cover
Contact Name
Sigit Hariyadi
Contact Email
sigit.hariyadi@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ijgc@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application
ISSN : 22526374     EISSN : 25976133     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Indonesian journal of guidance and counceling publishes research articles and conceptual analysis of guidance and counseling both in schools and out of school education that includes the study of guidance counseling, management, and counseling application approaches, innovation, media / information technology and assessment.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014" : 10 Documents clear
Meningkatkan Kematangan Emosi Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Bermain (Games) Riza, Miftakhatun; Awalya, Awalya; Suharso, Suharso
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi atau temuan empiris tentang meningkatkan kematangan emosi melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain (games) pada siswa kelas IV SD N 01 Sijambe. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD N 01 Sijambe yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kematangan emosi. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dengan rumus product moment oleh Pearson dan reabilitas instrument dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji beda t-Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kematangan emosi melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain (games), dengan nilai thitung = 15,064 >  ttabel = 2,038.  Simpulan dari penelitian ini yakni kematangan emosi dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain (games). The purpose of this research is to get information or empirical finding about increase the emotional maturity, through mastery of content service with games technique to the fourth grade students class of SD N 01 Sijambe. This study is quasi-experimental. Subjects in this research were 33 students in grade IV of SD N 01 Sijambe. Data collection techniques using emotional maturity scale. The instrument has been tested for validity using Pearson product moment and reliability of the instrument with alpha formula. Data analysis used descriptive percentage, and t-Test. The result of study showed there was increase of emotional maturity through mastery of content service with games technique with rcount=15,064>rtable=2,038. The conclusion of study was emotional maturity could be increased through mastery of content service with games technique.
Implementasi Layanan Konseling Kelompok di SMPN Se-Kabupaten Pati Nurfitasari, Novi; Wibowo, Mungin Eddy; Sugiharto, DYP
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu  untuk mendapatkan informasi implementasi layanan konseling kelompok di SMPN se-Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN se-Kabupaten Pati dengan jumlah subyek 40 konselor. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil analisis deskriptif presentase diperoleh data implementasi layanan konseling kelompok di SMPN se-Kabupaten Pati termasuk dalam kategori baik (73.3%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konselor di SMPN se-Kabupaten Pati sudah mengimplementasikan layanan konseling kelompok dengan kriteria baik. Hal ini menunjukkan bahwa konselor SMPN se-Kabupaten Pati berkompeten dalam memberikan layanan konseling kelompok yang optimal dan berkualitas. The purpose of this research is to obtain information on group counseling services implementations at Junior High School in Pati. Type of this research is descriptive research. This research was carried out at Junior High School in Pati with number of subjects 40 counselors. Data collection used in this research is questionaire. Data analysis was using a descriptive percentage. Results of this research show that implementation of counseling technique accross Pati is in upright category (73,3%). Based on the results of the study it can be concluded that the counselor at Junior High School in Pati already implementing group counseling with good criteria.This suggests that the counselor at Junior High School in Pati competent in providing optimal group counseling services and qualified.
Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Kontrak Perilaku Harlina, Anisa Puji; Suharso, Suharso; Sri Hartati, Maria Theresia
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi atau temuan empiris tentang mengembangkan kemampuan manajemen waktu melalui layanan penguasaan konten dengan teknik kontrak perilaku pada siswa kelas VIII B SMP N 21 Semarang. Populasinya adalah seluruh  kelas VIII SMP N 21 Semarang yang berjumlah 224 siswa dan sampel yang berjumlah 28 siswa menggunakan purposeive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner manajemen waktu. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dengan rumus product moment oleh Pearson dan reabilitas instrument dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji t ( t-test). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perkembangan kemampuan manajemen waktu melalui layanan penguasaan konten dengan teknik kontrak perilaku, dengan nilai rhitung = 20,64 > rtabel = 2,052. Simpulan dari penelitian ini yakni kemampuan manajemen waktu dapat dikembangkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik kontrak perilaku. Oleh karena itu, diharapkan guru pembimbing dapat lebih mengintensifkan layanan penguasaan konten dengan teknik kontrak perilaku kepada siswa sebagai strategi alternative untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan manajemen waktu. The purpose of the study was to get information or empirical finding about developing the skill of time management, through mastery of content service with behavior contract technique to the eighth grade students B class of SMP N 21 Semarang. The population was all student of the VIII B class in SMP N 21 Semarang, which consenst of  244 students  Purposive sampling technique was used in this study, samples were 28 students. Data collection techniques using time management questionnaire. The instrument has been tested for validity using Pearson product moment and reliability of the instrument with alpha formula. Data collecting technique using quesionnaire in form of time management skill. Data analysis used pearson product moment, descriptive percentage, and t-test. The result of study showed there was development of time management thrught mastery of content service with behavior contract technique withrcount=20,64>rtable=2,052. The conclusion of study was time management skill could be developed through mastery of content service with behavior contract technique.  It is hoped that the teacher as a guide can be more intensively do mastery of content service with behavoir contract tehnique to the students as an alternative strategy to help students develop time management skill.
Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Setiani, Amalia Cahya; Setyowani, Ninik; Kurniawan, Kusnarto
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang peningkatan konsentrasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Populasi penelitian yaitu 30 siswa kelas VI SD Negeri 2 Karangcegak dan sampel 12 siswa, teknik sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala konsentrasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji Wilcoxon. Hasil uji wilcoxon, menunjukkan bahwa nilai Zhitung 0 < Ztabel 14. Simpulan dari penelitian ini yakni konsentrasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Oleh karena itu, bagi guru mata pelajaran di sekolah hendaknya dapat lebih memahami tingkat konsentrasi belajar para siswa ketika kegiatan belajar berlangsung. Serta dapat memotivasi siswanya untuk aktif dalam belajar, karena konsentrasi belajar siswa di kelas dapat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap pelajaran. Dua hal tersebut akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. This study aims to determine the efforts and success in increasing student learning attention through group guidance services. The benefits of this study is to enrich the study related to enhancing students’ learning attention through group guidance service. The populations of this study are 30 students in VI grade of SD Negeri 2 Karangcegak, and 12 students as the samples. The samples were taken by using Sampling Purposive Technique. Learning attention scale was used as the method of collecting data. The analysis technique which is used in this study are percentage descriptive analysis and Wilcoxon test. The result of Wilcoxon test indicates that the score of Zsum0 < Ztable14. The conclusion of this study is that the students’ learning attention can be enhanced through group guidance service. Moreover, the subject teachers in schools should be able to understand students learning attention levels in the learning process. And the teachers should be able to motivate their students to be active in the learning process. It is essential because students’ learning attention in the class influences the quality of learning process and the students’ understanding of the materials. Those two things will affect to the result of students’ learning process.
Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Putri Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Role Playing Farida, Nur Ida; Mugiarso, Heru; Sri Hartati, Maria Theresia
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri remaja putri pubertas awal setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen. Populasinya remaja putri pubertas awal kelas VII SMP N 13 Semarang. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling, dengan sampel 16 remaja putri pubertas awal yang memiliki kecenderungan kepercayaan diri rendah. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi berupa skala kepercayaan diri. Analisis datanya  menggunakan uji wilcoxon match pair dan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik role playing dapat meningkatkan kepercayaan diri remaja putri pubertas awal, dengan nilai zhitung = 0 < ztabel = 30. Simpulan dari penelitian ini yakni terdapat peningkatan kepercayaan diri remaja putri pubertas awal setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing. This study seeks to find out the increasing confidence of female adolescent in early  puberty  after getting mastery content counseling by role playing technique. This research was using pre-experimental design with  female adolescents of seven graders in SMP N 13 Semarang as the  population. Purposive sampling technique was used  in this study. Sixteen adolescents in their early puberty that had tendency of  low self confidence was used as sample. Method for collecting data was used self confident scale; whereas, the data analysis used wilcoxon match pair test and descriptive percentage. The result of this study showed that counseling of mastery content by role playing technique was able to increase self confidence of female adolescent in early puberity with the score zcount = 0 < ztable= 30. It can concluded that there was increasing of self confidence for female adolescent in early puberty after getting counseling of mastery content by role playing.
