cover
Contact Name
Nazla maharani umaya
Contact Email
jurnal.teks@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
harjitoian@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
ISSN : 24610011     EISSN : 24610283     DOI : -
Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial redaksi terdiri atas dosen S2 PBSI Univeritas PGRI Semarang dan bekerjasama dengan para ahli dan pakar dari beragam perguruan tinggi (UNS, UNNES, UGM) sebagai mitra bestari. Tujuan utama jurnal ilmiah adalah menghadirkan wacana keilmuan sebagai referensi bidang bahasa, sastra, dan pengajarannya. jurnal ini terbit dalam bentuk online.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): TEKS" : 7 Documents clear
GURU MAKIN MELEK LITERASI DIGITAL DI ERA PADEMI Sugiarto Sugiarto
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 1 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i1.8530

Abstract

Artikel ini berjudul Guru Makin Melek Literasi Digital di Era Pandemi merupakan pembahasan mengenai guru masih belum memahami secara tepat literasi digital di era pademi. Tujuan artikel adalah menyikapi model pembelajaran yang tepat di era pademi. Memahami pengertian melek literasi digital yang benar. Menentukan posisi guru dan siswa untuk mencari kontruksi indentias diri sesuai literasi digital yang diharapkan. Kegiatan tatap layar melalui daring harus dilakukan di era pedemi ini. Artikel tersebut mengenai bagaimana upaya guru memahami makna guru harus melek literasi digital di era pademi untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar melalui daring dibahas secara kualiutatif dan berisfat desktiptif. Hal-hak yang dideskripsikan dalam artikel ini adalah 1. Perubahan pola pembelajaran di era pandemic. 2. Pengertian melek literasi digital di era pademi. 3. Guru mampu mengkontruksi diri invidu dalam menyikapi literasi digital. 4. Kemampuan literasi digital yang dibutuhkan oleh guru. Kata kunci : Guru, Literasi Digital, Pandemi
BAHAN AJAR TEKS EKSPLANASI KETENAGAKERJAAN DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK SISWA KELAS XI SMK PENA WAJA KABUPATEN TEGAL Ria Candra Dewi
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 1 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i1.12106

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk bahan ajar teks eksplanasi ketenagakerjaan dengan media gambar di SMK Kabupaten Tegal (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar teks eksplanasi ketenagakerjaan dengan media gambar  SMK di Kab. Tegal yang dikembangkan berdasarkan ahli media, ahli materi, guru, dan siswa .Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Recearc and Development (R&D) mengadopsi dari Sugiyono yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut : (1) Studi Pendahuluan, yakni studi literatur dan studi lapangan, 2. Studi Pengembangan, meliputi: (1) desain produk awal, (2) koreksi desain dari para pakar, (3) revisi desain, (4) uji coba terbatas, (5) Focus Grup Diskusi (FGD), (6) revisi produk.Hasil penelitian validasi ahli menunjukan presentasi di atas 90 % . Setelah bahan ajar divalidasi dan diujicobakan mendapat penilaian dari guru bahasa Indonesia atau ahli di lapangan berdasarkan empat aspek diantaranya (1) kelayakan isi, (2) Kebahasaan, (3) Sajian dan (4) kegrafisan Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah persentase nilai yang mencapai diatas 80%.Berdasarkan hasil data penilaian instrument bahan ajar menulis teks eksplanasi, maka diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar teks eksplanasi  ketenagakerjaan  dengan media gambar sangat baik dan bisa dipergunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci :Bahan ajar, Teks eksplanasi ketenagakerjaan, Media Gambar   
STRATEGI KATA BERSAMBUNG DAN TIDAK BERSAMBUNG UNTUK MEMPERKAYA DIKSI DALAM KOMPETENSI PENULISAN PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASIC LEARNING Zuraida Jihan Annisa
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 1 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i1.12245

Abstract

ABSTRAKKeterbatasan diksi menjadikan hambatan bagi peserta didik dalam menulis puisi. Dalam masalah ini, penulis menggunakan metode deskriptif. Yaitu penenelitian yang menjelaskan suatu masalah yang ada saat ini dan bertujuan untuk mencari solusinya. Saat ini sudah banyak sekolah yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Guru harus menemukan strategi yang tepat digunakan dalam pembelajaran dan sesuai dengan tuntutan kurikulum Merdeka Belajar. Strategi yang tepat dan dapat dimanfaatkan oleh guru dalam situasi ini adalah menggunakan strategi kata bersambung dan tidak bersambung. Strategi tersebut bertujuan agar peserta didik memiliki semakin banyak diksi untuk dijadikan bahan menulis puisi. Strategi ini juga sudah sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar karena peserta didik dituntut untuk menyelesaikan masalah sendiri. Dalam penggunaan strategi ini, dibarengi dengan metode pembelajaran project basic learning. Yaitu metode yang tepat digunakan dalam tuntutan kurikulum Merdeka Belajar. Kata Kunci: diksi, bersambung, tidak bersambung, strategi, metode. 
KEEFEKTIFAN PJJ MATERI MENULIS TEKS PERSUASIF MELALUI MEDIA YOUTUBE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKAH TAHUN AJARAN 2021/2022 Hasna Akifahnabila; Arisul Ulumuddin; Azzah Nayla
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 1 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i1.12146

