cover
Contact Name
Wiwin Hartanto
Contact Email
wiwinhartanto@unej.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpe.fkip@unej.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Published by Universitas Jember
ISSN : 19079990     EISSN : 25487175     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and business.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan" : 20 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X AK 2 SMK Al Qodiri Jember Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Posting Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019) Nilam Mazidah; Titin Kartini; Sri Kantun
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 1 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i1.12426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran ICARE dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AK 2 SMK Al Qodiri Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar posting semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindak, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa pada kelas X AK 2 SMK Al Qodiri Jember. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya model pembelajaran ICARE dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. pada siklus I aktivitas siswa dalam kategori sedang dengan skor 2,5 meningkat pada siklus II menjadi kategori tinggi dengan skor 3,1. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa 76,9 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 76,6% meningkat pada siklus II menjadi 83,3 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 86,6%.
PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB PADA ANAK BURUH PERKEBUNAN DI DUSUN SUKAMADE DESA SARONGAN KACAMATAN PESANGGARAN KABUPATEN BANYUWANGI Retno Dewi Mulyani; Pudjo Suharso; Sukidin sukidin
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 1 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter mandiri dan tanggung jawab anak dalam keluarga buruh perkebunan di Dusun Sukamade Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi, yang di dalamnya berisi pemahaman orang tua mengenai pendidikan dan praktik karakter mandiri dan tanggung jawab anak dalam keluarga buruh perkebunan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orangtua (bapak dan ibu) yang keduanya bekerja sebagai buruh perkebunan dan anak dari keluarga buruh perkebunan yang bersekolah di SD dan SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara mendalam (in-depth interview) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif atau berkaitan satu sama lain, yaitu dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pendidikan karakter mandiri adalah dengan mendidik anak melalui pembiasaan, memberi teladan dan perintah, apabila anak melanggar maka akan diberikan sanksi atau hukuman sedangkan jika melaksanakan diberi penghargaan. Proses pelaksanaan pendidikan karakter tanggung jawab adalah dengan cara memberikan anak tugas yang bertujuan agar anaknya memelaksanakan dan bertanggung jawab terhadap apa yang ditugaskan kepadanya.
IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PREMI ASURANSI NELAYAN (BPAN) PADA MASYARAKAT PESISIR PANTAI PUGER KABUPATEN JEMBER Linda Permatasari; Pudjo Suharso; Wiwin Hartanto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 1 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i1.12056

Abstract

Upaya nelayan untuk memenuhi kebutuhan hidup dihadapkan pada risiko, hilang atau rusaknya sarana penangkapan ikan, dan kecelakaan kerja. Temuan Suharso (2012) melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir di Gunung Kidul menemukan bahwa tuntutan asuransi sebagai jaminan profesi nelayan telah lama disuarakan. Program Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) dirancang sebagai perlindungan bagi nelayan di dalam melakukan pekerjaannya serta sebagai stimulus dengan memberikan bantuan pembayaran premi asuransi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi program BPAN yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan kabupaten Jember beserta faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi tersebut di pesisir pantai Puger Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kasi, staf perikanan tangkap Dinas Perikanan Jember, dan nelayan Puger penerima program. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BPAN telah diimplementasikan oleh Dinas Perikanan Jember di Puger kabupaten Jember dengan beberapa tahap, sosialisasi; pendataan, verifikasi, dan validasi; pengusulan; penetapan; pengajuan dan pembayaran klaim. Terdapat beberapa masalah dalam pelaksanaan BPAN yaitu, hampir 80% nelayan di Puger masih belum terdata dalam program KUSUKA dan BPAN, kurangnya sosialisasi kepada nelayan, dan minimnya petugas dinas. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut terdiri dari, sosialisasi kepada nelayan, sumberdaya yang tersedia, struktur birokrasi dan komitmen implementor yang baik.
PEMASARAN RELASIONAL PADA TOKO IJEN DESA CINDOGO, KECAMATAN TAPEN, KABUPAEN BONDOWOSO. Wira Rizkianingsih; Joko Widodo; Sri Wahyuni
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 1 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i1.12280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemasaran relasional untuk mempertahankan konsumen pada Toko Ijen Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik toko Ijen, sedangkan informan penelitian yaitu konsumen dari toko ijen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemasaran Relasional pada Toko Ijen Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso memiliki empat aspek dalam Pemasaran Relasional. Pemasaran Relasional yang dilakukan oleh toko Ijen yang Pertama adalah ikatan, Ikatan yang dilakukan oleh pemilik toko kepada konsumen, memberikan jika konsumen mau berhutang. Kedua kepedulian, kepedulian yang diberikan pemilik toko, Menginformasikan jauh-jauh hari jika toko tidak buka. Ketiga Hubungan Jangka Panjang, hubungan yang diberikan kepada konsumen, mengadakan tasyakuran bersama dengan konsumen. Keempat kepercayaan yang diberikan adalah, memberikan barang yang masa kadaluarsanya masih lama. dengan adanya keempat elemen tersebut membuat konsumen akan semakin loyal dengan barang yang diual di tempat tersebut. Dengan adanya pemasaran relasional yang dilakukan oleh pemilik toko Ijen mampu mempertahankan pelanggan sehingga toko Ijen mampu bertahan ditengah persaingan dengan toko-toko lain meskipun banyak yang menjual barang sejenis.
HUBUNGAN SEKTOR INFORMAL DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA edvin nur febrianto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 1 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i1.16620