Hubungan antara Dukungan Sosial dan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi Tadjri, Imam; Kurniawan, Kusnarto
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi atau temuan empiris tentang ada tidaknya hubungan antara dukungan sosial dengan self efficacy dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling Universitas Negeri Semarang  Angkatan 2009. Populasinya adalah seluruh  mahasiswa jurusasan bimbingan dan konseling angkatan 2009 yang sedang menyusun skripsi yang berjumlah 48 mahasiswa dan menggunakan teknik sampling jenuh, yang semua anggotanya digunakan untuk penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan skala self efficacy. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dengan rumus product moment oleh Pearson dan reabilitas instrument dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan analisis uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan self efficacymahasiswa dalam menyelesaikan skripsi, dengan nilai thitung = 0,745 > ttabel = 0,288. Simpulan dari penelitian ini yakni ada hubungan yang positif  antara dukungan sosial dan self efficacy mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. The purpose of this study is to obtain information or empirical findings about the relationship between social support and self-efficacy on guidance and counseling students class of 2009 in Semarang State University. The population is the entire guidance and counseling students who are writing their thesis which consist of 48 students. Saturated sampling technique was used in this study, samples were 48 students also. Data collection techniques using two instruments there are social support scale and self-efficacy scale. The instrument has been tested for validity using Pearson product moment and reliability of the instrument with alpha formula. Data analysis used the descriptive analysis and product moment correlation test. The result of study showed there is a relationship between social support with self-efficacy of students with tcount = 0.745> ttable = 0.288. Conclusionof this research isthere is a positive and significant relationship between social support and self-efficacy.
Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Penguasaan Konten Junita, Eka Dya; Sugiharto, DYP; Awalya, Awalya
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi atau temuan empiris tentang mengurangi prokrastinasi akademik melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Taman Pemalang. Populasinya adalah seluruh  kelas VIII SMP Negeri 3 Taman Pemalang yang berjumlah 312 siswa dan sampel yang berjumlah 36 siswa menggunakan purposeive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dengan rumus product moment oleh Pearson dan reabilitas instrument dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji t ( t-test). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat penurunan prokrastinasi akademik melalui layanan penguasaan konten, dengan nilai thitung = 13,638 > ttabel = 2,032. Simpulan dari penelitian ini yakni prokrastinasi akademik dapat dikurangi melalui layanan penguasaan konten. Oleh karena itu, diharapkan guru pembimbing dapat lebih mengintensifkan layanan penguasaan konten kepada siswa sebagai strategi alternatif untuk membantu siswa mengurangi prokrastinasi akademik. The aim for this research was to get information or empirical finding about decreasing effect of academic procrastination as the result of content mastery. Population of this study was 8 grade students of the VIII C class in SMP Negeri 3 Taman Pemalang which consist of 312 students. 36 students was selected using purposive sampling technique. Data collection techniques using academic procrastination scale. The instrument has been tested for validity using Pearson product moment and reliability of the instrument with alpha formula. Data analysis used pearson product moment, descriptive percentage, and t-test. The result showed there was decrement of academic procrastination thrught mastery of content service with tcount = 13,638> ttable = 2,032. From this reasearch it can be conluded that academic procrastination could be decreased through mastery of content service. It is hoped that the teacher as a guide can be more intensively applicate mastery of content service to the students as an alternative strategy to help students decrease academic procrastination.
