cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
AKSIOMA
ISSN : 20862725     EISSN : 25797646     DOI : -
Core Subject : Education,
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika" : 9 Documents clear
MULTIPLE REPRESENTASI CALON GURU DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI BERFIKIR KREATIF FX. Didik Purwosetiyono; Muhammad Saefuddin Zuhri
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v6i2.1404

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui multiple representasi mahasiswa calon guru dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari berfikir kreatif. Subjek penelitian adalah 2 mahasiswa kategori berfikir kreatif dan tidak befikir kreatif. Teknik pengumpulan data; tes, observasi, wawancara. Teknik analisis data; reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian; 1) Mahasiswa yang berfikir kreatif dalam menyelesaikan masalah masih belum menggunakan multiple representasi, mereka hanya menggunakan representasi simbolik, visual, kongkret, masih belum maksimal dalam representasi verbal, namun sudah menerapkan langkah memecahkan masalah. Sedangkan, mahasiswa yang tidak berfikir kreatif dalam memecahkan masalah hanya menggunakan representasi simbolik saja, dan kurang mempu merepresentasikan jawaban secara visual dan verbal. 2) Faktor yang mempengaruhi kemampuan multiple representasi dalam memecahkan masalah pada mahasiswa yang berfikir kreatif dan yang tidak berfikir kreatif; kesadaran dalam belajar, kemampuan mengaitkan masalah, keberanian bertanya, dan ketidaksiapan dalam belajar.
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBANTU FLIPBOOK MAKER DAN PREZI DENGAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA MATERI PELUANG SMK KELAS X Dessy Tria Shofiatun Ni’mah; Sutrisno Sutrisno; Ali Shodiqin
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v6i2.1399

Abstract

Penelitian ini meruoakan penekitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran dengan menggunakan softwere flipbook maker dan prezi pada pokok bahasan peluang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dalam pengembangan modul matematika berbantu flipbook maker dan prezi dengan menggunakan model kooperatif teknik kancing gemerincing pada materi peluang menghasilkan media pembelajaran yang valid dan efektif serta hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran flipbook maker dan prezi dengan menggunakan model kooperatif teknik kancing gemerincing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi peluang di kelas X semester 2 SMK Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2014/2015.Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan menggunakan satu kelas eksperiment (X Boga 3) dan satu kelas kontrol (X Boga 2). Pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan telah dinilai dan divalidasi oleh ahli media pembelajaran dan ahli materi pembelajaran. Hasil penilaian keseluruhan yang diperoleh dari kedua ahli media pembelajaran sebesar 82,4% menunjukan kategori sangat baik, sedangkan penilaian dari kedua ahli materi pembelajaran dari aspek materi sebesar 80,8% menunjukkan kategori sangat baik.Untuk analisis data akhir menggunakan uji t satu pihak dengan a=5% dan diperoleh dan . Karena maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran berbantu flipbook maker dan prezi dengan menggunakan model kooperatif teknik kancing gemerincing lebih baik meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan peluang. Kesimpulan dalam penelitian dalam penelitian ini adalah pengembnagan media pembelajaran berbantu flipbook maker dan prezi dengan
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) DAN NESTED BERBANTUAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA SISWA SMA N 2 PEKALONGAN Moh. Aminudin
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v6i2.1400

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menakutkan. Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelajaran teacher center. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menerapkan suatu model pembelajaran berupa model TPS dan Nested berbantuan kartu soal materi statistika, sehingga dapat menghasilkan model, media pembelajaran yang layak dan efektif digunakan selama proses pembelajaran, serta diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan model dan media pembelajaran, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Setelah didapat data akhir dilakukan perhitungan uji anava, uji t dua pihak, dan uji t satu pihak. Hasil penelitian terdapat perbedaan model pembelajaran TPS, model pembelajaran Nested dan model konvensional. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik dari pembelajaran konvesional dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Nested lebih baik dari pembelajaran konvesional. Namun tidak ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TPS dengan model pembelajaran Nested berbantuan kartu soal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS dan Nested berbantuan kartu soal lebih efektif dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi statistika.
PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII Farkhatu Sikhah
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v6i2.1401

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Inkuiri, model pembelajaran NHT, dan model Konvensional. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 84,14, kelas eksperimen II sebesar 78,03 dan kelas kontrol sebesar 65,14. Uji hipotesis 1 diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 20,251 > 3,055 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mendapat model pembelajaran Inkuiri, model pembelajaran NHT dan model konvensional. Hipotesis 2 diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,156 > 1,668 sehingga hasil belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Inkuiri lebih efektif dari siswa yang mendapatkan model konvesional. Uji hipotesis 3 diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,219 > 1,668 sehingga hasil belajar siswa antara yang mendapatkan model NHT dengan lebih efektif dari siswa yang mendapatkan model konvensional. Uji hipotesis 4 diperoleh ttabel = 1,996 thitung = 2,169 sehingga tidak memenuhi - ttabel < thitung < ttabel dengan demikian H0 ditolak, jadi ada perbedaan antara model pembelajaran Inkuiri dengan model pembelajaran NHT. Kesimpulannya ialah model pembelajaran Inkuiri, dan model pembelajaran NHT lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari hasil belajar matematika.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN DISCOVERY BERBANTUAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK SEGI EMPAT KELAS VII MTS AL MIFTAH SINDANG JAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Rohmatulloh Rohmatulloh
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v6i2.1402