Abstract

Determinan pertumbuhan ekonomi merupakan topik yang menarik untuk diteliti. Salah satu hal yang masih diperdebatkan antara lain hubungan antara proporsi sektor informal dengan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara proporsi sektor informal dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan menggunakan data Sakernas dan publikasi PDRB per provinsi yang diterbitkan BPS tahun 2005-2018. Proporsi penduduk berusia 15 tahun ke atas yang bekerja di sektor informal di setiap provinsi digunakan sebagai proksi proporsi sektor informal. Sedangkan tingkat pertumbuhan PDRB tiap provinsi digunakan sebagai proksi pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan diagram pencar dan koefisien regresi, dapat disimpulkan bahwa hubungan antara proporsi sektor informal dan pertumbuhan ekonomi berbentuk huruf U di wilayah Indonesia bagian barat dan berbentuk huruf U terbalik pada Indonesia bagian timur.
PENGARUH CUKAI ROKOK TERHADAP KONSUMSI ROKOK SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI ROKOK Desliyani Tri Wandita
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 1 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kementerian Keuangan telah mengeluarkan PMK Nomor 152/PMK.010/2019. Aturan ini tentang tarif cukai hasil tembakau. Rata-rata kenaikan cukai hasil tembakau tahun 2020 adalah sebesar 21,56 persen. Salah satu alasan pemerintah menaikan tarif cukai hasil tembakau yaitu agar masyarakat mengurangi konsumsi rokok. Tujuan dari tulisan ini yaitu, untuk menganalisis pengaruh kenaikan cukai rokok terhadap penurunan konsumsi rokok, serta faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi rokok pada rumah tangga di Provinsi Lampung tahun 2018. Ada pun variabel yang digunakan yaitu besaran cukai rokok, rata-rata pengeluaran konsumsi rokok, harga rokok, pengeluaran makanan, pengeluaran pendidikan, pengeluaran kesehatan, dan pendidikan kepala rumah tangga, Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan OLS (Ordinary Least Square) dengan menggunakan data sekunder besaran cukai rokok dari kementrian keuangan serta data Susenas 2018. Hasil menunjukkan bahwa kenaikan besaran cukai tidak serta merta menurunkan konsumsi rokok rumah tangga, dan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi rokok pada rumah tangga secara signifikan yaitu variabel harga rokok, variabel kategori pendapatan rumah tangga yang dilihat dari status miskin atau tidak miskin rumah tangga, dan variabel pendidikan kepala rumah. Penelitian ini masih memiliki beberapa batasan yaitu penelitian belum meneliti dari sisi faktor psikologis dan lingkungan perokok yang menyebabkan seseorang merokok. Penelitian ini dapat digunakan pemerintah sebagai dasar kebijakan dalam hal kenaikan cukai rokok dan informasi untuk target sosialisasi dalam pengurangan konsumsi rokok.
STUDI KOMPARATIF METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN METODE CERAMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI D3 AKUNTANSI PADA MATA KULIAH AKUNTANSI BIAYA Hikmatul Maulidah; Bahri Kamal
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 1 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i1.17359

