metode mind mapping berdasarkan keindahan alam. Kompetensi inti dan kompetensi dasar yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar untuk menulis puisi dengan menggunakan metode mind mapping ini berdasarkan keindahan alam, yaitu kompetensi inti dan kompetensi dasar yang ditemukan di kelas X SMK.
UPAYA PENINGKATAN BUDAYA LITERASI PADA PESERTA DIDIK DENGAN SASTRA POPULER KARYA ANDREA HIRATA Anggita Ikko NUr Nugraheni; Nazla Maharani Umaya
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 5, No 1 (2020): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v5i1.6320

Abstract

 Budaya merupakan kebiasaan, sementara itu  literasi adalah kemampuan membaca atau menulis. Jadi, dapat dikatakan bahwa budaya literasi adalah kebiasaan membaca atau menulis yang dilakukan terus-menerus dengan tujuan mendapatkan pengetahuan atau informasi. Budaya literasi di Indonesia sedang berada pada titik mengkhawatirkan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan budaya literasi terutama di kalangan peserta didik. Rendahnya minat baca dan kurang tertariknya peserta didik pada bidang sastra menjadi salah satu alasan utama peserta didik tidak suka berliterasi. Salah satu cara agar peserta didik tertarik dengan literasi adalah dengan bahan bacaan yang ringan, bahasanya mudah dipahami, dan ceritanya pun tidak jauh dari kehidupan peserta didik. Sastra populer menjadi pilihan dalam hal ini karena dianggap sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Banyak sekali karya sastra populer yang marak akhir-akhir ini, salah satunya karya Andrea Hirata. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan budaya literasi dengan menggunakan sastra populer karya Andrea Hirata. Pendekatan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa terdapat upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan budaya literasi dengan sastra populer karya Andrea Hirata. Karya Andrea Hirata dirasa sangat cocok untuk meningkatkan budaya literasi pada peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7