cover
Contact Name
Lohana Juariyah
Contact Email
lohana@um.ac.id
Phone
+6281328379547
Journal Mail Official
jurnalekobis@um.ac.id
Editorial Address
Gedung E4-108 Fakultas Ekonomi - Universitas Negeri Malang Jl. Semarang 5 Malang, 65145 Jawa Timur - Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Ekonomi Bisnis
ISSN : 08537283     EISSN : 25280503     DOI : 10.17977
Core Subject : Economy,
EKONOMI BISNIS (Economics, Management, and Business Journal) is a scientific dan peer-reviewed journal published twice a year (May and October) by Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang, Indonesia. Ekonomi Bisnis tries to serve as a communication media, dissemination and exchange of information and also as an outlet of publication from scholarly (empirical and theoretical) in Business, Management, and Economics field.
Articles 95 Documents
Peran serikat Pekerja dalam Membangun Hubungan Industrial (Studi Kasus Pada Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Unit Kerja PT. Ekamas Fortuna Malang) Hendrik Eko Aprilianto; I Nyoman Suputra
Ekonomi Bisnis Tahun 20, No. 2, Juli 2015
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.005 KB) | DOI: 10.17977/um042v20i1p129-138

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran serikat pekerja dalammemperjuangkan hak-hak karyawan dalam membangun hubungan industrial di PT. EkamasFortuna Malang. (2) Tindakan yang diambil SPSI untuk memperjuangkan hak-hak karyawan PHKPT. Ekamas Fortuna Malang. Dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan datapendekatan studi kasus diambil wawancara semi-terstruktur dengan empat informan, (1) KetuaSPSI PT UK. Ekamas Fortuna Malang, (2) HRD PT. Ekamas Fortuna Malang, (3) Dewan SPSI, (4)Anggota karyawan SPSI. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa peran dominan dariSPSI UK PT. Ekamas Fortuna Malang adalah sebagai sarana penyaluran aspirasi hak dankepentingan anggotanya. Dalam memecahkan masalah PHK, SPSI dan manajemen perusahaandalam pembicaraan damai di tingkat Bi-parties. Tapi tidak menemukan kesepakatan. Oleh karenaitu, SPSI dan manajemen perusahaan meminta Departemen Tenaga Kerja Kabupaten (Disnaker)Malang ditunjuk sebagai mediator pihak ketiga untuk membantu mengatasi masalah ini. Dalampembicaraan mediasi, menghasilkan keputusan bersama membatalkan PHK tiga anggota karyawanSPSI dengan efisiensi sebagai alasan.
Paket Kompensasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Mempengaruhi Motivasi Kerja Guru SMK Kota Mal Deni Vika Kuntari; Lohana Juariyah
Ekonomi Bisnis Tahun 20, No. 2, Juli 2015
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.276 KB) | DOI: 10.17977/um042v20i1p92-99

Abstract

Motivasi merupakan kondisi yang berpengaruh dalam membangkitkan dan mendoronggairah kerja seseorang. Motivasi penting karena dengan motivasi diharapkan guru mau bekerjakeras untuk mencapai produktifitas yang tinggi. Kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasimerupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi motivasi kerja guru. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi terhadap motivasi kerjaguru SMK Swasta di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasionaldengan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu 331 guru dengan 71sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap motivasikerja guru SMK swasta di Kota Malang sebesar 55,4%.
Evaluasi Model Pemberdayaan Koperasi INTAKO Pada UMKM di Sentra Industri Tas dan Koper Tanggulangin Sidoarjo Sebagai Upaya Pencegahan Kemiskinan Aisyah Aminy; Darsono Wisadirana; Hotman M. Siahaan
Ekonomi Bisnis Tahun 20, No. 2, Juli 2015
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.352 KB) | DOI: 10.17977/um042v20i1p53-67

