cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : 02164132     EISSN : 25797204     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Bisnis Manajemen & Informatika (JBMI) with ISSN: 0216-4132 published by the Department of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University, is a scientific period that seeks to actively participate in efforts to find / develop, disseminate and apply business, management, and informatics sciences. so that it can integrate the theoretical-academic and practical-empirical aspects in these fields, to help foster professional and productive scientists and practitioners in building Indonesian society.
Arjuna Subject : -
Articles 99 Documents
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING PADA PENGUNJUNG TOSERBA YOGYA BOJONGSOANG BANDUNG Leny Lebang
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 13 No. 3 (2017): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v13i3.1703

Abstract

Pembelian impulsif merupakan kecenderungan konsumen untuk membeli produk atau jasa secara tidak terencana.Sejalan dengan tujuan pemasar, pembelian impulsif berdampak positif terhadap peningkatan penjualan perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif pada pengunjung ToserbaYogya Bojongsoang Bandung. Sebanyak 100 responden dipilih secara accidental sampling sebagai sampel penelitian.Tehnik analisis menggunakan importance-performance analysis, analisis faktor dan analisis regresi berganda. Pengolahandata menggunakan SPSS for windows version22.0, dan membentuk tiga faktor yaitu Lingkungan Toko, Promosi Dalam Toko, dan Gaya Berbelanja, dengan LingkunganToko sebagai faktor yang paling dominan. Secara simultan diketahui bahwa variabel Lingkungan Toko (X1), PromosiDalam Toko (X2), dan Gaya Berbelanja (X3) mempengaruhi Pembelian Impulsif (Y) dengan Fhitung sebesar 39,116.Secara parsial ketiga variabel independen tersebut mempunyai pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Hasilimportance-performance analysis menunjukkan atribut-atribut pelayanan yang harus menjadi perhatian utama bagi pihakmanajemen yaitu atribut penawaran toko, harga rendah/diskon, dan karyawan toko.
ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEADILAN KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN KERJA KARYAWAN Nurdjanah Hamid
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 13 No. 3 (2017): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v13i3.1705

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mempelajari aspek persepsi keadilan kompensasi dan pengaruhnya terhadapkomitmen kerja karyawan. Persepsi mengenai keadilan kompensasi yang diterima menjadi salah satu faktor yangmempengaruhi komitmen kerja karyawan pada perusahaan. Hal ini bermanfaat bagi manajemen perusahaan agar dapatmengetahui pengaruh persepsi keadilan kompensasi yang diterima karyawan terhadap komitmen karyawan alam bekerja.Adapun latar belakang masalah penelitian ini adanya fenomena perasaan keadilan dan dan komitmen kerja individu sebagaikaryawan dalam aktivitas perusahaan, dimana kondisi lingkungan perusahaan yang lebih mempedulikan aspek keadilanakan menyebabkan kecenderungan pada komitmen kerja karyawan pada perusahaan.Dalam analisis deskriptif tentang hubungan dan pengaruh antara persepsi keadilan kompensasi terhadap komitmen kerjakaryawan dilihat secara multidimensional dengan variabel keadilan kompensasi finansial dan keadilan kompensasi nonfinansial. Dalam hal ini variabel persepsi keadilan kompensasi sebagai variabel independen, dan komitmen kerja karyawansebagai variabel dependen. Lokasi penelitian pada Kantor Pelayanan Kekayaan dan Lelang Negara cabang Makassaralamat jl. Urip Sumiharjo KM. 4 Makassar dengan 32 responden sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan untukpengumpulan data adalah penyebaran kuesioner kepada responden. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitiandianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa persepsi keadilan kompensasi yang diterima karyawan cukupbaik, dan komitmen kerja karyawan juga tergolong tinggi. Selain itu juga terdapt pengaruh yang positif dan signifikanpersepsi keadilan kompensasi terhadap komitmen kerja karyawan. Oleh karena itu, sistem pemberian kompensasi terhadapkaryawan yang selama ini diterapkan oleh perusahaan harus tetap dipertahankan, disamping masih ada beberapa faktor didalam variabel keadilan kompensasi yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan.
PENGARUH ASOSIASI MEREK, PERSEPSI KUALITAS DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI SANDAL DAN SEPATU BATA CABANG KUNINGAN Riska Latipah
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 13 No. 3 (2017): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v13i3.1707