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi karena kurang minatnya siswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya keefektifan pembelajaran jarak jauh materi menulis teks persuasif melalui media youtube pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling.Perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa didapatkan sig. (2-tailed) sebesar 0,001 setelah itu dibandingkan dengan α 5% dan α 1%, maka dapat disimpulkan bahwa sig. (2-tailed) < Alpha penelitian (0,05 dan 0,01), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari analisis akhir yang dilakukan ditemukan pembelajaran menggunakan media youtube efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasif. Kata Kunci: keefektifan, media, menulis, persuasif, youtube  ABSTRACTThis research is motivated by the lack of interest of students in implementing distance learning. The purpose of this study was to determine the effectiveness of distance learning in writing persuasive texts through youtube media for class VIII students of SMP Negeri 2 Pangkah.This research uses experimental quantitative methods with the sampling technique using purposive sampling technique.The calculation of the hypothesis test shows that sig. (2-tailed) of 0.001 after that compared with 5% and 1%, it can be said that sig. (2-tailed) < Alpha research (0.05 and 0.01), then H0 is rejected and Ha is accepted. From the final analysis carried out, it was found that learning using YouTube media was used in learning to write effective persuasive texts. Keywords: effectiveness, media, writing, persuasive, youtube
Analisis Nilai Sosial Perempuan Patah Hati Yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi Karya Eka Kurniawan Kajian Sosiologi Sastra Anton Suryanto; Harjito Harjito; Pipit Mugi Handayani
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 1 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i1.12182

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan berbagai wujud nilai sosial yang termuat dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi karya Eka Kurniawan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa kutipan kata-kata atau kalimat yang mengandung nilai sosial dalam 5 cerpen yang terpilih dengan menggunakan seleksi kriteria keterbacaan yakni (1) Gerimis Yang Sederhana, (2) Gincu Ini Merah, Sayang (3) Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi, (4) Kapten Bebek Hijau, (5) Pengantar Tidur Panjang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik baca dan catat dengan membaca setiap cerpen kemudian mencatat dan memilah nilai sosial yang ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada kumpulan cerpen Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi karya Eka Kurniawan banyak ditemukan nilai-nilai sosial yakni 1. Nilai sosial kasih sayang yang meliputi nilai pengabdian, tolong menolong, kepedulian, kekeluargaan dan kesetiaan, 2. Nilai sosial tanggung jawab yang meliputi nilai rasa memiliki, kedisplinan, dan kewajiban, 3. Nilai sosial keserasian hidup yang meliputi nilai keadilan, toleransi, dan kerjasama.Kata Kunci: cerpen, nilai sosial, sosiologi sastra
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MEDIA PICTURE MAPPING DI SMK KOTA SEMARANG Rubi 1
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 1 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i1.12118

Abstract

ABSTRAK Bahan ajar merupakan bagian dari kelangsungan pembelajaran. Bahan ajar haruslah berwujud seperangkat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang dapat merangsang timbulnya peristiwa belajar. Bahan ajar harus dengan rincian isi, 1) disebut fakta bila berisi sesuatu yang harus diingat, 2) berupa konsep apabila berupa defisini serta ciri khas, 3) disebut prosedur apabila berisi penjelasan langkah-langkah kegiatan, 4) disebut prinsip apabila berisi penjelasan tentang hubungan antara beberapa konsep. Melalui media picture mapping dalam pembelajaran menulis teks biografi diharapkan peserta didik mampu menulis teks biografi dengan media picture mapping dengan benar. Peserta didik diharapkan mulai mengembangkan kreativitasnya dalam menyusun teks biografi. Penggunaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik merupakan sebuah tantangan dalam penyusunannya. Bahan ajar harus dikolaborasikan dengan metode, teknik yang tepat untuk menghasilkan sebuah bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan.Dalam penelitian ini dihasilkan bahwa bahan ajar menulis teks biografi dengan media picture mapping yang dikembangkan terbukti efektif membantu peserta didik dalam pembelajaran menulis teks biografi sesuai dengan struktur dan kaidah penulisan yang berlaku. Dilihat dari hasil ketercapaian ketuntasan belajar, hasil tes menulis peserta didik menunjukkan bahwa pada saat menggunakan bahan ajar menulis teks biografi dengan media picture mapping sebanyak 72,31 % peserta didik mendapat nilai diatas KKM. Artinya, bahan ajar ini sangat membantu dalam pemerolehan ketuntansan belajar peserta didik.Kata kunci: Teks Biografi, Menulis, Picture Mapping
COVER JURNAL TEKS FEBRUARI Cover Jurnal Teks
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 1 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i1.12550

Abstract

COVER JURNAL TEKS

Page 1 of 1 | Total Record : 7