JOIN (Jurnal Online Informatika)
JOIN (Jurnal Online Informatika) is a scientific journal published by the Department of Informatics UIN Sunan Gunung Djati Bandung. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on informatics. JOIN (Jurnal Online Informatika) is published twice a year in June and December. The paper is an original script and has a research base on Informatics.
Articles
182 Documents
Analisis Kinerja Kompresi Citra Digital dengan Komparasi DWT, DCT dan Hybrid (DWT-DCT)
Faza, Aditya Mahmud;
Slamet, Cepy;
Nursantika, Dian
JOIN (Jurnal Online Informatika) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Department of Informatics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/join.v1i1.3
Penelitian ini merupakan penelitian tentang penerapan transformasi diskrit kosinus (DCT), transformasi wavelet diskrit (DWT), dan hybrid sebagai penggabungan dari kedua transformasi sebelumnya dalam proses kompresi data citra digital. Proses kompresi dilakukan untuk menekan konsumsi sumber daya memory, mempercepat proses transmisi citra digital. Proses kompresi yang dilakukan dapat menghasilkan nilai mean square, peak signal to noise ratio dan waktu yang dibutuhkan untuk proses kompresi dari masing-masing transformasi. Nilai tersebut sebagai parameter untuk tahap komparasi kompresi sehingga pengguna dapat menentukan kinerja kompresi dari setiap transformasi dan dapat menentukan jenis transformasi yang paling baik digunakan untuk proses citra digital.
PEMODELAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAERAH PADA DIREKTORAT EVALUASI PENDANAAN DAN INFORMASI KEUANGAN DAERAH
Bhakti, Demmy Dharma
JOIN (Jurnal Online Informatika) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Department of Informatics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/join.v1i2.37
Abstrak- Tata cara pengiriman data informsi keuangan daerah dari pemerintah daerah ke Direktorat EPIKD masih dirasa belum efektif, penyimpanan elemen data yang disatukan dalam sebuah tabel dan penggunaan berkas csv sebagai media berkas pun menjadi kendala tatkala harus di migrasi ke dalam basis data SIKD dan dibuat LKPD sebagai tujuan akhir dari SIKD. penelitian ini yang memiliki tujuan untuk menganalisis proses bisnis sistem informasi keuangan daerah, menganalisis kebutuhan sistem informasi keuangan daerah di kementerian keuangan, dan untuk merancang sistem informasi keuangan daerah berdasarkan proses bisnis SIKD. Proses analisis dan merancang SIKD pada penelitian ini menggunakan berbagai diagram pemodelan berbasis objek, yaitu UML dan SoaML. SoaML digunakan untuk kebutuhan pemodelan perancangan web service berteknologi SOAP. Â Rational Unified Process (RUP)Â yang terdiri Inception dan Ellaboration dengan kegiatan business modelling, requirements, dan analysis and design pada setiap tahapan digunakan untuk memodelkan system. Penggunaan web service dengan teknologi SOAP mampu melayani komunikasi data secara netral tidak tergantung kepada platform yang digunakan sehingga semua aplikasi keuangan daerah yang saat ini dipakai di berbagai pemerintah daerah dapat mengirimkan data informasi keuangan daerah dengan berbasiskan teknologi web service.
Implementasi Algoritma Divide And Conquer Pada Aplikasi Belajar Ilmu Tajwid
Suryani, Dais;
Irfan, Mohamad;
Uriawan, Wisnu;
Zulfikar, Wildan Budiawan
JOIN (Jurnal Online Informatika) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Department of Informatics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/join.v1i1.5
Seorang muslim harus bisa membaca ayat-ayat Al-Quran dengan baik sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Membaca Al-Quran sesuai ilmu tajwid hukumnya wajib bagi setiap orang, tidak bisa diwakili oleh orang lain. Aplikasi ilmu tajwid yang dibangun bersifat mobile, sehingga user dapat mempelajari tajwid dimana saja dan kapan saja. Selain menambah wawasan tentang tajwid, user dapat membaca Al-Quran secara fasih sesuai hukum tajwid karena aplikasi yang bersifat mobile ini mendukung pembelajaran menggunakan teks dan suara. Selain itu user dapat juga mengasah kemampuannya tentang ilmu tajwid melalui soal-soal yang ada dalam aplikasi. Aplikasi Belajar Ilmu Tajwid menerapkan salah satu algoritma yaitu divide and conquer. Algoritma divide and conquer diimplementasikan pada pencarian jawaban pada soal yang ada pada menu latihan. Algoritma divide and conquer mempunyai cara kerja membagi masalah menjadi beberapa sub masalah sehingga dihasilkan solusi akhir dari masalah awal. Algoritma divide and conquer mempunyai kompleksitas yang cukup cepat yaitu 2,86272753, dibandingkan dengan algoritma Brute Force yang memiliki kompleksitas lebih tinggi daripada algoritma divide and conquer yaitu 6.
