cover
Contact Name
Wiwin Hartanto
Contact Email
wiwinhartanto@unej.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpe.fkip@unej.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Published by Universitas Jember
ISSN : 19079990     EISSN : 25487175     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and business.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 2 (2022): SEPTEMBER 2022" : 20 Documents clear
TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN KEPUTUSAN FINANSIAL PERUSAHAAN: PENDEKATAN KITCHENHAM SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR) Ravika Mutiara Savitrah
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 16 No 2 (2022): SEPTEMBER 2022
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v16i2.33682

Abstract

Isu keberlanjutan sosial menjadi topik yang berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir sehingga mendorong berbagai pihak untuk memberikan atensi besar terhadap penerapannya. Hal inilah yang menyebabkan kegiatan menjadi salah satu prioritas pemimpin perusahaan utamanya bagi sector usaha yang berhubungan langsung dengan lingkungan. Secara umum, penelitian tentang tanggung jawab sosial perusahaan terus berkembang dan membahas berbagai topik yaitu keputusan keuangan, perilaku konsumen, dan etika bisnis perusahaan. Namun, hingga saat ini masih banyak perdebatan mengenai dampak tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja sosial perusahaan dan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode literature review. Pendekatan yang digunakan adalah Kitchenham Systematic Literature Review (SLR) dengan sumber data yang berasal dari berbagai jurnal bereputasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengethaui peluang-peluang riset di bidang akuntansi khususnya yang membahas tentang tanggung jawab sosial perusahaan dan keputusan finansial perusahaan.
IMPLEMENTASI PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN PADA PEKERJA INFORMAL (STUDI KASUS DI DESA DUKUHDEMPOK, KECAMATAN WULUHAN, KABUPATEN JEMBER) Septy Nadyadiva Pristanti; Sukidin Sukidin; Wiwin Hartanto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 16 No 2 (2022): SEPTEMBER 2022
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v16i2.25240

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses atau tahapan implementasi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan pada pekerja informal (studi kasus di Desa Dukuhdempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program BPJS Ketenagakerjaan pada pekerja informal telah melewati serangkaian tahapan atau proses model dari Jones. Pertama, pembentukan pola kemitraan pelaksana telah disusun secara sistematis dan baik. Kedua, sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan yang dilakukan oleh aktor pelaksana masih belum optimal. Ketiga, penerapan program BPJS Ketenagakerjaan sudah terstruktur dalam hal kinerja pelaksana, MoU, sumber daya keuangan dan peralatan, serta pembagian tugas kerja. Keberhasilan implementasi program BPJS Ketenagakerjaan dapat ditinjau dari respon pekerja informal melalui 3 (tiga) indikator, namun beberapa ada yang belum tercapai yaitu tingkat kepatuhan pembayaran iuran rutin peserta yang mulai menurun, tingkat partisipasi pekerja informal yang rendah dan belum mencapai keseluruhan pekerja informal, dan kualitas pelayanan pelaksana yang sudah baik. Selama pelaksanaan progam BPJS Ketenagakerjaan banyak mendatangkan manfaat bagi kelompok penerima manfaat, walaupun seringkali juga terdapat kendala yang menghambat kelancaran program secara berkelanjutan.
PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN Rafika Kaharuddin; Mustari Mustari; Rahmatullah Rahmatullah; Muhammad Dinar; Muh. Ihsan Said
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 16 No 2 (2022): SEPTEMBER 2022
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v16i2.33931

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Masagena Coffee di kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan jumlah responden menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Masagena Coffee di kota Makassar yaitu F hitung = 7,050 > F tabel = 2,31 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < α= 0,05. Berdasarkan uji signifikan secara parsial variabel harga dan variabel lokasi memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Masagena Coffee di Kota Makassar yaitu variabel harga sebesar 0,288 > 0,05 dan nilai T hitung =1,068 < T tabel = 1,985, variabel lokasi sebesar 0,802 > 0,05 dan nilai T hitung = 0,251 < T = tabel 1,985. Sedangkan variabel kualitas pelayanan dan promosi terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Masagena Coffee di Kota Makassar yaitu variabel kualitas pelayanan sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai T hitung = 3,431 > T tabel = 1,985, dan variabel promosi sebesar 0,046 < 0,05 dan nilai T hitung = 2,027 > T tabel = 1,985. Adapun nilai korelasi (R) variabel harga ,kualitas pelayanan, promosi dan lokasi sebesar 0,478 hal ini menunjukkan adanya hubungan harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,478 atau sebesar 47,8%. Sedangkan nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0,229 artinya bahwa pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,229 atau sebesar 22,9 %. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 77,1 %.
ANALISIS PENGARUH WORD OF MOUTH COMMUNICATION DAN LOKASI TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA (STUDI KASUS PADA TOKO SEPEDA TERMINAL BIKE SURABAYA) Nafik Umurul Hadi; Lusiana Puspitasari; Soelistyo Soetji Handajanti
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 16 No 2 (2022): SEPTEMBER 2022
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v16i2.33959