Kebijakan Kepala Sekolah Terhadap Pelayanan Bimbingan Konseling di SMA Negeri Se-Kabupaten Purbalingga Mahanggi, Dinka Rizki Apriliana; Nusantoro, Eko; Kurniawan, Kusnarto
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kebijakan kepala sekolah terhadap pelayanan BK di SMA Negeri se-Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini adalah penelitian kualitatifdengan pendekatan penelitian kebijakan, sumber dataprimer dan sekunder. Subyek penelitian yaitu seluruh kepala SMA Negeri se-Kabupaten Purbalingga. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sarpras untuk BK sudah cukup lengkap walaupun belum maksimal karena minimnya anggaran dana. Kebijakan alokasi jam BK, prosentasenya 20% sama sekali tidak ada jam BK, 40% semua kelas ada jam BK, sedangkan 40% lainnya hanya sebagian kelas yang ada. Kebijakan mengenai kualifikasi akademik konselor, 50% dari jumlah seluruh guru BK yang berlatarbelakang pendidikan BK, dan 50% lainnya non BK. Hampir semua guru BK sudah memenuhi kriteria beban kerja guru BK yaitu minimal mengampu 150 siswa.Supervisi BK oleh kepala sekolah masih belum optimal. Anggapan BK sebagai polisi sekolah sudah mulai hilang karena kebijakan kepala sekolah yang menetapkan guru BK tidak boleh menghukum siswa. Simpulan penelitiannya yaitu secara umum kepala sekolah sudah mengetahui peran serta tanggungjawab kepala sekolah terhadap pelayanan BK, tetapi dalam pelaksanaannya kepala sekolah kurang menerapkan pemahamannya serta kurang melihat kebutuhan dari guru BK dan siswa. The purpose of this study is to find out how the application of headmaster’ policytowards guidance and counseling service in state high schools. It used qualitative research with policy research analysis approach, primary and secondary data sources. The subjects of this research are all headmasters of state high schools throughout Purbalingga district. Observation, interview, documentation are the instruments used in this research. Result of this study shows that in providing the infrastructureis generally appropriate. There are 20% of which haven’t any time allocation, 40% have time allocation, and 40% have time allocation for some classes. Policy related to counselor academic qualification shows that 50% have guidance and counselingacademic background, and 50% the others haven’t background of guidance and counseling. Almost all counselor are fulfillingthe task qualification of counselor. Headmaster supervision of counseling program isn’t optimal. The policy from headmaster in forbidding counselor give punishment for students makes the idea that counselor is like school police is disappeared. The conclusion of this study is, generally headmasters have already known and understood about their role and responsibility towards counseling service. In fact,  the headmasters couldn’t apply their understanding well.
Faktor Determinan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Tegal Suharso, Suharso; Nusantoro, Eko
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor determinan kemampuan perencanaan karier siswa. Jenis penelitian adalah penelitian survey. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Tegal. Teknik sampling yang digunakan Cluster Sampling Proporsional. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Analisis datanya menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan faktor keluarga menjadi faktor determinan terhadap kemampuan perencanaan karier siswa dengan perolehan persentase sebesar 80% yang berada dalam kategori tinggi. Sedangkan faktor belajar menjadi faktor yang kurang determinan terhadap kemampuan perencanaan karier siswa dengan perolehan persentase sebesar 67% yang berada dalam kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini, faktor keluarga menjadi faktor determinan terhadap kemampuan perencanaan karier siswa. The purpose of the study was to find out the determinant  factor of students career planning ability. This research was using survey research with XI grades students of State Senior High Schools in Tegal regency as the population. Proportionate cluster sampling technique was used  in this study. Method for collecting data was used close questionnaire. The data analysis used descriptive percentages.The results showed family factor become the determinant factor of students career planning ability with the percentage of 80 % which is in the high category while learning factor become less determinant factor of the ability of students career planning with a percentage of 67%  in the medium category . It can concluded that family factor become  determinant factor in the ability of students career planning.
