cover
Contact Name
Nazla maharani umaya
Contact Email
jurnal.teks@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
harjitoian@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
ISSN : 24610011     EISSN : 24610283     DOI : -
Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial redaksi terdiri atas dosen S2 PBSI Univeritas PGRI Semarang dan bekerjasama dengan para ahli dan pakar dari beragam perguruan tinggi (UNS, UNNES, UGM) sebagai mitra bestari. Tujuan utama jurnal ilmiah adalah menghadirkan wacana keilmuan sebagai referensi bidang bahasa, sastra, dan pengajarannya. jurnal ini terbit dalam bentuk online.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022): TEKS" : 7 Documents clear
JARGON KOMUNITAS PENCINTA ALAM: STUDI KASUS KOMUNITAS PENCINTA ALAM SWAPALA KALIJAGA SMA N 1 DEMAK Ika Shofia Rani; Eva Ardiana Indrariani; Siti Ulfiyani
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 2 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i2.12156

Abstract

ABSTRACTThis study aims to describe form function the use of jargon in the student’s mountaineering community of Swapala Kalijaga SMA N 1 Demak. The use of jargon in a community in addition to interacting has the aim of creating a language that is only understand by the community that is formed. The research used a qualitative research approach with a sociolinguistic theoretical approach. The data was collected using a method watch free to talk, conservation, recording, notes, and interviews to find the function of using jargon. The text were analyzed using carried out by outlining the forms of jargon that have their respective use functions found in the community of Swapala Kalijaga SMA N 1 Demak. From the research, it concluded that jargon is used to interact among fellow members as well of a community. The results show that jargon from community of Swapala Kalijaga SMA N 1 Demak was 37 jargons. Jargon community of Swapala Kalijaga SMA N 1 Demak is divided into four forms (1)words forms, (2)phrase forms, (3)abbreviated forms, and (4)acronym forms. Each jargon used has its own function of use (1)information, (2)invitations, (3)identity, (4)rule, (5)enthusiasm, and (6)facilitate communication. Keywords: jargon, community, student’s mountaineering 
PRAKTIK POLIGAMI DALAM DRAMA KOREA MR. QUEEN: KAJIAN CDA TEUN A VAN DIJK Lina Putriyanti
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 2 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i2.11228

Abstract

Drama Korea Mr. Queen tidak hanya mengisahkan intrik perebutan kekuasaan tetapi juga terdapat adanya praktik poligami yang dilakukan oleh Raja Joseon. Kisah tersebut menarik untuk dikaji mengingat poligami identik dengan ajaran Islam. Namun, pada drakor Mr Queen juga terdapat adanya praktik poligami. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan struktur makro dan struktur mikro praktik poligami yang dilakukan oleh Raja Cheoljong dalam drama Korea Mr. Queen. Sifat penelitian yaitu deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan teori analisis model Teun A van Dijk untuk membedahnya dengan pendekatan objektif. Data berupa penggalan teks dengan sumber data penelitian drama Korea Mr Queen yang ditayangkan di Saluran lokal TvN yang ada di Korea. Untuk menghimpun data diperlukan metode simak dengan teknik catat sebagai lanjutannya. Adapun pengecekan data diperlukan teknik trianggulasi data yang selanjutnya analisis data dibutuhkan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Temuan dalam penelitian ini yaitu struktur makro (tematik), stuktur mikro semantik (latar, detail, dan maksud), dan stilistik. Penelitian ini memiliki kesimpulan yaitu struktur makro dan struktur mikro yang terdapat di dalam drama Korea Mr. Queen menunjukkan ideologi penulis skenario tentang adanya praktik poligami melalui pilihan kata, struktur kalimat dan alur cerita yang disajikan. 
PELUANG PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PUISI DI SMP DENGAN TEKNIK AKROSTIK Eni Riswanti; Sri Suciati; HARJITO HARJITO
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 2 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i2.12167

Abstract

 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran puisi di SMP dengan teknik akrostik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan modifikasi metode Research and Development oleh Borg dan Gall. Tahap pengembangan pembelajaran meliputi 1) analisis kurikulum, mencari sumber pustaka (studi literatur), penyebaran angket kebutuhan guru dan siswa, dan penyusunan prototipe pembelajaran; 2) tahap validasi pembelajaran yang dilakukan dengan cara menghadirkan pakar atau ahli dan guru; 3) tahap uji coba pembelajaran di dua sekolah penelitian; dan 4) menganalisis hasil uji coba dan penyempurnaan pembelajaran. Hasil analisis kebutuhan guru dan kebutuhan peserta didik terhadap pembelajaran puisi dengan teknik akrostik  terkait kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam pembelajaran sebesar 92,82%; kebutuhan pembelajaran puisi terkait kondisi awal terhadap pembelajaran sebesar 97,1%, kebutuhan pembelajarn puisi terkait pengetahuan awal pemahaman materi puisi sebesar 81,01% merasakan kesulitan menentukan tema, kebutuhan pembelajaran puisi terkait penggunaan teknik akrostik sebesar 86,95%. Artinya, 89,47% peluang untuk pengembangan pembelajaran puisi dengan teknik akrostik di SMP. Kata Kunci : pembelajaran, puisi, teknik akrostik
Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Pendek Dengan Penerapan Strategi Transformasi Cerita Pengalaman Pribadi Tingkat SMP di Kabupaten Pati Suprihadi Suprihadi; Asrofah Asrofah; Nazla Maharani Umaya
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 2 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i2.12104