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perbedaan prestasi belajar matematika pada materi pokok segi empat antara model pembelajaran PBL dengan Discovery dengan media CD Interaktif, dan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VII MTs Al Miftah Sindangjaya, 2) prestasi belajar matematika pada materi pokok segi empat model pembelajaran PBL dengan media CD Interaktif pada siswa kelas VII MTs Al Miftah Sindangjaya, dan 3) prestasi belajar matematika pada materi pokok segi empat antara model pembelajaran Discovery dengan media CD Interaktif pada siswa kelas VII MTs Al Miftah Sindangjaya.Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental design (eksperimen sungguhan) dengan desain statis dua kelompok. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan metode tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol, kelas VII A sebagai kelas eksperimen I, dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen II.Berdasarkan hasil uji anava antara kelompok Problem Based Learning dengan Discovery menunjukkan bahwa thitung = 2,085 hasil uji t antara kelompok PBL dengan kelompok kontrol menunjukkan thitung = 4,737, dan hasil uji satu pihak antara kelompok Discovery dengan kelompok kontrol menunjukkan thitung = 2,897 sedangkan ttabel = 1,9955 maka thitung > ttabel berarti H0 ditolak, dan hasil uji F antara ketiga kelompok tersebut menunjukkan Fhitung = 2,48 sedangkan Ftabel =3,09 maka Fhitung < Ftabel berarti H0 diterima.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran PBL dengan media CD Interaktif, Discovery dengan media CD Interaktif, dan pembelajaran ekspositori, (2) Prestasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada pokok bahasan segi empat, (3) Prestasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery dengan media CD interaktif lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori siswa kelas VII MTs Al Miftah Sindangjaya tahun pelajaran 2015/2016.
PENGEMBANGAN E-MODULE DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP Ida Safitri
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v6i2.1397

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya kesulitan-kesulitaan yang dialami siswa. Salah satunya Kendala belajar siswa yang berkaitan dengan konsep bangun ruang sisi datar merupakan suatu masalah yang perlu mendapat perhatian. Apabila kendala ini tidak segera diatasi, maka diperkirakan siswa akan mengalami kendala dalam belajar matematika karena sejumlah konsep matematika terkait dengan konsep bangun ruang sisi datar. Untuk itu diperlukan suatu media pembelajaran yang cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu media pembelajaran berupa E-Module dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan flipbook maker sehingga menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan selama pembelajaran berlangsung. Serta mengetahui adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan E-Module dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan flipbook maker dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII Mts.WALISONGO Pecangaan tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah ADDIE. Sesuai dengan namanya, ADDIE terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan angket dan tes tertulis. Hasil penilaian oleh ahli media dan ahli materi terhadap media, masing-masing menunjukan persentase 91,88% dan 98,67% yang berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil tanggapan siswa menunjukan persentase 89,66% yang berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji hipotesis data akhir diperoleh thitung = 2,500 dan ttabel = 1,667. Maka thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak. Artinya hasil belajar siswa yang menggunakan e-module dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbantuan flipbook maker lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS TEORI JEAN PIAGET PADA MATERI KUBUS DAN BALOK Selva Posasi
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v6i2.1403

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan CD pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme yang valid dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok.Penelitian dilaksanakan di MTs Al Ma’arif Gembong. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIIIC sebagai kelas uji coba instrumen, kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu: (1) analysis, meliputi analisis kinerja dan analisis kebutuhan; (2) design, meliputi penyusunan materi dan RPP; (3) development, dilakukan pengembangan CD pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme berbantuan software geogebra, setelah dikembangkan CD pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli untuk diuji kelayakan dan revisi produk; (4) implementation, dilaukan pada uji coba lapangan terbatas (eksperimen) untuk mendapatkan kelayakan dan keefektifan; (5) evalutation, dilakukan untuk manganalisis data berdasarkan tahap implementation.Hasil penilaian melalui instrumen angket yang dilakukan oleh ahli desain media, ahli materi, dan siswa uji coba terbatas memperoleh persentase rata-rata 72,727%, 87,5%, dan 88,19%. Data tersebut menunjukkan bahwa CD pembelajaran yang dikembangkan bersifat layak dan tidak perlu direvisi, namun perlu ditindak lanjuti mengenai komentar dan saran guna menyempurnakan produk. Dan hasil perhitungan dari uji coba terbatas telah mencapai indikator efektif, dengan terpenuhinya ketuntasan belajar siswa dengan rata-rata 78,49 dari ketentuan KKM yaitu 70. Sedangkan dengan menggunakan uji-t memberikan hasilsehingga Ho ditolak. Hal ini dapat dikatakan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,49 dan kelas kontrol 71,45.Berdasarkan analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa CD pembelajaran matematika berbantuan software geogebra dengan pendekatan konstruktivisme layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN MODUL DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTU LKS DAN PUZZQUARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI SEGIEMPAT SMP Fitriyatun Nasihah; Suyono Suyono; Supandi Supandi
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v6i2.1398