Abstract

Peranan UMKM yang begitu besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan mencegah kemiskinan.UMKM memberikan kontribusi yang mencapai 54,34% terhadap total nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur pada Tahun 2012. Dibalik potensinya, UMKM memiliki kendala dan keterbatasan baik secara internal maupun eksternal sehingga pemberdayaan perlu dilakukan. Pendekatan sentra atau clustering dianggap merupakan strategi yang tepat untuk melakukan pemberdayaan UMKM. Sentra Industri Tas dan Koper Tanggulangin Sidoarjo memiliki model pemberdayaan untuk memaksimalkan pengembangan sentra yaitu dengan adanya Koperasi INTAKO. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan model pemberdayaan Koperasi INTAKO pada UMKM yang sudah dijalankan di sentra industri tas dankoper Tanggulangin Sidoarjo, (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas model pemberdayaan tersebut, dan (3) menyusun formulasi model pemberdayaan Koperasi INTAKO yang efektif pada UMKM di sentra tersebut dalam pencegahan kemiskinan. Hasil penelitian menunjukkan perlu adanya modifikasi pada berbagai program yang selama ini dijalankan oleh Koperasi INTAKO sebagai bentuk pemberdayaan kepada anggotanya. Dengan modifikasi model pemberdayaan Koperasi INTAKO tersebut diharapkan menjadi sebuah upaya pencegahan kemiskinan terutama bagi pelaku usaha mikro.
Kompetensi Kewirausahaan Keturunan Pemulung Melalui Model Pemutusan Vicios Circle of Poverty di wilayah Malang Raya Heny Kusdiyanti
Ekonomi Bisnis Tahun 20, No. 2, Juli 2015
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.764 KB) | DOI: 10.17977/um042v20i1p100-108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pemutusan Vicious Circle ofPoverty keturunan pemulung. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan langkahlangkah sebagai berikut: (1) Analisis situasi (lingkungan), (2) Identifikasi karakteristikresponden, (3) Identifikasi kebutuhan riil responden, (4) berdasarkan analisis situasi, identifikasikarakteristik dan kebutuhan riil responden, maka disusunlah model pemutusan Vicious Circle ofPoverty bagi keturunan pemulung di wilayah Malang Raya Raya. Penelitian ini adalahpenelitian deskriptif-kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah emik(emik view) (Pelto dan Pelto, 1978:54-66). Hasil penelitian ini adalah tersusunnya PanduanModel pembinaan kewirausahaan . Bentuk panduan adalah buku yang berisi tentang:1)Prosedur Pendampingan dan Konsultasi Bisnis; 2) Materi-materi untuk pembekalan antara lainberisi tentang tehnis, pembukuan untuk kewirausahaan, Tehnik pemasaran dan pembiayaan danpembinaan keuangan oleh lembaga keuangan. 2). Hasil analisis atau evaluasi kinerja keuanganmenunjukkan bahwa a). dapat mengembangkan usaha ditunjukkan oleh omset pejualan yangmengalami peningkatan. b)terdapat kendala yang dihadapi yaitu permasalahan pemasaran. c )tidak mengalami permasalah utama pada modal, justru pada kurang kondusifnya dukungankeluarga untuk berwirausaha.d ) Barang yang diperjual belikan lebih dominan pada fashion danaksesoris dengan pemasaran menggunakan IT yang ada.
Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Sikap Penggunaan Layanan Internet Banking (Study Pada Komunitas Virtual E- Banking BCA) Usfatul Ika Agustina; Mohammad Arief
Ekonomi Bisnis Tahun 20, No. 2, Juli 2015
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.215 KB) | DOI: 10.17977/um042v20i1p68-76