Abstract

This study against the background by increasing the competition in the industry sandals and shoes inIndonesia. This affects the sales of sandals and shoes Bata. This study also aims to analyze and test the effect of brandassociation, perceived quality and lifestyle of purchase intention Bata sandals and shoes Kuningan branch. Then analysisof data obtained using quantitative and qualitative analysis. Quantitative analysis includes: validity and reliability, datanormality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, autocorrelation test, multiple regression analysis, hypothesistesting through t test and F, as well as the coefficient of determination (R ²). Qualitative analysis is the interpretationof the data obtained in the study and the results of data processing that has been carried out by members of descriptionand explanation. Hypothesis testing using t test showed that the variables of brand association and perceived quality issignificantly positive effect on purchase intention. Figures adjusted R2 of 0.585 indicates that 58.5% variable purchaseintention can be explained by the three independent variables in the regression equation. While the rest of 41.5% isexplained by other variables outside three variables used in this study.
PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP TERJADINYA KONDISI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DI INDONESIA Mutiara Muhtar
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 13 No. 3 (2017): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v13i3.1712

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas (Return On Assets),likuiditas (Current Ratio) dan leverage (Total Liabilities to Total Assets) terhadap terjadinya kondisi financial distresspadaperusahaan telekomunikasi di Indonesia yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2015.Untukmengimplementasikan tujuan tersebut maka digunakan metode analisis regresi linear berganda dan menggunakan MetodeAltman dengan nilai Z-score sebagai klasifikasi perusahaan yang mengalami financial distress.Hasil penelitian menunjukkanbahwa rasio profitabilitas yang diukur dengan rasio ROA berpengaruh positifdan signifikan terhadap financial distress.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio likuiditas diukur dengan rasio lancar berpengaruh positif dan signifikanterhadap terjadinya financial distress. Kemudian, hasil analisis pengaruh leverage diukur dengan total liabilities to totalassets berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemungkinan terjadinya financial distress.
KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SULSELBAR SYARIAH MAKASSAR Meuitia A
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 13 No. 3 (2017): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v13i3.5025

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara parsial maupun simultan dampak kualitas layanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Sulselbar Syariah Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah studi kasus yang didukung survei. Sifat penelitian ini adalah eksplanori yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Lokasi penelitian di kantor Bank Sulselbar Syariah Makassar. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner) yang dipersiapkan. Data sekunder berupa laporan tahunan Bank Sulselbar Syariah Makassar digunakan dalam penelitian ini. Populasi sampling dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa Bank Sulselbar Syariah Makassar. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kepuasan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas nasabah, hal ini terbukti bahwa nilai probability masing-masing variabel lebih kecil daripada 0,05.
ANALISA KEBIJAKAN RISIKO KEUANGAN TERHADAP INDUSTRI PERBANKAN DI INDONESIA YANG BERSTATUS TOO BIG TO FAIL (TBTF) Muhammad Sobarsyah
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 14 No. 1 (2017): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v14i1.1704