Rancang Bangun Pengontrol Presentasi Berbasis Slide dengan Teknik Analisis Gerakan Jari dan Tangan
Ramdania, Diena Rauda;
Harika, Maisevli
JOIN (Jurnal Online Informatika) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Department of Informatics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/join.v1i2.45
Gerakan tangan mampu membantu proses berpikir karena memberikan gambaran visual pada pembicara. Memanfaatkan gerakan untuk mengendalikan presentasi berbasis slide merupakan hal yang bermanfaat dan memudahkan pembicara. Analisis gerakan tangan dalam sinar proyektor sulit dilakukan karena artikulasi tangan, occlusion, dan pencahayaan yang berubah-ubah. Pendekatan yang diajukan dalam jurnal ini didesain untuk mengendalikan presentasi berbasis slide dan pointer dengan tangan kosong.
Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android
Gerhana, Yana Aditia;
Syaripudin, Undang;
Setiawan, Erwin
JOIN (Jurnal Online Informatika) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Department of Informatics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/join.v1i1.8
Augmented Reality (AR) adalah teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time. Perkembangan teknologi AR dewasa ini telah memberikan banyak kontribusi ke dalam berbagai bidang [1]. Salah satu implementasi AR di bidang edukasi seperti AR Book. Buku merupakan salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan. Selain itu, buku jg digunakan sebagai alat berkomunikasi oleh guru maupun orang tua terhadap anak-anak, misalkan seperti jenis buku panduan mengenai tatacara wudhu. Wudhu adalah suatu bentuk peribadatan kepada Allah Taâala dengan mencuci anggota tubuh tertentu dengan tata cara yang khusus, wudhu khususnya diperintahkan sebelum melaksankan ibadah shalat dan thawaf. Umat muslim harus mengetahui tatacara berwudhu yang benar. Salah satu sistem operasi yang digunakan mobilephone atau smartphone yaitu android. Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile yang berbasis linux yang bersifat open source. Dengan memanfaatkan media mobile untuk membangun aplikasi menggunakan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran aplikasi AR berbasis Mobile mempunyai keunggulan karena sifatnya yang mudah berpindah.
Aplikasi Pembelajaran Menyusun Ayat Sebagai Metode Menghafal Al-Qurâan (Juz 30)
Sanjaya, Laras;
Norhan, Linda
JOIN (Jurnal Online Informatika) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Department of Informatics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/join.v1i2.32
Al-Qurâan adalah wahyu Allah Subhanahu wa taala yang diturunkan kepada nabi Muhammad Shallallahu âalaihi wasallam. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak Rumah Tahfiz Al Qurâan Nurul Hidayah salah satu lembaga pendidikan yang menyediakan fasilitas menghafal Al-Qurâan, saat ini menghafal Al Qurâan memiliki keterbatasan dalam hal tempat berupa lembaga pendidikan yang menyediakan fasilitas untuk menghafal Al Qurâan. Selain itu terbatasnya pengajar dalam menghafal Al Qurâan, penerapan metode menghafal yang cukup sulit untuk diimplementasikan dengan keterbatasan peralatan yang ada, menyebabkan timbulnya permasalahan. Dengan pendekatan teknologi yang ada diharapkan menghafal Al-Qurâan dapat dilakukan semaksimal mungkin. Kondisi ini dapat dipenuhi dengan adanya sebuah solusi yaitu dengan membangun sebuah aplikasi bantu dalam menghafal Al Qurâan, sehingga bisa diakses dimana saja berada. Menyediakan fitur-fitur yang diperlukan sesuai dengan metode yang sudah ada, yaitu bisa membaca dan mendengarkan berulang-ulang (murajaâah). Untuk membuat sebuah aplikasi ini, digunakan perangkat lunak (software) Macromedia Flash 8 Professional sebagai pemrograman dan pembuatan animasi pada aplikasi pembelajaran ini, sedangkan Adobe Photoshop CS3 sebagai pengeditan gambar serta tulisan-tulisan dalam aplikasi pembelajaran, Total Video Converter melakukan pengubah suara (audio) dalam bentuk format lainnya, Nero WaveEditor sebagai pemotong atau pengeditan suara (audio) yang ingin di ambil dengan format .mp3 maupun .wav. Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan dalam menghafal Al Qurâan.
Aplikasi Pembelajaran Bahasa Sunda Dengan Implementasi Algoritma Linear Congruential Generator Dan Fuzzy Berbasis Android
Pribadi, Ganteng Eki;
Syaripudin, Undang;
Uriawan, Wisnu
JOIN (Jurnal Online Informatika) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Department of Informatics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/join.v1i1.9
Bahasa merupakan media komunikasi yang penting bagi manusia. Salah satunya bahasa Sunda yang merupakan salah satu bahasa Ibu untuk sebagian orang di Indonesia khususnya daerah Jawa Barat dan Banten. Seiring perkembangan zaman hanya 40% anak di daerah Jawa Barat dan sekitarnya yang mampu dan paham berbahasa Sunda, jika dibiarkan terus terjadi maka Suku Sunda akan kehilangan identitasnya. Seiring dengan perkembangan zaman android merupakan kebutuhan bagi manusia, karena hal tersebut android bisa dijadikan media pembelajaran. Dengan bantuan media android untuk pembelajaran bahasa Sunda diharapkan dapat membantu anak-anak meningkatkan hafalan kosakata bahasa Sunda. Penilaian menjadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran, metode Fuzzy dapat membantu penilaian di dalam sistem pembelajaran ini serta algoritma Linear Congruential Generator dapat membantu dalam proses pengacakan soal yang ada pada sistem pembelajaran ini.Kata Kunci: Augmented Reality, buku, wudhu, Android.