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar teks cerita pendek dengan penerapan strategi transformasi cerita pengalaman pribadi  untuk peserta didik kelas IX SMP di kabupaten Pati? (2) Bagaimanakah pengembangan bahan ajar teks cerita pendek dengan penerapan strategi transformasi cerita pengalaman pribadi  untuk peserta didik kelas IX SMP di kabupaten Pati? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode R&D (Researcd and Development). Tahapannya meliputi (1) menganalisis kebutuhan peserta didik dan guru, (2) penyusunan draf prototipe, (3) validasi pakar, (4) revisi draf produk, (5) uji produk, (6) analisis FGD bahan ajar, dan (7) protoptipe bahan ajar teks cerpen . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan teknik angket. Sedangkan teknik pengumpulan data kualitas media menggunakan teknik validasi oleh validator ahli pakar. Hasil validasi bahan ajar yang didapat dari uji ahli adalah 84 % dengan kategori baik atau layak diuji cobakan. Hasil ketercapaian ketuntasan belajar menunjukkan sebanyak 80% peserta didik memperoleh nilai diatas KKM setelah menggunakan buku pengembangan bahan ajar teks cerita pendek dengan penerapan strategi transformasi cerita pengalaman pribadi  untuk peserta didik kelas IX SMP . Artinya, bahan ajar ini diperlukan dan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran serta peserta didik dalam meningkatkan ide kreatifitas dalam menulis teks cerpen  sehingga memperoleh nilai diatas KKM. Kata kunci: Teks Cerpen , Transformasi, Pengalaman Pribadi
PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI CERITA DONGENG BAGI IBU-IBU PPK MAGARSARI JEPARA Azzah Nayla; Ambarini Asriningsari
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 2 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i2.12105

Abstract

ABSTRAKCerita dongeng salah satu sarana yang baik untuk memperkenalkan nilai-nilai pendidikan karakter bagi anak-anak sejak dini. Cerita dongeng dapat juga dipakai untuk mempermudah mereka memahami akan informasi yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Kisah dalam cerita dongeng  perlu diberikan yang lebih menarik dan interaktif agar anak-anak tertarik untuk mendengarkan cerita dongeng. Ibu-Ibu PKK Magarsari Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara dalam menceitakan dongeng dibutuhkan bebeapa keteampilan dalam mendongeng. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter melalui cerita dongeng bagi ibu-ibu PKK Magarsari Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan melalui angket dan penanaman pendidikan karakter melalui cerita dongeng bagi Ibu-Ibu PKK Magarsari Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Dari uraian pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa penanaman pendidikan karakter melalui cerita dongeng bagi Ibu-Ibu PKK Magarsari Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara yang paling dominan dongeng-dongeng yang diangkat adalah penanaman karakter agama dan tolong-menolong. Kata Kunci: penanaman pendidikan karakter, cerita dongeng, Ibu-Ibu PKK Magarsari.
COVER JURNAL TEKS JUNI Cover Jurnal Teks
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 2 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i2.12551

Abstract

COVER JURNAL TEKS JUNI
PUISI MULTILINGUAL DALAM KUMPULAN PUISI AIR KATA KATA KARYA SINDHUNATA Siti - Fatimah; Murywantobroto Murywantobroto; Agus Wismanto; Zainal Arifin
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7, No 2 (2022): TEKS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/teks.v7i2.12140

Abstract

Penyair dalam menyampaikan perasaan, pemikiran, dan pengalaman ke dalam bentuk puisi melalui berbagai jenis bahasa, tidak terkecuali Sindhunata. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan puisi multilingual yang terdapat pada kumpulan puisi Air Kata Kata karya Sindhunata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan content analysis mendeskripsikan data berupa puisi-puisi multilingual dalam kumpulan puisi Air Kata Kata. Ditemukan berbagai bahasa yang digunakan penyair, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Jawa dengan berbagai dialek kedaerahan, bahasa Jawa Kuno yang biasanya digunakan dalam mantra dan kitab Kejawen, dan bahasa daerah lainnya misalnya Manado. Dengan demikian, puisi-puisi yang diciptakan Sindhunata dapat dikategorikan sebagai puisi multilingual, yaitu digunakannya multibahasa dalam menyampaikan perasaan, pemikiran, dan pengalaman penyair tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 7