Abstract

Muara dari permasalahan krisis keuangan pada industri keuangan di berbagai Negara selalu berawalpada risiko likuiditas yang menjadi pemicu krisis multi dimensi. Hal tersebut menjadi pokok perhatian bagimanajemen bank dalam mengelola institusinya karena mereka harus selalu menjaga ketersediaan likuiditasnyamengingat bahwa risiko likuiditas adalah masalah klasik yang lazim menimpa industri perbankan, tidak terkecualipada industri perbankan nasional khususnya dalam menghadapi transformasi global.Jika dalam pengelolaannya aspek prudent diabaikan dan perbankan tidak dengan cermat memahamikondisi likuiditasnya, maka bank tersebut secara tidak langsung telah memicu terjadinya risiko sistemik, terlebihjika bank tersebut lalai dalam mengawasi risiko likuiditasnya. Perbankan tersebut diibaratkan berdiri di atasbidang es yang sangat licin yang memaksa mereka harus saling berpegangan satu dengan yang lainnya(interconnected). Jika salah satu dari bank tersebut terjatuh, maka akan menciptakan efek domino terhadapperbankan yang lainnya.
MAKASSAR SMART TRANSPORTATION: Penerapan Mamminasata Apps dan Mamminasata Card guna optimalisasi Bus Rapid Transit (BRT) Kota Makassar Irawati Ismail Ali; Muh. Imadudin Akmal; Ayu Latifah Alfisyahrin; Nur Fajar Indrawan; Shinta Dewi Sugiharti Tikson
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 14 No. 1 (2017): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v14i1.2069

Abstract

Transportasi publik seperti Bus Rapid Transit (BRT) adalah solusi popular yang digunakan di kota-kota besar di Indonesia untuk mengatasi kemacetan lalulintas. Contohnya, Jakarta dengan bus Trans Jakarta, Yogyakarta dengan Bus Trans Yogyakarta dan Makassar dengan BRT Mamminasata. Bus rapid Transit (BRT) mulai beroperasi di Kota Makassar pada Maret 2014 yang dikenal dengan nama Maminassata, namun penggunaannya belum optimal.Hal ini dikarenakan ada dua permasalahan utama Bus Rapid Transit (BRT) Mamminasata yaitu (1) ketidakpastian waktu tiba ke halte dan waktu tempu sampai tujuan, dan (2) sistem pembayaran dan sistem pengendalian operasional BRT Mamminasata. Maka dari itu, Makassar Smart Transportation (MST) adalah sebuah konsep yang peneliti ditawarkan untuk mengatasi masalah ketidakpastian lalulintas di Kota Makassar dengan optimalisasi oprasional BRT Mamminasata Kota Makassar yang didasari dengan pemanfaatan IT. Konsep MST yang peneliti ciptakan yakni sistem pembayaran dalam bentuk Mamminasata Card dan sistem controlling dalam bentuk Mamminasata App yang dilengkapi dengan Sistem Floating Car Data Models (FCD).   Kata Kunci: BRT Mamminasata, Public Transportation, MST, Mamminasata App, Mamminasata Card
ANALISIS STRATEGI RETRIBUSI DAERAH SEKTOR PARIWISATA KABUPATEN GOWA Ardian Leghari; Abd Rakhman Laba; Andi Aswan
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 14 No. 1 (2017): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v14i1.2282