PENGEMBANGAN APLIKASI PENJADWALAN KEGIATAN PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS: BPRTIK)
Puspita, Restie Maya;
Arini, Arini;
Masrurah, Siti Ummi
JOIN (Jurnal Online Informatika) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Department of Informatics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/join.v1i2.43
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat mengoptimalkan penjadwalan kegiatan di Balai Pelatihan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPRTIK), Ciputat, Tangerang Selatan dengan mengimplementasikan Algoritma Genetika (AG). Penulis memahami bahwa proses kegiatan yang diatur secara manual belum dapat dilakukan secara optimal sehingga perlu adanya revisi rancangan kegiatan yang dikelola secara maksimal melalui penggunaan aplikasi optimasi penjadwalan yang terstruktur secara otomatis. Oleh sebab itu, kebutuhan terhadap optimasi penjadwalan menjadi penting dan pembuatan aplikasi pada bidang tersebut harus dibangun secara komperhensif. Algoritma Genetika menawarkan metode komperhensif dalam pengolahan data optimal dengan mengadopsi konsep seleksi alam sebagai tolak ukur dalam pemilihan dan penentuan data yang diperlukan. Di samping itu, untuk mengembangkan dan mengukur AG, penulis juga menerapkan metodologi Rapid Application Development (RAD) yang mencakup fase perencanaan, desain perancangan, dan fase pelaksanaan dalam proses pengembangan sistem aplikasi yang selanjutnya dikembangkan dengan PHP dan MySQL sebagai platform utama dan Adobe Dreamweaver CS6 dan Microsoft Visio 2007 sebagai infrastruktur grafis. Sebagai kesimpulan, penulis menemukan bahwa implementasi Algoritma Genetika pada aplikasi optimasi penjadwalan kegiatan menghasilkan kinerja yang lebih optimal pada proses pemilihan dan pengolahan data pada aplikasi yang telah dikelola sehingga menghasilkan produk penjadwalan yang lebih terstruktur.
Implementasi Algoritma Fisher-Yates Dan Fuzzy Tsukamoto Dalam Game Kuis Tebak Nada Sunda Berbasis Android
Haditama, Imam;
Slamet, Cepy;
Fauzy, Deny
JOIN (Jurnal Online Informatika) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Department of Informatics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/join.v1i1.11
Titi laras merupakan tangga nada yang digunakan pada jenis alat musik karawitan (gamelan) yang merupakan salah satu seni kebudayaan Jawa Barat. Karena kesenian merupakan salah satu unsur budaya yang bersifat universal, maka kesenian tersebut perlu dilestarikan.Fisher-Yates merupakan teknik pengacakan pada soal sehingga soal yang keluar akan berbeda dan bisa dihasilkan tanpa pengulangan dan duplikasi. Fuzzy Tsukamoto merupakan metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan skor pada akhir kuis. Untuk menentukan berapa nilai tertinggi dalam kuis adalah dengan cara menghitung x ꞊ waktu dan x ꞊ nilai, proses perhitungan dilakukan dengan cara menghitung variabel-varibel ÂFuzzy Logic yang telah ditentukan. Dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa Fisher-Yates mampu menentukan solusi pengacakan yang tidak berganda dan pengacakan objek yang variatif. Fuzzy Tsukamoto memiliki akurasi yang cukup baik antara perhitungan berdasarkan sistem dan perhitungan secara manual, meskipun tidak menunjukan hasil yang 100% sama pada masing-masing perhitungan. Rentan nilai antara perhitungan sistem dengan perhitungan manual mempunyai rentan yang berbeda pada setiap nilainnya.
Perbandingan Metode Cosine Similarity Dengan Metode Jaccard Similarity Pada Aplikasi Pencarian Terjemah Al-Qur’an Dalam Bahasa Indonesia
Nurdiana, Ogie;
Jumadi, Jumadi;
Nursantika, Dian
JOIN (Jurnal Online Informatika) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Department of Informatics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/join.v1i1.12
Todays there are more applications supporting Alqurán to facilitate such a study, which could be called digital AL-Quran. But when using applications digital AL-Quran, which has many applications users experience difficulties when searching for a word that users want.This occurs when users misspell a word you want to search and applications that are not yet able to identify or justify the wrong word. In this thesis made the information retrieval system that is used to find information that is relevant to the needs of its users automatically based on conformity to the query of a collection of information.Algoritma used to determine the similarity (degree of similarity) or relevant similarity algoritma, cosine, Jaccard, and nearest neighbor (k-nn) for comparing algoritma that are more relevant to the translation application alquran. The test result proves that the cosine similarity algoritma has the highest value with the percentage of 41% compared with Jaccard 19% algoritma and nearest neighbor (k-nn) 40% on translation of AL-Quran as much 6326 document and 33 query different experiments.