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi keadaan persepsi manfaat,persepsi kemudahan dan sikap penggunaan layanan internet banking pada komunitas virtual EBanking BCA, pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap sikap penggunaaninternet banking pada komunitas virtual E-Banking BCA. Variabel manakah yang paling dominanmempengaruhi diantara persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan internetbanking pada komunitas virtual E-Banking BCA. Penelitian ini dilakukan pada komunitas virtualE-Banking BCA yang tergabung di situs akun jejaring sosial facebook “E-Banking BCA”. Populasidalam penelitian ini yaitu komunitas virtual pengguna internet banking “E-Banking BCA”sebanyak 7.827 dengan sampel sebanyak 72 responden yang dipilih dengan menggunakan tehniksimple random sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang dikirim melaluiemail. Sedangkan tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah tehnik analisis regresi linierberganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa persepsi manfaat berpengaruh secarapositif dan signifikan terhadap sikap penggunaan internet banking, sedangkan variabel persepsikemudahan berpengaruh positif dan tidak signifikan, dapat disimpulkan juga bahwa variabel yangpaling dominan berpengaruh adalah variabel persepsi manfaat, dengan tidak diterimanya variabelpersepsi kemudahan ini diharapkan bank sebaiknya memperbaiki fitur menu dan tampilan maupuninterface web sehingga lebih mudah bagi semua nasabah,
Pengaruh Brand Extension Terhadap Proses Keputusan Pembelian Smartphone Lenovo Masrifah Auliya; Suwarni Suwarni
Ekonomi Bisnis Tahun 20, No. 2, Juli 2015
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.068 KB) | DOI: 10.17977/um042v20i1p109-118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dan pengaruh brand extension(similarity, reputation, perceived risk, dan innovativeness) terhadap proses keputusanpembelian smartphone Lenovo. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa JurusanManajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2014 penggunasmartphone Lenovo. Teknik pengambilan sampel sebanyak 125 orang menggunakan metodeprobability sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dananalisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) deskrips i brandextension (similarity, reputation, perceived risk, dan innovativeness) dan proses keputusanpembelian terhadap smartphone Lenovo tergolong baik. (2) brand extension (similarity,reputation, perceived risk, dan innovativeness) berpengaruh positif dan signifikan secaraparsial terhadap proses keputusan pembelian smartphone Lenovo. (3) brand extension(similarity, reputation, perceived risk, dan innovativeness) berpengaruh positif dan signifikansecara simultan terhadap proses keputusan pembelian smartphone Lenovo. (4) Variabelbrand extension yang paling dominan mempengaruhi proses keputusan pembeliansmartphone Lenovo adalah perceived risk.
Model Credit Scoring sebagai Alat Bantu Analisis Risiko Pembiayaan Pada BMT UGT Sidogiri Fatichatur Rachmaniyah
Ekonomi Bisnis Tahun 20, No. 2, Juli 2015
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.896 KB) | DOI: 10.17977/um042v20i1p77-87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji alat analisis pembiayaan yang digunakanBMT dan mendesain credit scoringmodel sebagai alat bantu analisis risiko pembiayaanBMT untuk memprediksi kualitas pembiayaan.Pada penelitian ini menggunakanpendekatan positivistik kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 100 data historis debiturBMT UGT Sidogiri periode 2011-2013 dengan dokumen data time series. Tekniksampling yang digunakan adalah system random sampling. Jenis data penelitian ini terdiridari data primer yaitu wawancara dengan semi terstruktur dan data sekunder yakni datadata historis debitur terkait analisis pembiayaan BMT. Data diolah dengan menggunakanmetode analisis regresi logistik.Hasil penelitian ini yaitu pertama, alat analisispembiayaan yang digunakan BMT kurang efektif dalam memprediksi kualitaspembiayaan. Kedua, terbentuknya credit scoring model yang komprehensif yang terdiridari variabel dalam kategori demographic characteristic, personal characteristic,industry information.
Pengaruh Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi oleh Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate, dan Building Construction yang Listing di BEI Periode 2012 – 2013) Intan Larasati; Ely Siswanto; Yuli Soesetio
Ekonomi Bisnis Tahun 20, No. 2, Juli 2015
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.194 KB) | DOI: 10.17977/um042v20i1p119-128