Abstract

Perubahan zaman menyebabkan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dalam berbagai aspek, salah satunya adalah aspek perekonomian khususnya dalam bisnis. Persaingan dalam berbisnis semakin ketat sehingga perusahaan harus dapat bersaing dengan bisnis yang sama. Perusahaan harus mampu memenuhi keinginan atau ekspektasi dari konsumen agar mampu bersaing dengan para kompetitornya. Toko Sepeda Terminal Bike Surabaya juga ingin terus eksis dan mampu bersaing dengan para kompetitornya dengan melakukan terobosan promosi dan penentuan lokasi toko yang diharapkan mampu mempengaruhi keputusan konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis mengenai pengaruh word of mouth communication dan lokasi toko terhadap keputusan pemeblian sepeda pada Toko Sepeda Terminal Bike Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian positivistik. Data peneliti ini merupakan data primer dari angket word of mouth communication (X1), lokasi toko (X2), dan keputusan pembelian (Y) yang diambil dari pengunjung toko dengan jumlah 120 responden. Teknik analisis data menggunakan Analisis Partial Least Square (PLS). Variabel dalam model penelitian ini terdiri dari tiga variabel laten yakni word of mouth communication, lokasi toko, dan keputusan pembelian. Evaluasi model pengukuran yaitu tahap pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Hasil analisis dalam penelitian ini secara parsial word of mouth communication memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda pada Toko Sepeda Terminal Bike Surabaya, sehingga Ha diterima dan H0. Secara parsial lokasi toko tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda pada Toko Sepeda Terminal Bike Surabaya sehingga Ha ditolak dan H0 diterima.
CROWDFUNDING DONATION BASED DI MASA PANDEMI COVID-19 : ANALISIS FAKTOR BERPENGARUH PADA MINAT PENGGUNA FINTECH SYARIAH Putri Catur Ayu Lestari
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 16 No 2 (2022): SEPTEMBER 2022
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v16i2.33754

Abstract

Di Indonesia, pandemi COVID-19 tidak hanya berimbas pada sektor kesehatan, namun juga perekonomian seperti meningkatnya tingkat kemiskinan dan turunnya kinerja ekonomi serta daya beli masyarakat. Sebagai negara mayoritas Muslim dan negara paling dermawan di dunia menurut World Giving Index 2021, digitalisasi aktivitas filantropi dibutuhkan sebagai strategi percepatan pemulihan kondisi ekonomi. Salah satu bentuk digitalisasi kegiatan filantropi yaitu penggunaan financial technology (fintech). Di masa pandemi, penggunaan fintech meningkat signifikan dan UMKM adalah salah satu pengguna terbesar platform tersebut. Di sisi lain, inovasi fintech berbasis syariah turut serta mendorong perkembangan iklim digital di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat faktor yang berpengaruh pada minat penggunaan fintech syariah untuk kegiatan donasi pada pelaku UMKM. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menguji 167 data responden yang valid menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM), sebanyak empat variabel independen ditetapkan yaitu PEOU (perceived ease of use), PU (perceived usefulness), image dan religiusitas. Hasil analisis menunjukan adanya hubungan siginifikan variabel PU (perceived usefulness), religius dan image terhadap minat berdonasi melalui fintech syariah. Sementara variabel perceived ease of use (PEOU) terbukti tidak berpengaruh. Temuan ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan fintech untuk menjaga image positif serta memenuhi syariah compliance karena berkaitan dengan kepercayaan konsumen. Selain itu juga diperlukan meningkatkan fitur-fitur yang dapat menambah kegunaan dari fintech syariah.
ANALISIS EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA UD MUTIARA RASA KABUPATEN JEMBER Bela Fista Agustina; Sri Kantun; Dwi Herlindawati
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 16 No 2 (2022): SEPTEMBER 2022
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v16i2.25357