Abstract

This study aims to generate possible strategies that can be implemented to increase amount of retribution income at the Department of Tourism in Gowa Regency by reviewing 6 tourism objects within the regency. Instruments used for data collection are survey questionnaires, observation, and semi structure interview conducted to 29 respondents comprising of head departments, heads of division, and managements of each tourism object, as well as customers. The collected data were analyzed by using SWOT and IE matrix as a basis for generating possible strategies and determine competitive position of the studied tourism objects. The QSPM is then used to rank the generated strategies for prioritization.  The result of IE matrix showed that the position of the tourism objects is in quadrant V meaning that hold and maintain. The appropriate strategy used is intensive strategy (market penetration and product development). In SWOT matrix analysis, results obtained four alternative strategies, namely: (1) boosting amount of retribution by increasing numbers of tourism objects and supported tourism activities for customer attraction, (2) allocation of human resources in accordance with the competencies, (3) optimizing marketing activities, and (4) increasing awareness for retribution payment. Based on QSPM analysis, an appropriate strategy possibly implemented by Department of Tourism in Gowa Regency is expanding sources of retribution incomes.
ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI PENJUALAN POINT OF PURCHASE DISPLAYS dan HADIAH LANGSUNG TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT. COCA-COLA AMATIL INDONESIA – SALES CENTER MAKASSAR Daniella Cynthia Sampepajung
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 14 No. 1 (2017): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v14i1.2457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas implementasi strategi POP Display dan Hadiah Langsung di outlet-outlet perusahaan terhadap penjualan. Point-of-Purchase (POP) Displays dan Hadiah Langsung adalah bagian dari strategi pemasaran yaitu bentuk promosi penjualan yang bersifat jangka pendek. POP Display adalah penataan produk dari perusahaan, dengan memberikan material tertentu, kepada outlet penjualan. Sementara Hadiah Langsung tentunya adalah pemberian bonus atau sovenir yang diberikan dengan pembelian produk dengan beberapa syarat yang diberlakukan perusahaan. Kedua alat promosi ini luas digunakan dalam perdagangan retail dan umumnya diterapkan oleh perusahaan yang menjual produk konsumen yang bersifat fast moving. Teknik pengumpulan data yang dipakai penelitian ini adalah metode survey dan wawancara. Dimana survery akan dilaksanakan pada 30 outlet perusahaan dan wawancara dilakukan kepada marketing officer dan pimpinan perusahaan yang mengimplementasi promosi penjualan tersebut. Data kemudian dianalisa dengan metode Regresi Linear Berganda (Multiple Linear Regression Analysis) dan diuji dengan Uji t dan Uji F. 
FORMULASI STRATEGI MAKASSAR NEW PORT DAN PELABUHAN BITUNG SEBAGAI INTERNATIONAL HUB PORT Debby Duakajui
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 14 No. 1 (2017): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v14i1.3305

Abstract

Abstrak: Industri kepelabuhanan di Indonesia lebih kompleks dibandingkan pelabuhan luar negeri, mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan yang wilayahnya lebih banyak lautan dibandingkan daratan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan formulasi strategi yang harus diterapkan oleh Makassar New Port dan Pelabuhan Bitung untuk menjadi International Hub Port. Tujuan berikutnya mengidentifikasi pelabuhan mana yang harus diprioritaskan menjadi International Hub Port berdasarkan strategi yang paling efektif dan profitabel. Penelitian ini termasuk jenis penelitian penjelasan (explanatory research) berupa penelitian terapan (applied) yang bersifat dekriptif (penjelasan tanpa adanya uji-hipotesis) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus analisa menyusun alternatif strategi dalam perubahan lingkungan perusahaan dan alternatif strategi. Lokasi atau tempat penelitian adalah kantor cabang dan kantor pusat dari PT Pelabuhan Indonesia IV (persero) yang berkedudukan di Kota Bitung dan Kota Makassar. Data yang dikumpulkan mencakup data primer dan data sekunder. Teknik analisis dalam penelitian ini berupa analisis IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (External Factors Analysis Summary), analisis SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats), Analisis Boston Consulting Group, Analisis QSPM, dan analytical hierarchy process. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang layak diterapkan pelabuhan makassar yaitu melakukan koordinasi dengan stakeholder termasuk pemerintah, asosiasi dalam bidang konektivity baik sebagai transhipment maupun jalur baru dalam hal distribusi dan konsolidasi potensial komoditi. Strategi yang tepat bagi Pelabuhan Bitung untuk menjadi International Hub Port dengan menerapkan strategi pada kuadran pertama melalui pengoptimalan keunggulan yang dimiliki dan dukungan pemerintah, dan dengan melakukan pengembangan fasilitas dan pemetaan peluang bisnis sebagai pusat konsolidasi barang di Indonesia Bagian Timur. Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa Makassar New Port harus diprioritaskan menjadi International Hub Port berdasarkan kajian berbagai alat analisis dengan pertimbangan berbagai kriteria sebagaimana yang terdapat dalam Keputusan Menteri Perhubungan KM 53 tahun 2003 tentang tatana kepelabuhanan nasional. 

Page 1 of 10 | Total Record : 99