Abstract

Faktor yang mempengaruhi hasil belajar dibagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Metode pembelajaran yang dibahas dalam penelitian ini adalah metode cooperative learning tipe jigsaw dan metode ceramah. Permasalahan yang diangkat yakni adakah perbedaan hasil belajar akuntansi biaya dengan menggnakan metode pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan metode pembelajaran ceramah pada mahasiswa Prodi D-III Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal semester 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara penggunaan metode cooperative learning tipe jigsaw dengan metode pembelajaran ceramah pada mahasiswa Prodi D-III Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal semester 3. Sampel penelitian dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sedangkan pada kelas kontrol diterapkan metode ceramah. Observasi/pengamatan, tes hasil belajar, dan dokumentasi menjadi beberapa metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hmogenitas, dan uji independent t-test. Hasil perhitungan data diperoleh t-test, Sig. (2-tailed) sebesar 0,004. Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil test yang signifikan antara kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar akuntansi biaya dengan menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw dan metode ceramah pada mahasiswa Prodi D-III Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal. Hasil belajar metode cooperative learning tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar metode ceramah pada pokok bahasan analiss perilkau biaya. Saran penulis bahwa dosen perlu menambah wawasan dan pengetahuan tentang metode-metode pembelajaran yang inovatif sehingga proses pembelajaran akuntansi biaya akan lebih efektif.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 4 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember Pada Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019) Arum Setyowati; Sri Kantun; Titin Kartini
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 1 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i1.12420

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Improve dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019, serta mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yakni tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode observasi, tes, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Improve dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa mencapai skor rata-rata 2,3 pada kategori sedang dan meningkat sebesar 0,8 menjadi 3,1 pada kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang di dapat dari tugas studi kasus dan ulangan harian siswa pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 78,1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76,2%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,5 dan ketuntasan klasikal sebesar 83,3%.
PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP PENGALOKASIAN ANGGARAN BELANJA MODAL PADA KABUPATEN DAN KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2013-2018 Ahmad Dalil; Sukidin` sukidin; Wiwin Hartanto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 1 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i1.12598

Abstract

Otonomi daerah diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah untuk masyarakat, baik pelayanan yang sifatnya langsung maupun pelayanan yang tidak langsung, seperti pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya, sehingga penyediaan barang publik dan pelayanan publik dapat lebih terjamin. Alokasi Belanja Modal dilandasi oleh kebutuhan daerah dari sarana dan prasarana, untuk pelaksanaan tugas pemerintahan maupun untuk fasilitas publik. Variabel yang berpengaruh terhadap pangalokasian Belanja Modal antara lain seperti Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) terhadap Belanja Modal pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa Timur tahun 2013-2018. Populasi pada penelitian ini adalah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2013 sampai 2018. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari dokumen Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan estimasi model Fixed Effect Model (FEM) dan bantuan program aplikasi EViews 9.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Belanja Modal di Provinsi Jawa Timur tahun 2013-2018. Besarnya pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Modal di Provinsi Jawa Timur tahun 2013-2018 sebesar 90,2918% sisanya sebesar 9,028% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. secara parsial 1) Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif terhadap pengalokasian Belanja Modal. 2) Dana Alokasi Umum berpengaruh positif terhadap pengalokasian Belanja Modal. 3) Dana Alokasi Khusus berpengaruh positif terhadap pengalokasian Belanja Modal.
PENERAPAN VIDEO BLOG QUESTION AND ANSWERS (Q&A) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA: PENDEKATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS Novia Dani Pramusinto; Dini Octoria; Sudiyanto Sudiyanto; Rena Zonaifi
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 14 No 1 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v14i1.17362

Abstract

Inovasi berkelanjutan merupakan suatu keharusan dalam penyelenggaraan pembelajaran dalam pendidikan formal. Hal tersebut juga didorong dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang sangat pesat sehingga mengharuskan pendidik memiliki kreatifitas dan inovasi tinggi dalam memberikan layanan dalam bentuk pembelajaran. Artikel ini membahas peningkatan hasil belajar siswa dalam penggunaan video blog question and answers (Q&A) pada pembelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa. Artikel ini merupakan hasil classroom Action Research. Data yang digunakan meliputi data kualitatif berupa informasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan video blog Q & A dan data kuantitatif berupa data hasil belajar baik kognitif, afektif dan psikomotorik. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan video blog Q & A pada pembelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Page 1 of 2 | Total Record : 20