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efisiensi biaya produksi pada UD Mutiara Rasa Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penentuan lokasi dalam penelitian ini menggunakan metode purposive area yaitu di UD Mutiara Rasa Jember. Metode pengumpulan data menggunakan dokumen dan wawancara. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya produksi UD Mutiara Rasa pada triwulan keempat tahun 2019. Pada bulan Oktober 2019 menunjukkan hasil efisien dimana biaya bahan bakunya terdapat selisih harga yang menguntungkan sebesar Rp4.196.400,00 dan selisih kuantitas yang menguntungkan sebesar Rp109.800,00 Pada bulan November 2019 efisiensinya meningkat Rp2.019.800,00 lebih besar dibandingkan pada bulan Oktober tahun 2019, dan pada bulan Desember 2019 mengalami selisih penurunan. Biaya bahan baku menunjukkan selisih menguntungkan sebesar Rp5.000,00 yang diperoleh dari selisih kuantitas dan selisih harga menunjukkan selisih normal. Pada bulan Desember 2019 menunjukkan adanya penurunan namun masih terdapat selisih lebih diantara biaya yang terjadi dengan biaya yang dianggarkan. Karena selisih antara biaya standar dan biaya sesungguhnya pada periode triwulan keempat tahun 2019 seluruhnya berada diatas angka 0, maka bisa dikatakan biaya produksi pada UD Mutiara Rasa Jember menunjukkan efisien.
STUDI KELAYAKAN DAN DAMPAK EKONOMI PENGELOLAAN LIMBAH PETERNAKAN SKALA RUMAH TANGGA Nur Hidayah; Inda Fresti Puspitasari; Nur Andriyani; Zofiana Mahaba Afifah
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 16 No 2 (2022): SEPTEMBER 2022
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v16i2.33351

Abstract

Salah satu pengguna energi fosil tertinggi di Indonesia di sumbang oleh sektor rumah tangga. Energi fosil dalam jangka panjang akan mengalami penurunan produksi bahkan akan habis. Oleh karena itu perlu adanya alternatif energi yang dapat diperbaharui. Namun, adannya biogas sebagai salah satu alternatif energi terbarukan yang sudah dikelola dalam skala rumah tangga perlu dilakukan analisis kelayakan agar dapat diketahui bagaimana keberlanjutan kegiatan tersebut. Penelitian ini dilakukan di Desa Mundu, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten yang merupakan salah satu ikon desa mandiri energi yang melakukan pengelolaan limbah peternakan menjadi biogas sebagai alternatif pengganti energi bahan bakar sejak tahun 2013. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 32 responden pengelola biogas volume 6 m3 dan biogas volume 8 m3. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kelayakan dari pengelolaan biogas menggunakan nilai uji kelayakan net present value (NPV), B/C rasio dan nilai IRR. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dampak pengelolaan biogas skala rumah tangga terhadap ekonomi rumah tangga. Pengelolaan biogas di desa Mundu, kecamatan Tulung, kabupaten Klaten dinyatakan layak kecuali pada pengelolaan biogas volume 6 m3 kelompok responden IV yang baru mengelola biogas selama tiga tahun belum dapat dinyatakan layak. Dari hasil analisis dampak ekonomi dapat diketahui bahwa masyarakat pengelola biogas di desa Mundu mendapatkan manfaat dari pengelolaan biogas berupa penghematan pengeluaran rumah tangga untuk energi sebesar Rp2.379.375 per tahun dan mendapatkan manfaat tambahan dari pengelolaan pupuk slurry yang juga merupakan hasil keluaran dari pengelolaan biogas sebesar Rp2.418.750 per tahun.
PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA YANG DIMODERASI OLEH LITERASI KEUANGAN Karenina Billy Nikensari; Dewi Kusuma Wardani; Feri Setyowibowo
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 16 No 2 (2022): SEPTEMBER 2022
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v16i2.33948