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu bahan ajar berupa modul dengan model problem solving berbantuan LKS dan Puzzquare pada pokok bahasan segiempat sehingga menghasilkan media yang layak dan efektif digunakan selama pembelajaran berlangsung serta diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama untuk pengembangan produk menggunakan modifikasi model ADDIE dan tahap kedua untuk menguji keefektifan produk melalui tes uji coba dengan desain Posttest-Only Control Desain. Kegiatan analisis data meliputi analisis uji validasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari penghitungan diperoleh rata-rata kelas eksperimen = 77,63 dan kelas kontrol = 70,23. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar matematika dengan model problem solving berbantuan LKS dan Puzzquare pada pokok bahasan segiempat (Luas bangun segiempat) yang dikembangkan ini layak dan efektif.
PENGARUH METODE ACCELERATED LEARNING BERBANTU JURNAL BELAJAR DAN GEOGEBRA 3D DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA RUANG DIMENSI TIGA Edo Bawono
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v6i2.1427

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahanya kemampuan pemahaman siswa sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Accelerated learning berbantu jurnal belajar dan Geogebra 3D ditinjau dari kemampuan pemahaman matematikterhadap hasil belajar siswa.Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan variabel terikatnya kemampuan pemahaman dan variabel bebasnya metode Accelerated Learning. Penelitian dilaksanakan di SMA negeri 1 Kayen yaitu kelas X-11, X-10 dan X-9 sebagai kelas kontrol, eksperimen 2 dan eksperiman 1. Tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan posttes.Hasil penelitian dengan uji Anava dengan signifikan 0,05 diperoleh= 9,27 dan3,08 makasehingga ada perbedaan hasil belajar ketiga kelas eksperimen. Setelah didapat perbedaan dilakukan Uji korelasi diperoleh kelas eksperimen 1= 0,63, eksperimen 2= 0,72 dan kontrol = 0, 35. Dilihat dari nilai uji korelasi ada pengaruh kemampuan pemahaman terhadap hasil belajar dan arah hubungan adalah positif karena nilai r positif “maka semakin tinggi Kemampuan matematika pemahaman siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa”.Hasil posttes nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1= 82,97, kelas eksperimen 2= 81,56 dan kelas kontrol-=77,48. Dilihat dari hasil belajar, kelas ekperimen 1 dan ekperimen 2 lebih tinggi dari kelas kontrol jadi dapat disimpulkan bahwa “kemampuan pemahaman siswa metode Accelerated Learning berbantu jurnal belajar dan Geogebra 3D lebih tinggi dari metode konvensional”. Jadi ada pengaruh metode Accelerated learning berbantu jurnal belajar dan Geogebra 3D ditinjau dari kemampuan pemahaman matematik terhadap hasil belajar siswa. Oeleh karena itu metode Accelerated Learning menjadi salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 3 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 3 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2020): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2020): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 2 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2018): AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA Vol 5, No 2/septembe (2014): aksioma Vol 5, No 2/september (2014): aksioma Vol 5, No 1/MARET (2014): AKSIOMA Vol 5, No 1/MARET (2014): AKSIOMA Vol 4, No 2/September (2013): AKSIOMA Vol 4, No 2/Septembe (2013): AKSIOMA Vol 4, No 1/MARET (2013): AKSIOMA Vol 4, No 1/MARET (2013): AKSIOMA Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA Vol 3, No 1/Maret (2012): Aksioma Vol 3, No 1/Maret (2012): Aksioma Vol 2, No 2/Septembe (2011): AKSIOMA Vol 2, No 2/September (2011): AKSIOMA Vol 2, No 1/Maret (2011): AKSIOMA Vol 2, No 1/Maret (2011): AKSIOMA Vol 1, No 2/September (2010): AKSIOMA Vol 1, No 2/Septembe (2010): AKSIOMA Vol 1, No 1/Maret (2010): AKSIOMA Vol 1, No 1/Maret (2010): AKSIOMA More Issue