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional terhadap nilaiperusahaan yang dimoderasi oleh kebijakan dividen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknyaketidakkonsistenan hasil penelitian sebelumnya mengenai pengaruh kepemilikan institusionalterhadap nilai perusahaan yang juga dipengaruhi oleh pembagian dividen. Oleh karena itu, penulismeyakini bahwa kebijakan dividen ikut mempengaruhi hubungan tersebut. Sampel yang digunakandalam penelitian ini adalah perusahaan sektor property, real estate dan building construction yanglisting di BEI periode 2012 – 2013 yang selalu membagikan dividen. Hasil penelitian menunjukkanbahwa kebijakan dividen menjadi moderator terhadap hubungan antara kepemilikan institusionalterhadap nilai perusahaan dikarenakan adanya kepentingan pemegang saham institusional terhadapdividen yang diperoleh.
Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Indra Muttaqin; Titis Shinta Dhewi
Ekonomi Bisnis Tahun 20, No. 2, Juli 2015
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.295 KB) | DOI: 10.17977/um042v20i1p88-91

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui(1) kondisi fasilitas, lokasi, dan keputusanmenginap pengguna jasa Hotel Pelangi Dua Malang, (2) pengaruh fasilitas terhadap keputusanmenginap pengguna jasa Hotel Pelangi Dua Malang, (3) pengaruh lokasi terhadap keputusanmenginap pengguna jasa Hotel Pelangi Dua Malang. Hasil penelitian adalah: (1)fasilitasberpengaruh terhadap keputusan menginap pengguna jasa Hotel Pelangi Dua Malang, (2)lokasi berpengaruh terhadap keputusan menginap pengguna jasa Hotel Pelangi Dua Malang.
PENGARUH DINING EXPERIENCE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION, RESTAURANT IMAGE, DAN BEHAVIORAL INTENTION PADA CASUAL DINING RESTAURANT DI KOTA MALANG Larasati Ayu Sekarsari; Fatchur Rohman; Ananda Sabil Hussein
Ekonomi Bisnis Tahun 21, No. 1, Mei 2016
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.924 KB) | DOI: 10.17977/um042v21i1p1-14

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dining experience terhadap customer satisfaction, restaurant image, dan behavioral intention pada casual dining restaurant di Kota Malang. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 200 responden yang dibagikan kepada konsumen yang pernah mengunjungi salah satu casual dining restaurant di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut: (1) pernah makan di salah satu casual dining restaurant di Kota Malang; dan (2) telah berusia minimal 17 tahun. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS 2.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) food quality, service quality, dan physical environment merupakan dimensi dari dining experience; (2) terdapat pengaruh yang signifikan pada hubungan dining experience terhadap customer satisfaction, dining experience terhadap restaurant image, customer satisfaction terhadap behavioral intention, restaurant image   terhadap customer satisfaction, restaurant image terhadap behavioral intention, dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada hubungan dining experience terhadap behavioral intention; (3) hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa customer satisfaction dan restaurant image memediasi secara signifikan hubungan antara dining experience dan behavioral intention.Kata kunci: dining experience, restaurant image, customer satisfaction, behavioral intention Abstract: The aims of this study was to determine the influence of dining experience on customer satisfaction, restaurant image, and behavioral intention in casual dining restaurant in Malang. The total samples of 200 consumers who had dined at a casual dining restaurant in Malang as respondend on this study, collected using purposive sampling technique with the following criteria: (1) consumers who had dined at a casual dining restaurant in Malang; and (2) have at least 17 years. Data analysis techniques used in this study is Partial Least Square (PLS) with SmartPLS 2.0. The results of this study indicate that (1) food quality, service quality, and physical environment are the dimension of the dining experience; (2) there is significant influence on the relationship between dining experience to customer satisfaction, dining experience to restaurant image, customer satisfaction to behavioral intention, restaurant image to customer satisfaction, restaurant image to behavioral intention, and there is no significant influence on the relationship between dining experience to behavioral intention; (3) the results of this study also showed that customer satisfaction and restaurant image are significantly mediate the relationship between dining experience and behavioral intention.Keywords: dining experience, restaurant image, customer satisfaction, behavioral intention

Page 1 of 10 | Total Record : 95