Abstract

Perilaku konsumen selama COVID-19 yang cenderung berubah karena adanya kewaspadaan mendorong semakin berkembangnya kegiatan buying melalui marketplace, sehingga membentuk preferensi produk dan keputusan pembelian yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi online dan kualitas produk, serta literasi keuangan dalam memoderasi keduanya terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini yaitu melalui pengumpulan data berupa angket berskala Likert yang diisi oleh 173 mahasiswa dari total populasi 304 orang yang dipilih menggunakan teknik proportioned stratified random sampling. Analisis data dilakukan menggunakan software SmartPLS versi 3 untuk menguji outer model, inner model, dan goodness of fit. Hasil pengujian outer model mengindikasikan semua variabel telah memenuhi validitas konvergen dengan nilai outer loading 0,40 – 0,70, Cronbach’s Alpha > 0,5, Composite Reliability > 0,5, AVE < 0,5, serta validitas diskriminan melalui cross loading indikator terhadap variabel utama yang lebih besar. Hasil pengujian inner model menunjukkan nilai t hitung Promosi Online dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Membeli > t tabel 1,653, sehingga pengaruhnya signifikan, serta pengaruh lemah Literasi Keuangan dalam memoderasi Promosi Online dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian ditunjukkan melalui penurunan nilai R2 yang dihasilkan Model A sebesar 51,6% menjadi 33,5% pada Model B. Hasil goodness of fit yang dihasilkan oleh SRMR, d_ULS, dan d_G mengindikasikan model sudah tepat digunakan, walaupun nilai RMS menunjukkan hal sebaliknya karena di atas 0,12. Berdasarkan hal di atas, promosi online dan kualitas produk dapat memengaruhi purchase decision secara signifikan, sehingga diperlukan suatu pengendali melalui peran literasi keuangan agar tercipta keputusan pembelian yang bijak dan menguntungkan.
ANALISIS DETERMINAN PERMINTAAN UANG DI INDONESIA (PERIODE 2011.1 - 2020.4) : PENDEKATAN ERROR CORRECTION MODEL Irfan Helmy; Marynta Putri Pratama
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 16 No 2 (2022): SEPTEMBER 2022
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v16i2.33840

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menguji faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan uang (broad money) di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan error correction model (ECM). Berdasarkan Laporan yang diterbitkan Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik, penelitian ini mengolah data sekunder yang diperoleh dari tahun 2011 Q1 sampai dengan 2020 Q4. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan software Microsoft Excel 2010 dan Eviews 8. Hasil pengujian menunjukkan bahwa produk domestik bruto (PDB) dan penanaman modal asing (PMA) memiliki pengaruh positif terhadap permintaan uang dalam jangka panjang. Sedangkan sebaliknya, suku bunga (INTEREST) menunjukkan pengaruh negatif. Dalam pengaruh jangka pendek hanya penanaman modal asing (PMA) yang secara signifikan berpengaruh terhadap permintaan uang. Untuk variabel nilai tukar (KURS) dan inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan uang baik dalam jangka panjang dan jangka pendek. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pemerintah tentang faktor yang berpengaruh terhadap permintaan uang sebagai alternatif kebijakan untuk menjaga stabilitas moneter di Indonesia.
PENGARUH FAKTOR SITUASI DAN FAKTOR PERSONAL TERHADAP IMPULSE BUYING MAHASISWA DI ROXY SQUARE JEMBER (STUDI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER) Eka Desy Novitasari; Pudjo Suharso; Wiwin Hartanto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 16 No 2 (2022): SEPTEMBER 2022
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v16i2.25409

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh faktor situasi dan faktor personal terhadap impulse buying mahasiswa di Roxy Square Jember ( studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember). Penelitian ini menggunakan angket dan wawancara untuk pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda yang memakai alat uji SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 25.0 untuk windows. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor situasi dan personal secara keseluruhan mempengaruhi secara signifikan terhadap impulse buying mahasiswa di Roxy Square Jember sebesar 79,0%, faktor situasi berpengaruh signifikan terhadap impulse buying mahasiswa di Roxy Square Jember sebesar 39,8658%, faktor personal berpengaruh signifikan terhadap impulse buying mahasiswa di Roxy Square Jember sebesar 39,123%.

Page 1 of 2 | Total Record : 20