Meningkatakan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individu Teknik Homework Assigment Awaliyah, Gus Riries Nahdliyatul; Awalya, Awalya; Suharso, Suharso
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi atau temuan empiris tentang meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying melalui konseling individu rational emotif behavior teknik therapy homework assignment pada siswa kelas VIII A SMP Diponegoro 7 Gumelar. Populasinya adalah siswa SMP Diponegoro 7 Gumelar Kabupaten Banyumasdan sampel yang berjumlah 6 siswa menggunakan purposeive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan kepercayaan diri sebelum dan sesudah treatment. Simpulan dari penelitian ini yakni konseling individu rational emotif behavior therapy teknik home work assignment dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying.Oleh karena itu, diharapkan guru pembimbing melakukan penanganan lebih dini jika menemukan siswa yang menjadi korban bullying agar aktifitas serta interaksi sosial mereka di sekolah tidak terganggu. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah konseling individu pendekatan rational emotif behavior therapy dengan menggunakan teknik home work assignment. The purposeof this study is to get information or empirical finding about the increasing confidence of bullied students as the effect of individual counseling rational emotive behavior therapy technique with home-work assignment inclass VIII A Diponegoro 7 Gumelar Junior High School. Population are students in Diponegoro 7 Gumelar junior high school.  Purposive sampling technique was used in this study, samples were 6 students of the class VIII A.Data collection techniquesusinginterviews and observations. Data analysis used descriptive percentage, and triangulation of sources. The result of this study showed there were differences in self-confidence before and after treatment.From this research it can be conluded thatthe individual counseling rational emotive behavior therapy with home-work assignment techniques can increase  self-confidence of victims of bullying. It is hoped that the teacher as a guide can be more intensively do treatments of students who are victims of bullying, so that activities and social interactions at school are not disturbed. One way that can be used is individual counseling rational emotive behavior therapy approach using a home work assignment technique.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 2 (2021): Desember 2021 Vol 10 No 1 (2021): Juni 2021 Vol 9 No 2 (2020): Desember 2020 Vol 9 No 1 (2020): Juni 2020 Vol 8 No 2 (2019): Desember 2019 Vol 8 No 1 (2019): Juni 2019 Vol 8 No 1 (2019): Juni 2019 Vol 7 No 4 (2018): Desember 2018 Vol 7 No 3 (2018): September 2018 Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018 Vol 7 No 1 (2018): Maret 2018 Vol 7 No 4 (2018): Desember 2018 Vol 7 No 3 (2018): September 2018 Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018 Vol 7 No 1 (2018): Maret 2018 Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017 Vol 6 No 3 (2017): September 2017 Vol 6 No 2 (2017): Juni 2017 Vol 6 No 1 (2017): Maret 2017 Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017 Vol 6 No 3 (2017): September 2017 Vol 6 No 2 (2017): Juni 2017 Vol 6 No 1 (2017): Maret 2017 Vol 5 No 4 (2016): Desember 2016 Vol 5 No 3 (2016): September 2016 Vol 5 No 2 (2016): Juni 2016 Vol 5 No 1 (2016): Maret 2016 Vol 5 No 4 (2016): Desember 2016 Vol 5 No 3 (2016): September 2016 Vol 5 No 2 (2016): Juni 2016 Vol 5 No 1 (2016): Maret 2016 Vol 4 No 4 (2015): Desember 2015 Vol 4 No 3 (2015): September 2015 Vol 4 No 2 (2015): Juni 2015 Vol 4 No 1 (2015): Maret 2015 Vol 4 No 4 (2015): Desember 2015 Vol 4 No 3 (2015): September 2015 Vol 4 No 2 (2015): Juni 2015 Vol 4 No 1 (2015): Maret 2015 Vol 3 No 4 (2014): Desember 2014 Vol 3 No 3 (2014): September 2014 Vol 3 No 2 (2014): Juni 2014 Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014 Vol 3 No 4 (2014): Desember 2014 Vol 3 No 3 (2014): September 2014 Vol 3 No 2 (2014): Juni 2014 Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014 Vol 2 No 4 (2013): Desember 2013 Vol 2 No 3 (2013): September 2013 Vol 2 No 2 (2013): Juni 2013 Vol 2 No 1 (2013): Maret 2013 Vol 2 No 4 (2013): Desember 2013 Vol 2 No 3 (2013): September 2013 Vol 2 No 2 (2013): Juni 2013 Vol 2 No 1 (2013): Maret 2013 Vol 1 No 2 (2012): Desember 2012 Vol 1 No 1 (2012): September 2012 Vol 1 No 2 (2012): Desember 2012 Vol 1 No 1 (2012): September 2012 More Issue